6 Tempat Wisata Sekitar Bocimi, Lewat Gerbang Tol Cigombong - Cibadak

Sabtu 22 April 2023, 22:00 WIB
Jalur Pansela | Rekomendasi Tempat Wisata Sekitar Bocimi, Lewat Gerbang Tol Cigombong - Cibadak | Foto: YouTube/Joko Warsito

Jalur Pansela | Rekomendasi Tempat Wisata Sekitar Bocimi, Lewat Gerbang Tol Cigombong - Cibadak | Foto: YouTube/Joko Warsito

SUKABUMIUPDATE.com - Tol Bocimi atau Bogor-Ciawi-Sukabumi menjadi salah satu akses transportasi jalur darat yang fungsional saat Libur Lebaran 2023. Jadwal Fungsional Tol Bocimi yakni pada 15 April hingga 1 Mei 2023 mendatang.

Fungsionalnya Tol Bocimi secara tidak langsung mengenalkan spot Wisata sekitar Bogor, Ciawi dan Sukabumi yang apik!

 PT. Trans Jabar Tol Melalui unggahan Instagram resminya @transjabartol, memberikan beberapa Rekomendasi Tempat Wisata Sekitar Tol Bocimi dan destinasi ini bisa dilalui Lewat Gerbang Tol Cigombong, Caringin hingga Cibadak.

"#sobatbocimi dan #sobatcisuka yang masih bingung mencari tempat wisata yang aksesnya baik dan mudah. Berikut info beberapa tempat wisata jempolan beserta jarak dan waktu tempuhnya dari gerbang tol terdekat" tulis PT. Trans Jabar Tol, dilansir pada Kamis (20/4/2023).

Baca Juga: Dekat dengan Nyi Roro Kidul, Palabuhanratu Sukabumi Jadi Tempat Menyeramkan Di Dunia

Berikut 6 Rekomendasi Tempat Wisata Sekitar Bocimi, Masuk Lewat Gerbang Tol Cigombong - Cibadak. Apa Saja? Yuk, Simak!

1. Geopark Ciletuh (Curug Cikaso/Desa Wisata Hanjeli)

Rekomendasi Tempat Wisata Sekitar Bocimi yang pertama adalah Geopark Ciletuh, Sukabumi. Pemudik yang ingin Libur Lebaran ke Geopark Ciletuh, Sukabumi bisa masuk lewat Gerbang Tol Cibadak. Waktu tempuh dari Gerbang Tol Cibadak yakni sekitar 1,5 jam atau 90 menit untuk jarak 55.5 kilometer.

Di Geopark Ciletuh, Sukabumi ada beberapa rekomendasi Tempat wisata yang bisa dikunjungi yakni Curug Cikaso dan Desa Wisata Hanjeli. Salah satunya, pemudik bisa healing di Curug Cikaso untuk menghabiskan waktu Libur Lebaran 2023.

Curug Cikaso Sukabumi

Curug Cikaso Sukabumi, tiga air terjun disatu sungai. Air terjun yang tengah dinamai Curug Meong dan cerita mitosnya dijaga sosok mistis dari figur Raden Kian SantangCurug Cikaso Sukabumi, tiga air terjun disatu sungai. Air terjun yang tengah dinamai Curug Meong dan cerita mitosnya dijaga sosok mistis dari figur Raden Kian Santang

Wisata Alam Curug Cikaso Sukabumi berada di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi.

Masyarakat sekitar lebih sering menyebut curug Cikaso meskipun sebenarnya memiliki nama Curug Luhur (Air terjun Tinggi). Hal ini karena aliran air dari curug bersumber dari anak sungai Cikaso dan bermuara di Muara Tegal Buleud Kabupaten Sukabumi.

Curug Cikaso terbentuk dari tiga titik air terjun yang saling berdampingan dan memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan lebar tebing 100 meter.

Tepat dibawah curug tersebut terdapat kolam luas berwarna hijau kebiru-biruan bak di negeri dongeng, dengan kedalaman sekitar 15 meter. Namun, pengunjung sangat tidak disarankan berenang di kolam tersebut karena hempasan air terjun bisa membahayakan dan cukup dalam.

Rute menuju Curug Cikaso dapat dijangkau melalui akses ke Jalan Nasional Surade - Tegalbuleud dengan jarak sekitar 8 kilometer.

Para pengunjung yang menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat bisa masuk langsung ke area parkir. Kemudian, untuk masuk ke Curug Cikaso, pengunjung harus naik perahu dan menyusuri Sungai Cikaso hanya sekitar 5 - 10 menit. Jika pengunjung tidak ingin naik perahu, maka alternatif lain yang dapat dipilih yaitu melalui pematang sawah milik penduduk sekitar.

2. Situgunung Sukabumi (Curug Sawer, Jembatan Gantung/Danau)

Rekomendasi Tempat Wisata Sekitar Bocimi berikutnya adalah Situgunung, Sukabumi. Pemudik yang ingin Libur Lebaran ke Situgunung, Sukabumi bisa masuk lewat Gerbang Tol Cibadak. Waktu tempuh dari Gerbang Tol Cibadak yakni sekitar satu jam atau 55 menit untuk jarak 25 kilometer.

Di Situgunung Sukabumi ada beberapa rekomendasi Tempat wisata yang bisa dikunjungi yakni Curug Sawer, Jembatan Gantung dan Danau. Salah satunya, pemudik bisa healing di Curug Sawer dan menjadi opsi destinasi untuk melepas penat di Icon Wisata di Cipamingkis Sukabumi kala Libur Lebaran 2023.

Curug Sawer Sukabumi

Healing di Curug Sawer, Rekomendasi Wisata Sukabumi Sekitar Tol Bocimi.Healing di Curug Sawer, Rekomendasi Wisata Sukabumi Sekitar Tol Bocimi. (Dok/SU)

Curug Sawer adalah tempat wisata yang berada di kawasan Perhutani tepatnya di Kampung Rancapalek RT 15/05, Desa Cipamingkis.

Wisata alam ini masih begitu asri dengan pohon rimbun tumbuh mengapit curug tersebut. Panorama alam Curug Sawer semakin mempesona dengan hamparan sawah yang berada tak jauh dari curug.

Curug Sawer berjarak 5 kilometer dari Kantor Kecamatan Cidolog dan 6 kilometer apabila dari kantor Desa Cipamingkis. Apabila dari Kota Sukabumi, perjalanan yang ditempuh ada menuju jalan raya jalur Sagaranten-Tegalbuleud. Kemudian apabila Jampangkulon melalui jalan raya ke daerah Kalibunder lalu apabila dari daerah Surade akses jalan yang dilalui menuju Tegalbuleud.

Semua akses jalan tersebut tujuannya adalah Desa Cipamingkis. Dari jalan raya perjalanan dilanjutkan menuju jalan desa yang bisa diakses mobil serta motor menuju Kampung Rancapalek. Tetapi, jalan desa itu hanya 3 kilometer saja yang bisa dilalui mobil.

Maka dari itu, untuk wisatawan yang menggunakan mobil bisa diparkir atau dititipkan ke rumah warga. Sementara perjalanan akan dilanjutkan dengan motor sekitar 2 kilometer ke Kampung Rancapalek. Pengunjung juga akan berjalan kaki sekitar 1 kilometer di kampung ini untuk masuk ke kawasan Perhutani, tempat curug sawer.

Di area Curug Sawer itu ada dua curug lain namanya Curug Cakrawea serta Curug Serelek dari aliran Sungai Cidolog. Jarak dari satu curug ke yang lainnya sekitar 100 meteran. Untuk diketahui, air yang mengalir ke Curug Sawer dan Curug Cakrawea serta Curug Serelek berasal dari Sungai Cidolog.

3. Palabuhanratu, Sukabumi

Pantai Palabuhanratu | Foto : IstPantai Palabuhanratu | Rekomendasi Tempat Wisata Sekitar Bocimi, Lewat Gerbang Tol Cigombong - Cibadak | Foto : Istimewa

Rekomendasi Tempat Wisata Sekitar Bocimi berikutnya adalah Palabuhanratu, Sukabumi. Pemudik yang ingin Libur Lebaran ke Palabuhanratu, Sukabumi bisa masuk lewat Gerbang Tol Cibadak. Waktu tempuh dari Gerbang Tol Cibadak yakni sekitar satu jam atau 60 menit untuk jarak 38 kilometer.

