10 Jenis Gangguan Kesehatan Mental, Jangan Sebut Orang Gila!

Kamis 07 September 2023, 10:00 WIB
Ilustrasi. Stres dan Kecemasan | Jenis Gangguan Kesehatan Mental, Jangan Sebut Orang Gila! (Sumber : pixabay.com/@EnriqueMeseguer)

Ilustrasi. Stres dan Kecemasan | Jenis Gangguan Kesehatan Mental, Jangan Sebut Orang Gila! (Sumber : pixabay.com/@EnriqueMeseguer)

SUKABUMIUPDATE.com - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental biasanya dikucilkan dari lingkungan masyarakat. Bahkan, istilah "orang gila" kerap disematkan pada mereka (Orang Dengan Gangguan Jiwa/ODGJ).

Padahal, "orang gila" adalah istilah yang tidak sesuai dan tidak tepat digunakan ketika berbicara tentang gangguan kesehatan mental.

Gangguan kesehatan mental adalah kondisi medis yang kompleks dan beragam, dimana setiap gangguan mental ini memiliki karakteristik dan gejala yang berbeda.

Baca Juga: 12 Ciri Mental Anak Terganggu, Ada Keluhan Fisik Tanpa Penyebab Medis

Maka dari itu, mulai saat ini yuk hindari penggunaan bahasa "orang gila" untuk menggambarkan orang yang mengalami gangguan kesehatan mental atau ODGJ. Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa contoh jenis gangguan kesehatan mental yang mungkin dialami seseorang:

Jenis-Jenis Gangguan Kesehatan Mental

1. Gangguan Depresi Mayor

Individu dengan gangguan depresi mayor mengalami perasaan sedih, kehilangan minat, energi yang rendah, dan gejala lain yang berlangsung selama setidaknya dua minggu.

2. Gangguan Kecemasan

Jenis gangguan kesehatan mental yang kedua termasuk gangguan kecemasan umum, gangguan kecemasan sosial, dan gangguan panik, di mana individu mengalami rasa takut atau kecemasan yang berlebihan.

3. Gangguan Bipolar

Individu dengan gangguan bipolar mengalami perubahan suasana hati yang ekstrem, yaitu periode mania yang tinggi dan periode depresi yang rendah.

4. Gangguan Obsesif-Kompulsif (OCD)

Orang dengan OCD memiliki pemikiran obsesif yang mengganggu dan melakukan tindakan kompulsif untuk mengatasi kecemasan yang muncul.

5. Skizofrenia

Gangguan Skizofrenia adalah jenis gangguan kesehatan mental yang kelima. Skizofrenia melibatkan gangguan dalam pemikiran, persepsi, dan perilaku, seperti halusinasi dan delusi.

6. Gangguan Makan

Jenis gangguan kesehatan mental yang keenam mencakup anoreksia nervosa, bulimia nervosa, dan gangguan makan lainnya. Ini melibatkan pola makan yang tidak sehat dan perasaan terobsesi dengan berat badan atau penampilan.

7. Gangguan Stres Pasca Trauma (PTSD)

Orang dengan PTSD mengalami gejala setelah mengalami peristiwa traumatis, seperti perang, kecelakaan, atau pelecehan.

8. Gangguan Kepribadian

Jenis gangguan kesehatan mental yang ke delapan termasuk gangguan kepribadian antisosial, borderline, dan narcissistic, yang melibatkan pola perilaku dan interaksi sosial yang tidak sehat.

9. Gangguan Kepribadian Mutilatif (DID)

Orang dengan DID memiliki dua atau lebih kepribadian yang berbeda yang muncul secara bergantian.

10. Gangguan Perkembangan Anak dan Remaja

Terakhir, jenis gangguan kesehatan mental perkembangan anak dan remaja mencakup ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder), autisme, dan gangguan spektrum autisme lainnya.

Baca Juga: 7 Ciri Anak Mengalami Gangguan Kesehatan Mental: Autis hingga PTSD

Menjadi catatan penting soal persepsi "apakah orang gangguan kesehatan mental sama seperti orang gila?". Istilah "orang gila" sudah jarang digunakan dalam praktik kesehatan mental karena dianggap tidak pantas dan merendahkan.

Justru, masyarakat sebaiknya menggunakan istilah yang lebih tepat seperti "gangguan kesehatan mental" atau "masalah kesehatan mental."

Gangguan kesehatan mental merupakan kondisi kesehatan yang dapat memengaruhi kesejahteraan hingga emosional seseorang mulai dari pemikiran, perasaan, perilaku dan fungsi kehidupan. Gangguan kesehatan mental bukan tanda kegilaan atau kegilaan, melainkan masalah kesehatan yang serius dari sudut pandang psikologis.

Gangguan kesehatan mental dapat berkisar dari depresi dan kecemasan hingga skizofrenia, gangguan bipolar, atau gangguan makan, dan memerlukan perawatan medis ataupun yang sesuai.

