Sering Diragukan, 14 Manfaat Kesehatan Cuka Sari Apel Bila Dikonsumsi Ibu Hamil

Senin 01 April 2024, 09:19 WIB
Ilustrasi ibu hamil yang sehat setelah konsumsi ACV. | Foto: Freepik/@gpointstudio

Ilustrasi ibu hamil yang sehat setelah konsumsi ACV. | Foto: Freepik/@gpointstudio

SUKABUMIUPDATE.com - Cuka sari apel merupakan produk yang terbuat dari buah apel yang dihancurkan melalui proses fermentasi. Mengandung asam folat, pektin, biotin, dan vitamin, termasuk vitamin B1, B2, B6, dan C. Awalnya ACV diubah menjadi alkohol dan kemudian menjadi asam asetat. Cuka sari apel (ACV) yang difermentasi terakhir dijual dalam dua bentuk :

Bentuk yang dipasteurisasi : menghilangkan bakteri yang berpotensi berbahaya seperti E.coli
Bentuk yang tidak dipasteurisasi : diyakini sehat karena komponennya utuh

Bisakah Minum Cuka Sari Apel Saat Hamil ?

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa selama kehamilan diperbolehkan minum cuka sari apel yang dipasteurisasi karena tidak mengandung bakteri berbahaya. Karena ACV memiliki manfaat kesehatan bila dikonsumsi dalam jumlah kecil bersama dengan makanan lain.

Namun apakah cuka sari apel aman untuk janin? Bentuk pasteurisasi aman untuk bayi yang belum lahir bila ibu mengkonsumsinya. Namun, ACV yang tidak dipasteurisasi tidak aman karena dapat menyebabkan bayi lahir mati, keguguran, dan komplikasi lain pada ibu, dan bayi mungkin menderita masalah kesehatan pasca melahirkan. Ingatlah juga bahwa ACV tidak boleh diberikan kepada bayi sama sekali karena produknya bersifat asam.

Baca Juga: Bantu Atasi Nyeri Haid, Intip 9 Manfaat Cuka Sari Apel bagi Kesehatan Wanita

Manfaat Kesehatan Cuka Sari Apel Bagi Ibu Hamil

1. Mengobati Mual Di Pagi Hari

Menurut para ahli di Wake Forest School of Medicine, 80 dari seluruh ibu hamil mengalami mual dan muntah. Dan ACV memiliki pH netral yang membantu menenangkan asam lambung yang menyebabkan mual. Oleh karena itu, hal ini mengurangi rasa mual di pagi hari selama trimester pertama.

Untuk mengkonsumsinya, campurkan dua sendok makan ACV ke dalam secangkir air hangat dan konsumsi di pagi hari.

2. Melawan Infeksi Jamur

Cuka sari apel mengandung komponen khas yang dapat mengendalikan dan menyembuhkan infeksi jamur seperti infeksi kandida. Anda bisa mengencerkannya dan mengoleskannya pada kulit yang terinfeksi atau menggunakannya dalam bak air panas. Selain itu, dikonsumsi langsung setelah diencerkan juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah diabetes, yang keduanya dapat memperlambat penyembuhan infeksi.

Campurkan dua sendok makan ACV ke dalam secangkir air hangat dan minum dua kali sehari sampai infeksinya hilang.

3. Mengobati Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Urine yang keruh saat hamil bisa menjadi gejala awal infeksi saluran kemih. Maka dari itu, ACV yang mengandung enzim dan mineral dapat bermanfaat untuk memperlambat pertumbuhan bakteri penyebab ISK. Caranya, minumlah dua sendok teh ACV dalam segelas penuh air, dua kali sehari. Anda juga bisa menggunakan sedikit ACV ketika mandi untuk menghindari infeksi.

4. Mencegah Sakit Maag

Sakit maag bisa terjadi pada trimester kedua, saat isi asam lambung kembali ke kerongkongan dan menyebabkan iritasi (refluks asam). Hal ini disebabkan oleh tekanan yang diberikan oleh bayi yang sedang tumbuh pada saluran pencernaan. Maka dari itu, ACV dapat menetralkan makanan asam dan meredakan nyeri.

Cobalah konsumsi satu sendok makan ACV yang dicampur air untuk mencegah sakit maag.

