14 Fakta Menarik Planet Merkurius, Miliki Suhu Hingga 800 Derajat Fahrenheit

Selasa 09 Mei 2023, 20:15 WIB
14 Fakta Menarik Planet Merkurius, Miliki Suhu Hingga 800 Derajat Fahrenheit (Sumber : NASA)

SUKABUMIUPDATE.com - Planet Merkurius merupakan planet yang paling dekat dengan matahari serta memiliki suhu paling ekstrem di Tata Surya kita.

Ada begitu banyak hal sangat menarik untuk diketahui tentang planet Merkurius ini yang pastinya perlu untuk diketahui.

Kira-kira apa saja ya hal menarik tentang planet Merkurius yang belum diketahui banyak orang? Jika penasaran, simak yuk sederet fakta menarik planet Merkurius seperti merangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: Review Moisturizer Wardah Perfect Bright, Harga Cuma Rp 20 Ribuan! Bagus?

1. Merupakan Planet dengan Fluktuasi Suhu Paling Ekstrem di Tata Surya

Mercury has Ice at its Poles!

Fakta pertama yang tentunya menarik dari Merkurius adalah suhunya. Planet yang paling dekat dengan matahari ini memiliki fluktuasi suhu paling ekstrim dari semua planet yang ada di Tata Surya

Melansir dari NASA, pada siang hari suhu di merkurius bisa mencapai 800 derajat fahrenheit, sedangkan pada malam hari turun hingga mencapai -290 derajat fahrenheit.  Suhu panas tersebut diketahui dapat melelehkan timah lho.

Baca Juga: Ramalan Ronggowarsito Presiden 2024: Siapakah Pengganti Jokowi?

2. Merupakan Planet Terkecil di Tata Surya

Penurunan status pluto sebagai planet kerdil pada tahun 2006 lalu,  membuat Merkurius menempati posisi sebagai planet paling kecil di Tata Surya

Melansir dari facts.net, diameter merkurius sekitar 3.030 mil. Sebagai perbandingan, ukuran ini kira-kira sama dengan ukuran daratan Amerika Serikat.

Baca Juga: Ramalan Presiden 2024, Hard Gumay: Bertubuh Gempal dan Tegas

3. Merkurius Mengorbit Matahari Lebih Cepat dari Planet Lain

Fakta Merkurius berikutnya yang menarik memberitahu kita tentang seberapa cepat orbitnya. Selama orbitnya, planet ini bisa sedekat 29 juta mil ke Matahari dan pada jarak terjauhnya bisa 43 juta mil dari Matahari.

Namun, ia juga memiliki perbedaan sebagai planet yang memiliki kemampuan untuk melakukan perjalanan tercepat mengelilingi matahari.

Rata-rata hanya membutuhkan 88 hari untuk menyelesaikan orbitnya, dengan kecepatan 112.000 mil per jam.

Baca Juga: Simak Jadwal Tanding Timnas Mobile Legends di SEA Games 2023

4. Ada Kemungkinan Merkurius Memiliki Gunung Berapi di Masa Lalu

Sebagian besar bagian utara planet ini memiliki permukaan yang sangat halus. Hal tersebut membuat peneliti meyakini jika pada jutaan tahun yang lalu pada itu terdapat lava yang mungkin mengalir.

Tidak ada penemuan lebih lanjut sampai saat ini, tetapi para ilmuwan yang mempelajari planet ini berpikir jika memang lava itulah yang menjadi satu-satunya penjelasan tentang permukaan halus tersebut.

Selain itu, beberapa gambar yang menunjukan adanya cincin kawah yang terlihat memberikan keyakinan lebih lanjut jika di Merkurius pernah ada gunung berapi.

5. Merkurius Adalah Salah Satu dari 5 Planet yang Dapat terlihat Tanpa Teleskop

Saat kamu melihat satu bintang saat malam atau melihat bintang pada pagi hari mungkin kamu sedang melihat merkurius.

Hal yang sama berlaku untuk empat planet lain yang dapat kamu lihat dengan cara yang sama, Jupiter, Mars, Saturnus, dan Venus.

6. Merkurius Berjarak 57 Juta Mil dari Planet Bumi

Fakta Merkurius berikutnya yang menarik memberitahu kita tentang seberapa jauh jaraknya dari Bumi. Jarak Merkurius 57 juta mil dari kita atau setara dengan 92 juta kilometer.

Para ilmuwan mengukur jarak antar planet menggunakan sesuatu yang disebut  Satuan Astronomi  (AU).

Dengan menggunakan metode pengukuran ini, Merkurius diperkirakan berjarak 0,61 AU dari Bumi.

7. Merkurius Tidak Dapat Dilihat dari Hubble

Merkurius adalah planet yang sebenarnya tidak dapat dilihat dari Teleskop Luar Angkasa Hubble.

