11 Cara Mudah Melawan Depresi Tanpa Obat, Salah Satunya Ubah Cara Berpikir

Rabu 15 November 2023, 23:25 WIB
Ilustrasi. Bersyukur dan berpikir positif menjadi salah satu cara melawan depresi. (Sumber : pexels.com/@AndreaPiacquadio)

Ilustrasi. Bersyukur dan berpikir positif menjadi salah satu cara melawan depresi. (Sumber : pexels.com/@AndreaPiacquadio)

SUKABUMIUPDATE.com - Depresi merupakan gagguan kesehatan mental yang dapat membuat penderitanya mengalami kesedihan mendalam, kehilangan minat pada sesuatu yang sebelumnya disukai, dan dapat mempengaruhi cara berfikir, perasaan serta perilaku penderitanya.

Selain dengan mengkonsumsi obat-obatan yang telah diresepkan dokter, namun ada banyak cara untuk mengatasi beberapa gejala depresi yang tidak melibatkan obat resep. Jika mengalami depresi, seseorang mungkin ingin mencoba mengelolanya secara alami tanpa obat atau menambah antidepresan dengan pilihan lain. Jika ya, periksalah alternatif alami ini dan bicarakan dengan dokter tentang mana yang mungkin masuk akal sebagai bagian dari rejimen pengobatan.

Sebagaimana telah dilansir dari situs resmi verywell mind, inilah beberapa cara melawan depresi tanpa perlu mengkonsumsi obat-obatan

1. Tidur yang Cukup
Tidur dan suasana hati berjalan beriringan. Dengan menjaga waktu tidur dan waktu bangun yang konsisten, suasana kamar tidur yang nyaman seperti gelap, terang, dan rapi, dan memiliki rutinitas waktu tidur menenangkan yang tidak melibatkan duduk di depan layar, hal ini akan meminimalisir depresi yang sedang dialami. Tidur yang buruk tidak hanya dianggap berkontribusi terhadap timbulnya depresi, namun depresi juga dapat menyebabkan kualitas tidur yang rendah.

2. Kurangi Kafein
Kopi, teh, soda, dan bahkan coklat termasuk kedalam makanan dan minuman yang kaya akan kafein. Mengonsumsi kafein dalam jumlah wajar di pagi hari boleh saja jika Anda menikmatinya, namun hindari setelah sore hari agar tidak mengganggu waktu tidur.

3. Dapatkan Lebih Banyak Vitamin D
Ada beberapa bukti bahwa kekurangan vitamin D dapat berperan dalam depresi. Jika tidak mendapatkan cukup vitamin D melalui pola makan dan gaya hidup seperti paparan sinar matahari, tanyakan kepada dokter apakah Anda harus mencoba mengkonsumsi suplemen.

Baca Juga: 8 Alasan Media Sosial Sebabkan Depresi Pada Remaja, Yuk Kenali!

4. Cobalah Pengobatan Alami
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa terdapat antidepresan alami yang dapat membantu mengurangi gejala depresi.

Akan tetapi, penting untuk dicatat bahwa suplemen makanan tidak diatur oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan, jadi penggunaannya harus hati-hati. Beberapa tumbuhan dan suplemen lain mungkin berfungsi sebagai antidepresan alami, namun bukan berarti aman dan sesuai untuk semua orang atau tanpa efek samping.

Efektivitas pengobatan alami ini juga tidak selalu jelas, jadi selalu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

5. Manfaatkan Spiritualitas
Agama dapat menjadi sumber dukungan besar bagi banyak orang yang mengalami depresi. Praktek sederhana sehari-hari seperti menjalankan kewajiban beribadah, meditasi atau menambahkan daftar hal-hal yang patut disyukuri dapat membantu meningkatkan suasana hati dan kesejahteraan secara keseluruhan.

6. Lebih Banyak Latihan
Berolahraga lebih banyak bukan berarti harus berlatih maraton, akan tetapi melakukan aktivitas berintensitas rendah selama setengah jam atau lebih setiap hari, yang terbukti efektif dalam meningkatkan suasana hati dan kualitas hidup.

Lebih baik lagi, latihan fisik atau berolahraga di luar ruangan, menghirup udara segar dan merasakan sinar matahari sangat menyembuhkan bagi orang-orang penderita bentuk depresi khusus yang dikenal sebagai gangguan afektif musiman (SAD).

7. Hindari Alkohol
Alkohol itu sendiri merupakan suatu depresan. Minum alkohol dapat mengganggu kualitas tidur. Sedangkan kualitas tidur sendiri adalah kunci untuk melawan kesedihan. Meskipun alkohol mungkin tampak seperti solusi cepat untuk menghilangkan perasaan kalut, namun alkohol sebenarnya dapat membuat banyak gejala depresi terasa jauh lebih buruk.

Tidak hanya itu, hal ini juga dapat mengurangi hambatan dan berpotensi mengarah pada perilaku berisiko dan keputusan buruk yang dapat menimbulkan konsekuensi jangka panjang.

8. Makanlah Makanan yang Bernutrisi
Apa yang Anda makan dapat berdampak langsung pada cara Anda berpikir dan merasakan. Pastikan untuk mengkonsumsi makanan seimbang yang kaya nutrisi. Seorang ahli gizi atau ahli diet dapat membantu Anda menganalisis kebiasaan makan dan menentukan potensi kekurangan nutrisi yang dapat menyebabkan depresi.

Beberapa makanan yang mungkin sangat bermanfaat ketika Anda mengalami depresi meliputi ikan, kacang, dan probiotik

9. Ubah Cara Berpikir
Meskipun kedengarannya seperti Pollyanna, akan tetapi memikirkan pikiran-pikiran yang baik dapat membantu Anda merasa baik. Pikiran benar-benar mempunyai pengaruh langsung pada suasana hati. Jika terus menerus bergumul dengan hal-hal negatif, pertimbangkan untuk menemui terapis agar membantu Anda mempelajari cara melawannya.