5. Menghilangkan Hidung Tersumbat (sinus)

Kandungan potasium dan sifat anti-inflamasi ACV mengencerkan lendir dan dapat mengurangi pembengkakan sinus. Ikuti cara penggunaannya berikut.

Campurkan dua sendok makan ACV dengan satu sendok makan madu dalam secangkir air hangat, dan minumlah dua atau tiga kali sehari.

6. Menyembuhkan Jerawat

Perubahan hormonal selama kehamilan seringkali menimbulkan jerawat dan masalah kulit lainnya seperti kutil. Cuka sari apel mentah akan bertindak sebagai toner dan dapat menyeimbangkan kembali pH kulit, menghilangkan sel-sel mati, dan minyak berlebih.

Untuk membuat toner antibakteri dan antiseptik ini, campurkan ACV dan air suling dengan perbandingan 1:3 lalu oleskan ke kulit menggunakan kapas.

7. Menormalkan Tingkat Tekanan Darah

Asam asetat yang ada dalam ACV dapat menurunkan tekanan darah dengan mengurangi aktivitas enzim renin, yang bisa meningkatkan tekanan darah. Campurkan tiga sendok makan ACV dalam segelas air hangat atau minuman pilihan Anda (kecuali soda manis) dan minumlah selama seminggu.

8. Mengatur Aliran Darah

Anda akan mengalami pembengkakan pada tangan, kaki, dan varises karena sirkulasi darah yang buruk. Maka dari itu, gunakan ACV untuk memperlancar aliran darah, sehingga meringankan kondisi ini.

Campurkan ACV dengan lotion yang tersedia di rumah pada bagian yang sakit. Anda juga bisa membuat krim buatan sendiri dengan mencampurkan setengah gelas ACV, setengah wortel, dan tiga sendok makan gel lidah buaya. Sedangkan jika untuk dikonsumsi, ambil dua hingga tiga sendok makan ACV dalam secangkir air hangat bersama dengan madu (opsional).

9. Mendetoksifikasi Tubuh

Cuka sari apel memiliki efek detoksifikasi pada tubuh. Sistem tubuh yang bersih akan menyerap nutrisi dengan lebih baik, yang pada gilirannya menghasilkan metabolisme yang lebih baik pula.

10. Mengobati Kencing Manis

Menurut Lisa Richards, ahli gizi dan pendiri Candida Diet, “Individu dengan diabetes tipe 2 telah merasakan manfaat dari penggunaan cuka sari apel untuk mengontrol glukosa darah mereka. Ia bekerja dengan mengurangi sensitivitas insulin saat mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, dan jika dikonsumsi sebelum tidur, ini dapat meningkatkan angka glukosa darah puasa di pagi hari.”

Namun, Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menambahkan ACV ke dalam makanan, terutama saat Anda sedang menjalani pengobatan diabetes.

11. Membantu Pencernaan

Sifat antibiotik ACV dapat membantu melawan masalah perut dan gangguan pencernaan yang disebabkan oleh bakteri berbahaya. Ini meningkatkan pencernaan dengan mengatur metabolisme dan meningkatkan bakteri baik di perut. ACV juga mengandung pektin, yang dapat menenangkan perut yang tidak enak.

12. Mempromosikan Penurunan Berat Badan

Mengkonsumsi cuka sari apel sebelum makan dapat membuat rasa kenyang lebih lama sehingga membantu Anda makan lebih sedikit. Anda harus memiliki pola makan yang bergizi dan seimbang untuk memberi nutrisi pada diri Anda dan bayi.

13. Obat Flu

Sifat antibakteri cuka sari apel dapat melawan gejala pilek dan sakit tenggorokan. Untuk menerapkannya, tambahkan satu sendok makan ACV ke dalam segelas air hangat dan minum dua kali sehari hingga gejalanya mereda. Anda juga bisa memasukkan campuran ke dalam alat penguap dan membiarkannya semalaman di kamar.

14. Kram Kaki

Ibu hamil mungkin tidak bisa tidur nyenyak karena kram kaki yang disebabkan oleh rendahnya kadar kalium dan tekanan pada sistem peredaran darah. ACV mengandung kadar potasium yang sangat baik yang mengurangi ketidaknyamanan.

