Waspada Eris EG.5.1, Varian Baru COVID-19 Turunan Omicron

Senin 07 Agustus 2023, 10:00 WIB
Ilustrasi. Virus | Waspada Eris EG.5.1, Varian Baru COVID-19 Turunan Omicron | Foto: Pixabay

Ilustrasi. Virus | Waspada Eris EG.5.1, Varian Baru COVID-19 Turunan Omicron | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Eris, Varian baru COVID-19 kembali ramai diperbincangkan masyarakat. Varian COVID Baru 'Eris' ini menyebar cepat di Inggris dan menjadi yang paling umum kedua setelah varian Arcturus XBB.1.16.

Menurut laporan dari kantor berita PTI seperti dilansir dari NDTV, Varian EG.5.1, yang dijuluki Eris, adalah turunan dari Omicron yang menyebar dengan cepat.

Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) menyebut Varian Eris merupakan satu dari tujuh kasus COVID baru. Saat menyebar di seluruh Inggris Raya, Varian Eris memicu kekhawatiran di kalangan pejabat kesehatan di negara tersebut.

Baca Juga: 10 Cara Memahami Karakter Seseorang, Coba Tanya Pandangan Hidupnya

''EG.5.1 pertama kali dimunculkan sebagai sinyal dalam pemantauan pada 3 Juli 2023 sebagai bagian dari pemindaian cakrawala karena meningkatnya laporan internasional, khususnya di Asia. Itu kemudian dinaikkan dari sinyal 'dalam pemantauan' ke varian V-23JUL-01 pada 31 Juli 2023 karena meningkatnya jumlah genom dalam data Inggris dan pertumbuhan yang berkelanjutan secara internasional." kata UKHSA, dilansir Senin (7/8/2023).

Varian Eris sekarang merupakan satu dari tujuh kasus COVID baru, menurut UKHSA. Bahkan, sesuai laporan terbaru UKHSA pada 3 Agustus lalu, kasus COVID-19 terus meningkat di seluruh negeri. 

"5,4% dari 4.396 spesimen pernapasan yang dilaporkan melalui Respiratory DataMart System teridentifikasi sebagai COVID-19. Ini dibandingkan dengan 3,7% dari 4.403 dari laporan sebelumnya," kata agensi tersebut dalam laporannya.

Menurut Independent, lima gejala Eris yang paling umum diantaranya pilek, sakit kepala, kelelahan, bersin dan sakit tenggorokan 

Baca Juga: 10 Manfaat Bersyukur yang Jarang Diketahui, Bisa Mengatasi Iri Hati

COVID-19 varian Eris tampaknya menyebar dengan cepat dan bisa menjadi salah satu alasan mengapa ada peningkatan kasus dan rawat inap baru-baru ini.

“Kami terus melihat peningkatan kasus COVID-19 dalam laporan minggu ini. Kami juga melihat peningkatan kecil dalam angka rawat inap di sebagian besar kelompok usia, terutama di kalangan lansia. Tingkat penerimaan keseluruhan masih sangat rendah dan saat ini kami tidak melihat peningkatan serupa dalam penerimaan ICU,” kata Dr Mary Ramsay, Kepala Imunisasi UKHSA.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, meskipun seseorang lebih terlindungi dengan adanya vaksin, negara tetap tidak boleh lengah.

WHO terus mengimbau orang-orang yang berisiko tinggi untuk memakai masker di tempat ramai, mendapatkan booster jika direkomendasikan, dan memastikan ventilasi yang memadai di dalam ruangan. Dan kami mendesak pemerintah untuk memelihara dan tidak membongkar sistem yang mereka bangun untuk COVID-19,'' jelas Tuan Ghebreyesus seperti dikutip dari Sky News.

