14 Tips Agar Terhindar Dari Gangguan Mental, Stop Negative Thinking!

Kamis 07 September 2023, 16:00 WIB
Ilustrasi. Berpikir | Tips Agar Terhindar Dari Gangguan Mental, Stop Negative Thinking! (Sumber : pixabay.com/@DanaTentis)

Ilustrasi. Berpikir | Tips Agar Terhindar Dari Gangguan Mental, Stop Negative Thinking! (Sumber : pixabay.com/@DanaTentis)

SUKABUMIUPDATE.com - Tips agar terhindar dari gangguan kesehatan mental penting dilakukan agar emosional batin tidak terpengaruh. Siapapun berhak mendapatkan kehidupan yang seimbang dari segi fisik maupun mental.

Pasalnya resiko terkena gangguan kesehatan mental kini mulai meningkat seiring dengan perkembangan teknologi.

Kondisi mental seseorang bisa dengan mudah terekspos di media sosial. Alhasil, dunia maya menjadi jebakan maut yang tidak terelakkan ketika garis batas privasi dilangga.

Baca Juga: Putri Ariani dari Indonesia Lolos ke Babak Final America's Got Talent 2023

Maka dari itu, mengutamakan kesehatan mental adalah hal yang sangat penting. Yuk, coba beberapa tips menjaga kesehatan mental yang baik, seperti dirangkum dari berbagai sumber:

Tips Agar Terhindar dari Gangguan Kesehatan Mental

1. Jaga Keseimbangan Hidup

Prioritaskan keseimbangan antara pekerjaan, kehidupan sosial, dan waktu untuk diri sendiri. Hindari bekerja terlalu keras atau terlalu banyak membebani diri.

Prinsip menjaga keseimbangan hidup ini dikenal dengan istilah "Work Life Balance".

2. Atur Stres dengan Baik

Pelajari teknik manajemen stres seperti meditasi, pernapasan dalam, yoga, atau olahraga. Ini dapat membantumu mengatasi tekanan hidup dengan lebih baik.

3. Tidur Cukup

Pastikan mendapatkan tidur cukup setiap malam. Kurang tidur dapat memengaruhi kesehatan mental, maka dari itu coba untuk menjaga rutinitas tidur yang teratur.

4. Makan Sehat

Nutrisi yang baik berperan penting dalam kesehatan mental. Konsumsi makanan seimbang yang mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi penting lain.

Baca Juga: 6 Ciri Anak Trauma Karena Sering Dimarahi, Perilaku Sosial Tidak Sehat

5. Aktivitas Fisik

Olahraga secara teratur dapat merangsang pelepasan endorfin, yang meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres. Coba untuk aktif setiap hari, bahkan dengan berjalan kaki.

6. Jaga Koneksi Sosial

Pertahankan hubungan yang sehat dengan teman dan keluarga. Berbicara tentang perasaan dengan orang-orang yang dipercaya dapat membantu mengurangi isolasi sosial.

7. Support System

Jika kamu mengalami tekanan mental atau gangguan kesehatan mental, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional. Terapis atau konselor dapat memberikan dukungan dan pengobatan yang diperlukan.

Seseorang yang merasa kesehatan mentalnyaterganggu juga kerap dikaitkan dengan kebutuhan Support System. Terlalu lama sendiri (baca: jomblo) juga berpotensi meningkatkan peluang terkena gangguan mental.

8. Prioritaskan Diri Sendiri

Ingatlah untuk merawat diri sendiri dengan baik. Luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang memang kamu nikmati dan membuat dirimu bahagia.

9. Hindari Konsumsi Zat Terlarang

Frekuensi menggunakan alkohol atau narkoba sebagai koping dapat merusak kesehatan mental. Oleh sebab itu, jika sedang stress hindari penyalahgunaan zat-zat tersebut untuk menjaga kesehatan mental.

10. Kenali Batasan

Jangan terlalu keras pada diri sendiri dan kenali batasan diri sendiri. Belajar untuk mengatakan "tidak" jika kamu merasa terlalu banyak terbebani.

