Bangkitkan Motor Karisma Rusak jadi Jin Style, Santri Cicurug Sukabumi Dibantu Jin?

Kamis 01 Desember 2022, 18:33 WIB
Honda karisma 125 berubah menjadi motor gaya jin atawa Jin Style hasil modifikasi santri di Cicurug Sukabumi

Honda karisma 125 berubah menjadi motor gaya jin atawa Jin Style hasil modifikasi santri di Cicurug Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Kreativitas tanpa batas ditunjukkan seorang santri di Cicurug Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Di antara waktu belajar agama di Pondok Pesantren Al-Hasaniyyah, Ikbal Afyon berhasil membangkit honda karisma rusak menjadi motor baru, japstyle keren untuk gaspoll.

Ide modifikasi ini berasal dari motor honda karisma 125 yang sudah dua tahun rusak dan dibiarkan begitu saja, milik salah seorang keluarga lingkungan pesantren. Para santri yang tergabung dalam tim modifikator Pondok Pesantren Al-Hasaniyyah, kemudian bertekad menghidupkan kembali motor tersebut, dengan tampilan baru, tentunya setelah mendapatkan izin dari pemilik motor.

Motor ini punya murid salah seorang pengajar di pondok pesantren. Dulu dibawa setiap hari untuk sekolah di Bogor. Seiring pemakaian terus menerus, dan kurang perawatan Honda Karisma inipun rusak dan disimpan begitu saja.

Baca Juga: Warga Curugkembar Sukabumi Ini Modifikasi Motornya Jadi Predator Jalanan

“Jadi kita ambil mesinnya untuk membangun motor awalnya konsep mini monkey,” jelas salah seorang modifikator Pondok Pesantren Al-Hasaniyyah, Ikbal Afyon kepada sukabumiupdate.com, Kamis (1/12/2022).

Seiring jalan, konsep modifikator pun berubah menjadi japstyle atau retro japstyle. “Kita terkendala spare part untuk mini monkey, jadi kita alihkan ke Japstyle,” lanjut Ikbal.

santri Pondok Pesantren Al-Hasaniyyah, Ikbal Afyonsantri Pondok Pesantren Al-Hasaniyyah, Ikbal Afyon

Diawali dari menghidupkan kembali mesin karisma 125 yang sudah off 2 tahun. Dilanjut dengan membangun rangka, karena japstyle adalah konsep motor sport jadul, bukan bebek sebagaimana rangka asli karisma 125.

Kemudian pencarian aksesoris bergaya retro, mulai dari seperti lampu depan, lampu belakang, lampu sein, spion dan lainnya. Dilanjut membangun sektor kaki-kaki dengan balutan velg ring 14 dengan tapak lebar.

“Semula velg ring 17,rata-rata kan motor bebek manual menggunakan ring 17, di motor ini kita ubah menjadi ring 14, jadi masih semi mini" ujarnya.

Pada bagian kemudi diganti menggunakan stang milik Suzuki Thunder, tujuannya agar lebih lebar. Tangki motor custom dengan speedometer digital dan berfungsi.

Baca Juga: Mau Modifikasi Motor? Perhatikan 5 Aturan Ini agar Tak Kena Tilang

“Dapur pacu standar, seperti mesin, karbu, kiprok dan kelistrikan lainnya masih menggunakan suku cadang Honda Karisma. Knalpot juga tidak diubah, hanya tutup knalpotnya saja diaplikasikan milik Yamaha R15," beber Ikbal.

Pengerjaannya dari nol sampai jalan 4 bulan dengan total biaya dalam modifikasi sekitar 7.5 juta. "Motor ini kami namanya jin style karena proses membuatnya, pengerjaan berjalan kurang lebih 4 bulan ini, tidak hanya digarap pada siang, lebih banyak malam. Jin itu kan kerjanya malam," pungkasnya.

