Dapat Mengiritasi Lambung, Berikut 7 Efek Samping Cuka Sari Apel pada Ibu Hamil

Selasa 02 April 2024, 10:01 WIB
Ilustrasi efek samping cuka sari apel pada ibu hamil. | Foto: Freepik/@Racool_studio

Ilustrasi efek samping cuka sari apel pada ibu hamil. | Foto: Freepik/@Racool_studio

SUKABUMIUPDATE.com - Cuka sari apel (ACV) adalah cuka yang terbuat dari jus apel yang difermentasi dan umumnya tersedia dalam dua bentuk yaitu dipasteurisasi dan tidak dipasteurisasi. Wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi cuka sari apel dalam bentuk pasteurisasi karena bebas dari bakteri atau mikroorganisme berbahaya. Namun, ada resiko mengkonsumsi cuka sari apel yaitu bisa menyebabkan sakit maag.

Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsinya dan juga menghentikan penggunaan jika merasa tidak nyaman untuk memastikan perawatan prenatal yang aman.

Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Suplemen Cuka Sari Apel ?

Cuka sari apel mentah mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel dalam tubuh. Namun seperti yangs sudah dijelaskan, Anda sebaiknya menghindari meminumnya karena sebagian besar suplemen (tersedia dalam bentuk kapsul dan pil) tidak mengandung cuka sari apel. Beberapa di antaranya mungkin juga tidak mengandung produk induk sebenarnya. Suplemen bisa beresiko selama kehamilan, terutama jika bahannya adalah cuka sari apel mentah.

Oleh karena itu, lebih baik hindari suplemen ini atau ikuti pendapat dokter Anda.
ACV mungkin tidak selalu aman bagi calon ibu dan dapat disertai dengan beberapa masalah buruk.

Baca Juga: Sering Diragukan, 14 Manfaat Kesehatan Cuka Sari Apel Bila Dikonsumsi Ibu Hamil

Efek Samping Mengkonsumsi Cuka Sari Apel Saat Hamil

Cuka sari apel yang tidak dipasteurisasi dianggap tidak aman dan dapat menimbulkan risiko tertentu. Karena, minum cuka sari apel yang tidak dipasteurisasi selama kehamilan bisa beresiko karena mengandung bakteri berbahaya seperti E. coli dan Salmonella, yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Bakteri ini dapat berdampak buruk pada ibu dan janin yang sedang berkembang, sehingga menyebabkan komplikasi seperti keguguran atau lahir mati. Anda mungkin tidak selalu ingin meminum cuka sari apel dengan air karena rasanya yang pahit.

Berikut efek samping cuka apel pada ibu hamil

1. Menyebabkan Mual

Setelah mengkonsumsi cuka sari apel, biasanya akan terjadi kontraksi pada lambung yang dimana hal ini dapat menyebabkan mual. Oleh karena itu, ibu hamil yang menganggap bahwa ACV dapat meredakan mual adalah kurang tepat, karena kenyataannya cuka sari apel menyebabkan mual.

2. Menyebabkan Diare

Karena rasanya asam, cuka sari apel yang dikonsumsi ibu hamil dapat menyebabkan diare akibat dari kontraksi lambung. Yang dimana hal ini dapat membuat ibu hamil kehilangan banyak cairan dan ditakutkan akan mempengaruhi janin didalam kandungan.

3. Dapat menyebabkan sakit kepala

Akibat dari proses fermentasi saat pembuatan cuka sari apel dapat menjadi penyebab gangguan pada kehamilan dan lebih beresiko mengalami sakit kepala. Sehingga ibu hamil akan kehilangan tenaga dan sulit melakukan aktivitas dengan normal.

4. Mengiritasi Lambung

Mengkonsumsi cuka sari apel secara berlebihan selama kehamilan dapat menyebabkan lambung iritasi karena kandungan asam yang dimiliki oleh cuka. Yang dimana lama kelamaan hal ini dapat membuat ibu hamil merasa tidak nyaman karena merasakan panas pada lambung. Selain itu, jika dibiarkan hal ini dapat merusak dinding lambung yang lunak dan sensitif.

5. Menjadi penyebab infeksi pada usus

Selain dapat menyebabkan iritasi pada lambung, cuka sari apel juga bisa mengiritasi usus sehingga peradangan pada usus tidak dapat dihindari. Jika hal ini terjadi, maka ditakutkan akan menyebabkan gangguan perkembangan pada janin dalam kandungan.

