13 Cara Menghadapi Orang yang Depresi, Hibur dan Jangan Dijauhi!

Rabu 15 November 2023, 15:15 WIB
Ilustrasi - Inilah cara menghadapi orang yang depresi untuk membantu mereka mengatasi masalah hidupnya (Sumber : Freepik/freepik)

Ilustrasi - Inilah cara menghadapi orang yang depresi untuk membantu mereka mengatasi masalah hidupnya (Sumber : Freepik/freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Menghadapi seseorang yang mengalami depresi memerlukan pemahaman, kesabaran, dan kepekaan terhadap kondisi mereka.

Ini penting dilakukan untuk setidaknya membantu meringankan beban yang sedang mereka tanggung.

Mungkin dengan bantuan yang kita berikan bisa menghindarkan mereka dari dampak lebih buruk seperti keinginan mengakhiri hidup.

Lalu, bagaimana cara menghadapi orang yang depresi? Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan agar mereka tidak merasa sendirian seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: 13 Gejala Depresi Pada Remaja, Bunda Harus Tahu Untuk Membantu Mereka

1. Edukasi Diri Sendiri Dulu

Usahakan untuk memahami lebih lanjut tentang depresi. Dengan memahami kondisi tersebut, kita dapat lebih baik menyadari gejala dan bagaimana memberikan dukungan yang efektif.

2. Dengarkan dengan Empati

Jadilah pendengar yang baik bagi mereka. Biarkan orang tersebut berbicara tanpa menghakimi atau memberikan solusi segera. Terkadang, mereka hanya butuh merasa didengar dan dimengerti.

3. Hindari Jatuhkan Diri

Jangan menyebutkan perasaan negatif atau membuat pernyataan yang dapat membuat orang yang sedang depresi merasa lebih buruk. Hindari meremehkan atau merendahkan perasaan mereka.

Baca Juga: 10 Cara Membantu Orang yang Sedang Depresi, Yuk Lebih Pahami Mereka!

4. Hindari Memberikan Nasehat Berlebihan

Jangan memberikan nasehat yang berlebihan atau menyuruh mereka untuk "bersikap positif." Ini bisa terasa tidak memahami dan tidak membantu.

5. Tunjukkan Dukungan

Berikan dukungan tanpa syarat dan tunjukkan bahwa kita peduli dan bersedia mendukung mereka dalam perjalanan mereka melawan depresi.

6. Beri Tahu Mereka Tidak Sendiri

Sampaikan bahwa mereka tidak sendirian dalam perjuangan melawan depresi dan tunjukan bahwa kita ada di sana untuk mereka. Berbagi pengalaman positif atau inspiratif mungkin juga membantu.

Baca Juga: Daddy Issue Bisa Sebabkan Masalah Kesehatan Mental, Ini 6 Diantaranya

7. Ajak Mereka untuk Mencari Bantuan Profesional

Sarankan agar mereka mencari bantuan dari profesional kesehatan mental, seperti psikolog atau psikiater. Bantu mereka membuat janji temu jika diperlukan.

8. Bantu dengan Tugas Sehari-hari

Tawarkan bantuan dengan tugas-tugas sehari-hari seperti memasak, membersihkan, atau mengurus tanggung jawab lainnya. Depresi dapat membuat sulit untuk mengatasi tugas-tugas ini, sehingga melatih mereka bisa mengalihkan pikiran mereka dari beban yang dialami.

9. Jaga Komunikasi

Tetap terhubung secara teratur dengan orang yang sedang depresi seperti mengirim pesan, telepon, atau temui mereka secara langsung. Menunjukkan bahwa kita masih peduli dan ingin tahu tentang keadaan mereka.

Baca Juga: 8 Tanda Seseorang Mengalami Emotional Numbness, Terlihat Mati Rasa

10. Atur Batasan

Kita mungkin tidak bisa "memperbaiki" depresi seseorang, sehingga penting menerima bahwa ada batasan pada sejauh mana kita dapat membantu.

11. Ingatkan pada Hal Positif

Bantu mereka melihat sisi positif dalam hidup, walaupun mungkin sulit. Ingatkan pada mereka hal-hal kecil yang dapat memberikan kepuasan atau kegembiraan.

12. Berikan Ruang dan Waktu

Berikan orang yang depresi ruang dan waktu untuk mengatasi perasaan mereka. Tidak semua orang merasa nyaman berbicara atau berbagi perasaan mereka secara terbuka.

Baca Juga: 12 Ciri-Ciri Anak Frustasi, Bunda Perhatikan Sikapnya!

13. Segera Bertindak Saat Ada Ancaman Bunuh Diri

Jika seseorang yang depresi mengungkapkan pikiran atau hasrat untuk menyakiti diri sendiri, segera cari bantuan profesional atau hubungi layanan darurat setempat.

Ingatlah bahwa menghadapi orang yang depresi adalah proses yang memerlukan kesabaran dan kepedulian.

Berikan dukungan yang konsisten dan berkelanjutan, dan selalu dorong mereka untuk mencari bantuan profesional.

Depresi bukanlah sesuatu yang dapat diatasi sendiri, dan dukungan dari orang lain dapat menjadi faktor penting dalam pemulihan.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life20 Juni 2024, 20:30 WIB

5 Alasan Kenapa Pria Lebih Mudah Jatuh Cinta Ketimbang Wanita

Pria cenderung kaum yang dianggap gampang jatuh cinta daripada wanita yang masih terbiasa memfilter perasaannya. Hal ini didasari oleh beberapa faktor yang memicu pria mudah jatuh cinta
Ilustrasi Beberapa faktor yang menyebabkan pria lebih mudah jatuh cinta ketimbang wanita (Sumber : Pexels.com/@Jeswin Thomas)
Nasional20 Juni 2024, 20:27 WIB

Buka BSI International Expo 2024, Wapres: BSI Dorong Arus Baru Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma’ruf Amin membuka secara resmi BSI International Expo 2024 yang diselenggarakan oleh PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), di Jakarta Convention Center pada tanggal 20-23 Juni 2024.
Dirut BSI Hery Gunardi (kanan) bersama Wapres RI KH Ma'ruf Amin (kiri), Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo (tengah) saat seremoni pembukaan BSI International Expo di JCC Senayan Jakarta, Kamis (20/06) | Foto : Istimewa
Life20 Juni 2024, 20:15 WIB

7 Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Penyakit Jantung, Hindari Jika Ingin Selamat!

Bagian tubuh yang menjadi sumber kehidupan adalah jantung. Maka dari itu, perlu menjaga kesehatan agar jantung juga menjadi sehat serta terbebas dari penyakit.
Ilustrasi Salah satu kebiasaan buruk yang sebabkan penyakit jantung yaitu makan berlebihan (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio)
Sukabumi20 Juni 2024, 20:08 WIB

Fraksi PAN Apresiasi Bupati Raih WTP 10 Kali, Ini Catatan Soal LPJ APBD Sukabumi 2023

Fraksi Partai Amanat Nasional (Fraksi PAN) DPRD Kabupaten Sukabumi salah satu dari delapan fraksi yang menyampaikan pandangan umum terhadap Raperda LPJ APBD 2023
Fraksi PAN DPRD Kabupaten Sukabumi menyampaikan Pandangan Umum terhadap Raperda APBD tahun 2023 | Foto : Ist
Sehat20 Juni 2024, 20:00 WIB

8 Makanan yang Berkhasiat Meredakan Sakit Asam Urat, Langsung Pergi Gak Datang Lagi!

Asam urat dapat dicegah dengan beberapa langkah tepat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang berkhasiat tinggi.
Ilustrasi -  Asam urat dapat dicegah dengan beberapa langkah tepat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang berkhasiat tinggi. (Sumber : Pixabay.com/@cnick)
Mobil20 Juni 2024, 19:45 WIB

Driver Wajib Tahu, Ternyata ini 5 Penyebab Radiator Cepat Habis

Ketika air radiator cepat berkurang, mesin bisa cepat panas, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan serius dan biaya perbaikan yang mahal
Ilustrasi Penyebab Radiator Cepat Habis (Sumber : pixabay.com/@carotomo12)
Sehat20 Juni 2024, 19:30 WIB

Cara Membuat Rebusan Daun Kelor untuk Mengobati Sakit Asam Lambung

Rebusan daun kelor menjadi salah satu opsi untuk mengobati asam lambung.
Ilustrasi - Rebusan daun kelor menjadi salah satu opsi untuk mengobati asam lambung. (Sumber : Pixabay.com/@Ninetechno).
DPRD Kab. Sukabumi20 Juni 2024, 19:21 WIB

8 Fraksi Sampaikan Pandangan Umum LPJ APBD 2023 di Paripurna DPRD Sukabumi

Sebanyak delapan fraksi di DPRD Kabupaten Sukabumi menyampaikan pandangan umum terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) APBD tahun 2023
8 Fraksi DPRD Kabupaten Sukabumi menyampaikan Pandangan Umum terhadap Raperda APBD tahun 2023 | Foto : Ist
Life20 Juni 2024, 19:15 WIB

5 Penyebab Kenapa Cinta Cepat Pudar Setelah Menikah, Kamu Termasuk?

Sejumlah penyebab menjadi faktor kenapa orang yang sudah menikah cenderung cepat pudar cintanya dibandingkan pada saat awal mula kasmaran
Ilustrasi Sejumlah penyebab kenapa cinta cepat pudar setelah menikah puluhan tahun (Sumber : Pexels.com/@Timur Weber)
Sehat20 Juni 2024, 19:00 WIB

No Minuman Manis! 10 Cara Mencegah Lonjakan Gula Darah Tinggi Setelah Makan Malam

Ada beberapa strategi yang dapat membantu untuk mencegah lonjakan gula darah setelah makan malam.
Ilustrasi. No Minuman Manis! 10 Cara Mencegah Lonjakan Gula Darah Tinggi Setelah Makan Malam (Sumber : Pixabay/Stanias)