12 Ciri Orang Stres Karena Terlalu Banyak Masalah Hidup, Kamu Salah Satunya?

Selasa 28 November 2023, 13:30 WIB
Ilustrasi - Orang yang mengalami stres karena terlalu banyak masalah hidup mungkin menunjukkan ciri-ciri tertentu yang mencerminkan tekanan dan ketegangan yang mereka hadapi. (Sumber : unsplash.com/@Joshua Rawson-Harris)

Ilustrasi - Orang yang mengalami stres karena terlalu banyak masalah hidup mungkin menunjukkan ciri-ciri tertentu yang mencerminkan tekanan dan ketegangan yang mereka hadapi. (Sumber : unsplash.com/@Joshua Rawson-Harris)

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap orang yang hidup dunia ini pasti pernah merasakan apa yang namanya stres. Hal ini bisa disebabkan oleh masalah hidup seperti hubungan, ekonomi, kesehatan hingga pekerjaan.

Ketika seseorang mengalami stres, tubuh akan melepaskan hormon stres, seperti kortisol dan adrenalin. Hormon-hormon ini dapat menyebabkan berbagai perubahan fisik dan emosional.

Mereka juga mungkin mengalami gejala emosional, seperti kecemasan, depresi, atau kesulitan tidur. Nah, berikut adalah ciri-cit orang yang stres karena terlalu beban masalah hidup.

Baca Juga: Gampang Dikenali! 8 Ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita Meski Bersikap Baik

1. Emosi yang Tidak Stabil

Stres dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang tiba-tiba. Seseorang yang stres mungkin merasa mudah marah, tersinggung, atau merasa sedih. Mereka juga mungkin merasa cemas atau takut.

2. Masalah Tidur

Stres dapat membuat sulit untuk tidur nyenyak. Seseorang yang stres mungkin sulit untuk tertidur, sering terbangun di malam hari, atau tidur berlebihan. Orang yang stres mungkin mengalami kesulitan untuk tertidur, sering terbangun di malam hari, atau tidur berlebihan.

3. Perubahan Nafsu Makan

Stres dapat menyebabkan perubahan nafsu makan. Seseorang yang stres mungkin kehilangan nafsu makan atau makan berlebihan. Mereka juga mungkin mengalami perubahan selera makan, seperti keinginan untuk makan makanan yang manis atau berlemak.

Baca Juga: 12 Ciri Seseorang Stres Karena Tekanan Hidup, Kamu Mengalaminya Juga?

4. Gangguan Konsentrasi

Stres dapat membuat sulit untuk berkonsentrasi. Seseorang yang stres mungkin merasa sulit untuk fokus pada tugas atau pekerjaan. Orang yang stres mungkin merasa sulit untuk fokus pada tugas atau pekerjaan. Mereka juga mungkin mudah lupa atau tidak dapat mengingat informasi baru.

5. Merasa Lelah atau Lesu

Stres dapat membuat merasa lelah atau lesu. Seseorang yang stres mungkin merasa tidak memiliki energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Orang yang stres mungkin merasa lelah atau lesu sepanjang hari, bahkan setelah tidur yang cukup. Mereka juga mungkin merasa sulit untuk memulai atau menyelesaikan tugas.

6. Merasa Putus Asa atau Tidak Berdaya

Stres dapat menyebabkan perasaan putus asa atau tidak berdaya. Seseorang yang stres mungkin merasa seperti tidak dapat mengatasi masalah mereka. Orang yang stres mungkin merasa seperti mereka tidak dapat mengatasi masalah mereka.

Baca Juga: Dilihat dari Bahasa Tubuhnya, Ini 10 Ciri Dia Jatuh Cinta dan Tertarik Kepadamu

7. Kecemasan yang Tinggi

Mereka cenderung merasa cemas dan khawatir secara berlebihan tentang berbagai masalah dalam hidup mereka. Orang yang stres mungkin merasa cemas, gelisah, atau khawatir terus-menerus. Mereka juga mungkin mengalami gejala fisik kecemasan, seperti jantung berdebar, berkeringat, atau gemetar.