6. Resiko Bayi Lahir cacat

Hal ini sangat tidak diinginkan oleh semua ibu diseluruh dunia. Karena tingkat keasamannya yang tinggi, cuka sari apel yang dikonsumsi berlebihan dapat merusak jaringan tubuh jain. Sehingga besar kemungkinan menjadi salah satu penyebab bayi lahir cacat.

7. Dapat menyebabkan demam

Seorang ibu hamil yang mengkonsumsi asam secara berlebihan, tidak terkecuali sari cuka apel akan terserang demam. Hal ini terjadi karena tingkat keasaman yang tinggi dapat menyebabkan keringat berlebih pada ibu hamil. Jika hal ini terus berlanjut dan tidak segera minum air putih, maka Anda dapat terserang demam.

Sumber: Prenagen.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi18 Mei 2024, 18:04 WIB

Penjaga Ponpes di Kadudampit Sukabumi Tewas Akibat Longsor

Polisi berkoordinasi dengan pengurus RT/RW setempat dan Ponpes Yaspida.
Petugas dan warga di lokasi longsor di Kampung Renged RT 10/03 Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Life18 Mei 2024, 18:00 WIB

5 Doa untuk Membolak Balikan Hati Seseorang, Bisa Bikin Luluh!

Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras.
Ilustrasi berdoa. - Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras. | (Sumber : Foto: Freepik.com)
Sukabumi18 Mei 2024, 17:48 WIB

Dijanjikan Kerja ke Malaysia Lewat Facebook, Tujuh Orang Malah Telantar di Sukabumi

Pelaku beralasan akan menyimpan mobil dan meminta korban menunggu di bandara.
Kondisi para korban yang telantar di rumah warga di Kampung Cihaur, Desa Ridogalih, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Life18 Mei 2024, 17:30 WIB

6 Cara Mendidik Anak Ala Nabi Muhammad SAW yang Sangat Dianjurkan bagi Orang Tua

Mendidik anak seperti dalam anjuran Nabi Muhammad SAW tentu akan menjadi rekomendasi bagi para orang tua selama mengasuh.
Ilustrasi - Mendidik anak ala Nabi Muhammad SAW yang perlu diketahui semua orang tau. (Sumber : Pexels.com/cottonbro studio).
Life18 Mei 2024, 17:00 WIB

6 Golongan Orang yang Bakal Terjebak Hidup Miskin Selamanya, Apa Kamu Termasuk?

Beberapa golongan orang yang sering melakukan kebiasaan buruk akan berpotensi terjebak hidup miskin seumur hidup.
Ilustrasi - Golongan orang yang berpotensi hidup miskin selamanya. (Sumber : Pexels.com/Yura Forrat).
Life18 Mei 2024, 16:30 WIB

Tidak Mudah Dikenali, Ini 7 Alasan Anak Menangis yang Perlu Orang Tua Ketahui

Air mata seorang anak yang lebih besar bisa jadi lebih sulit untuk diuraikan daripada ratapan yang Anda pelajari dengan cermat pada fase bayi.
Ilustrasi - Ada beberapa alasan anak mengapa menangis. (Sumber : pexels.com/@Yan Krukau).
Sukabumi18 Mei 2024, 16:29 WIB

Kunjungi Cecep, Kusmana Apresiasi Konten Warga Sukabumi Bersihkan Toilet Masjid

Pemerintah Kota Sukabumi mengapresiasi aksi Muhammad Cecep Abdullah.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji mengunjungi Cecep (26 tahun) di rumahnya di Jalan Tipar Gang Amarta 2 RT 05/06 Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Entertainment18 Mei 2024, 16:00 WIB

Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba, Epy Kusnandar Akan Direhabilitasi

Epy Kusnandar Jalani Rehabilitasi Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba
Epy Kusnandar Jalani Rehabilitasi Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba.| Foto: Instagram/@epy_kusnandar_official
Sukabumi18 Mei 2024, 15:58 WIB

Gegara Puntung Rokok, Kebakaran Habiskan Gudang Pakan Ternak di Cicurug Sukabumi

Api sempat membesar karena bangunan gudang terbuat dari bambu.
Kebakaran gudang penyimpanan pakan ternak ayam di Kampung Gintung RT 06/01 Desa Nanggerang, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Life18 Mei 2024, 15:30 WIB

4 Cara Cerdas Meredakan dan Mengatasi Amukan Anak Tanpa Perlu Emosi

Seiring bertambahnya usia anak, dunia mereka menjadi lebih besar dan kompleks, begitu pula alasan mengapa ia menangis akan terasa seperti misteri bagi orang tua.
Ilustrasi - cara mengatasi amukan anak yang dapat orang tua terapkan. (Sumber : pexels.com/@TranLong).