Baca Juga: 6 Ciri Anak Trauma Karena Sering Dimarahi, Perilaku Sosial Tidak Sehat

Maka dari itu, sebagai manusia yang memanusiakan manusia, kita harus memperlakukan semua orang dengan hormat dan empati, terlepas dari kondisi kesehatan mental yang dialami. Ini karena orang dengan gangguan kesehatan mental adalah individu yang memiliki nilai dan martabat yang sama seperti orang lain.

Stigma dan stereotip terkait dengan istilah seperti "orang gila" dapat memperburuk persepsi seputar gangguan kesehatan mental dan membuat individu kesulitan mencari perawatan dan dukungan yang dibutuhkan.

Masyarakat harus berusaha untuk lebih memahami gangguan kesehatan mental dan memperlakukan individu dengan penghormatan dan empati. Perawatan medis dan dukungan sosial dapat membantu banyak orang yang mengalami gangguan kesehatan mental untuk memperbaiki kualitas hidup mereka.

Sumber: Berbagai Sumber

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi01 Maret 2024, 18:05 WIB

Pengumuman Pemberhentian Pegawai BPR Sukabumi

BPR Sukabumi telah mengeluarkan surat pemberhentian kepada salah satu pegawainya bernama Agus, SE
Agus, SE | Foto : Dok. BPR Sukabumi
Life01 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Kamilin Setelah Sholat Tarawih Bacaan Arab, Latin dan Artinya

Berikut ini bacaan doa kamilin yang biasa dibacakan setelah selesai melaksanakan sholat tarawih
Ilustrasi - Berikut ini bacaan doa kamilin yang biasa dibacakan setelah selesai melaksanakan sholat tarawih | (Sumber : Freepik.com/wirestock)
Keuangan01 Maret 2024, 17:52 WIB

Berikan Pelayanan Prima, BPR Cikembar Sukabumi Ekspansi ke Pabrik hingga Kunjungi Nasabah

BPR Sukabumi cabang Cikembar terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat di wilayah kerjanya.
Kepala Cabang BPR Sukabumi cabang Cikembar, Yudi Eka Sembada (kanan) dan Staf sedang melayani nasabah (kiri) | Foto : Ibnu Sanubari
Musik01 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Rumah - Salma Salsabil, “Tempat yang Kurindu Sejak Lama”

Lirik lagu "Rumah" menceritakan tentang kerinduan seorang anak terhadap kampung halamannya.
Lirik lagu "Rumah" menceritakan tentang kerinduan seorang anak terhadap kampung halamannya. (Sumber : YouTube/@Salma Salsabil).
Life01 Maret 2024, 16:30 WIB

Kapan Puasa Ramadan 2024 Dilaksanakan? Ini Perkiraan Waktunya

Berikut ini informasi kapan puasa 2024 dimulai berdasarkan kalender dari Kemenag RI dan Kalender dari Muhammadiyah
Ilustrasi - Berikut ini informasi kapan puasa 2024 dimulai berdasarkan kalender dari Kemenag RI dan Kalender dari Muhammadiyah | (Sumber : Freepik.com/@ Sketchepedia)
Film01 Maret 2024, 16:00 WIB

Kabar Gembira! Film Live Action Naruto Segera Digarap Oleh Lionsgate

Diharapkan Live Action Naruto dapat memenuhi ekspektasi para penggemar dan menjadi film yang menghibur dan berkualitas.
Diharapkan Live Action Naruto dapat memenuhi ekspektasi para penggemar dan menjadi film yang menghibur dan berkualitas. (Sumber : X/@Naruto_Anime_EN).
Food & Travel01 Maret 2024, 15:30 WIB

6 Tempat Wisata Kids Friendly di Sukabumi, Anak Langsung Gembira

Berikut ini tempat wisata kids friendly di Sukabumi yang bisa dijadikan pilihan ketika menghabiskan momen liburan di Sukabumi
Berikut ini tempat wisata kids friendly di Sukabumi yang bisa dijadikan pilihan ketika menghabiskan momen liburan di Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Sukabumi01 Maret 2024, 15:28 WIB

Tekan Inflasi Jelang Ramadhan, Pemkab Sukabumi Akan Gencarkan Operasi Pasar Murah

Sekda Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman mengikuti Rapat Koordinasi Dwimingguan Ke-24 Pengendalian Inflasi di Daerah Provinsi dan Kabupaten dan Kota Se-Jawa Barat Secara Virtual di Sukabumi Command Center, Setda-Palabuhanratu.
Sekda Ade Suryaman saat mengikuti Rakor Pengendalian Inflasi di Daerah Provinsi dan Kabupaten dan Kota Se-Jawa Barat Secara Virtual di Sukabumi Command Center, Setda-Palabuhanratu. Kamis (29/2/2024) | Foto : Dokpim
Keuangan01 Maret 2024, 15:06 WIB

BPS: Beras Sumbang Inflasi Terbesar Februari, Hanya 1 Provinsi yang Harganya Turun

Beras mengalami inflasi 5,32 persen dengan andil terhadap IHK 0,21 persen.
(Foto Ilustrasi) BPS menyebut beras menyumbang inflasi terbesar pada Februari 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi01 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sukabumi Sebagai Admin Lapangan di Minimarket

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, yuk daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Sukabumi Sebagai Admin Lapangan di Minimarket (Sumber : Istimewa)