Reporter: Ibnu/Magang

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat24 April 2024, 20:00 WIB

Usir Rasa Sakitnya Jauh-Jauh! 5 Rahasia Sederhana untuk Mencegah Asam Urat Kambuh Lagi

Mengantisipasi asam urat yang sering kambuh, Anda bisa mencoba tips sehat untuk mengurangi frekuensi serangannya.
Ilustrasi minum air putih - Mengantisipasi asam urat yang sering kambuh, Anda bisa mencoba tips sehat untuk mengurangi frekuensi serangannya. | (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi24 April 2024, 19:32 WIB

Pria Paruh Baya Ditemukan Tewas Tergantung di Kontrakan Bojonggenteng Sukabumi

Berikut kronologi pria paruh baya ditemukan tewas tergantung di kontrakan yang berada di Bojonggenteng Sukabumi.
Ilustrasi gantung diri. Pria paruh baya di Bojonggenteng Sukabumi ditemukan tewas tergantung di kontrakan. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih24 April 2024, 19:21 WIB

Diantar Apdesi Jabar, Kades Deden Lengkapi Berkas Maju Pilkada Sukabumi di Demokrat

Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi Deden Deni Wahyudin di antar sejumlah fungsionaris Apdesi menyerahkan kelengkapan berkas pendaftaran bakal calon untuk maju di Pilkada Sukabumi 20
Deden Deni Wahyudin saat menyerahkan berkas pendaftaran bcalon kepada daerah ke DPC Partai Demokrat | Foto : Ilyas Supendi
Motor24 April 2024, 19:00 WIB

Ciri-ciri V Belt Motor Matic Harus Segera Diganti, Pengendara Harus Tahu Nih!

Menunda penggantian V-Belt yang rusak dapat berakibat fatal, seperti V-Belt putus di jalan yang dapat menyebabkan kecelakaan.
Ilustrasi - Menunda penggantian V-Belt yang rusak dapat  berakibat fatal,  seperti V-Belt putus di jalan yang  dapat  menyebabkan kecelakaan. (Sumber : wahanahonda.com)
Sehat24 April 2024, 18:35 WIB

5 Cara Berikut Dapat Meredakan Sakit Punggung saat Hamil, Salah Satunya Olahraga dan Terapi Fisik

Sakit punggung sering dikeluhkan oleh ibu hamil karena beberapa penyebab, namun ada cara yang dapat meredakan sakitnya.
Ilustrasi meredakan sakit punggung saat hamil. (Sumber : Freepik)
Life24 April 2024, 18:31 WIB

Bersikap Konsisten, Ini 7 Cara Memberi Anak Konsekuensi yang Benar-benar Berhasil

Menggunakan konsekuensi secara efektif dapat membuat perbedaan besar dalam pola asuh Anda dan perilaku anak Anda.
Ilustrasi memberi anak konsekuensi. (Sumber : pexels.com/@August de Richelieu)
Bola24 April 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persik Kediri vs PSS Sleman: Sama-sama Butuh Poin!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persik Kediri vs PSS Sleman berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persik Kediri vs PSS Sleman berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Freepik.com/@asierromero/Ist).
Life24 April 2024, 18:00 WIB

Doa Nabi Ibrahim dan Nabi Zakaria untuk Memohon Dikaruniai Anak yang Sholeh Sholehah

Yuk amalkan doa dari Nabi Ibrahim dan Nabi Zakaria ini untuk Memohon kepada Allah SWT agar Dikaruniai Anak yang Sholeh Sholehah.
Ilustrasi  - Yuk amalkan doa dari Nabi Ibrahim dan Nabi Zakaria ini untuk Memohon kepada Allah SWT agar Dikaruniai Anak yang Sholeh Sholehah. | (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel24 April 2024, 17:58 WIB

Glamping di Puncak Manis, The Secret Hill! Hidden Gem Lainnya di Sukabumi

Puncak Manis Glamping and villa berada di wilayah Sukamanis, jalan Puncak Manis, Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.
Puncak manis glamping and villa, secret hill hidden gem baru di Kaki Gunung Pangrango Sukabumi (Sumber: istimewa)
Life24 April 2024, 17:30 WIB

6 Dampak Menyakitkan Perceraian Kepada Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Dampak perceraian orang tua sangat berbahaya bagi anak. Itu sebabnya, perceraian sarat akan efek buruk yang semestinya dihindari.
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Dampak negatif perceraian orang tua kepada anak yakni sulit memiliki kebahagiaan dalam keluarga. Sumber Foto : Pexels/Alex Green