Hal tersebut karena Merkurius diposisikan terlalu dekat dengan Matahari. Karena Matahari sangat terang, cahayanya benar-benar akan merusak komponen listrik sensitif yang ada di dalam teleskop itu.

8. Copernicus Adalah Orang Pertama yang Benar-benar Melihat Merkurius

Meskipun penemuan Merkurius tidak dapat dikaitkan dengan satu orang saja, secara luas diyakini bahwa Copernicus (astronom dan matematikawan renaisans yang lahir pada tahun 1473) adalah orang pertama yang melihat planet ini di orbit selama tahap awal abad ke-16.

Galileo diyakini sebagai orang berikutnya yang melihat Merkurius lebih dari seratus tahun kemudian, pada abad ke-17.

9. Berat Badan Manusia Akan Berubah Secara Drastis di Merkurius

Salah satu fakta Merkurius yang paling menarik menjelaskan apa yang akan terjadi pada berat badan kita jika mengunjungi planet ini.

Saat kita mendarat di Merkurius, berat akan jauh lebih ringan daripada di Bumi. Hal tersebut karena gravitasi di Merkurius lebih sedikit daripada bumi.

10. Pusat Merkurius Adalah Besi Cair

Inti dari planet ini terdiri dari besi. Selama jutaan tahun, ia telah mendingin dan mulai berkontraksi.

Fakta ini sebagian bertanggung jawab atas bagaimana permukaan planet muncul (berkerut dan berkawah).

Namun, para astronom sekarang percaya bahwa pusat planet belum mendingin sepenuhnya dan  pusat intinya masih terdiri dari besi cair.

11. Merkurius Memiliki Kawah yang Lebarnya 960 Mil

Fakta Merkurius berikutnya memberitahu kita tentang penampilan planet ini. Para ilmuwan percaya asteroid raksasa jatuh ke permukaan planet sekitar 4 miliar tahun yang lalu.

Dan itu disebut Caloris basin yang meninggalkan kawah dengan lebar sekitar 960 mil. Sebagai contohnya adalah Texas di Amerika Serikat.

Para ilmuwan menghitung bahwa Caloris Basin harus memiliki lebar setidaknya 60 mil untuk dapat menciptakan kerusakan sebesar itu.

12. Ilmuwan Temukan Kemungkinan Adanya Es

Mungkin aneh jika berpikir sebuah planet yang memiliki suhu tinggi ternyata memiliki es. Tetapi para ilmuwan percaya ada kemungkinan kuat Merkurius dapat memiliki beberapa benda dingin – dan itu terletak di dalam kawahnya.

Alasan para ilmuwan percaya ini adalah karena kutub utara dan selatan planet ini sangat gelap dan suhunya sangat rendah.

Diperkirakan bahwa dua fakta ini memungkinkan Merkurius bisa menahan air yang kemudian bisa membeku.

Kemungkinan lainnya adalah bahwa air telah merembes keluar dari dalam planet dan membeku.

13. Merkurius Memiliki Atmosfer Tertipis dari Semua Planet

Fakta Merkurius berikutnya yang menarik memberitahu kita tentang atmosfernya. Planet ini memiliki atmosfer tertipis dari semua planet yang ada di tata surya.

Faktanya, atmosfer diyakini sangat tipis sehingga para ilmuwan harus menemukan nama yang sama sekali baru untuk itu. Mereka menyebut atmosfer di Merkurius sebagai  eksosfer.

Bulan dan beberapa planet lain semuanya memiliki eksosfer juga, tetapi Merkurius adalah satu-satunya planet yang memiliki fenomena ini.

14. Para Astronom Salah Percaya Bahwa Merkurius Memiliki Permukaan Halus

Hingga tahun 1973, para astronom yang mempelajari planet ini mengira planet ini memiliki permukaan yang halus.

Namun, ketika American Robotic Space Probe  Mariner 10  terbang melewati Venus dan Merkurius pada tahun yang sama, ditemukan bahwa Merkurius sebenarnya adalah planet yang paling banyak berkawah di tata surya. Permukaan Merkurius sebenarnya sangat mirip dengan Bulan .

Ringkasan Fakta Merkurius

Fakta tentang Merkurius memberitahu kita bahwa planet ini memiliki fluktuasi suhu paling ekstrim di tata surya dan mungkin pernah memiliki gunung berapi di permukaannya di masa lalu.

Gunung berapi ini mungkin menjelaskan bagaimana permukaan planet terlihat sekarang. Merkurius yang memiliki sedikit atau tanpa atmosfer dan merupakan planet terdekat dengan Matahari di tata surya kita.

Itulah sederet fakta Merkurius untuk kamu yang mencintai dunia astronomi. Bagaimana, menarik untuk dipelajari bukan?

Sumber: NASA | FACTS.NET | LIVE SCIENCE