10. Belajar Mengenali Pikiran Negatif
Terkadang pikiran ini terlihat jelas, seperti ketika mencela atau mengkritik diri sendiri. Di lain waktu, tindakan tersebut bisa lebih halus. Anda mungkin mendapati diri terlibat dalam hal-hal seperti pemikiran yang membuat bencana atau pemikiran semua atau tidak sama sekali.

11. Susun Ulang Cara Berpikir
Ketika mendapati diri Anda mempunyai pikiran negatif, secara sadar ubahlah pikiran itu menjadi positif. Misalnya, Anda dapat mengganti kalimat seperti "Ini tidak akan pernah berhasil" dengan sesuatu yang lebih positif seperti, "Berikut beberapa hal yang dapat saya coba yang akan membantu saya memulai." Mengalihkan fokus ke kekuatan dan kemampuan Anda dapat membantu mempertahankan pola pikir yang lebih positif.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life20 Juni 2024, 20:15 WIB

7 Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Penyakit Jantung, Hindari Jika Ingin Selamat!

Bagian tubuh yang menjadi sumber kehidupan adalah jantung. Maka dari itu, perlu menjaga kesehatan agar jantung juga menjadi sehat serta terbebas dari penyakit.
Ilustrasi Salah satu kebiasaan buruk yang sebabkan penyakit jantung yaitu makan berlebihan (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio)
Sukabumi20 Juni 2024, 20:08 WIB

Fraksi PAN Apresiasi Bupati Raih WTP 10 Kali, Ini Catatan Soal LPJ APBD Sukabumi 2023

Fraksi Partai Amanat Nasional (Fraksi PAN) DPRD Kabupaten Sukabumi salah satu dari delapan fraksi yang menyampaikan pandangan umum terhadap Raperda LPJ APBD 2023
Fraksi PAN DPRD Kabupaten Sukabumi menyampaikan Pandangan Umum terhadap Raperda APBD tahun 2023 | Foto : Ist
Sehat20 Juni 2024, 20:00 WIB

8 Makanan yang Berkhasiat Meredakan Sakit Asam Urat, Langsung Pergi Gak Datang Lagi!

Asam urat dapat dicegah dengan beberapa langkah tepat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang berkhasiat tinggi.
Ilustrasi -  Asam urat dapat dicegah dengan beberapa langkah tepat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang berkhasiat tinggi. (Sumber : Pixabay.com/@cnick)
Mobil20 Juni 2024, 19:45 WIB

Driver Wajib Tahu, Ternyata ini 5 Penyebab Radiator Cepat Habis

Ketika air radiator cepat berkurang, mesin bisa cepat panas, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan serius dan biaya perbaikan yang mahal
Ilustrasi Penyebab Radiator Cepat Habis (Sumber : pixabay.com/@carotomo12)
Sehat20 Juni 2024, 19:30 WIB

Cara Membuat Rebusan Daun Kelor untuk Mengobati Sakit Asam Lambung

Rebusan daun kelor menjadi salah satu opsi untuk mengobati asam lambung.
Ilustrasi - Rebusan daun kelor menjadi salah satu opsi untuk mengobati asam lambung. (Sumber : Pixabay.com/@Ninetechno).
DPRD Kab. Sukabumi20 Juni 2024, 19:21 WIB

8 Fraksi Sampaikan Pandangan Umum LPJ APBD 2023 di Paripurna DPRD Sukabumi

Sebanyak delapan fraksi di DPRD Kabupaten Sukabumi menyampaikan pandangan umum terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) APBD tahun 2023
8 Fraksi DPRD Kabupaten Sukabumi menyampaikan Pandangan Umum terhadap Raperda APBD tahun 2023 | Foto : Ist
Life20 Juni 2024, 19:15 WIB

5 Penyebab Kenapa Cinta Cepat Pudar Setelah Menikah, Kamu Termasuk?

Sejumlah penyebab menjadi faktor kenapa orang yang sudah menikah cenderung cepat pudar cintanya dibandingkan pada saat awal mula kasmaran
Ilustrasi Sejumlah penyebab kenapa cinta cepat pudar setelah menikah puluhan tahun (Sumber : Pexels.com/@Timur Weber)
Sehat20 Juni 2024, 19:00 WIB

No Minuman Manis! 10 Cara Mencegah Lonjakan Gula Darah Tinggi Setelah Makan Malam

Ada beberapa strategi yang dapat membantu untuk mencegah lonjakan gula darah setelah makan malam.
Ilustrasi. No Minuman Manis! 10 Cara Mencegah Lonjakan Gula Darah Tinggi Setelah Makan Malam (Sumber : Pixabay/Stanias)
Sehat20 Juni 2024, 18:45 WIB

5 Penyebab Kenapa Penderita Diabetes Cepat Lapar Meski Sudah Makan, Ini Alasannya

penderita diabetes kerap merasa lapar yang cukup tinggi akibat nafsu makannya naik. hal ini disebabkan oleh beberapa gejala yang mungkin jarang disadari
Ilustrasi Sejumlah penyebab kenapa penderita diabetes cenderung cepat lapar (Sumber : Pexels.com/@MART PRODUCTION)
Kecantikan20 Juni 2024, 18:15 WIB

Selain Menggunakan Lotion, 5 Cara Mengatasi Telapak Tangan yang Kasar dan Kering

Telapak tangan kasar dan kering bisa menjadi masalah yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Hal ini bisa diatasi dengan mengurangi paparan air dan memilih sabun yang tepat
Ilustrasi tangan kasar yang bisa diatasi (Sumber : pixabay.com/@noursh90)