Salah satu wisata di Palabuhanratu Sukabumi adalah Pantai Cikadal Spot Hutan Mangrove. Wisatawan yang mengunjungi kawasan Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp), juga bisa mampir ke hutan mangrove di Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Lokasi Hutan Mangrove tidak jauh dari Pantai Cikadal tepatnya berada di Rawa atau Alor Ciateul.

Untuk mencapai lokasi hutan mangrove Pantai Cikadal Kawasan Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp), pengunjung bisa masuk dari arah Tamanjaya atau kantor Kecamatan Ciemas, sekitar 26 kilometer menuju arah Pantai Palangpang di Desa Ciwaru.

Kemudian, wisatawan berjalan melewati kantor Desa Mekarsakti dengan kondisi jalan cukup baik, berselang jalan bebatuan, menuju ke Desa Mandrajaya.

Dari kantor Desa Mandrajaya sekitar dua kilometer baru bisa sampai ke lokasi hutan mangrove. Tetapi, bagi pengguna kendaraan roda empat perjalanan bisa memakan waktu sekitar satu jam. Sedangkan pengguna kendaraan roda dua cukup sekitar 30 menit saja.

Jalan alternatif untuk kendaraan roda dua juga tersedia di kawasan ini, yakni dari Balai RK melalui Jembatan Kisohir. Pengunjung Wisata Alam Sukabumi ini selain bisa menikmati pemandangan Pantai Cikadal dengan spot Pulau Mandra, hutan lindung Gunung Badak, juga bisa menjelajahi hutan mangrove sampai ke dalamnya.

Gratis! Masuk ke spot hutan mangrove ini tidak dipungut biaya sama sekali. Tetapi, jika pengunjung ingin ke Pulau Mandra atau spot lain, fasilitas perahu sudah tersedia.

4. Lido Golf & Resort

Desain KEK Lido di Kabupaten Bogor. | Foto: mncland.comDesain KEK Lido di Kabupaten Bogor. | Foto: mncland.com

Rekomendasi Tempat Wisata Sekitar Bocimi berikutnya adalah Lido Golf & Resort. Pemudik yang ingin Libur Lebaran ke Lido Golf & Resort bisa masuk lewat Gerbang Tol Cigombong. 

Waktu tempuh dari Gerbang Tol Cigombong yakni hanya 5 menit saja untuk jarak 2.9 kilometer.

Presiden Joko Widodo telah meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido milik bos MNC Group Hary Tanoesoedibjo di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. KEK tersebut berada di Kecamatan Cigombong yang berbatasan dengan Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

Pemilihan lokasi KEK Lido hanya berjarak 50 menit perjalanan dari Jakarta. Kawasan ini juga dikelilingi Gunung Gede Pangrango dan Gunung Salak.

KEK Lido adalah bukti pemanfaatan akses Tol Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi) yang sudah bersambung dengan Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi). Tempat Wisata satu ini juga ada theme park, movie land, water park, techno park, hingga kawasan untuk otomotif.

5. Begreno Home & Resort

Rekomendasi Tempat Wisata Sekitar Bocimi berikutnya adalah Begreno Home & Resort. Pemudik yang ingin Libur Lebaran di Begreno Home & Resort bisa masuk lewat Gerbang Tol Caringin. 

Waktu tempuh dari Gerbang Tol Caringin yakni sekitar 12 menit saja untuk jarak 4.6 kilometer.

6. Kopi Daong

Rekomendasi Tempat Wisata Sekitar Bocimi berikutnya adalah Kopi Daong. Pemudik yang ingin Libur Lebaran di Kopi Daong bisa masuk lewat Gerbang Tol Caringin. 

Waktu tempuh dari Gerbang Tol Caringin yakni sekitar 20 menit saja untuk jarak 8.4 kilometer.

