Motor Tidak Bertenaga Saat Digas? Ini 4 Cara Mudah Mengatasinya

Selasa 13 Desember 2022, 18:15 WIB
(Ilustrasi) Motor ngeden saat di gas bisa dialami siapa saja | Foto: Unplash

(Ilustrasi) Motor ngeden saat di gas bisa dialami siapa saja | Foto: Unplash

SUKABUMIUPDATE.com - Motor tidak bertenaga atau biasa disebut ngeden saat di gas memang cukup membuat kesal apalagi jika sedang diburu-buru harus sampai di tempat tujuan.

Jika motor ngeden terjadi saat motor membawa beban berat atau di jalan yang menanjak, itu masih bisa dianggap wajar.

Namun, beda cerita jika hal tersebut terjadi saat motor melaju di jalanan yang datar, tentu hal itu menandakan adanya masalah pada komponen motor.

Baca Juga: Daftar 10 Motor Listrik yang Beredar di Indonesia, Lengkap dengan Harganya

Umumnya motor tidak bertenaga saat di gas terjadi ketika pemilik tidak pernah melakukan service sehingga terjadi masalah pada komponen kendaraan.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan motor ngeden saat digas seperti masalah pada sistem kelistrikan motor, sistem bahan bakar yang terganggu atau mungkin komponen transmisi yang mengalami masalah.

Dilansir dari Tempo.co, berikut penyebab terjadinya motor ngeden saat digas dan cara mengatasinya.

Baca Juga: 45 Anak di Kabupaten Sukabumi Positif HIV/AIDS, 6 Meninggal Dunia

1. Busi Motor Kotor

Sistem pengapian pada sepeda motor akan terganggu jika komponen busi sudah kotor dan rusak, sehingga hal ini bisa menjadi penyebab utama menurunnya performa sepeda motor.

Cara mengatasinya adalah Kamu harus mengecek terlebih dahulu kondisi busi, apakah elektroda pada busi berwarna hitam pekat dan basah atau berwarna merah dan kering.

Jika kondisi busi hitam pekat dan basah, maka Kamu perlu mengganti busi agar lebih aman. Sedangkan jika warna busi merah dan kering, maka Kamu bisa membersihkannya menggunakan cairan khusus dan diamplas agar bersih.

Baca Juga: Bukan Untuk Parkir, Arti Marka Jalan Garis Kuning Zigzag yang Ada di Tepi Jalan

Setelah bersih, Kamu bisa mengecek apakah percikan api sudah normal atau belum dengan menempelkan busi ke ulir busi pada silinder head, blok mesin motor.

2. Karburator atau Injeksi Kotor

Karburator atau injeksi yang kotor wajar menjadi penyebab motor ngeden saat digas, karena komponen itu berperan sangat penting dalam menyuplai bahan bakar ke dalam ruang bakar mesin.

Jadi, cara mengatasinya adalah membersihkan atau servis berkala pada karburator atau sistem injeksi dan throttle body motor.

Baca Juga: Tren Dunia Bisnis dan Karir yang Harus Diperhatikan di 2023 agar Tetap Mampu Bersaing

3. Filter Bahan Bakar Kotor

Komponen lain yang berpotensi membuat motor ngeden saat digas adalah penggunaan bahan bakar dengan kualitas yang buruk dan tidak sesuai dengan standar rekomendasi pabrik.

Jadi cara mengatasinya adalah mengganti penyaring bensin terlebih dahulu, jika tarikan motor menjadi ringan maka masalah selesai.

Namun jika setelah mengganti penyaring motor tetap ngeden saat digas, maka yang harus dilakukan adalah pengurasan pada tangki dan dilakukan pembersihan secara menyeluruh.

4. Filter Udara Kotor

Mengecek penyaring udara pada motor sebenarnya menjadi langkah utama yang harus dipastikan ketika motor ngeden saat digas.

Baca Juga: Bekerja di Bawah Tekanan? Ini 6 Cara agar Tetap Bahagia

Umumnya hal ini terjadi karena penyaring udara yang tersumbat sehingga kurangnya suplai udara yang masuk ke dalam pembakaran, sehingga pembakaran pada mesin tidak berjalan sempurna.

Lalu cara mengatasinya adalah dengan membersihkan penyaring udara dengan kompresor. Namun akan lebih baik jika Kamu langsung menggantinya dengan penyaring udara baru yang bisa Kamu temui di bengkel atau marketplace untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Itulah empat penyebab motor ngeden saat digas dan cara mengatasinya.

