5 Pengganti Alternatif Cuka Sari Apel yang Bisa Ditambahkan Kedalam Masakan di Rumah

Sabtu 30 Maret 2024, 10:15 WIB
Ilustrasi - Ada beberapa alternatif pengganti cuka sari apel yang bisa digunakan. (Sumber : Freepik/@rawpixel.com).

Ilustrasi - Ada beberapa alternatif pengganti cuka sari apel yang bisa digunakan. (Sumber : Freepik/@rawpixel.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Cuka sari apel terbuat dari jus apel yang difermentasi. Pertama-tama apel dihancurkan, dan sisa jus difermentasi lalu disimpan didalam botol. Bahan ini menambahkan rasa asam pada resep gurih seperti salad dan tumis.

Meskipun cuka sari apel disebut-sebut memiliki berbagai manfaat kesehatan, namun sebagian besar manfaat tersebut tidak didukung oleh penelitian. Selain itu, karena sering dikonsumsi dalam jumlah kecil, maka tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap nutrisi harian Anda. Namun, cuka sari apel berkontribusi rasa pada masakan sangatlah besar.

Karena terbuat dari jus apel, banyak orang yang merasakan rasanya enak dan menyukai apa yang ditambahkan pada makanan dan minuman. Namun, sebagian orang mungkin memerlukan pengganti cuka apel, entah karena sudah habis atau memang tidak peduli. Anda mungkin berhasil mengganti cuka sari apel dalam resep dengan salah satu alternatif berikut.

Mengapa Menggunakan Alternatif?

Alergi terhadap cuka sari apel jarang terjadi, namun beberapa orang mungkin memiliki kepekaan. Karena cuka adalah produk fermentasi, beberapa produk sampingan dari fermentasi tersebut (seperti salisilat atau sulfit) terdapat dalam cuka sari apel, dan siapa pun yang sensitif terhadap unsur-unsur ini dapat memilih untuk menggunakan alternatif lain.

Cuka memiliki rasa yang sering digambarkan sebagai asam dan rasa cuka sari apel sangat khas. Meskipun ini adalah salah satu jenis cuka yang paling enak, mungkin tidak semua orang menyukai cuka ini. Mengganti cuka sari apel dengan cuka yang lebih disukai merupakan salah satu alasan penting untuk mencari alternatif.

Karena dikonsumsi dalam jumlah kecil, cuka sari apel bukanlah sumber mikronutrien atau makronutrien yang signifikan. Ini juga merupakan bumbu yang cocok untuk berbagai makanan. Bagi mereka yang tidak memiliki intoleransi terhadap cuka sari apel, ini adalah pilihan yang ramah vegan, bebas gluten, dan rendah gula.

1. Cuka Anggur Putih

Cuka anggur putih kemungkinan merupakan cuka yang paling mudah ditemukan dan paling terjangkau di antara jenis cuka lainnya. Dalam resepnya, cuka anggur putih memiliki rasa yang sedikit kurang kuat dibandingkan cuka sari apel.

Meski tidak memiliki rasa buah, fakta ini sebenarnya bisa menjadi keuntungan bagi orang yang menganggap cuka sari apel terlalu kuat. Secara nutrisi, cuka sari apel dan cuka anggur putih hampir sama. Keduanya digunakan dalam jumlah yang sangat kecil sehingga hampir tidak memberikan kontribusi makronutrien maupun mikronutrien.

2. Cuka Balsamik

Jika Anda membuat saus salad atau vinaigrette, cuka balsamik adalah pengganti cuka sari apel yang sangat baik. Karena terbuat dari jus anggur, warnanya mirip dengan cuka sari apel, meski rasanya lebih tajam dan manis. Ini juga sering digambarkan seperti anggur, yang bagus untuk memasak.

Meskipun cuka balsamic mengandung sedikit lebih banyak kalori (energi) dibandingkan cuka lainnya, namun cuka balsamic masih menambahkan sejumlah kecil zat gizi makro dan zat gizi mikro.

3. Cuka Anggur Merah

Ada banyak jenis cuka sehingga sulit membedakannya. Namun, cuka anggur merah menonjol karena warnanya yang merah tua dan rasanya yang tajam. Sesuai dengan namanya, minuman ini terbuat dari anggur merah yang difermentasi. Namun, tidak mengandung lebih dari sedikit alkohol. Seperti cuka lainnya, cuka anggur merah bukanlah sumber makro atau mikronutrien yang signifikan.

4. Cuka Sherry (beralkohol)

Seperti cuka anggur merah, cuka sherry juga terbuat dari anggur. Secara khusus, ini terbuat dari anggur sherry Spanyol yang difermentasi. Rasanya lebih kompleks karena anggur sherry sering kali sudah tua. Jika Anda mencari cuka yang tidak terlalu menyengat, cuka sherry adalah pilihan yang bagus.

