Daftar 10 Motor Listrik yang Beredar di Indonesia, Lengkap dengan Harganya

Minggu 04 Desember 2022, 21:30 WIB
Motor listrik Volta - Daftar 10 Motor Listrik yang Beredar di Indonesia. | Foto: voltaindonesia.com

Motor listrik Volta - Daftar 10 Motor Listrik yang Beredar di Indonesia. | Foto: voltaindonesia.com

SUKABUMIUPDATE.com - Motor listrik sepertinya akan menjadi kendaraan alternatif yang bisa digunakan oleh masyarakat Indonesia. Selain harga bahan bakar minyak (BBM), yang melonjak tinggi, penggunaan motor listrik bisa menghemat sebesar 50% dibanding kendaraan konvensional.

Dikutip Tempo.co, selain itu, menggunakan kendaraan listrik disebut bisa membantu penghematan subsidi hingga Rp 600 miliar per tahun. Namun demikian, harga motor listrik dan ketersediaan fasilitas Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Listrik Umum disingkat SPKLU maupun penukaran baterai umum (SPBKLU) masih menjadi alasan utama masyarakat enggan berpindah ke motor listrik.

Beberapa Merek Motor Listrik Serta Harganya

1. Gesits

Dilansir dari laman resmi Gesits, motor listrik Gesits memiliki tenaga listrik dengan daya motor 5KW dengan jenis baterai Lithium-ion 72 Volt/20 Ah. Dalam sektor pengisian daya, motor listrik Gesits membutuhkan waktu 3-4 jam.

Baca Juga: Tahun 2023, Beli Kendaraan Listrik Bakal Dapat Subsidi Rp6,5 juta dari Pemerintah

Motor listrik ini bisa digunakan untuk berkendara sejauh sekitar 50 kilomter untuk baterai tunggal dan 100 kilometer untuk baterai ganda. Harga motor listrik Gesits dibanderol di angka Rp 28 jutaan.

2. Volta

PT Volta Indonesia Semesta juga meluncurkan motor listrik Volta 401 dengan menerapkan Battery Replacement System alias Sistem Ganti Baterai (SGB).

Motor listrik ini mengandalkan baterai 60V20Ah Lithium-ion dengan motor bertenaga 1,5 KW. Adapun pengisian dayanya membutuhkan waktu 6-8 jam. Dilansir dari laman resminya, harga motor listri Volta 401 berkisar mulai dari Rp 15,7 juta.

3. ECGO 2

Motor listrik ECGO-2 pertama kali meluncur di GIIAS 2019. Motor listrik ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 11 juta.

Motor listrik ECGO mampu melaju maksimal 60 km/jam dengan jarak tempuh 70 km. Menariknya, motor listrik ini menawarkan konsep sewa baterai kepada para pembelinya dengan harga Rp 95 ribu per 30 hari.

4. Viar Q1

Merek motor listrik di Indonesia berikutnya adalah Viar Q1. Motor ini kerap menjadi armada layanan transportasi online Grab dalam setahun terakhir.

Motor listrik Viar Q1 menggunakan baterai Lithium-Ion 60v 23 Ampere dengan tenaga penggerak 800 Watt. Waktu pengecasannya membutuhkan 4-5 jam.

Motor listrik dengan jarak 60 kilometer dengan kecepatan maksimal 60 km/jam ini bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp 18 jutaan.

Baca Juga: 5 Merk Mobil Listrik Paling Banyak Dicari via Google di Indonesia

5. Selis

Merek Selis tipe E-Max dapat menjadi pilian sepeda motor listrik Anda. Motor listrik ini dilengkapi dengan Baterai SLA 60 Volts 25 AH dengan tenaga penggerak 1.200 Watt.

Motor listrik ini memiliki kecepatan 50 km/jam. Jika terisi penuh motor listrik Selis tipa E-Max dapat menempuh jarah 120 km.

Dilansir dari laman resminya, harga motor listrik ini adalah Rp 28 juta untuk baterai ganda dan Rp 22 juta untuk baterai tunggal.