Sumber: Momjunction

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life16 Mei 2024, 16:15 WIB

7 Tanda Ternyata Kamu Masih Belum Menemukan Tujuan Hidup, Ini Buktinya

Orang yang belum menemukan tujuan hidup pada umumnya memiliki tanda yang melekat di dalam dirinya. Yakni pada kebiasaan yang mindsetnya
Ilustrasi Tanda seseorang yang belum menemukan tujuan hidup (Sumber : Pexels.com /@MehmetTurgutKirkgoz)
Sehat16 Mei 2024, 16:00 WIB

4 Minuman Sehat yang Ampuh Menurunkan Kadar Asam Urat, Nyerinya Langsung Minggat!

Sejumlah minuman sehat ini sangat ampuh untuk melawan sakit asam urat.
Ilustrasi - Sejumlah minuman sehat ini sangat ampuh untuk melawan sakit asam urat. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Life16 Mei 2024, 15:45 WIB

Berikut 4 Cara Membangun Karakter Positif Pada Anak Yang Bisa Orang Tua Terapkan

membangun karakter pada anak memang bukan hal yang mudah, namun dengan menjadi teladan yang baik lambat laun mereka akan menirunya. Maka dari itu para orang tua harus memberikan contoh baik pada anak
ilustrasi cara membangun karakter positif pada anak (Sumber : pexels.com/@JessicaTicozzeli)
Sukabumi16 Mei 2024, 15:18 WIB

Tabrak Ruko hingga Jebol di Ciracap Sukabumi, Pemotor Beat Dilarikan ke RS

Korban melaju dari arah Ujunggenteng menuju rumahnya di Desa Cikangkung.
Sepeda motor korban dan kondisi dinding ruko yang tertabrak di Kampung Cijoho, Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Kamis (16/5/2024). | Foto: Istimewa
Life16 Mei 2024, 15:15 WIB

8 Tips Agar Hubungan Ayah dan Anak Perempuan Semakin Terjalin Dengan Kuat

Meluangkan waktu untuk anak Anda dan membangun hubungan yang kuat akan bermanfaat bagi mereka seiring berjalannya waktu.
Ilustrasi hubungan ayah dan anak perempuan semakin kuat (Sumber : pexels.com/@TatianaSyrikova)
Inspirasi16 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Office Boy Penempatan di Kota Sukabumi, Minimal Lulusan SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga.
Ilustrasi - Lowongan Kerja Office Boy Penempatan di Kota Sukabumi, Minimal Lulusan SMA. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Life16 Mei 2024, 14:45 WIB

6 Kebiasaan Sederhana yang Dapat Meningkatkan Konsentrasi Kerja, Yuk Terapkan!

Konsentrasi saat bekerja adalah impian semua pencari nafkah. Pasalnya, sebagian orang justru tidak tahu kebiasaan yang bisa meningkatkan konsentrasi dalam hidup
Kebiasaan yang dapat meningkatkan konsentrasi saat sedang bekerja (Sumber : Pexels.com/@Andreapiacquadio)
Sukabumi Memilih16 Mei 2024, 14:33 WIB

Mendelegitimasi Pilkada, Pengamat Tanggapi Rekrutmen PPK Bermasalah di Kota Sukabumi

Jika rekrutmen PPK tidak memiliki integritas, maka rangkaian pilkada akan ternodai.
Kantor KPU Kota Sukabumi di Jalan Otto Iskandardinata, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Sehat16 Mei 2024, 14:30 WIB

4 Alasan Kenapa Penderita Asam Urat Sebaiknya Tidak Mengkonsumsi Buah Durian

Simak Alasan Kenapa Penderita Asam Urat Tidak Aman Makan Durian, Ternyata Ada Resiko Serangan Asam Urat!
Ilustrasi. Ketahui Alasan Kenapa Penderita Asam Urat Sebaiknya Tidak Mengkonsumsi Buah Durian (Sumber : Pexels/TomFisk)
Entertainment16 Mei 2024, 14:15 WIB

Selamat! Aaliyah Massaid Dilamar Oleh Thariq Halilintar

Aaliyah Massaid resmi dilamar oleh sang kekasih Thariq Halilintar pada 15 Mei 2024 di suatu tempat yang tidak diberitahu oleh keduanya. Aaliyah dan Thariq membagikan momen bahagia itu di instagram
Momen kebahagiaan Aaliyah Massaid yang dilamar Thariq Halilintar (Sumber : instagram @/thariqhalilintar)