Cuka Sherry bukanlah sumber nutrisi mikro atau makro yang signifikan. Cuka sari apel dan cuka sherry bebas lemak dan karbohidrat. Namun, cuka sherry mengandung lebih banyak kalori dan protein, dan cuka sari apel mengandung lebih banyak gula.

5. Jus Lemon

Meskipun banyak pengganti cuka sari apel adalah jenis cuka lainnya, akan tetapi cara ini mungkin tidak berhasil bagi orang yang tidak mengkonsumsi cuka karena intoleransi. Jika demikian, Anda mungkin sukses dengan jus lemon. Seperti cuka sari apel, cuka ini bersifat buah dan asam.

Dari lima rasa dasar, satu-satunya rasa yang ditambahkan cuka sari apel ke dalam resep adalah asam. Perasan jus lemon juga melakukan hal yang sama. Lemon juga menambahkan sedikit nutrisi mikro dan makro ke dalam masakan. Meskipun jumlah yang digunakan masih sedikit, tapi perasan lemon pun menyumbang sedikit vitamin.

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life28 April 2024, 23:24 WIB

7 Trik Jitu Move On dari Mantan Pacar, Ini yang Bisa Kamu Lakukan!

Putus cinta adalah salah satu momen paling sulit dalam kehidupan, terutama ketika harus melepaskan mantan pacar yang pernah kita cintai dengan sepenuh hati.
Ilustrasi putus cinta. | Sumber Foto: pixabay/oppy77
Life28 April 2024, 23:17 WIB

6 Cara Memiliki Mental Kuat agar Tahan Banting dan Tidak Direndahkan Orang Lain

Memiliki mental kuat sangat dibutuhkan dalam hidup supaya tahan banting dan tidak mudah direndahkan oleh orang lain.
Ilustrasi. Cara memiliki mental kuat. | Sumber foto : Pexels/Andrea Piacquadio
DPRD Kab. Sukabumi28 April 2024, 23:12 WIB

Soroti Isu Pungli di PT GSI Sukabumi, DPRD Kritik Program Disnakertrans Tak Efektif

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar angkat bicara terkait isu pungli di GSI Cikembar.
Warga sempat blokade jalan cikembar, sebagai bentuk protes praktik pungli tenaga kerja di PT GSI (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 April 2024, 22:12 WIB

Ini 5 Sikap Sabar yang Membuat Anda Hidup Damai Setiap Hari

Sikap sabar akan membantu setiap orang lebih merasakan kedamaian dan ketenangan dalam hidupnya.
Ilustrasi. Sikap sabar yang membuat damai. | Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi28 April 2024, 22:07 WIB

Dihuni Nenek dan Cucu, Rutilahu di Surade Sukabumi Nyaris Roboh Akibat Gempa Garut

Rutilahu yang dihuni nenek dan cucu di Surade Sukabumi nyaris roboh akibat gempa Garut M6,2.
Kondisi rutilahu yang nyaris roboh akibat diguncang gempa laut Garut. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 21:30 WIB

Sembunyi Saat Bertemu Orang Baru, Kenali 7 Perilaku Umum Anak Usia 2 Tahun

Anak usia dua tahun menunjukkan emosinya dengan cara yang cukup aneh. Pelajari cara memecahkan kode tujuh perilaku umum balita.
Ilustrasi. Perilaku umum anak 2 tahun. Sumber : Freepik/@freepik
Bola28 April 2024, 21:22 WIB

Kapolres Sukabumi Ajak Nobar Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia Vs Uzbekistan, Ini Lokasinya

Dukung Timnas masuk Final, Polres Sukabumi gelar nobar semifinal Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan.
Timnas Indonesia U-23 lolos ke Semifinal Piala Asia U-23 2024 usai kalahkan Korea Selatan. (Sumber : Dok. AFC)
Life28 April 2024, 21:00 WIB

10 Kebiasaan Positif yang Membuat Anda Dihargai Orang Lain

Ayo Lakukan Sederet Kebiasaan Positif Berikut yang Bisa Membuat Hidupmu Dihargai oleh Orang Lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Positif yang Membuat Seseorang Dihargai oleh Orang Lain. (Sumber : Pexels/HuyPhan)
Life28 April 2024, 20:30 WIB

Tanggapi Segera, Begini 10 Cara Untuk Menghentikan Balita yang Suka Menggigit

Balita seringkali menggigit jika mereka merasa marah, tidak nyaman, hingga mengekspresikan perasaannya. Namun jangan dibiarkan dan hentikan dengan cara ini.
Ilustrasi. Tips menghentikan balita yang suka menggigit. Sumber : Freepik/@kreasi orang
Life28 April 2024, 20:04 WIB

7 Rutinitas Sederhana yang Bisa Menenangkan Hati Serta Pikiran Lebih Rileks dan Damai

Beberapa rutinitas rupanya bisa digunakan sebagai media menenangkan hati dan pikiran dari potensi kegelisahan, stres dan lain sejenisnya.
Ilustrasi. Rutinitas yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Sound On