TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Diderita Orang Indonesia, Ini 3 Jenis Penyakit Tidak Menular dan Cara Atasinya

Penyakit tidak menular atau PTM adalah sejumlah penyakit yang selalu identik dengan orang lanjut usia. Namun, penyakit itu kini mulai menyerang orang-orang yang masih berusia muda.

Penulis
Rabu 7 Des 2022, 21:30 WIB

Ilustrasi sakit. | Foto: Freepik.com

SUKABUMIUPDATE.com - Penyakit tidak menular atau PTM adalah sejumlah penyakit yang selalu identik dengan orang lanjut usia. Namun, penyakit itu kini mulai menyerang orang-orang yang masih berusia muda.

Karena rendahnya kesadaran masyarakat akan pola hidup sehat tercermin dari hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada 2018.

Beberapa indikasi memperlihatkan bahwa 95,5 persen masyarakat Indonesia kurang mengonsumsi sayur dan buah, hingga 33,5 persen masyarakat jarang melakukan aktivitas fisik atau berolahraga.

Imbasnya, PTM kini jamak menyerang masyarakat Indonesia dan tercatat meningkat cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: Sebelum Meninggal, Andika Kerispatih Sempat Sakit Diabetes

Dihimpun dari Suara.com yang dikutip melalui siaran pers Kemenkes, berikut ini sejumlah PTM yang paling banyak diderita masyarakat Indonesia:

1. Penyakit Hipertensi

Hipertensi biasa disebut silent killer pada usia diatas 18 tahun menurut data Kemenkes telah meningkat dari 25,8 persen pada 2013 menjadi 34,1 persen di tahun 2018. Ditaksir penderita hipertensi di Indonesia mencapai lebih dari 63 juta jiwa, atau sekitar 23 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

Risiko hipertensi utamanya disebabkan oleh faktor-faktor yang tidak dapat dimodifikasi seperti genetik riwayat keluarga, di mana orang yang mempunyai orang tua penderita hipertensi berisiko lebih tinggi dibandingkan sebaliknya.

Lalu juga usia, dan jenis kelamin, dimana lelaki memiliki risiko yang lebih tinggi sebanyak 2,3 kali. Sementara perempuan yang telah memasuki fase menopause atau berusia lebih dari 65 tahun juga lebih rentan terkena hipertensi.


Halaman :
Berita Terkait
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x