TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Berapa Tarif Isi Daya Baterai Motor Listrik di SPKLU?

Motor listrik dinilai lebih hemat jika dibandingkan dengan motor konvensional yang menggunakan bahan bakar minyak. Lalu berapa sih biaya pengisian baterai motor listrik di SPKLU?

Penulis
Minggu 30 Okt 2022, 16:04 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Motor listrik menjadi kendaraan yang tengah ngetren saat ini, banyak produsen otomotif yang menyediakan produk motor listrik untuk memenuhi permintaan pasar.

Motor listrik dinilai lebih hemat jika dibandingkan dengan motor konvensional yang menggunakan bahan bakar minyak. Lalu berapa sih biaya pengisian baterai motor listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU)?

Mengutip dari bisnis.com via Tempo.co, berkaitan dengan biaya pengisian daya motor listrik, Menteri ESDM Arifin Tasrif menjelaskan bahwa penggunaan motor listrik hanya memakan biaya 50 persen dari biaya bensin motor konvensional. 

"Kalau pakai motor BBM bisa habis Rp 12-24 ribu sehari untuk jarak 30 km hingga 60 km, kalau motor listrik hanya Rp 6 ribu sampai Rp 7 ribu untuk 30 km dan Rp 12 ribu sampai Rp 14 ribu untuk 60 km," tutur Arifin 

Sementara itu, biaya pengisian daya untuk mobil listrik lebih murah dibanding biaya pengisian bahan bakar minyak. Biaya pengisian bahan bakar listrik adalah Rp 1.650 sampai Rp 2.466 per kWh.

Untuk mobil listrik dengan kapasitas baterai 75 kWh, tarif untuk pengisian penuh berarti Rp 123.750 sampai Rp 184.950, lebih murah daripada pengisian bensin mobil konvensional berkisar Rp 7.000-8.000 per liter.

Cara Pengisian kendaraan listrik di SPKLU

Terdapat sejumlah cara untuk mengisi daya mobil listrik di SPKLU, di antaranya adalah dengan menggunakan kartu SPKLU. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Ambil steker kabel pengisian daya yang tersedia di SPKLU, lalu steker kabel dimasukkan ke mobil
  2. Sentuhkan kartu pembayaran SPKLU ke mesin pembaca kartu
  3. Pengisian daya akan dimulai
  4. Sentuhkan lagi kartu pembayaran SPKLU ke mesin pembaca kartu saat ingin berhenti mengisi daya
  5. Cabut kabel pengisian daya dari mobil bila sudah selesai

Motor Listrik di Indonesia

Sejumlah merk motor listrik di Indonesia tengah diminati. Mulai dari produk dalam negeri maupun luar negeri.


Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x