Alasan Kenapa Sumur Air Zamzam di Arab Saudi Tak Pernah Kering

Jumat 28 April 2023, 10:00 WIB
Ilustrasi. Air. Alasan Kenapa Sumur Air Zamzam di Arab Saudi Tak Pernah Kering | Foto: Freepix/rawpixel.

Ilustrasi. Air. Alasan Kenapa Sumur Air Zamzam di Arab Saudi Tak Pernah Kering | Foto: Freepix/rawpixel.

SUKABUMIUPDATE.com - Air Zamzam sering dijadikan oleh-oleh jemaah saat menunaikan Ibadah Haji atau Umroh di Arab Saudi. Ini tidak terlepas dari Khasiat Air Zamzam untuk Kesehatan yang dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit.

Keberkahan minum Air Zamzam itulah yang menyebabkan jemaah tidak pernah melewatkan untuk membawanya ke kampung halaman. Namun terlintas pertanyaan, kenapa sumur tempat Air Zamzam tidak pernah kering?

Alasan Kenapa Sumur Air Zamzam di Arab Saudi Tak Pernah Kering

Jawabannya seperti mengutip Tempo.co, bahwa sebagai salah satu bukti kebesaran Allah SWT, sumur Air Zamzam ini tidak pernah kering atau habis meski sudah digunakan ribuan tahun lamanya. Sumur Air Zamzam telah ada sejak zaman Nabi Ismail, yang mana munculnya mata Air Zamzam ini ketika Nabi Ismail (putra Nabi Ibrahim AS) berada di padang pasir bersama sang ibu, Siti Hajar.

Baca Juga: 4 Fakta Kasus Pencabulan di Al Zaytun, Ponpes Viral Karena Kontroversi Shalat Ied

Kala itu, Nabi Ismail yang masih bayi, menangis karena kehausan. Siti Hajar lalu mencari-cari air untuk diberikan kepada Nabi Ismail, namun hasilnya nihil karena di sekeliling mereka hanya lautan pasir.

Atas kuasa Allah SWT, mata Air Zamzam muncul di bawah kaki Nabi Ismail setelah Siti Hajar berlari tujuh kali antara dua bukit Safa dan Marwah demi mencari air untuk menyelamatkan putranya yang haus.

Dokumen sejarah menunjukkan Nabi Ismail tiba di Mekkah pada sekitar tahun 1910 SM. Dengan begitu, sumur Air Zamzam diperkirakan pertama kali muncul 40 ribu tahun lampau berdasarkan Kalender Hijriah.

Penamaan sumur Air Zamzam berasal dari frasa Zome Zome, yang berarti "berhenti mengalir". Kata tersebut diucapkan oleh Siti Hajar saat dirinya berusaha menahan mata air.

Saat ini lokasi sumur Air Zamzam berada di sebelah timur Ka'bah dan berjarak sekitar 21 meter dari halaman Masjidil Haram.

Sejak zaman Nabi Ismail sampai berita ini ditayangkan pun, Air Zamzam tidak pernah habis. Lantaran banyak keistimewaannya, maka setiap umat Islam yang beribadah ke Mekkah selalu tertarik minum dari sumurnya, bahkan membawa botol berisi Air Zamzam ketika pulang ke tanah air.

Sumur Air Zamzam tidak pernah kering

Melansir dari egypttoday, seorang Profesor Geologi bernama Abbas Sharaqi menjelaskan air Zamzam merupakan air yang dapat diperbarui. Air di sumur Zamzam di Mekkah tidak habis karena reservoir terhubung dengan air tanah yang selalu terbarukan sehingga tidak akan mengering kecuali dalam kondisi tertentu.

Bukan hanya itu, sumber Air Zamzam berasal dari hujan di Makkah. Secara geografis, Mekkah terletak di daerah pegunungan yang terdapat lembah.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata Sekitar Bocimi, Lewat Gerbang Tol Cigombong - Cibadak

Di bawahnya ada endapan sungai setinggi 14 meter yang berasal dari air hujan di pegunungan yang jatuh ke dataran rendah dan berubah menjadi sedimen. Proses ini memakan waktu jutaan tahun hingga akhirnya terbentuk sumur Zamzam setinggi 14 meter.

Kemudian di bagian paling bawah sumur terdapat bebatuan yang mengumpul dan menyebabkan sumur Air Zamzam memiliki kedalaman total 35 meter. Air Zamzam diprediksi akan terus mengalir di Makkah karena kondisi iklim yang stabil dan tidak berubah sehingga proses pembaruan air akan terus berlangsung.

Perawatan sumur Zamzam

Sumur Zamzam merupakan sumur yang selalu bersih dan tidak mengandung lumut, serangga, jamur, atau kotoran lainnya. Air Zamzam pun memiliki rasa yang berbeda daripada air pada umumnya karena mengandung mineral alami yang tinggi dan perawatan serta pemeliharaan sumur Zamzam yang sangat diperhatikan.

Baca Juga: 10 Curug di Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Wisata Air Terjun Sukabumi

Melansir dari arabnews.com, sumber Air Zamzam dilindungi selama berabad-abad dengan berbagai cara, salah satunya dijaga oleh Abdul Muttalib bin Hasyim, kakek Nabi Muhammad. Kemudian sumur Zamzam dilindungi juga oleh banyak khalifah Muslim, yang mana di era sekarang, sumur Air Zamzam dilindungi oleh Raja Abdul Aziz.

Di masa lalu, sumur Zamzam dirawat dengan cara yang primitif. Namun pada masa pemerintahan Raja Abdullah, pengembangan dan pemeliharaan yang lebih modern terhadap sumur Zamzam kemudian dilakukan.

Proyek ini menggantikan metode pemompaan, penyaringan, pendistribusian, dan pengisian air dengan teknologi terbaru dan teraman. Untuk mencegah karakteristik Air Zamzam terkontaminasi bahan alami eksternal, Pusat Penelitian dan Penelitian Zamzam telah menerapkan kontrol kualitas yang ketat.

aboratorium khusus Air Zamzam pun dibuat untuk melacak dan menguji sampel air yang berbeda. Setiap minggu, Air Zamzam dianalisis demi menjaga kualitas air suci tersebut.

Penelitian untuk menentukan metode pemompaan dan penyaringan yang paling sesuai juga dilakukan. Serta, saluran pipa Air Zamzam juga selalu dalam pengawasan agar kualitas mineral alami Air Zamzam terus dipertahankan.

SUMBER: TEMPO.CO | VIVIA AGARTHA | RIZKY DEWI AYU (egypttoday.com | www.arabnews.com)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Science23 April 2024, 13:51 WIB

Mengapa Terkadang Ada Bau Tanah Saat Hujan? Ternyata Ini Alasannya!

Artikel ini akan mengeksplorasi beberapa faktor yang mempengaruhi bau tanah pada saat hujan turun, dari proses dekomposisi tanaman hingga senyawa geosmin.
Ilustrasi. Air hujan. Sumber Foto : Pixabay/sunnySS2
Sukabumi23 April 2024, 13:30 WIB

Perkuat Pencegahan Korupsi, Pemkot Sukabumi Rapat Koordinasi dengan KPK

Rakor ini untuk memperkuat komitmen dan strategi pencegahan korupsi di Sukabumi.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji dan Sekda Dida Sembada mengikuti Rapat Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi Wilayah II secara virtual pada Selasa (23/4/2024) di Setda Kota Sukabumi. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Life23 April 2024, 13:30 WIB

5 Bahaya Kebiasaan Memendam Emosi Terhadap Kesehatan, Segera Berhenti!

Memendam emosi rupanya tidak baik bagi kesehatan, sehingga perlu diwaspadai untuk menghindari kebiasaan demikian.
Ilustrasi. Bahaya memendam emosi bagi kesehatan. Sumber Foto : Pexels/Nathan Cowley
Kecantikan23 April 2024, 13:15 WIB

Mengapa Tangan Lebih Mudah Kusam Dibandingkan Wajah?

Tangan cenderung terpapar sinar matahari secara lebih langsung dan intensif daripada wajah. Itulah Mengapa Tangan Lebih Mudah Kusam Dibandingkan Wajah.
Ilustrasi. Wajah kusam. Sumber Foto : Pixabay/beautyG
Sehat23 April 2024, 13:00 WIB

Rahasia Sehat Bebas Asam Urat: 13 Tips Mengatasinya dengan Cara yang Alami

Dengan mengikuti tips-tips ini dan mengelola asam urat, Anda dapat mencegahnya datang kembali.
Ilustrasi - Dengan mengikuti tips-tips ini dan mengelola asam urat, Anda dapat mencegahnya datang kembali. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi23 April 2024, 12:54 WIB

Komisi 2 DPRD Kabupaten Sukabumi Apresiasi Pemkab Soal Inovasi Pembangunan

Ketua Komisi 2 DPRD Kabupaten Sukabumi, Deni Gunawan mengapresiasi capaian pemerintah daerah dalam inovasi pembangunan
Deni Gunawan, Anggota Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Sy
Life23 April 2024, 12:30 WIB

6 Cara Cerdas Menghindari Kemiskinan dan Kehidupan Sengsara di Hari Tua

Menghindari kemiskinan adalah keharusan agar kelak meraih kehidupan yang layak dan tentram daripada kehidupan melarat.
Ilustrasi. Cara menghindari kemiskinan. Sumber Foto : Pexels/MART PRODUCTION
Bola23 April 2024, 12:00 WIB

Jadwal Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia U-23 akan bertanding melawan Korea Selatan U-23 di babak perempat final Piala Asia U-23 2024.
Timnas Indonesia U-23 akan bertanding melawan Korea Selatan U-23 di babak perempat final Piala Asia U-23 2024. (Sumber : pssi.org).
Jawa Barat23 April 2024, 11:40 WIB

Pemkab Sukabumi Raih Penghargaan Inovasi Pembangunan Terbaik 2024

Penghargaan diterima Wakil Bupati Iyos Somantri pada acara MUSRENBANG dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) provinsi Jawa Barat tahun 2025-2045, di Bandung, Senin 22 April 2024
Pemkab Sukabumi raih penghargaan inovasi pembangunan terbaik 2024 (Sumber: dokpim kabupaten sukabumi)
Sehat23 April 2024, 11:30 WIB

6 Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Sobat Sehat, Yuk Ketahui Sederet Daun Herbal yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh. Sudah Tahu?
Daun Binahong. Daun Herbal yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh. Foto: Instagram/@primrose_garden