8. Kehilangan Minat

Orang yang stres mungkin merasa tidak tertarik pada aktivitas yang dulu mereka sukai, seperti berolahraga, membaca, atau menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga. Mereka juga mungkin merasa sulit untuk berkonsentrasi atau menyelesaikan tugas.

9. Isolasi Sosial

Stres yang berlebihan dapat membuat seseorang cenderung menghindari interaksi sosial dan merasa kesepian. Orang yang stres cenderung akan mengisolasi diri dari keluarga atau teman-temannya.

Baca Juga: Sikapnya Baik Tapi Aslinya Tidak Suka dengan Kita, Beginilah 8 Ciri Orangnya

10. Kesulitan Mengambil Keputusan

Stres dapat membuat seseorang sulit dalam mengambil keputusan, terutama ketika banyak masalah yang harus dihadapi. Orang yang stres mungkin merasa ragu-ragu atau tidak yakin tentang apa yang harus dilakukan. Mereka juga mungkin merasa sulit untuk mempertimbangkan semua pilihan yang tersedia.

11. Gangguan Kesehatan Fisik

Gangguan kesehatan fisik adalah ciri-ciri orang stres karena terlalu banyak masalah hidup. Stres dapat menyebabkan perubahan fisik dan hormonal, yang dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti menurunkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko penyakit lainnya.

12. Pesimis Terhadap Hidup

Orang-orang yang terkena stres karena masalah hidup biasanya memiliki pandangan pesimis atau merasa putus asa terhadap masalah hidup dan masa depan. Hal ini karena mereka merasa kehidupannya monton dan tidak ada perubahan dan solusinya.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat27 Juli 2024, 09:00 WIB

7 Cara Mengurangi Risiko Penyakit Jantung Mulai dari Sejak Usia Muda

Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas.
Ilustrasi -  Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas. (Sumber : pexels.com/Andrea Piacquadio)
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Science27 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Juli 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com).
Inspirasi26 Juli 2024, 22:02 WIB

Jatim Media Summit Bagikan Tips Bikin Konten Video Disukai Penonton di Medsos

Sebelum memulai membuat konten video, alangkah baiknya untuk mengenal audiens atau penonton. Cari tahu apa yang mereka suka dan dibutuhkan.
Jatim Media Summit, Kamis (25/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi26 Juli 2024, 21:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Gudang Limbah Pabrik di Parungkuda Sukabumi

Warga ungkap asal muasal api yang menjadi penyebab kebakaran gudang limbah pabrik di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Damkar berjibaku memadamkan kebakaran yang melanda gudang limbah pabrik kain di Parungkuda Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat26 Juli 2024, 21:11 WIB

16 Rumah Dilaporkan Rusak, Pj Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Gempa di Kuningan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau sejumlah lokasi yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kuningan. (Sumber : Humas Jabar)
Sehat26 Juli 2024, 21:00 WIB

Oatmeal Hingga Minyak Kelapa, 7 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Dapat Anda Lakukan

Cuaca dingin dan kering, sering mencuci tangan, atau paparan sinar matahari berlebihan dapat membuat kulit kering.
Ilustrasi - Dengan perawatan yang tepat, kulit kering dapat diatasi dan kembali sehat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi26 Juli 2024, 20:56 WIB

Langganan Banjir, Warga Minta Pengerukan Sungai Cibening Purabaya Sukabumi

Warga berharap adanya penanganan Sungai Cibening Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang mengalami pendangkalan serta penyempitan
Forkopimcam dan relawan saat sedang membersihkan Sungai Cibening Purabaya Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life26 Juli 2024, 20:30 WIB

10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Senyuman orang yang memiliki dendam mungkin tampak dipaksakan atau tidak tulus. Ekspresi wajah sering kali tidak selaras dengan kata-kata mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita (Sumber : Pexels/YanKrukau)