Sederet Manfaat Buah Cecendet atau Ciplukan, Bisa Menurunkan Diabetes

Kamis 02 Februari 2023, 22:00 WIB
Buah Ciplukan atau masyarakat Jawa Barat menyebut dengan nama Cecendet. Ada beragam manfaat buah cecendet untuk kesehatan diantaranya dapat menurunkan diabetes | Foto: Pixabay/paedhi001

Buah Ciplukan atau masyarakat Jawa Barat menyebut dengan nama Cecendet. Ada beragam manfaat buah cecendet untuk kesehatan diantaranya dapat menurunkan diabetes | Foto: Pixabay/paedhi001

SUKABUMIUPDATE.com - Apa Anda mengenal buah ini? Namanya Ciplukan atau di Jawa Barat biasa disebut Cecendet. Buah ini terbilang unik sebab diselubungi lapisan seperti daun dan apabila sudah matang memiliki rasa manis bercampur sedikit asam. Tak hanya rasa dan keunikannya, hal lain yang perlu diketahui adalah manfaat buah Cecendet untuk kesehatan.

Pohon Ciplukan ini biasanya tumbuh liar sehingga dapat ditemukan di pematang sawah, kebun bahkan di pekarangan rumah. Tinggi pohonnya tak sampai satu meter. 

Buah Ciplukan atau Cecendet memiliki bentuk buah yang bulat dengan diselimuti semacam kulit menyerupai lampion. Ciplukan matang juga akan berwarna sedikit kemerahan.

Baca Juga: Sederet Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Bisa Obati Asam Lambung

Buah Ciplukan atau Cecendet ini dikenal memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Buah Ciplukan juga terbilang masih termasuk dalam keluarga terung-terungan atau Solanaceae.

Melansir dari Tempo.co, merujuk laman lipi.go.id, Ciplukan memiliki nama latin Physalis Minina dan dapat tumbuh subur di dataran rendah hingga ketinggian 1550 meter di atas permukaan laut.

Ciplukan sendiri mengandung senyawa kimia seperti chlorogenik acid, asam sitrun, gula, vitamin C, fisalin, asam malat, dan lain-lain.

Baca Juga: 5 Risiko Perut Terlalu Kenyang atau Kamerkaan, Sering Dialami Ketika Bulan Puasa

Berikut beberapa manfaat buah ciplukan atau Cecendet yang baik untuk kesehatan.

1. Baik Untuk Tulang

Buah Ciplukan kaya akan vitamin K. Vitamin K adalah vitamin yang paling penting dalam komponen tulang rawan. Vitamin ini juga terlibat dalam pembentukan tulang-tulang yang baru serta tulang-tulang yang sehat. Sehingga manfaat buah Ciplukan untuk kesehatan adalah mampu menjaga kesehatan tulang dengan baik.

Baca Juga: Dikdik dan Bos Jamal Preman Pensiun Kembali Berakting! Syuting Film Apa di Sukabumi?

2. Menurunkan Diabetes

Manfaat buah Ciplukan untuk penderita diabetes adalah bisa menurunkan atau mengatur asupan gula. Banyak kandungan senyawa dari buah Ciplukan yang bisa menekan asupan gula dari banyak karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh.

Sehingga aliran gula ke dalam darah bisa dicegah dengan semaksimal mungkin. Bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes, mengonsumsi buah Ciplukan adalah jalan yang harus dicoba.

Baca Juga: Jadwal Persib Februari 2023, Tiga Big Match Termasuk Lawan PSM dan Bali United

3. Imunitas Tubuh Meningkat

Khasiat Ciplukan adalah bisa meningkatkan imunitas tubuh. Dengan mengonsumsi buah Ciplukan setiap hari tentu imunitas dalam tubuh akan meningkat apalagi di musim pancaroba seperti ini.

Penting bagi kita untuk menjaga imun supaya tidak gampang sakit. Mengandung polifenol dan vitamin C yang sangat tinggi mampu melawan bakteri yang ingin masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga: 8 Bahasa Tubuh Perempuan Tanda Dia Jatuh Cinta Padamu, Pemuda Sukabumi Sudah Tahu?

4. Bisa Untuk Menurunkan Tekanan Darah

Sebagian besar orang dewasa atau lanjut usia memiliki masalah dengan tekanan darah. Kebanyakan mereka memiliki tekanan darah tinggi. Jika tekanan darah tinggi dibiarkan akan menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Buah Ciplukan adalah salah satu buah yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Dengan mengandung karatenoid dan polifenol mampu menjaga tekanan darah dan kolesterol.

Baca Juga: 7 Alamat Proxy Whatsapp Indonesia Gratis, Pake WA Gak Perlu Terhubung Internet

5. Mengobati Flu

Jika Anda sedang flu tidak usah terburu-buru dengan mengonsumsi obat dokter. Manfaat Ciplukan bisa untuk mengobati flu. Kaya akan vitamin C membuat buah ini bagus untuk dikonsumsi saat sedang sakit flu. Atau bisa juga dengan memanfaatkan rebusan air daun Ciplukan.

6. Menyembuhkan Sakit Tenggorokan

Manfaat buah Ciplukan selanjutnya yaitu menyembuhkan sakit tenggorokan. Anda dapat memanfaatkan buah dan daunnya untuk mengobati sakit tenggorokan.

Baca Juga: Bakal Ada 3 Golongan SIM C, Pengguna Motor Listrik Pakai yang Mana? Ini Penjelasan Polri

Manfaat buah Ciplukan dan cara mengolahnya untuk sakit tenggorokan adalah dengan meminum air rebusan daun Ciplukan atau dengan mengonsumsi buah Ciplukan setiap hari akan membuat penyembuhan lebih cepat dan lebih baik.

7. Sangat Baik Untuk Kesehatan Mata

Manfaat Ciplukan selanjutnya tentu sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Dengan mengandung vitamin A dan Rhodopsin, Ciplukan mampu untuk menjaga kesehatan mata dan membantu mata untuk melihat di kondisi malam hari. Bagi penderita mata minus sangat disarankan untuk memakan buah Ciplukan.

Baca Juga: Aktivitas Sesar Cimandiri, Diduga Jadi Pemicu Gempa Dangkal M4,4 di Banten

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Menjaga kesehatan kulit juga menjadi salah satu khasiat buah Ciplukan. Kaya akan antioksidan, buah Ciplukan dapat melembabkan kulit yang kering dan menjadikan kulit sehat. Kesehatan kulit akan tetap terjaga jika rutin mengkonsumsi buah Ciplukan.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel29 Maret 2024, 03:00 WIB

Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri

Yuk Recook Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri!
Ilustrasi. Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri. Sumber Foto : Instagram/@sukabikinkue
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa