Tren Dunia Bisnis dan Karir yang Harus Diperhatikan di 2023 agar Tetap Mampu Bersaing

Selasa 13 Desember 2022, 15:30 WIB
(Ilustrasi) Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pekerja agar tetap mampu bertahan di tahun 2023 | Foto: Unplash

(Ilustrasi) Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pekerja agar tetap mampu bertahan di tahun 2023 | Foto: Unplash

SUKABUMIUPDATE.com - Dunia terus mengalami perubahan seiring berjalannya waktu begitu juga dengan dunia bisnis dan karir.

Para pelaku bisnis dan pekerja dituntut untuk bisa beradaptasi dengan segala perubahan jika ingin tetap bertahan di tengah persaingan yang semakin ketat.

Jika tidak, maka siap-siaplah untuk kehilangan peluang dan tertinggal jauh di tengah semua perubahan yang terjadi.

Baca Juga: Publik Sukabumi Heboh! Gegera Medsos Penyuka Sesama Jenis Parakansalak Klapanunggal

Karena itu para pekerja maupun pelaku bisnis perlu mengantisipasi berbagai perubahan tersebut.
Melansir dari Forbes via Tempo.co, berikut adalah tren di dunia bisnis dan karir yang diprediksi memiliki dampak besar di 2023.

1. Transformasi digital

Pada 2023, kita melihat kelanjutan inovasi dan perkembangan teknologi transformatif seperti kecerdasan buatan (AI), internet of things ( IoT ), realitas virtual dan berkembang (VR/AR), cloud computing, blockchain, dan jaringan super cepat, protokol seperti 5G.

Terlebih lagi, teknologi digital transformasional ini tidak ada secara terpisah satu sama lain dan pekerja akan melihat batas di antara keduanya kabur.

Baca Juga: Ada Hujan Meteor Geminid Malam Ini, Begini Cara Melihatnya

Solusi baru untuk augmented working, bekerja hibrid dan dari jauh, pengambilan keputusan bisnis, dan otomatisasi beban kerja manual, rutin, dan kreatif menggabungkan teknologi ini dengan cara yang memungkinkan untuk saling menyempurnakan.

Untuk mempersiapkan hal ini, usaha harus memastikan mereka menanamkan teknologi yang tepat di seluruh proses dan di setiap area operasi.

Pada titik ini, sangat sedikit alasan untuk berbisnis dan tidak memiliki pemahaman tentang bagaimana AI dan teknologi lain yang disebutkan di atas akan mempengaruhi bisnis dan industri Anda.

Baca Juga: Polisi Ungkap Identitas Pria yang Tewas Tergantung di Sukaraja Sukabumi

Penjualan dan pemasaran yang lebih efektif, layanan pelanggan yang lebih baik, rantai pasokan yang lebih efisien, produk dan layanan yang lebih selaras dengan kebutuhan pelanggan, dan proses manufaktur yang disederhanakan semuanya tersedia, dan pada 2023 hambatan untuk mengaksesnya akan lebih rendah dari sebelumnya.

2. Inflasi dan rantai pasokan

Banyak industri masih terganggu oleh masalah rantai pasokan yang muncul selama penutupan global yang disebabkan oleh Covid-19 dan semakin memburuk karena perang di Ukraina. Untuk mengatasi ini, perusahaan perlu meningkatkan ketahanan dengan cara apa pun yang mereka bisa.

Hal ini berarti mengurangi paparan terhadap harga pasar komoditas yang bergejolak serta membangun langkah-langkah perlindungan ke dalam rantai pasokan untuk mengatasi kelangkaan dan kenaikan biaya logistik.

Baca Juga: Prediksi Liga 1 PSIS Semarang vs Persija Jakarta, Head to Head dan Susunan Pemain

Penting bagi perusahaan untuk memetakan seluruh rantai pasokan dan mengidentifikasi setiap paparan terhadap risiko pasokan dan inflasi. Dengan begitu, mereka dapat mencari cara mengurangi risiko tersebut, seperti adanya alternatif pasokan dan menjadi lebih mandiri.

3. Bisnis yang berkelanjutan

Dunia semakin menyadari fakta bencana iklim akan menimbulkan tantangan yang jauh lebih besar daripada apapun yang telah dialami dalam beberapa dekade terakhir dan akan mengecilkan tantangan yang dihadapi saat pandemi Covid-19.

Itu berarti investor dan konsumen lebih memilih usaha dengan kredensial lingkungan dan sosial yang tepat dan tren pembelian semakin didorong oleh konsumen yang sadar dan memprioritaskan dampak ekologis dan keberlanjutan saat memilih suatu produk.

Baca Juga: Analisa Pakar Terkait Pengakuan Putri Candrawathi Diperkosa Yosua: Tak Terlihat Trauma!

4. Pengalaman pelanggan yang imersif

Metaverse, istilah umum yang digunakan oleh para futuris untuk mendeskripsikan “tingkat berikutnya” dari internet, tempat kita berinteraksi dengan merek dan sesama konsumen melalui teknologi imersif, termasuk lingkungan 3D dan VR, adalah tahap di mana hal ini akan terjadi.

Pikirkan toko online tempat kita dapat menelusuri dan mencoba representasi virtual dari pakaian, perhiasan, dan aksesori. Kita mungkin menggunakan ruang ganti virtual untuk mendandani avatar diri, seperti yang sudah dipelopori oleh Hugo Boss, atau bisa melibatkan AR, seperti yang digunakan oleh Walmart, untuk melihat bagaimana pakaian akan pas di tubuh. Tren ini akan berdampak pada ritel online dan offline.

5. Tantangan sumber daya

Selama setahun terakhir, telah terjadi pergerakan sumber daya yang melakukan pengunduran diri besar dan berhenti diam-diam demi mengejar hasrat. Hal ini telah menekan perusahaan untuk memastikan memberikan karir yang menarik, fleksibilitas kerja hibrid, dan lingkungan kerja serta budaya perusahaan yang menarik.

Baca Juga: Sidang Kasus Brigadir J: Cerita Richard Eliezer Soal Ferdy Sambo Suruh Tambah Amunisi

Selain itu, transformasi digital yang dipercepat mengarah pada lebih banyak otomatisasi tempat kerja yang akan meningkatkan hampir semua pekerjaan di dunia. Manusia akan semakin banyak berbagi pekerjaan dengan mesin cerdas dan robot pintar dan itu berdampak besar pada keterampilan dan bakat yang dibutuhkan perusahaan di masa depan.

Ini berarti melatih kembali dan meningkatkan keterampilan pekerja dalam bisnis kita serta merekrut orang-orang baru yang memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk masa depan.

Di satu sisi, bisnis harus menghadapi kesenjangan keterampilan yang luas yang ada di berbagai bidang seperti ilmu data, AI, dan bidang teknologi lain, serta memastikan para tenaga kerja dapat bekerja sama dan mengembangkan keterampilan manusia unik mereka yang saat ini tidak dapat diotomatisasi.

Pada 2023, itu akan mencakup keterampilan seperti kreativitas, pemikiran kritis, komunikasi antarpribadi, kepemimpinan, dan penerapan kualitas manusiawi seperti kepedulian dan empati.


Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi25 April 2024, 19:46 WIB

Hindari 8 Aktivitas Berikut Agar Hubungan Orang Tua Dengan Anak Lebih Erat Harmonis

Ikuti tips berikut untuk memiliki hubungan yang lebih sehat dengan anak-anak Anda dalam jangka panjang.
Ilustrasi hubungan orang tua dengan anak | Foto : Sumber : Freepik/@tim kita
Sukabumi25 April 2024, 19:36 WIB

Peringati Hari Bumi, Pemuda Pabuaran Sukabumi Tebar 15.000 Bibit Ikan di Sungai Cikaso

Dalam rangka memperingati Hari Bumi, sejumlah pemuda di Pabuaran Sukabumi tebar ribuan bibit ikan di Sungai Cikaso.
Sejumlah pemuda di Pabuaran Sukabumi tebar ribuan bibit ikan di Sungai Cikaso. (Sumber : Istimewa)
Life25 April 2024, 19:32 WIB

Dapat Menurunkan Rasa Percaya Diri, Ini 5 Dampak Pola Asuh Helikopter Pada Anak

Pola asuh helikopter dapat berdampak negatif pada anak, karena penerapan pola asuh ini melibatkan orang tua sepenuhnya terhadap kegiatan anak.
Ilustrasi dampak pola asuh helikopter | Foto : Freepik/@jcomp
Sukabumi Memilih25 April 2024, 19:04 WIB

Fikri Abdul Aziz Daftar ke PAN: Siap Dampingi Asjap di Pilkada Sukabumi

Daftar ke PAN, Fikri Abdul Aziz memiliki keinginan untuk mendampingi Asep Japar (Asjap) di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024.
Fikri Abdul Aziz mendaftarkan diri ke Desk Pilkada DPD PAN Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/04/2024). (Sumber : Istimewa)
Life25 April 2024, 19:00 WIB

10 Cara Menghilangkan Rasa Sedih Agar Hidup Bahagia Kembali

Mengelola perasaan sedih dan mencapai kebahagiaan bisa menjadi perjalanan yang panjang.
Ilustrasi. Cara Menghilangkan Rasa Sedih Agar Hidup Bahagia Kembali (Sumber : pixabay.com/@Pexels)
Sukabumi25 April 2024, 18:49 WIB

Menghadapi Situasi yang Mengecewakan, Simak 4 Alasan Mengapa Anak Bertingkah Seperti Ini

Meskipun menangani anak-anak Anda yang bertingkah bisa menjadi tantangan di saat-saat yang panas, yakinlah bahwa semua anak akan bertingkah pada satu waktu atau yang lain
Ilustrasi alasan mengapa anak bertingkah | Foto : Freepik/@freepik
Sehat25 April 2024, 18:38 WIB

7 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Anak-anak, Yuk Bunda Cari Tahu

Apel mengandung berbagai nutrisi penting seperti serat, vitamin C, vitamin A, dan kalium.
Ilustrasi manfaat apel bisa meningkatkan kesehatan otak.( Sumber Foto: pexels.com/ @Mareefe )
Bola25 April 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Borneo FC: Duel Dua Tim Papan Atas!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persib Bandung vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persib Bandung vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@std.sijalakharupat/Ist).
Sukabumi25 April 2024, 18:09 WIB

Disingkat Berkah, Motto Camat Baru Waluran Sukabumi Dongkrak Potensi Alam

Pemerintah Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi menggelar halal bihalal dan pisah sambut dari camat lama Ali Murtado ke camat baru Supendi, di aula kantor Kecamatan Waluran, Kamis (25/4/2024)
Pisah sambut camat Waluran Kabupaten Sukabumi dari Ali Murtado ke Supendi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi25 April 2024, 18:08 WIB

Rapat Dinas dan Halal Bihalal, Dinkes Sukabumi Perkuat Kerjasama Tingkatkan Layanan

Rapat Dinas dan Halal Bihalal Dinkes Kabupaten Sukabumi ini dibuka langsung oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami.
Kadinkes Kabupaten Agus Sanusi saat menyampaikan arahan dalam rapat dinas sekaligus halal bihalal yang dibuka Bupati Marwan Hamami. (Sumber : SU/Ilyas)