9 Faktor Resiko Terkena Gangguan Kesehatan Mental, Salah Satunya Trauma

Selasa 05 September 2023, 14:00 WIB
Ilustrasi. Kekerasan Terhadap Anak | 9 Faktor Resiko Terkena Gangguan Kesehatan Mental, Salah Satunya Trauma (Sumber : pixabay.com/@GerdAltmann)

Ilustrasi. Kekerasan Terhadap Anak | 9 Faktor Resiko Terkena Gangguan Kesehatan Mental, Salah Satunya Trauma (Sumber : pixabay.com/@GerdAltmann)

SUKABUMIUPDATE.com - Resiko terkena gangguan kesehatan mental dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Hal ini termasuk kombinasi antara faktor genetik, lingkungan, dan pengalaman hidup.

Pasalnya gangguan kesehatan mental dapat dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang tua sekalipun.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena gangguan kesehatan mental. Yuk, simak!

Faktor Resiko Terkena Gangguan Kesehatan Mental

1. Faktor Genetik

Riwayat keluarga dapat memainkan peran dalam risiko seseorang mengalami gangguan kesehatan mental. Jika ada anggota keluarga yang menderita gangguan kesehatan mental, resiko dapat meningkat.

Baca Juga: 6 Ciri Anak Trauma Karena Sering Dimarahi, Perilaku Sosial Tidak Sehat

2. Faktor Lingkungan

Lingkungan tempat seseorang tumbuh dan tinggal dapat memiliki dampak besar pada kesehatan mental. Stres kronis, ketidakstabilan dalam kehidupan, atau pengalaman traumatis dapat meningkatkan resiko.

3. Stresor

Peristiwa besar dalam hidup, seperti kehilangan pekerjaan, perceraian, kematian orang yang dicintai, atau perubahan signifikan lain ternyata dapat meningkatkan resiko gangguan kesehatan mental.

5. Penyalahgunaan Zat Tertentu

Penggunaan zat-zat tertentu, seperti alkohol atau narkoba, dapat meningkatkan resiko gangguan kesehatan mental atau memperburuk gejala yang sudah ada.

6. Trauma

Pengalaman traumatis seperti pelecehan, kecelakaan serius, atau pengalaman perang dapat meningkatkan resiko PTSD (Gangguan Stres Pasca Trauma) dan gangguan kesehatan mental lainnya.

Baca Juga: 6-8 September, BMKG: Sukabumi Berpotensi Hujan Sedang Hingga Lebat

Trauma masa kecil juga bia disebabkan oleh inner child yang terluka, sehingga menyisakan memori batin penyebab kesehatan mental terganggu.

7. Gangguan Medis Penyerta

Beberapa gangguan kesehatan fisik atau kondisi medis tertentu dapat berkontribusi pada resiko gangguan kesehatan mental. Sebaliknya, gangguan kesehatan mental juga dapat memengaruhi kesehatan fisik.

8. Kehidupan Sosial

Kurangnya dukungan sosial atau isolasi sosial dapat meningkatkan resiko gangguan kesehatan mental. Kemudian, memiliki jaringan dukungan yang kuat dapat melindungi terhadap resiko ini.

9. Faktor Psikologis

Beberapa karakteristik individu, seperti tingkat kecemasan yang tinggi, rendahnya harga diri, atau kecenderungan perfeksionisme, juga dapat berperan dalam resiko gangguan kesehatan mental.

Baca Juga: Jelang 19 tahun UU PKDRT, Ada 14.034 Kasus Kekerasan Seksual pada Anak

Penting untuk diingat bahwa resiko gangguan kesehatan mental tidak selalu berarti seseorang akan mengalami gangguan tersebut.

Ada banyak faktor yang dapat mengurangi resiko atau membantu seseorang mengatasi gangguan kesehatan mental, diantaranya dukungan sosial, keterampilan koping yang sehat, dan akses ke layanan kesehatan mental.

Jika Updaters atau seseorang yang kamu kenal mengalami gejala gangguan kesehatan mental, penting untuk mencari bantuan dari profesional kesehatan mental untuk evaluasi dan perawatan yang sesuai.