Sumber: Tempo.co/Fani Ramadhani

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Game26 Februari 2024, 23:49 WIB

Cake Resume Quiz Lagi Viral, Ini Cara Bermain dan Ikuti Tesnya

Cake Resume Quiz sedang viral di media sosial. Tes ini akan mengungkapkan kepribadian dan pekerjaan apa yang cocok untuk anda. Berikut linknya.
Tampilan Utama dari Cake Resume Quiz yang Viral. Sumber Foto: Website/ooopenlab.cc
Nasional26 Februari 2024, 23:40 WIB

Sandiaga Uno Isyaratkan PPP Tak Menutup Opsi Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno mengaku akan sangat terhormat jika diajak membangun bangsa di Kabinet Pemerintahan yang baru.
Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno saat kampanye di Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jumat (29/12/2023) sore. (Sumber : SU/Ibnu)
Entertainment26 Februari 2024, 23:03 WIB

Profil dan Fakta Andryan Gama Suami dari Youtuber Nessie Judge

Youtuber Nessie Judge mengumumkan pernikahannya dengan Andryan Gama pada Minggu (25/2/2024). Hal tersebut membuat Nerrorist terkejut.
Andryan Gama dan Nessie Judge ketika Pernikahan berlangsung pada Minggu (25/2/2024) di Alila SCBD Jakarta. Sumber Foto: Instagram/@thebridestory
Sukabumi26 Februari 2024, 22:54 WIB

PLN Indonesia Power Resmikan Pondok Konservasi Penyu Hijau di Ciracap Sukabumi

Peresmian ini dalam rangka Program Keanekaragaman Hayati Konservasi Penyu Hijau dan Rehabilitasi Lingkungannya (Kopi Hideung).
Suasana saat peserta Resmikan Pondok Konservasi Pangumbahan Turtle Park di Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Produk26 Februari 2024, 22:19 WIB

Harga Beras Mahal, Diskumindag Kota Sukabumi Ajak Masyarakat Beralih ke SPHP

Di tengah mahalnya harga beras premium, Diskumindag pastikan stok beras di Kota Sukabumi aman untuk satu bulan kedepan.
Gelaran operasi pasar murah Beras SPHP di Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Senin (26/2/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi26 Februari 2024, 21:43 WIB

Cerita Emak-emak Sukabumi Antri Demi Beras Murah, Pulang Dengan Tangan Kosong

Tingginya antusiasme warga membuat stok beras SPHP sebanyak 30 ton yang diperuntukan untuk warga Desa Karang Tengah Cibadak tidak mencukupi. Sejumlah emak-emak hanya bisa pasrah dan pulang dengan tangan kosong
Warga mengantri beras murah di Desa Karang Tengah Cibadak Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Bola26 Februari 2024, 21:00 WIB

Kembali ke Si Jalak Harupat, Mark Klok Bertekad Kembali ke Jalur Kemenangan

Kapten Persib Bandung Marc Klok berharap tuah dari Stadion Si Jalak Harupat setelah Maung Bandung resmi kembali berkandang di sana
Kapten Persib Bandung Marc Klok berharap tuah dari Stadion Si Jalak Harupat setelah Maung Bandung resmi kembali berkandang di sana | Foto: Instagram/@marcklok
Sukabumi26 Februari 2024, 20:58 WIB

12 Pelajar Sukabumi Diserahkan Ortu dan Guru ke Polisi Gegara Hendak Tawuran

Belasan siswa SMK di Sukabumi diserahkan Ortu dan Guru ke Polisi untuk dibina gegara diduga terlibat dalam rencana aksi tawuran antarpelajar.
Para siswa SMK sedang diamankan di Polsek Sukaraja Mapolres Sukabumi Kota pada Senin (26/2/2024) karena diduga hendak terlibat tawuran. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi26 Februari 2024, 20:08 WIB

Idap Penyakit Langka, Bayi Asal Pabuaran Sukabumi Dibawa Ke RS Bunut

Bayi penderita penyakit langka, Muhamad Ismail Ishak (3 bulan) anak kedua dari pasangan suami istri Ejen (52 tahun) dengan Yuyun (46 tahun) asal Kecamatan Pabuaran Kabupaten Sukabumi segera ditangani.
Kemensos RI Phala Martha bersama Forkopimcam di Puskesmas Pabuaran mendampingi Balita yang idap penyakit langka | Foto : Ragil Gilang
Food & Travel26 Februari 2024, 19:30 WIB

4 Tempat Wisata Dekat Stasiun Cianjur, Rekreasi Sambil Naik Kereta

Inilah beberapa tempat wisata dekat Stasiun Cianjur yang memungkinkan pengunjung bisa berwisata naik kereta sekaligus berkunjung ke tempat rekreasi
Inilah beberapa tempat wisata dekat Stasiun Cianjur yang memungkinkan pengunjung bisa berwisata naik kereta sekaligus berkunjung ke tempat rekreasi (Sumber : via kereta-api.info)