Sumber: NDTV

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat29 Mei 2024, 16:45 WIB

6 Obat Rumahan Untuk Sakit Tenggorokan, Yuk Bikin Sendiri!

Perubahan cuaca kadang membuat siapa saja gampang sakit tenggorokan. Adapun salah satu penyebab yang sering menyebabkan sakit tenggorokan adalah polusi udara. ada beberapa obat rumahan yang bisa menyembuhkan sakit tenggorokan
Ilustrasi Teh Madu Jahu yang merupakan salah satu obat menyembuhkan sakit tenggorokan dan bisa dicoba buat obatnya dirumah sendiri (Sumber : Freepik.com/@8photo)
Gadget29 Mei 2024, 16:30 WIB

Performa Gahar Harga 5 Jutaan! 3 Rekomendasi HP dengan RAM 8GB

HP RAM 8GB dengan performa gahar ini sangat layak untuk dimiliki.
Samsung A55 5G - HP RAM 8GB dengan performa gahar ini sangat layak untuk dimiliki. (Sumber : samsung.com).
Sehat29 Mei 2024, 16:15 WIB

7 Pengobatan Rumah Untuk Pilek Ini Bisa Dicoba Jika Tak Suka Minum Obat

Pilek atau flu memang sering menyerang siapa saja. Karena penyakit ini sering terjadi apabila ada perubahan cuaca atau tertular dari orang lain. karena itu orang yang sedang mengalaminya lebih banyak ingin berobat di rumah
Ilustrasi beberapa pengobatan rumah yang bisa dicoba untuk menyembuhkan pilek (Sumber : Freepik.com)
Life29 Mei 2024, 16:00 WIB

10 Cara Menjadi Anak yang Baik untuk Orang Tua, Jadi Pribadi Bertanggungjawab!

Terkait Cara Menjadi Anak yang Baik untuk Orang Tua, Coba Jadilah Orang Bertanggungjawab!
Ilustrasi. Cara Menjadi Anak yang Baik untuk Orang Tua. Sumber: Pixaba/RobynJones
Entertainment29 Mei 2024, 15:30 WIB

Terbang Selama 28 Jam, Alan Walker Temui Guru dan Siswa yang Viral di Medan

DJ ternama Alan Walker secara mengejutkan datang ke SMA AL-Azhar Medan, Sumatera Utara, untuk memberikan kejutan kepada guru bernama Tri Adinata yang sempat viral di media sosial sampai rela terbang 28 jam
Momen Alan Walker bertemu Guru dan Siswa SMA AL-Azhar yang viral di media sosial (Sumber : Instagram @/triadinata91)
Sukabumi29 Mei 2024, 15:20 WIB

Landmark Taman Megalodon Surade Sukabumi Ambruk, Diwarnai Aksi Vandalisme

Landmark Taman Megalodon di Bundaran Surade Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi yang berdiri di dekat tugu Gigi Megalodon mengalami ambruk, dan huruf-hurufnya terlepas.
Kondisi Landmark Taman Megalodon Surade Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life29 Mei 2024, 15:15 WIB

6 Garis Tangan Orang yang Diramal Kaya Menurut Ilmu Palmistry, Kamu Termasuk?

Garis tangan seseorang tentu saja memiliki rahasia masing-masing, termasuk bagaimana nasibnya di masa depan, apakah kaya atau tidaknya terutama pada pencapaian yang akan diraih
Garis tangan seseorang tentu saja memiliki rahasia masing-masing, termasuk bagaimana nasibnya di masa depan yang akan kaya atau tidak (Sumber : Pexels.com/@Mikhailnilov)
Inspirasi29 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini segera daftarkan diri sekarang juga.
Ilustrasi - Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya. (Sumber : Freepik.com/@DC Studio).
Sukabumi Memilih29 Mei 2024, 14:39 WIB

Dinamai KSM dan Usung Perubahan, Koalisi 6 Parpol Akan Beri Kejutan di Pilkot Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Kota Sukabumi 2024, intensitas komunikasi antara enam partai yang sudah bersepakat membentuk koalisi, yakni, Golkar, Nasdem, PAN, Gerindra, PDIP, serta PPP semakin ditingkatkan.
6 Ketua Parpol di Kota Sukabumi sepakat membentuk Koalisi Sukabumi Maju (Golkar, Nasdem, PPP, PAN, Gerindra dan PDIP) | Foto : Asep Awaludin
Sehat29 Mei 2024, 14:30 WIB

7 Langkah Menurunkan Lonjakan Gula Darah untuk Saat Ini dan Di Masa Depan

Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat.
Ilustrasi - Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat. (Sumber : Freepik/freepik)