Bunda Catat yah! Ini 8 Cara Memperbaiki Mental Anak yang Sering Dimarahi

Minggu 03 Desember 2023, 13:00 WIB
Ilustrasi - Proses memerbaiki mental anak yang sering dimarahi membutuhkan waktu dan kesabaran. Jangan menyerah dan terus berikan dukungan kepada anak Anda. (Sumber : Freepik.com/@peoplecreations).

Ilustrasi - Proses memerbaiki mental anak yang sering dimarahi membutuhkan waktu dan kesabaran. Jangan menyerah dan terus berikan dukungan kepada anak Anda. (Sumber : Freepik.com/@peoplecreations).

SUKABUMIUPDATE.com - Marah adalah emosi yang normal dan dialami oleh semua orang, termasuk anak-anak. Namun, jika kemarahan tidak dikelola dengan baik, dapat berdampak negatif pada mental anak. Anak yang sering dimarahi dapat mengalami berbagai masalah, seperti: rasa takut dan cemas, rasa tidak berharga dan rendah diri hingga perilaku agresif.

Terlebih anak yang sering dimarahi dapat berdampak negatif pada mental anak, baik secara jangka pendek maupun jangka panjang. Anak yang sering dimarahi dapat mengalami kesulitan dalam hal mengelola emosi dan perilakunya.

Meski begitu, memperbaiki mental anak yang sering dimarahi tidak semudah membalikan telapak tangan. Ada suatu proses yang memerlukan waktu, kesabaran, dan perhatian dari orang tua maupun pengasuhnya.

Baca Juga: 7 Ciri Orang yang Stres Karena Terlalu Banyak Beban Pikiran, Kamu Juga?

Proses memperbaiki mental anak yang sering dimarahi memerlukan waktu dan kesabaran. Jangan menyerah jika Anda tidak melihat hasil yang signifikan dalam waktu singkat. Teruslah memberikan dukungan dan kasih sayang kepada anak, dan Anda akan melihat perubahan yang positif pada diri anak.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat orang tua lakukan dalam memperbaiki mental anak yang sering dimarahi:

1. Minta Maaf

Ilustrasi - Memperbaiki mental anak yang sering dimarahi adalah langkah serius yang harus dilakukan.Ilustrasi - Memperbaiki mental anak yang sering dimarahi adalah langkah serius yang harus dilakukan. | Freepik.com.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah meminta maaf kepada anak. Minta maaflah dengan tulus dan jelaskan bahwa Anda tidak bermaksud untuk menyakitinya. Dengan meminta maaf, Anda menunjukkan kepada anak bahwa Anda peduli padanya dan Anda mengakui kesalahan Anda.

Baca Juga: 12 Ciri Orang Stres Karena Terlalu Banyak Masalah Hidup, Kamu Salah Satunya?

2. Dengarkan Perasaan Anak

10 Cara Memperbaiki Mental Anak yang Sering Dimarahi dan Dipukul, Minta Maaf!Memperbaiki Mental Anak yang Sering Dimarahi denga mendengar perasaan. | Freepik.com/@PEOPLECREATIONS

Biarkan anak mengekspresikan perasaannya. Dengarkan dengan sabar dan penuh perhatian apa yang ingin dikatakannya. Jangan memotong pembicaraannya atau menghakiminya.

Dengan mendengarkan perasaannya, Anda menunjukkan kepada anak bahwa Anda memahaminya dan Anda peduli padanya. Hal ini juga menjadi salah satu cara untuk memperbaiki mental anak.

3. Tunjukkan Kasih Sayang

Ilustrasi anak belajar homeschooling ditemani sang ayahIlustrasi -  menunjukan kasih sayang. | Freepik.com

Jika Anda sebagai orang tua ingin memperbaiki mental anak yang sering dimarahi, bisa dengan memberikan anak kasih sayang yang berlimpah. Peluk, cium, dan ucapkan kata-kata cinta kepadanya. Tunjukkan padanya bahwa Anda menyayanginya dan Anda selalu ada untuknya. Dengan kasih sayang, anak akan merasa dicintai dan dihargai.

Baca Juga: 14 Ciri Orang yang Pura-pura Jadi Teman Baik Padahal Tidak Suka dengan Kita

4. Perbaiki Kualitas Komunikasi

Ilustrasi orang tua membantu kecemasan situasional pada anak. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockProjectIlustrasi - memperbaiki kualitas komunikasi. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockProject

Komunikasi yang baik adalah kunci untuk membangun hubungan yang sehat dengan anak dan menjadi cara terbaik untuk memperbaiki mental anak yang sering dimarahi. Berbicaralah dengan anak dengan cara yang lembut dan penuh empati. Hindari menggunakan kata-kata kasar atau ancaman. Berikan anak penjelasan yang jelas tentang apa yang Anda harapkan darinya.

5. Pahami Karakter Anak

Ilustrasi bermain dengan anak autis dan membangun hubungan baik. | Foto: Pexels.comIlustrasi memahami karakter anak. | Foto: Pexels.com

Setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda. Pahami karakter anak Anda dan temukan cara untuk berkomunikasi dengannya yang sesuai dengan karakternya. Misalnya, jika anak Anda memiliki karakter yang pemalu, jangan memaksanya untuk berbicara di depan umum.

6. Dorong Anak Untuk Melakukan Kegiatan Positif

Anak sedang menggambarIlustrasi Anak sedang menggambar | PEXEL.COM/VLADA KARPOVICH

Dorong anak untuk melakukan kegiatan positif yang dapat meningkatkan rasa percaya dirinya. Misalnya, ajaklah ia untuk bergabung dengan kegiatan ekstrakurikuler atau olahraga.

