Tren Dunia Bisnis dan Karir yang Harus Diperhatikan di 2023 agar Tetap Mampu Bersaing

Selasa 13 Desember 2022, 15:30 WIB
(Ilustrasi) Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pekerja agar tetap mampu bertahan di tahun 2023 | Foto: Unplash

(Ilustrasi) Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pekerja agar tetap mampu bertahan di tahun 2023 | Foto: Unplash

SUKABUMIUPDATE.com - Dunia terus mengalami perubahan seiring berjalannya waktu begitu juga dengan dunia bisnis dan karir.

Para pelaku bisnis dan pekerja dituntut untuk bisa beradaptasi dengan segala perubahan jika ingin tetap bertahan di tengah persaingan yang semakin ketat.

Jika tidak, maka siap-siaplah untuk kehilangan peluang dan tertinggal jauh di tengah semua perubahan yang terjadi.

Baca Juga: Publik Sukabumi Heboh! Gegera Medsos Penyuka Sesama Jenis Parakansalak Klapanunggal

Karena itu para pekerja maupun pelaku bisnis perlu mengantisipasi berbagai perubahan tersebut.
Melansir dari Forbes via Tempo.co, berikut adalah tren di dunia bisnis dan karir yang diprediksi memiliki dampak besar di 2023.

1. Transformasi digital

Pada 2023, kita melihat kelanjutan inovasi dan perkembangan teknologi transformatif seperti kecerdasan buatan (AI), internet of things ( IoT ), realitas virtual dan berkembang (VR/AR), cloud computing, blockchain, dan jaringan super cepat, protokol seperti 5G.

Terlebih lagi, teknologi digital transformasional ini tidak ada secara terpisah satu sama lain dan pekerja akan melihat batas di antara keduanya kabur.

Baca Juga: Ada Hujan Meteor Geminid Malam Ini, Begini Cara Melihatnya

Solusi baru untuk augmented working, bekerja hibrid dan dari jauh, pengambilan keputusan bisnis, dan otomatisasi beban kerja manual, rutin, dan kreatif menggabungkan teknologi ini dengan cara yang memungkinkan untuk saling menyempurnakan.

Untuk mempersiapkan hal ini, usaha harus memastikan mereka menanamkan teknologi yang tepat di seluruh proses dan di setiap area operasi.

Pada titik ini, sangat sedikit alasan untuk berbisnis dan tidak memiliki pemahaman tentang bagaimana AI dan teknologi lain yang disebutkan di atas akan mempengaruhi bisnis dan industri Anda.

Baca Juga: Polisi Ungkap Identitas Pria yang Tewas Tergantung di Sukaraja Sukabumi

Penjualan dan pemasaran yang lebih efektif, layanan pelanggan yang lebih baik, rantai pasokan yang lebih efisien, produk dan layanan yang lebih selaras dengan kebutuhan pelanggan, dan proses manufaktur yang disederhanakan semuanya tersedia, dan pada 2023 hambatan untuk mengaksesnya akan lebih rendah dari sebelumnya.

2. Inflasi dan rantai pasokan

Banyak industri masih terganggu oleh masalah rantai pasokan yang muncul selama penutupan global yang disebabkan oleh Covid-19 dan semakin memburuk karena perang di Ukraina. Untuk mengatasi ini, perusahaan perlu meningkatkan ketahanan dengan cara apa pun yang mereka bisa.

Hal ini berarti mengurangi paparan terhadap harga pasar komoditas yang bergejolak serta membangun langkah-langkah perlindungan ke dalam rantai pasokan untuk mengatasi kelangkaan dan kenaikan biaya logistik.

Baca Juga: Prediksi Liga 1 PSIS Semarang vs Persija Jakarta, Head to Head dan Susunan Pemain

Penting bagi perusahaan untuk memetakan seluruh rantai pasokan dan mengidentifikasi setiap paparan terhadap risiko pasokan dan inflasi. Dengan begitu, mereka dapat mencari cara mengurangi risiko tersebut, seperti adanya alternatif pasokan dan menjadi lebih mandiri.

3. Bisnis yang berkelanjutan

Dunia semakin menyadari fakta bencana iklim akan menimbulkan tantangan yang jauh lebih besar daripada apapun yang telah dialami dalam beberapa dekade terakhir dan akan mengecilkan tantangan yang dihadapi saat pandemi Covid-19.

Itu berarti investor dan konsumen lebih memilih usaha dengan kredensial lingkungan dan sosial yang tepat dan tren pembelian semakin didorong oleh konsumen yang sadar dan memprioritaskan dampak ekologis dan keberlanjutan saat memilih suatu produk.

Baca Juga: Analisa Pakar Terkait Pengakuan Putri Candrawathi Diperkosa Yosua: Tak Terlihat Trauma!

4. Pengalaman pelanggan yang imersif

Metaverse, istilah umum yang digunakan oleh para futuris untuk mendeskripsikan “tingkat berikutnya” dari internet, tempat kita berinteraksi dengan merek dan sesama konsumen melalui teknologi imersif, termasuk lingkungan 3D dan VR, adalah tahap di mana hal ini akan terjadi.

Pikirkan toko online tempat kita dapat menelusuri dan mencoba representasi virtual dari pakaian, perhiasan, dan aksesori. Kita mungkin menggunakan ruang ganti virtual untuk mendandani avatar diri, seperti yang sudah dipelopori oleh Hugo Boss, atau bisa melibatkan AR, seperti yang digunakan oleh Walmart, untuk melihat bagaimana pakaian akan pas di tubuh. Tren ini akan berdampak pada ritel online dan offline.

