Manajemen Gula Darah Jadi Lebih Baik, Ini 5 Manfaat Cuka Sari Apel Jika Diminum Setiap Hari

Rabu 27 Maret 2024, 23:04 WIB
Ilustrasi cuka sari apel. (Sumber Foto: Freepik/@KamranAydinov)

Ilustrasi cuka sari apel. (Sumber Foto: Freepik/@KamranAydinov)

SUKABUMIUPDATE.com - Cuka sari apel, sering disebut sebagai ACV yang merupakan bahan pokok di banyak dapur karena khasiat kulinernya, seperti menjadi tambahan asam pada saus salad, saus, dan masih banyak lagi.

Namun di dunia kesehatan, beberapa orang memuji cuka sari apel sebagai obat alami yang serbaguna, bahwa cuka sari apel dapat menjadi solusi untuk banyak penyakit, termasuk masalah pencernaan, obesitas, dan lain sebagainya.

Cuka jenis ini terbuat dari fermentasi buah apel. Setelah apel dijus, cairannya difermentasi dengan kultur bakteri dan ragi. Dimana hal ini mengubah gula dalam jus apel menjadi alkohol, dan kemudian menjadi cuka.

Beberapa varietas ACV memiliki iklan “induk” pada labelnya, yang mengacu pada kombinasi ragi dan bakteri yang terbentuk selama proses fermentasi. Zat yang terlihat seperti endapan keruh ini sering terlihat di dasar botol dan diyakini kaya akan protein alami yang menyehatkan, bakteri sehat, dan asam asetat.

Cuka sari apel (ACV) mengandung berbagai macam flavonoid, seperti asam galat, katekin, asam caffeic, dan asam ferulat, menurut penelitian di BMC Complementary Medicine and Therapies pada tahun 2021. Saat mengkonsumsi ACV, berarti Anda mengkonsumsi senyawa-senyawa tersebut, yang mungkin menjadi salah satu alasan mengapa orang mengalami hasil kesehatan positif tertentu.

Apa Yang Terjadi Jika Saya Minum Cuka Sari Apel Setiap Hari?

1. Manajemen Gula Darah jadi Lebih Baik

Cuka sari apel sering dipuji sebagai salah satu jenis cuka yang bermanfaat untuk mengatur gula darah, dan beberapa penelitian mendukung dampak positifnya pada pengendalian glikemia.

Asam asetat yang ditemukan dalam cuka sari apel dipercaya dapat memperlambat pencernaan karbohidrat, sehingga mengurangi laju masuknya gula ke dalam aliran darah dan membantu menjaga kadar gula darah lebih konsisten.

Hal ini juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin, yang memainkan peran penting dalam kemampuan tubuh untuk menggunakan glukosa secara efektif sebagai energi.

2. Memiliki Kesehatan Pencernaan yang Lebih Baik

Selain potensi perannya dalam pengaturan gula darah, cuka sari apel sering disebut-sebut memiliki efek menguntungkan pada kesehatan pencernaan. “Ibu” dalam cuka sari apel adalah sumber probiotik, yaitu bakteri menguntungkan yang berkontribusi terhadap mikrobioma usus yang sehat. Probiotik mendukung pencernaan dan bahkan dapat meningkatkan penyerapan nutrisi.

3. Menurunkan Berat Badan

Cuka sari apel sering disebut-sebut sebagai obat alami untuk menurunkan berat badan. Pemikiran di balik klaim ini terutama berkisar pada keberadaan asam asetat, yang menurut beberapa penelitian, seperti ulasan di Nutrients pada tahun 2019, dapat menekan nafsu makan. ACV juga dapat melengkapi diet seimbang dan olahraga teratur yang berpotensi mendukung tujuan penurunan berat badan. Namun, tetap saja hal ini harus dibarengi dengan perubahan gaya hidup yang lebih sehat.

4. Mendapatkan Manfaat dari Sifat Antimikroba

 Cuka sari apel mungkin memiliki sifat antimikroba bila dikonsumsi dalam konsentrasi penuh. Dan beberapa bukti menunjukkan bahwa ia mungkin juga memiliki aktivitas antijamur. Sifat antimikroba ini kemungkinan besar disebabkan oleh kandungan total fenolik ACV

5. Memiliki Kesehatan Jantung yang Lebih Baik 

Kesehatan jantung dapat disebabkan oleh banyak faktor, termasuk beberapa faktor yang berada di luar kendali Anda (seperti riwayat keluarga Anda). Dan dalam hal diet, memasukkan cuka sari apel ke dalam rutinitas Anda mungkin memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan jantung.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Life27 April 2024, 18:00 WIB

Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW Ketika Susah Tidur atau Insomnia

Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur.
Ilustrasi - Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project)