Baca Juga: Tahun 1371 H, Presiden Soekarno Shalat Ied di Lapang Merdeka Sukabumi

Itulah Rekomendasi Tempat Wisata Sekitar Bocimi yang bisa dilalui lewat Gerbang Tol Cigombong - Cibadak untuk Libur Lebaran 2023.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi12 Juli 2024, 23:56 WIB

Diduga Pakai Sianida, Pengolahan Emas di Bojong Pari Sukabumi Picu Kekhawatiran Warga

Sungai pun turut tercemar, aktivitas pengolahan emas di Bojong Pari Waluran Sukabumi tersebut hingga saat ini kata warga belum tersentuh oleh penegak hukum.
Tong tempat pengolahan emas di Kampung Bojong Pari, Desa Waluran Mandiri, Waluran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi12 Juli 2024, 22:52 WIB

Puluhan UMKM Ramaikan Event Jampang Ngabhuana 2 di Surade Sukabumi

Sebanyak 40 pelaku UMKM meramaikan event tahunan Jampang Ngabhuana 2 di lapang Lodaya Setra Surade Sukabumi.
Pelaku UMKM ramaikan event Jampang Ngabhuana 2 di lapang lodaya setra Kelurahan/Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil)
DPRD Kab. Sukabumi12 Juli 2024, 22:32 WIB

Dukung Aksi Demo HMI soal Truk ODOL, DPRD Sukabumi Minta Dishub Tegakan Aturan

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar dukung aksi unjuk rasa HMI kepada Dishub terkait penegakan aturan jam operasional truk ODOL.
Demo massa HMI cabang Sukabumi di kantor Dishub Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi12 Juli 2024, 22:05 WIB

Disdik Kabupaten Sukabumi Beri Beasiswa Tahfidz Quran untuk 64 Pelajar

Disdik Kabupaten Sukabumi memberikan beasiswa tahfidz quran tingkat SMP tahun 2024 kepada 64 pelajar. Ini harapannya.
64 pelajar SMP yang mendapatkan beasiswa Hafidz Quran di Kantor Disdik Kabupaten Sukabumi, Jumat (12/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Nasional12 Juli 2024, 21:35 WIB

Lewat Perpres, Jokowi Obral HGU IKN ke Investor hingga 190 Tahun

Presiden Jokowi teken Perpres kebut pembangunan IKN Nusantara, investor bisa pakai HGU hingga 190 Tahun.
Presiden Joko Widodo saat melakukan groundbreaking pembangunan gedung kantor PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk di Kawasan IKN Nusantara Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu, 5 Juni 2024. (Sumber : BPMI Setpres)
Sukabumi12 Juli 2024, 21:15 WIB

Dinilai Tak Tegas Tegakan Aturan Jam Operasional Truk, Dishub Sukabumi Digeruduk HMI

HMI Cabang Sukabumi geruduk kantor Dishub Kabupaten Sukabumi di Cikembar, desak tegakkan Perda terkait jam Operasional Truk ODOL.
Aksi unjuk rasa HMI di depan kantor Dishub Kabupaten Sukabumi,  Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Cikembar, Jumat (12/7/2024). (Sumber : SU/Ibnu)
Life12 Juli 2024, 21:00 WIB

8 Bahasa Tubuh Pria yang Menyukaimu Secara Diam-diam

Bahasa tubuh pria saat jatuh cinta atau menyukai seseorang dapat dilihat dan dikenali.
Ilustrasi - Bahasa tubuh pria saat jatuh cinta atau menyukai seseorang dapat dilihat dan dikenali. (Sumber : Freepik/Pressfoto)
Sehat12 Juli 2024, 20:00 WIB

8 Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Kolesterol Tinggi

Mengelola kolesterol tinggi dengan perubahan gaya hidup dan, jika perlu, obat-obatan adalah kunci untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Olahraga Rutin. Pengobatan rumahan adalah salah satu cara untuk mengatasi kolesterol tinggi. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi12 Juli 2024, 19:32 WIB

Potensi Cisolok, Surga Wisata Alam hingga Budaya di Kabupaten Sukabumi

Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, merupakan salah satu kecamatan yang memiliki kekayaan alam dan budaya yang luar biasa
Kantor Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Sehat12 Juli 2024, 19:28 WIB

Bupati Sukabumi Apresiasi RSUD Sekarwangi dan RSHS Kerja Sama Pengampuan Layanan KJSU

Apresiasi kerja sama RSUD Sekarwangi dan RSHS Bandung dalam pengampuan layanan KJU, ini harapan Bupati Sukabumi Marwan Hamami.
Jajaran RSUD Sekarwangi dan RSHS Bandung berfoto bersama Bupati Sukabumi Marwan Hamami. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)