8 Makanan Terbaik untuk Mengurangi Risiko Terkena Alzheimer dan Demensia

Rabu 21 Februari 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi Berry - Menurut beberapa penelitian, sejumlah makanan dipercaya mampu mengurangi seseorang terkena risiko penyakit Alzheimer dan Demensia. (Sumber : pexels.com /@Josh Sorenson).

Ilustrasi Berry - Menurut beberapa penelitian, sejumlah makanan dipercaya mampu mengurangi seseorang terkena risiko penyakit Alzheimer dan Demensia. (Sumber : pexels.com /@Josh Sorenson).

SUKABUMIUPDATE.com - Demensia adalah istilah umum untuk penurunan kemampuan kognitif yang signifikan, yang memengaruhi memori, berpikir, dan kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Sementara Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif progresif yang secara khusus menyerang sel-sel otak yang bertanggung jawab untuk memori, bahasa, dan pemikiran. Gejala Alzheimer biasanya berkembang secara bertahap dan semakin parah seiring waktu.

Alzheimer dan demensia merupakan penyakit neurodegeneratif yang dapat berdampak signifikan pada kualitas hidup individu dan orang-orang di sekitarnya. Mengurangi risiko penyakit ini sangatlah penting, karena saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkannya.

Baca Juga: 10 Gejala Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) yang Harus Diwaspadai

Namun, untuk mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer dan jenis demensia, dikutip dari verrywellhealt, berikut ada beberapa makanan yang baik untuk mengatasi rendahnya terkena risiko demensia .

1. Buah Berry

Mengonsumsi stroberi, blueberry, dan buah acai telah dikaitkan dengan berbagai manfaat bagi otak kita, dengan penelitian menunjukkan peningkatan daya ingat pada anak-anak berusia 8 hingga 10 tahun dan hingga usia dewasa.

Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2013 menemukan bahwa partisipan yang makan lebih banyak buah beri mengalami penurunan kognitif yang lebih lambat, dengan perbedaan hingga 2,5 tahun, seiring bertambahnya usia.

Baca Juga: 11 Jenis Makanan yang Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Pada orang dengan gangguan kognitif ringan, penelitian lain yang diterbitkan pada tahun 2011 menemukan bahwa minum jus blueberry liar dikaitkan dengan peningkatan fungsi kognitif.

2 Kopi/Kafein

Baik kafein secara umum maupun kopi secara khusus telah dikaitkan dengan manfaat kognitif, termasuk penurunan risiko perkembangan gangguan kognitif ringan menjadi demensia secara signifikan.

Penelitian juga menemukan manfaat spesifik pada memori keseluruhan, memori spasial , dan memori kerja.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Makanan Terbaik Bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi

3. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau mengandung vitamin yang meningkatkan fungsi otak Anda . Dalam sebuah penelitian tahun 2018 yang melibatkan orang dewasa berusia 58 hingga 99 tahun, makan sayuran berdaun hijau dikaitkan dengan 11 tahun lebih muda secara kognitif.

Penelitian lain yang diterbitkan pada tahun 2005 menemukan penurunan risiko demensia pada mereka yang memiliki kadar folat lebih tinggi yang ditemukan dalam sayuran berdaun hijau.

4. Kakao/Cokelat

Cokelat mungkin merupakan salah satu cara terlezat untuk mengurangi risiko demensia. Berbagai penelitian telah mengaitkan kakao dan cokelat hitam dengan kemungkinan penurunan kognitif yang lebih rendah, menurut ulasan tahun 2017. Klarifikasi penting adalah bahwa coklat hitam, bukan coklat susu, umumnya akan memberikan dorongan paling besar pada otak Anda.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Lemak Sehat dan Makanan Tinggi Lemak yang Baik untuk Kesehatan

5. Ikan

Asam lemak omega 3 yang ditemukan pada jenis ikan tertentu disebut-sebut bermanfaat bagi kesehatan otak Anda, dan sebagian besar penelitian yang dilakukan mengenai hal ini setuju. Ikan yang tinggi asam lemak omega 3 antara lain salmon, sarden, tuna, halibut, dan trout.

6. Kayu Manis

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa kayu manis, ketika diberikan kepada tikus, berkorelasi dengan peningkatan kemampuan membersihkan penumpukan protein di otak yang berhubungan dengan penyakit Alzheimer, serta meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif lainnya.

Selain itu, kayu manis telah dikaitkan dengan manfaat antioksidan dan anti-inflamasi, serta bermanfaat bagi jantung dan menurunkan tekanan darah, yang semuanya dikaitkan dengan kesehatan otak yang lebih baik.

7. Kurkumin/Kunyit

Suka kari? Kurkumin telah terbukti sangat berkorelasi dengan pencegahan penurunan kognitif dan pengobatan demensia yang sudah ada pada tikus. Salah satu tantangan bagi manusia adalah tubuh kita seringkali tidak mudah menyerap kurkumin.