5. Tantangan sumber daya

Selama setahun terakhir, telah terjadi pergerakan sumber daya yang melakukan pengunduran diri besar dan berhenti diam-diam demi mengejar hasrat. Hal ini telah menekan perusahaan untuk memastikan memberikan karir yang menarik, fleksibilitas kerja hibrid, dan lingkungan kerja serta budaya perusahaan yang menarik.

Baca Juga: Sidang Kasus Brigadir J: Cerita Richard Eliezer Soal Ferdy Sambo Suruh Tambah Amunisi

Selain itu, transformasi digital yang dipercepat mengarah pada lebih banyak otomatisasi tempat kerja yang akan meningkatkan hampir semua pekerjaan di dunia. Manusia akan semakin banyak berbagi pekerjaan dengan mesin cerdas dan robot pintar dan itu berdampak besar pada keterampilan dan bakat yang dibutuhkan perusahaan di masa depan.

Ini berarti melatih kembali dan meningkatkan keterampilan pekerja dalam bisnis kita serta merekrut orang-orang baru yang memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk masa depan.

Di satu sisi, bisnis harus menghadapi kesenjangan keterampilan yang luas yang ada di berbagai bidang seperti ilmu data, AI, dan bidang teknologi lain, serta memastikan para tenaga kerja dapat bekerja sama dan mengembangkan keterampilan manusia unik mereka yang saat ini tidak dapat diotomatisasi.

Pada 2023, itu akan mencakup keterampilan seperti kreativitas, pemikiran kritis, komunikasi antarpribadi, kepemimpinan, dan penerapan kualitas manusiawi seperti kepedulian dan empati.


Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel22 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Biji Adas untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 5 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Biji Adas untuk Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh, Ikuti 5 Langkahnya!
Ilustrasi. Air Rebusan Biji Adas untuk Menurunkan Gula Darah. Foto: Instagram/setya.pavo
Science22 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 22 April 2024, Yuk Cek Dulu Cuaca di Awal Pekan

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 22 Juni 2024 dimana cuaca hujan ringan dan sedang berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 22 Juni 2024 dimana cuaca hujan ringan dan sedang berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Pixabay
Life22 April 2024, 00:43 WIB

6 Tanda Orang yang Menderita Luka Batin Akibat Dikhianati Pasangan, Kamu Termasuk?

Luka batin akibat dikhianati pasangan biasanya akan nampak dari kelakuannya yang mulai aneh dan berbeda dari biasanya
Menderita luka batin akibat dikhianati pasangan | Foto : Pexels/Karolina Grabowska
Sukabumi22 April 2024, 00:34 WIB

Nasdem Puji Kinerja Achmad Fahmi Pimpin Kota Sukabumi

Ketua DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi, Mulyono menilai kinerja pemerintahan Kota Sukabumi dibawah kepemimpinan Achmad Fahmi menunjukan adanya pencapaian yang positif.
H. Ayep Zaki dan Dr. H. Mulyono | Foto : Sukabumi Update
Life21 April 2024, 23:44 WIB

7 Tanda Pasangan Anda Sudah Bosan Menjalin Hubungan dan Ingin Berpisah, Ini Buktinya

Pasangan yang sudah bosan biasanya akan menampakkan beberapa tanda yang menunjukkan keinginan untuk berpisah
Tanda pasangan sudah bosan menjalin hubungan | Foto : Pexels/Alex Green
Sukabumi21 April 2024, 23:43 WIB

Warga Tangkap Ular Sanca Saat Sedang Memangsa Ayam di Bantargadung Sukabumi

Satu ekor ular sanca berhasil ditangkap oleh warga saat sedang memangsa seekor ayam milik warg di Bantargadung Sukabumi
Satu ekor ular sanca berhasil ditangkap oleh warga di Kampung Cibogo, Desa Bojonggaling, Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi, pada Minggu (21/4/2024) sekira pukul 21.00 WIB | Ilyas Supendi
Life21 April 2024, 23:11 WIB

Jarang Disadari, Ini 5 Gaya yang Membuat Hubungan Cinta Cepat Kandas di Tengah Jalan

Hubungan cinta seorang pasangan tidak akan awet alias bertahan lama manakala selama menjalaninya mengalami beberapa hal krusial berikut
Gaya yang membuat hubungan cinta cepat kandas di tengah jalan | Foto : Pexels/Vera Arsic
Life21 April 2024, 23:01 WIB

5 Kebiasaan Sepele yang Akan Mencabut Manisnya Hidup, Salah Satunya Suka Mengeluh!

Kebiasaan tertentu akan merenggut manisnya hidup manakala terus-menerus dilanjutkan dan tidak berhenti sama sekali
Kebiasaan yang merenggut manisnya hidup | Foto : Pexels/Karolina Grabowska
Sukabumi Memilih21 April 2024, 22:48 WIB

Hari Ini ke PAN, Serius Maju Pilkada Kota Sukabumi Ayep Zaki Sudah Daftar ke 3 Partai

Bakal calon walikota / wakil walikota Sukabumi Ayep Zaki kembali mengikuti penjaringan melalui Partai Amanat Nasional. Hari ini, Minggu (21/4/2024)
H. Ayep Zaki, Bakal Calon Walikota / Wakil Walikota Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi21 April 2024, 21:10 WIB

Hendak Antar Anak ke Pondok, Dua Warga Sukabumi Tewas Tersambar Petir Saat Berteduh

Dua orang pria dilaporkan tewas usai tesambar petir saat berteduh di sebuah warung di Jl. Primer Kp. Cimenteng Rt 003/005 Desa Sukamulya Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi, Minggu (21/4/2024).
Korban tersambar petir meninggal dunia ditempat di Sukabumi | Foto : Ist