Arkeolog Temukan Kerangka Anak-anak Berusia 3.000 Tahun di Iran

Selasa 02 Mei 2023, 12:30 WIB
Arkeolog Temukan Kerangka 9 Anak Berusia 3.000 Tahun di Iran (Sumber : tehrantimes)

Arkeolog Temukan Kerangka 9 Anak Berusia 3.000 Tahun di Iran (Sumber : tehrantimes)

SUKABUMIUPDATE.com - Para arkeolog dari Universitas Tehran telah menemukan sisa-sia kerangka anak-anak berusia 3.000 tahun dalam proses penggalian di pemakaman kuno di Sagzabad provinsi Qazvin di Iran.

Penggalian pemakaman kuno yang dipimpin oleh Dr. Mustafa Deh Pahlavan itu menemukan sisa-sisa kerangka beberapa anak beserta bayi dan janin, juga ditemukan sisa-sisa kuda, kambing, serta domba.

Sementara itu mengutip dari laman Arkeonews, penemuan kerangka anak-anak berusia 3.000 tahun tersebut dilakukan di area pemakaman kuno seluas 5 meter persegi.

Baca Juga: Mitos dan Fakta Bunga Edelweis, Pertama Kali Ditemukan di Lereng Gunung Gede!

“Sembilan anak, bayi, dan janin, sisa dua kuda dewasa, dua kambing, dan seekor domba,” ungkap Dr. Mostafa Dehpahlavan mengutip dari Arkeonews.

Dehpahlavan juga menyatakan jika pekerjaan yang dipimpinnya itu memiliki tiga bagian, menambahkan bagian pertama berisi sisa-sisa penguburan seorang anak bersama dengan sisa-sisa kambing yang belum dewasa.

Di pemakaman timur Qara Tepe merupakan bukti penting dari lima lapisan penguburan dan kuburan di atas satu sama lain diperoleh dalam skala luas. 

Baca Juga: Link Nonton Drakor Doctor Cha, Drama Korea yang Viral di Media Sosial

Di pemakaman tersebut, kuburan tidak memiliki arah tertentu. Perbatasan mereka dikelilingi oleh beberapa pegunungan tanah liat. 

Janin dan bayi yang diaborsi dikubur dalam periuk tanah liat, sisa-sisa hewan seperti kambing, domba yang belum dewasa, sapi, unta, dan juga kuda ditemukan di pemakaman yang sama, dan berarti bahwa hewan dikuburkan di samping jenazah.

Jika dilihat dari kriteria seperti pertumbuhan gigi serta panjang tulang, kerangka anak tersebut diperkirakan berusia kurang dari enam tahun.

Dalam mendeskripsikan bagian kedua, arkeologi mengatakan jika sisa-sia penguburan dua kuda dewasa dari ras yang berbeda. Pertama, sisa-sisa kuda dewasa yang tergeletak miring ke kiri tanpa tengkorak.

Sementara kuda dewasa lain yang lebih kecil dikuburkan dalam bentuk meringkuk di sisi kanannya, dan tengkoraknya berada di atas permukaan tubuh dalam bentuk setengah terangkat.

Kuda ini memiliki kalung dengan manik-manik perunggu dan bagian dari tali kekang besi kuda ini dapat dilihat di bagian mulut.

Dalam penjelasannya tentang bagian ketiga dari koleksi ini, Dehpahlavan menyatakan: Bagian ini berisi sisa-sisa manusia dan hewan yang dalam keadaan sangat kacau. 

Berdasarkan jumlah tengkorak yang terlihat, total ada delapan orang yang dimakamkan di bagian ini. Di sebelah gua tanah liat abu-abu, sisa-sisa janin manusia dapat dilihat.

Selain itu, tengkorak domba dewasa dapat diidentifikasi di sebelah tengkorak janin manusia. kemudian, wadah bergagang vertikal dan kendi kecil beserta bagian badan pot dengan hiasan warna kacang polong dan tali merupakan temuan gerabah bagian ini.

Pemakaman juga menemukan kerangka anak di samping piring tanah liat, yang dapat membuktikan status sosial khususnya, serta ornamen penguburan seperti gelang perunggu, cincin, dan sisa-sisa kalung yang terbuat dari batu, perunggu, dan manik-manik gading.

Sementara itu, kerangka yang ditemukan tersebut telah dipindahkan ke kotamadya Sagzabad untuk dipajang dan dilestarikan sesuai dengan standar konservasi dan restorasi karena kondisi yang tidak menguntungkan di pemakaman Qara Tepe.