6. United T1800

Motor listrik United T1800 CM dibekali dua unit baterai dengan klaim jarak tempuh maksimal 130 km. Motor listrik ini dilengkapi dengan 3 kecepatan yang bisa disesuaikan, yaitu 50 km/jam, 60 km/jam, 65 km/jam, dan 70 km/jam.

United T1800 Standar dibanderol Rp 27,5 juta dengan satu baterai. Sedangkan T1800 CM sebesar Rp 33,5 juta dan T1800 TM sebesar Rp 34,25 juta dengan dua baterai.

7. Alva One

Motor listrik Alva One memiliki daya maksimum sekitar 4,8 kW atau setara 5,7 PS (5,5 Tk) dan torsi maksimum 46 Nm.

Motor listrik ini dibekali dengan baterai lithium berkapasitas baterai 60 V 45 A (2,7 kWh). Lama pengisian motor listrik ini sekitar 4 jam, dengan minimum daya listrik di rumah 1.300 kWh.

8. Katalis Spacebar EVO

Katalis Spacebar EVO motor listrik buatan dalam negeri. Salah satu daya tariknya ialah desain bodinya yang terasa orisinil. Bodinya memiliki bentuk mengotak dan hampir seluruh bagiannya tertutup panel.

Bentuknya mengingatkan pada motor-motor perang zaman dulu, padahal motor ini boleh dibilang ada skuter yang cukup mungil. Aspek kepraktisan mendapat perhatian cukup baik. Hal itu terlihat dari adanya semacam rak di bagian depan dan belakang kendaraan.

Dengan begitu pengendara akan dimudahkan ketika harus membawa barang saat bepergian
Di atas kertas motor ini memiliki jarak tempuh maksimal 60 km dengan kecepatan maksimum 50 km per jam. Katalis Mobility memili harga Rp68.000.000

9. Quest Atom Alpha

Julukan motor listrik murah cukup pantas untuk diberikan kepada Quest Atom Alpha yang dijual Rp17 jutaan. Produk ini merupakan salah satu contoh motor listrik buatan dalam negeri yang hadir dengan konsep dimensi ringkas dan simpel.

Terkait banderolnya yang murah, Quest Motors memang memiliki visi menghadirkan motor listrik harga terjangkau. Pasalnya jika ditinjau dari segi teknis, motor listrik memiliki komponen yang jumlahnya lebih sedikit.

Quest Motor memiliki halaman di sebuah marketplace. Pada saat artikel ini dibuat, Atom Alpha terpantau dijual Rp17.500.000.

10. Gesits G1

Motor listrik yang dijual di Indonesia rasanya tak lengkap jika belum mengulas Gesits. Motor ini merupakan salah satu motor listrik buatan dalam negeri yang paling terkenal. Pada saat ini motor listrik Gesits dibuat oleh perusahaan bernama PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA).

Perusahaan tersebut merupakan joint venture antara PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi dengan PT GESITS Technologies Indo sejak 2018 lalu. Sejak saat itu pula hanya ada satu model motor listrik Gesits yang dilepas ke pasar dengan harga sekitar Rp28.970.000 on the road DKI Jakarta.

Hal menarik dari motor listrik Gesits ialah mampu menggendong dua unit baterai. Untuk satu baterainya bisa digunakan berkendara hingga 50 km.

Baca Juga: Motor Listrik Lebih Cepat Diterima Pasar Indonesia? Ini Penjelasan Peneliti

Namun, untuk mendapatkan baterai ekstra tersebut maka pemilik harus membelinya lagi dengan harga sekitar Rp 8,5 jutaan. Performa motor listrik Gesits di jalan raya umum cukup bisa diandalkan dengan kecepatan maksimum hingga 70 km per jam.