8. Buah-buahan dan Sayur-sayuran

Pola makan buah dan sayuran yang menyehatkan jantung telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit Alzheimer. Isi piring itu dengan sayuran dan buah-buahan berwarna untuk memastikan Anda memenuhi kebutuhan vitamin tubuh Anda.
Berbagai penelitian menemukan bahwa penurunan risiko gangguan kognitif dikaitkan dengan konsumsi lebih banyak buah dan sayuran.

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat15 Mei 2024, 16:15 WIB

Bisakah Jempol Tangan Terkena Gejala Asam Urat? Ini 5 Tandanya!

Ternyata asam urat tidak hanya menyerang persendian di kaki saja, tetapi juga bisa ke tangan. Salah satu yang sering terkena adalah bagian ibu jari. Sebaiknya untuk mengenali tanda-tanda asam urat di jempol tangan
Waspadai bila ada 5 tanda berikut ini di jempol tangan, karena kemungkinan gejala asam urat. (Sumber : Freepik.com)
Sehat15 Mei 2024, 16:00 WIB

Berapa Seharusnya Kadar Kolesterol Tinggi dan Normal Pada Lansia? Simak Disini

Mengetahui kadar kolesterol tinggi dan normal pada lansia sangat penting dilakukan.
Ilustrasi - Mengetahui kadar kolesterol tinggi dan normal pada lansia sangat penting dilakukan. (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com)
Sukabumi15 Mei 2024, 15:37 WIB

Kronologi, Identitas dan Dugaan, Lansia Tergeletak Tak Bernyawa di Nanggeleng Sukabumi

Seorang lansia Christina Tampubolon (71 tahun) ditemukan tergeletak tak bernyawa tepat di depan kantor Kelurahan Nanggeleng, Rabu 15 Mei 2024, sekira pukul 08:00 WIB, pagi.
Jenazah Christina Tampubolon (71 tahun) saat di rumah sakit | Foto : Ist
Sehat15 Mei 2024, 15:30 WIB

Inilah 7 Makanan Tinggi Lemak yang Masih Aman Dikonsumsi Penderita Kolesterol

Minyak zaitun adalah sumber lemak sehat, terutama asam lemak tak jenuh tunggal. Konsumsi minyak zaitun dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan mengurangi risiko penyakit jantung.
Telur Dadar Bayam. Makanan Tinggi Lemak yang Masih Aman Dikonsumsi Penderita Kolesterol (Sumber : Royco.co.id)
Sukabumi15 Mei 2024, 15:23 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Peringati May Day Bersama Pengusaha dan Buruh

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi, Oki Widya Gandha mengatakan pengusungan tema kolaborasi, kebersamaan serta gotong royong itu menandakan hubungan erat antara pemerintah, pengusaha serta para buruh.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi peringati May Day | Foto : Dok. BPJS Ketenagakerjaan
Life15 Mei 2024, 15:15 WIB

8 Cara Membesarkan Anak Agar Memiliki Hati yang Baik, Yuk Bunda Terapkan

Ketika anak-anak melakukan tindakan kebaikan, Anda mungkin tidak mendorong mereka hanya karena orang lain tidak lagi dapat dipercaya.
gambaran membesarkan anak yang baik hati (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi15 Mei 2024, 15:08 WIB

Ayah Dihabisi Isu Dukun Santet, Kisah Tragis Dibalik Anak Bunuh Ibu di Sukabumi

Belum diketahui secara pasti apa motif Rahmat nekat membunuh ibu kandungnya.
Aparat memegang garpu yang digunakan Rahmat (25 tahun) untuk membunuh ibunya, Inas (43 tahun). Foto ini berlokasi di rumah korban dan tersangka di Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Selasa, 14 Mei 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi15 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Chef/Cook, Cek Kualifikasinya Disini

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Chef/Cook, Cek Kualifikasinya Disini. (Sumber : Freepik.com/@wirestock)
Keuangan15 Mei 2024, 14:57 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Sosialisasikan Perlindungan Sosial Ke Organisasi Pekerja

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi menggelar sosialisasi perlindungan sosial kepada para buruh yang tergabung dalam Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI) Sekretariat Daerah Sukabumi Raya.
BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi saat sosialisasi perlindungan sosial kepada para buruh yang tergabung dalam Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI) Sekretariat Daerah Sukabumi Raya | Foto : Dok. BPJS Ketenagakerjaan
Life15 Mei 2024, 14:45 WIB

Jangan Salahkan Anak, Ini 6 Didikan Orang Tua yang Membuatnya Durhaka

Sebuah didikan terkadang menjadi masalah utama yang menjadi penyebab anak tumbuh menjadi pribadi yang durhaka kepada orang tuanya
gambaran didikan orang tua yang menyebabkan anak durhaka (Sumber : Pexels.com/@KindelMedia)