Sumber: Arkeonews

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat17 Juli 2024, 17:30 WIB

7 Minuman Detoks Terbaik yang Bisa Anda Coba Sendiri Dirumah

Minuman detoks yang sehat dan menyegarkan sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh Anda.
Ilustrasi - Minuman detoks yang sehat dan menyegarkan sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh Anda. (Sumber : Freepik.com).
Keuangan17 Juli 2024, 17:20 WIB

Untuk Seluruh Kendaraan! Mulai 2025, Motor dan Mobil di Indonesia Wajib Asuransi

Untuk menguatkan sektor keuangan, pemerintah berencana mewajibkan asuransi bagi seluruh kendaraan.
Ilustrasi. OJK tengah menyusun skema kebijakan kendaraan wajib asuransi pada 2024 (Sumber: istimewa)
Musik17 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Sayangnya dari Juicy Luicy yang Viral di Medsos

Lagu Sayangnya dipopulerkan oleh Juicy Luicy dan sempat viral di media sosial Instagram hingga YouTube.
Lirik Lagu Sayangnya dari Juicy Luicy yang Viral di Medsos (Sumber : Istimewa)
Sukabumi17 Juli 2024, 16:49 WIB

Tindakan Puskesmas usai Warga Temukan Limbah Medis Berceceran di Parungkuda Sukabumi

Puskesmas buka suara terkait penemuan tabung sampel darah dan jarum suntik bekas yang berceceran di jalanan Parungkuda Sukabumi.
Tabung sampel darah hingga jarum suntik ditemukan tercecer di jalan Kompa-Cipanggulaan, Parungkuda Sukabumi. (Sumber Foto : Istimewa)
Sukabumi17 Juli 2024, 16:42 WIB

Buru-buru Nyari Ojek, Wanita Gendong Anak Ini Embat Duit Warung di Sukabumi

Awalnya, tidak ada yang sadar dengan aksi pencurian ini. Namun saat pemilik warung hendak berbelanja stok barang, ia baru sadar uang Rp3 juta di meja kasir hilang.
Wanita terduga pelaku pencurian uang di warung terekam CCTV (Sumber: CCTV)
Film17 Juli 2024, 16:30 WIB

Sinopsis Longlegs, Film Horror Mengungkapkan Kasus Misterius Pembunuhan Berantai

Longlegs merupakan salah satu film horor thriller terbaru serta terbaik di tahun ini yang telah tayang pada Kamis, 17 Juli 2024 di seluruh bioskop di Tanah Air.
Sinopsis Longlegs, Film Horror Mengungkapkan Kasus Misterius Pembunuhan Berantai (Sumber : Instagram/@neonrated)
Life17 Juli 2024, 16:00 WIB

10 Ciri Orang yang Punya Karakter Berkelas Meski Tampilannya Sederhana

Orang dengan karakter berkelas biasanya menunjukkan kualitas tertentu yang membuat mereka dihormati dan dikagumi.
Ilustrasi - Orang dengan karakter berkelas biasanya menunjukkan kualitas tertentu yang membuat mereka dihormati dan dikagumi. (Sumber : pexels.com/@Sơn Ngọc).
Sukabumi17 Juli 2024, 15:54 WIB

Bupati Ikut Bersuara, Kasus Pelecehan Seksual Putri Nelayan Palabuhanratu Sukabumi

Marwan menunggu mekanisme hukum yang sedang berjalan di kepolisian.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami ketika dimintai komentar soal kasus dugaan pelecehan seksual salah satu finalis Putri Nelayan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (17/7/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Entertainment17 Juli 2024, 15:30 WIB

Ulang Tahun Hari Ini, Wonwoo SEVENTEEN Ingin Foto Bersama Keluarga di Studio Miliknya

Jeon Wonwoo adalah member dari boygrup sekaligus anggota unit Hip Hop SEVENTEEN yang berulang tahun hari ini, yaitu Rabu, 17 Juli 2024. Namanya menjadi trending topic di X, karena Carats mengucapkan ulang tahun padanya.
Ulang Tahun Hari Ini, Wonwoo SEVENTEEN Ingin Foto Bersama Keluarga di Studio Miliknya (Sumber : Instagram/@everyone_woo)
Inspirasi17 Juli 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Toko Oleh-oleh Khas Sukabumi, Yuk Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Lowongan Kerja di Toko Oleh-oleh Khas Sukabumi, Yuk Cek Kualifikasinya (Sumber : Freepik/@freepik)