Baik Untuk Jantung, Kenali 4 Manfaat Beras Hitam Bagi Kesehatan

Rabu 01 Februari 2023, 18:15 WIB
Ilustrasi. Beras hitam diklaim memiliki banyak manfaat untuk kesehatan termasuk bisa menyehatkan jantung | Foto: Pixabay/MYCCF

Ilustrasi. Beras hitam diklaim memiliki banyak manfaat untuk kesehatan termasuk bisa menyehatkan jantung | Foto: Pixabay/MYCCF

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti sudah tak asing dengan beras. Salah satu bahan pokok ini diketahui memiliki banyak jenis seperti beras putih, beras merah dan beras hitam.

Untuk beras hitam sendiri diklaim memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Lalu apa saja manfaat beras hitam ini dan apa saja kandungannya hingga baik untuk kesehatan?

Mengutip dari Tempo.co, jenis beras ini berasal dari spesies Oryza sativa L dengan beras ketan termasuk diantaranya.
Jika dilihat dari nutrisinya, beras hitam diyakini lebih menyehatkan karena kandungan nutrisinya lebih banyak dibandingkan beras putih.

Baca Juga: Sederet Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Bisa Obati Asam Lambung

Setiap 100-gram beras hitam mengandung 4,9 gram serat, 8,5 gram protein, dan 3,5 mg zat besi. Sementara, setiap 100-gram beras putih mengandung 0,6 gram serat, 6,8 gram protein, dan 1,2 gram zat besi. Berikut empat manfaat beras hitam untuk kesehatan.

1. Cegah diabetes

Dilansir health.clevelandclinic.org, beras hitam mampu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengontrol kadar glukosa darah dengan baik sehingga terhindar dari diabetes.

Baca Juga: Dikdik dan Bos Jamal Preman Pensiun Kembali Berakting! Syuting Film Apa di Sukabumi?

Hal ini karena peran antioksidan dan bahan kimia nabati (fitokimia) dalam beras hitam. Kedua senyawa ini memperlambat laju tubuh menyerap gula dan menurunkan kadar gula dalam darah Anda.

2. Sehatkan jantung

Beras hitam mengandung antioksidan yang telah terbukti membantu melindungi dari penyakit jantung. Dilansir healthline.com, kandungan flavonoid dalam beras hitam telah dikaitkan dengan penurunan risiko berkembang dan meninggal akibat penyakit jantung.

Baca Juga: Jadwal Persib Februari 2023, Tiga Big Match Termasuk Lawan PSM dan Bali United

Antosianin dan senyawa bergizi lainnya yang terkandung dalam beras hitam dipercaya bisa menjaga kadar glukosa, kolesterol, dan trigliserida darah yang sehat sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

3. Kontrol berat badan

Kaya akan serat makanan menjadikan beras hitam cocok dalam membantu proses penurunan berat badan. Teksturnya yang lebih padat tapi rendah kalori, menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama.

Baca Juga: 8 Bahasa Tubuh Perempuan Tanda Dia Jatuh Cinta Padamu, Pemuda Sukabumi Sudah Tahu?

Selain itu, beras ini membantu untuk mengontrol asupan kalori sehingga bisa melindungi terhadap obesitas dalam jangka panjang.

4. Jaga kesehatan mata

Dua jenis karotenoid, lutein dan zeaxanthin, dalam beras hitam membantu meningkatkan kesehatan mata. Zeaxanthin dapat melindungi kesehatan mata dari degenerasi makula yang dapat menyebabkan kebutaan.

Baca Juga: 7 Alamat Proxy Whatsapp Indonesia Gratis, Pake WA Gak Perlu Terhubung Internet

Dilansir realsimple.com, sebuah studi 2018 mencatat bahwa senyawa ini membantu melindungi retina dengan menyaring gelombang cahaya biru yang merusak.

Sumber: Tempo.co/Naomy A. Nugraheni

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 21:04 WIB

Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Ikut Tes Seleksi Paskibraka

Berikut kronologi dugaan penyebab meninggalnya Kayla Nur Syifa Siswi Sukabumi peserta seleksi Paskibraka.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Life19 April 2024, 20:29 WIB

5 Penjelasan Kenapa Seseorang Mudah Menangis Tanpa Sebab

Ketika seseorang menangis tanpa alasan yang jelas, hal itu seringkali dapat menjadi pengalaman yang membingungkan dan membuat frustrasi.
Kenapa seseorang mudah menangis tanpa sebab | Foto : pixabay/jouycristoo
Sukabumi19 April 2024, 20:11 WIB

Ratusan Buruh Garmen di Cicurug Sukabumi Demo Tuntut Perusahan Bayar Gaji

Ratusan buruh pabrik garmen berdemonstrasi di depan halaman PT Indo Garment Lestari (IGL) tepatnya di Kampung Bojong Pereng, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024).
Sejumlah buruh pabrik garmen melakukan aksi demo di depan halaman PT IGL | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi19 April 2024, 20:05 WIB

Cita-citanya Polwan, Orang Tua Terpukul Kehilangan Kayla Siswi Peserta Paskibraka Sukabumi

Orang tua Kayla Nur Syifa peserta seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal punya cita-cita jadi Polwan.
Orang tua Kayla Nur Syifa peserta Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal saat diwawancarai sukabumiupdate.com di rumah duka (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sehat19 April 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Updaters Wajib Mengetahui Apa Saja Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat.
Ilustrasi - Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat (Sumber : pexels.com/@Sebastian Coman Photography)