Sumber: Berbagai Sumber.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi09 Mei 2024, 21:59 WIB

Sopir Mengantuk, Truk Box Terguling hingga Nyaris Tabrak Mushola di Cicurug Sukabumi

Sebuah Truk Box Nopol A 9468 U terguling hingga nyaris menabrak sebuah Mushola Darul Falah di jalan raya Siliwangi Kampung Ciutara RT 16B/07, Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.
Truk Box Terguling hingga Nyaris Tabrak Mushola di Cicurug Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi09 Mei 2024, 21:51 WIB

Pemotor Wanita Asal Jakarta Tewas Usai Terjatuh di Jalan Cicurug Sukabumi

Seorang pemotor wanita meninggal dunia setalah terjatuh saat melintasi Jalan Alternatif Tenjoayu, Kampung Baru RT 05/01, Desa Tenjoayu, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi
Ilustrasi kecelakaan sepeda motor di jalan raya Tenjoayu Cicurug Sukabumi | Foto : Pixabay
Sukabumi Memilih09 Mei 2024, 21:19 WIB

Hidden Agenda Dibalik Koalisi 6 Parpol? Jelang Pilkada Kota Sukabumi 2024

Enam partai politik di Kota Sukabumi dikabarkan telah bersepakat untuk berkoalisi dalam mengusung pasangan calon wali kota / wakil wali kota pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak (Pilkada) 2024
6 Partai sepakat berkoalisi di Pilkada Kota Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life09 Mei 2024, 21:00 WIB

Hindari 10 Posisi Tidur yang Tidak Baik untuk Penderita Asam Urat

Hindari! Ternyata posisi tidur yang tidak baik untuk penderita asam urat ini dapat meningkatkan risiko gejala refluks asam lambung dan memperburuk gejala asam urat.
Ilustrasi. Posisi tidur yang tidak baik untuk penderita asam urat ini dapat meningkatkan risiko gejala refluks asam lambung dan memperburuk gejala asam urat. (Sumber : pixabay.com/@Kat)
Sehat09 Mei 2024, 20:30 WIB

Lawan Rasa Sakitnya Sampai Tuntas, Rekomendasi 6 Obat Asam Urat di Apotik

Obat asam urat ini bisa didapatkan dengan mudah di apotek, namun dengan catatan harus sesuai dengan resep dokter.
Ilustrasi. Obat asam urat ini bisa didapatkan dengan mudah di apotek, namun dengan catatan harus sesuai dengan resep dokter. (Sumber : Freepik/@Lifestylememory)
Life09 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Rekomendasi Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Jangan Di Skip Ya, Ini Rekomendasi Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Yuk Lakukan!
Ilustrasi. Posisi Tidur. Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Sumber: Pexels/MichelleLeman
Sukabumi09 Mei 2024, 19:57 WIB

Landmark Alun-Alun Palabuhanratu Rusak dan Lampu Mati, Disperkim Sukabumi Janji Perbaiki

Landmark Alun-alun Palabuhanratu mengalami kerusakan pada beberapa hurufnya. Pada saat malam hari sebagian hurufnya juga sudah tidak menyala.
Landmark Alun-Alun Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Bola09 Mei 2024, 19:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Guinea di Play-off Olimpiade Paris 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Play-off Olimpiade Paris antara Timnas Indonesia U-23 vs Guinea U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Ilustrasi - Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Play-off Olimpiade Paris antara Timnas Indonesia U-23 vs Guinea U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : FFF/Ist).
Sehat09 Mei 2024, 19:00 WIB

Rasanya Sakit dan Susah Berdiri, 8 Cara Mengobati Asam Urat di Pergelangan Kaki

Asam urat bisa menyerang di area sendi mana saja termasuk di pergelangan kaki.
Ilustrasi - Asam urat bisa menyerang di area sendi mana saja termasuk di pergelangan kaki. (Sumber : pexels.com/@Boys in Bristol Photography).
Sukabumi09 Mei 2024, 18:56 WIB

Sopir Mengaku Ngantuk, Ayla Tabrak Pohon di Parungkuda Sukabumi

Sopir mengaku mengantuk hingga kendaraan yang dikemudikannya Daihatsu Ayla dengan nomor polisi F 1742 MB menabrak pembatas jalan dan pohon hingga mengalami kerusakan parah.
Daihatsu Ayla menabrak pohon di Parungkuda Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari