10 Curug di Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Wisata Air Terjun Sukabumi

Kamis 27 April 2023, 17:00 WIB
Curug Cimarinjung | Rekomendasi Curug di Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Wisata Air Terjun Sukabumi | Foto: Istimewa

Curug Cimarinjung | Rekomendasi Curug di Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Wisata Air Terjun Sukabumi | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Sukabumi yang sedang mencari rekomendasi tempat wisata, bisa mengunjungi Curug di Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Apalagi jika yang dicari adalah Wisata Air Terjun, daftar Curug di Geopark Ciletuh Palabuhanratu Sukabumi berikut bisa menjadi salah satu rekomendasi destinasi Liburan Keluarga.

Melansir dari akun Instagram/@mypalabuhanratu, inilah 10 Curug di Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Rekomendasi Tempat Wisata Air Terjun di Sukabumi untuk liburan keluarga!

10 Curug di Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Wisata Air Terjun Sukabumi

1. Curug Cikanteh

Curug CikantehCurug Cikanteh

Pertama, rekomendasi Curug di Geopark Ciletuh Palabuhanratu adalah Curug Cikanteh. Wisata Air Terjun ini berlokasi di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Curug Cikanteh memiliki ketinggian 60 meter dan berdekatan dengan Curug Sodong.

2. Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi. | Foto: IstimewaCurug Cimarinjung di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi. | Foto: Istimewa

Rekomendasi Curug di Geopark Ciletuh Palabuhanratu yang kedua adalah Curug Cimarinjung. Wisata Air Terjun ini berlokasi di Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Curug Cimarinjung memiliki ketinggian 50 meter. Tempat wisata Sukabumi satu ini kerap disebut sebagai salah satu air terjun dengan suasana yang mirip dengan Jurassic Park.

3. Curug Sodong

Ketiga, rekomendasi Curug di Geopark Ciletuh Palabuhanratu adalah Curug Sodong. Wisata Air Terjun ini berlokasi di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Curug Sodong adalah salah satu air terjun kembar yang memiliki dasar bebatuan yang sodong/nyodong.

4. Curug Puncak Manik

Rekomendasi Curug di Geopark Ciletuh Palabuhanratu yang ke empat adalah Curug Puncak Manik. Wisata Air Terjun ini berlokasi di Desa Taman Jaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Curug Cimarinjung memiliki ketinggian 80 meter. Menairknya, tempat wisata Sukabumi satu ini termasuk salah satu air terjun tertinggi di Kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

5. Curug Cigangsa

Nama lain Curug Cigangsa adalah Curug Luhur. Curug ini terdiri dari tiga tingkat dan curug ini memiliki debit air yang kecilNama lain Curug Cigangsa adalah Curug Luhur. Curug ini terdiri dari tiga tingkat dan curug ini memiliki debit air yang kecil

Kelima, rekomendasi Curug di Geopark Ciletuh Palabuhanratu adalah Curug Cigangsa. Wisata Air Terjun ini berlokasi di Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

Curug Cigangsa memiliki ketinggian 35 meter. Tempat wisata Sukabumi satu ini adalah salah satu air terjun yang bentuknya seperti undakan candi.

6. Curug Puncak Jeruk

Rekomendasi Curug di Geopark Ciletuh Palabuhanratu yang ke enam adalah Curug Puncak Jeruk. Wisata Air Terjun ini berlokasi di Desa Mekarmukti, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi.

Curug Puncak Jeruk memiliki dua undakan memanjang sekitar 100 meter dan tinggi 10 meter.

7. Curug Tengah

Rekomendasi Curug di Geopark Ciletuh Palabuhanratu yang ke tujuh adalah Curug Tengah. Wisata Air Terjun ini berlokasi di Desa Taman Jaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Curug Tengah memiliki ketinggian 30 meter. Tempat wisata Sukabumi satu ini termasuk salah satu air terjun yang berada diantara aliran Curug Awang dan Curug Puncak Manik.

8. Curug Larangan

Curug LaranganCurug Larangan

Ke delapan, rekomendasi Curug di Geopark Ciletuh Palabuhanratu adalah Curug Larangan. Wisata Air Terjun ini berlokasi di Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Curug Larangan memiliki ketinggian 40 meter. Menjadi kebanggan tersendiri bahwa, Tempat wisata Sukabumi satu ini adalah salah satu air terjun paling jernih di Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

9. Curug Nangsi

Rekomendasi Curug di Geopark Ciletuh Palabuhanratu yang ke sembilan adalah Curug Nangsi. Wisata Air Terjun ini berlokasi di Desa Sukamukti, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi.

Curug Nangsi memiliki tiga air terjun dengan aliran sungai yang berbeda. Ketinggian Wisata Air Terjun Sukabumi ini bervariatif mulai dari 35 hingga 50 meter.

10. Curug Awang

Terakhir, rekomendasi Curug di Geopark Ciletuh Palabuhanratu yang ke sepuluh adalah Curug Awang. Wisata Air Terjun ini berlokasi di Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Curug Awang memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Tempat wisata Sukabumi satu ini adalah salah satu air terjun Niagara mini di Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

Sumber: Instagram/@mypalabuhanratu

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat28 April 2024, 07:00 WIB

Bantu Melancarkan Pencernaan, 5 Manfaat Minum Air Hangat Saat Perut Kosong di Pagi Hari

Secara umum, minum air hangat di pagi hari saat perut kosong aman dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya.
Ilustrasi minum air putih - Secara umum, minum air hangat di pagi hari saat perut kosong aman dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya. | (Sumber : Freepik.com)
Science28 April 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 28 April 2024, Pagi Cerah dan Siang Berpotensi Turun Hujan

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 28 April 2024 dimana cuaca cerah berawan pada pagi dan siang berpotensi hujan terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 28 April 2024 dimana cuaca cerah berawan pada pagi dan siang berpotensi hujan terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Pixabay
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)