11. Kelola Perasaan Negatif

Pelajari cara mengelola perasaan negatif seperti kecemasan dan depresi. Ini bisa melibatkan teknik kognitif-tingkah laku atau terapi.

Baca Juga: 12 Ciri Mental Anak Terganggu, Ada Keluhan Fisik Tanpa Penyebab Medis

Usahakan untuk selalu menjaga pikiran positif agar terhindar dari "negative thinking" yang menghantui.

12. Lakukan Kegiatan Menyenangkan

Luangkan waktu untuk melakukan hobi dan kegiatan yang Anda nikmati. Tips agar terhindar dari gangguan kesehatan mental ini dapat memberikan kesenangan dan relaksasi.

13. Optimis

Cobalah untuk menjaga sikap yang positif dan optimis terhadap hidup. Fokus pada hal-hal yang dapat dikendalikan dan pandang masa depan dengan harapan.

14. Mengenal Diri Sendiri

Kenali dan pahami diri sendiri dengan baik, termasuk apa yang membuat dirimu stres atau bahagia. Ini dapat membantumu mengambil tindakan yang lebih baik untuk menjaga kesehatan mental.

Ingat selalu bahwa menjaga kesehatan mental adalah proses yang berkelanjutan. Setiap orang berbeda, jadi carilah strategi yang paling cocok untuk menjaga kesehatan mental yang baik.

Jika Updaters merasa memerlukan bantuan atau dukungan tambahan, jangan ragu untuk mencari bantuan dari profesional kesehatan mental.

Sumber: Berbagai Sumber.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Science27 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Juli 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com).
Inspirasi26 Juli 2024, 22:02 WIB

Jatim Media Summit Bagikan Tips Bikin Konten Video Disukai Penonton di Medsos

Sebelum memulai membuat konten video, alangkah baiknya untuk mengenal audiens atau penonton. Cari tahu apa yang mereka suka dan dibutuhkan.
Jatim Media Summit, Kamis (25/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi26 Juli 2024, 21:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Gudang Limbah Pabrik di Parungkuda Sukabumi

Warga ungkap asal muasal api yang menjadi penyebab kebakaran gudang limbah pabrik di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Damkar berjibaku memadamkan kebakaran yang melanda gudang limbah pabrik kain di Parungkuda Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat26 Juli 2024, 21:11 WIB

16 Rumah Dilaporkan Rusak, Pj Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Gempa di Kuningan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau sejumlah lokasi yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kuningan. (Sumber : Humas Jabar)
Sehat26 Juli 2024, 21:00 WIB

Oatmeal Hingga Minyak Kelapa, 7 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Dapat Anda Lakukan

Cuaca dingin dan kering, sering mencuci tangan, atau paparan sinar matahari berlebihan dapat membuat kulit kering.
Ilustrasi - Dengan perawatan yang tepat, kulit kering dapat diatasi dan kembali sehat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi26 Juli 2024, 20:56 WIB

Langganan Banjir, Warga Minta Pengerukan Sungai Cibening Purabaya Sukabumi

Warga berharap adanya penanganan Sungai Cibening Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang mengalami pendangkalan serta penyempitan
Forkopimcam dan relawan saat sedang membersihkan Sungai Cibening Purabaya Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life26 Juli 2024, 20:30 WIB

10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Senyuman orang yang memiliki dendam mungkin tampak dipaksakan atau tidak tulus. Ekspresi wajah sering kali tidak selaras dengan kata-kata mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Opini26 Juli 2024, 20:07 WIB

Menengok Pilkada Sukabumi yang Kering Gagasan

Kurang lebih empat bulan lagi, tepatnya pada tanggal 27 November 2024, masyarakat Kabupaten Sukabumi akan memilih Bupati dan Wakil Bupati yang baru
Ilustrasi kepala daerah menyampaikan gagasan membangun Sukabumi | Foto : Pixabay