Baca Juga: Bermuka Dua Nih! 9 Ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita Meski Dirinya Baik

7. Modelkan Sikap yang Positif

Doa Untuk Kedua Orang Tua yang Dapat Dibaca Anak Setiap Hari | Sumber: Freepik.comMenjadi contoh yang positif | Sumber: Freepik.com

Jadilah contoh sikap yang positif dan cara mengatasi masalah dengan baik. Anak cenderung meniru perilaku orang tua atau pengasuhnya, jadi usahakan untuk menunjukkan sikap yang tenang dan penuh pengertian.

8. Berhenti Memarahi Anak

Bacaan Doa Agar Anak Berbakti Kepada Orang Tua, Yuk Amalkan Setiap Hari | Sumber: Freepik.comMeminta maaf kepada anak.| Sumber: Freepik.com

Ini adalah langkah paling penting untuk memperbaiki mental anak yang sering dimarahi. Orang tua harus belajar untuk mengekspresikan kemarahan dengan cara yang sehat dan lebih baik.

 

 

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih22 Februari 2024, 10:05 WIB

Ganjar Usul Hak Angket Kecurangan Pilpres 2024, TKN 02 Ungkit Omongan Mahfud MD

Sekretaris TKN Prabowo-Gibran Nusron Wahid menilai Ganjar usul hak angket kecurangan Pilpres 2024 adalah sesuatu yang berlebihan.
Capres Nomor Urut 03, Ganjar Pranowo (Sumber : Istimewa)
Life22 Februari 2024, 10:00 WIB

10 Ciri Orang yang Akan Susah di Masa Tuanya, Anda Harus Hati-hati!

Beberapa perilaku ini akan menjadi ciri orang yang akan mengalami kesusahan di masa tuanya.
Ilustrasi - Beberapa perilaku ini akan menjadi ciri orang yang akan mengalami kesusahan di masa tuanya. (Sumber : Pixabay.com/@isakarakus)
Musik22 Februari 2024, 09:58 WIB

Video Music Lagu “Lagi Syantik” Siti Badriah Tembus 700 Juta Views di Youtube

Lagi Syantik dari Siti Badriah sukses menjadi video musik Indonesia yang paling banyak ditonton sepanjang sejarah.
Lagi Syantik dari Siti Badriah sukses menjadi video musik Indonesia yang paling banyak ditonton sepanjang sejarah. (Sumber : Instagram/@sitibadriahh).
Sukabumi Memilih22 Februari 2024, 09:53 WIB

Komnas HAM Temukan Fakta Aparatur Negara Arahkan Masyarakat Pilih Capres Tertentu

Setidaknya ada lima peristiwa yang Komnas HAM rangkum.
(Foto Ilustrasi) Komnas HAM mengumumkan sejumlah temuan selama Pemilu 2024. | Foto: Istimewa
Life22 Februari 2024, 09:30 WIB

Mengenali Ciri Anak yang Stres Karena Memiliki Tekanan Batin dan Mengatasinya

Penting bagi orang tua untuk mengetahui ciri-ciri anak yang stres karena memiliki tekanan batin.
Ilustrasi. Penting bagi orang tua untuk mengetahui ciri-ciri anak yang stres karena memiliki tekanan batin.  (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi22 Februari 2024, 09:27 WIB

Pendongeng Sunda Asal Sukabumi Mang Dedi Mulyadinata Meninggal

Mang Dedi adalah salah satu dedengkot Carita Sunda di Sukabumi.
Mang Dedi Mulyadinata dikabarkan meninggal dunia. | Foto: Istimewa
Sehat22 Februari 2024, 09:00 WIB

7 Makanan Tinggi Gula yang Sebaiknya Dihindari Bagi Penderita Diabetes Tipe 2

Ada beberapa makanan tinggi gula yang wajib dihindari untuk penderita diabetes tipe 2.
Ilustrasi Sereal- Ada beberapa makanan tinggi gula yang wajib dihindari untuk penderita diabetes tipe 2. (Sumber : pexels.com/Maria Bortolotto).
Sukabumi22 Februari 2024, 08:54 WIB

Ivan Rusvansyah Dipenjara, Gundar Kolyubi Jadi Anggota PAW DPRD Kota Sukabumi

Majelis Hakim sudah membacakan vonis hukuman terhadap Ivan Rusvansyah Trisya.
Pelantikan PAW anggota DPRD Kota Sukabumi dari Ivan Rusvansyah Trisya kepada H Gundar Kolyubi. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Life22 Februari 2024, 08:45 WIB

10 Tanda Anak yang Memiliki Sifat Buruk, Coba Bunda Lihat Sikapnya!

Setiap anak yang memiliki sifat buruk perlu mendapatkan bimbingan yang ekstra dari orang tuanya.
Ilustrasi - Setiap anak yang memiliki sifat buruk perlu mendapatkan bimbingan yang ekstra dari orang tuanya. (Sumber : Pixabay.com/@SarahRichterArt)
Sukabumi22 Februari 2024, 08:23 WIB

Tingkatkan Kinerja, Distan Sukabumi Gelar Pembinaan Bagi Seluruh Pegawai

Distan Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan kegiatan Pembinaan dan Peningkatan Kinerja Pegawai. Ini tujuannya.
Dinas Pertanian atau Distan Kabupaten Sukabumi gelar kegiataan pembinaan dan peningkatan kinerja pegawai. (Sumber : Istimewa)