Sumber: Tempo.co (Idris Boufakar)

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Musik17 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Sayangnya dari Juicy Luicy yang Viral di Medsos

Lagu Sayangnya dipopulerkan oleh Juicy Luicy dan sempat viral di media sosial Instagram hingga YouTube.
Lirik Lagu Sayangnya dari Juicy Luicy yang Viral di Medsos (Sumber : Istimewa)
Sukabumi17 Juli 2024, 16:49 WIB

Tindakan Puskesmas usai Warga Temukan Limbah Medis Berceceran di Parungkuda Sukabumi

Puskesmas buka suara terkait penemuan tabung sampel darah dan jarum suntik bekas yang berceceran di jalanan Parungkuda Sukabumi.
Tabung sampel darah hingga jarum suntik ditemukan tercecer di jalan Kompa-Cipanggulaan, Parungkuda Sukabumi. (Sumber Foto : Istimewa)
Sukabumi17 Juli 2024, 16:42 WIB

Buru-buru Nyari Ojek, Wanita Gendong Anak Ini Embat Duit Warung di Sukabumi

Awalnya, tidak ada yang sadar dengan aksi pencurian ini. Namun saat pemilik warung hendak berbelanja stok barang, ia baru sadar uang Rp3 juta di meja kasir hilang.
Wanita terduga pelaku pencurian uang di warung terekam CCTV (Sumber: CCTV)
Film17 Juli 2024, 16:30 WIB

Sinopsis Longlegs, Film Horror Mengungkapkan Kasus Misterius Pembunuhan Berantai

Longlegs merupakan salah satu film horor thriller terbaru serta terbaik di tahun ini yang telah tayang pada Kamis, 17 Juli 2024 di seluruh bioskop di Tanah Air.
Sinopsis Longlegs, Film Horror Mengungkapkan Kasus Misterius Pembunuhan Berantai (Sumber : Instagram/@neonrated)
Life17 Juli 2024, 16:00 WIB

10 Ciri Orang yang Punya Karakter Berkelas Meski Tampilannya Sederhana

Orang dengan karakter berkelas biasanya menunjukkan kualitas tertentu yang membuat mereka dihormati dan dikagumi.
Ilustrasi - Orang dengan karakter berkelas biasanya menunjukkan kualitas tertentu yang membuat mereka dihormati dan dikagumi. (Sumber : pexels.com/@Sơn Ngọc).
Sukabumi17 Juli 2024, 15:54 WIB

Bupati Ikut Bersuara, Kasus Pelecehan Seksual Putri Nelayan Palabuhanratu Sukabumi

Marwan menunggu mekanisme hukum yang sedang berjalan di kepolisian.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami ketika dimintai komentar soal kasus dugaan pelecehan seksual salah satu finalis Putri Nelayan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (17/7/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Entertainment17 Juli 2024, 15:30 WIB

Ulang Tahun Hari Ini, Wonwoo SEVENTEEN Ingin Foto Bersama Keluarga di Studio Miliknya

Jeon Wonwoo adalah member dari boygrup sekaligus anggota unit Hip Hop SEVENTEEN yang berulang tahun hari ini, yaitu Rabu, 17 Juli 2024. Namanya menjadi trending topic di X, karena Carats mengucapkan ulang tahun padanya.
Ulang Tahun Hari Ini, Wonwoo SEVENTEEN Ingin Foto Bersama Keluarga di Studio Miliknya (Sumber : Instagram/@everyone_woo)
Inspirasi17 Juli 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Toko Oleh-oleh Khas Sukabumi, Yuk Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Lowongan Kerja di Toko Oleh-oleh Khas Sukabumi, Yuk Cek Kualifikasinya (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi17 Juli 2024, 14:53 WIB

Hutan Pinus Tertutup Tanah, Longsor Susulan Ancam Jalan Jampangtengah Sukabumi

Sementara di bawah lapisan tanah terdapat batuan cadas yang miring dan licin.
Kondisi material longsor berupa tanah yang menutupi area hutan pinus milik Perhutani di pinggir jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Science17 Juli 2024, 14:30 WIB

Selatan Banten dan Sekitarnya Waspada! Fase Purnama Picu Banjir Rob di Pesisir Indonesia

Fenomena ini terkait fase bulan purnama yang berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum di sejumlah perairan di Indonesia.
Ilustrasi banjir rob. Sampah berserakan kotori pantai Karanghawu Cisolok paska gelombang pasang | Foto : Ilyas Supendi