5 Khasiat Air Zamzam untuk Kesehatan, Oleh-Oleh Mekkah Jemaah Haji dan Umroh

Rabu 05 April 2023, 03:30 WIB
Ilustrasi. Khasiat Air Zamzam untuk Kesehatan, Oleh-Oleh Mekkah Saat Ibadah Haji (Sumber : pixabay.com/@Anja)

Ilustrasi. Khasiat Air Zamzam untuk Kesehatan, Oleh-Oleh Mekkah Saat Ibadah Haji (Sumber : pixabay.com/@Anja)

SUKABUMIUPDATE.com - Zamzam adalah air yang dianggap sebagai air suci oleh umat Islam dan berasal dari Mekkah. Maka tak heran, Air Zamzam ini bisa dijumpai ketika sedang melakukan Ibadah Haji atau Umroh.

Air Zamzam sering dijadikan oleh-oleh jemaah saat menunaikan Ibadah Haji atau Umroh. Khasiat Air Zamzam untuk Kesehatan dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit karena kesuciannya.

Baca Juga: 9 Fakta Kasus Dukun Pengganda Uang di Banjarnegara, Ada Korban dari Sukabumi!

Lantas, apa saja khasiat Air Zamzam? Simak penjelasannya seperti dikutip via Tempo.co!

Khasiat Air Zamzam untuk Kesehatan

Melansir dari laman resmi NU Online, Air Zamzam dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan yang berasal dari kandungan mineralnya yang sangat tinggi.

1. Menghidrasi Tubuh

Air Zamzam sangat bermanfaat untuk menghidrasi tubuh, karena kandungan mineralnya yang alami. Hal ini membantu menggantikan elektrolit yang hilang selama aktivitas fisik dan menjaga tubuh tetap terhidrasi.

2. Meningkatkan Fungsi Organ

Kandungan mineral yang tinggi dalam Air Zamzam, seperti kalsium, magnesium, dan kalium, membantu meningkatkan fungsi organ tubuh, termasuk jantung, otot, dan sistem saraf.

3. Membantu Pencernaan

Air Zamzam mengandung mineral sulfat yang bermanfaat untuk pencernaan dan membantu meredakan gejala gangguan pencernaan seperti diare.

4. Mengurangi Radikal Bebas

Air Zamzam mengandung senyawa antioksidan yang membantu mengurangi radikal bebas dalam tubuh, mencegah kerusakan sel dan jaringan, serta membantu mencegah berbagai penyakit.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Air Zamzam kaya akan mineral yang membantu menjaga kesehatan kulit, mencegah penuaan dini, dan memberikan kelembapan pada kulit.

Namun, perlu diingat bahwa manfaat air Zamzam yang sesungguhnya masih butuh penelitian lebih lanjut. Sebagai air yang dianggap bersejarah oleh umat Muslim, Air Zam zam tetap menjadi simbol penting dalam kehidupan keagamaan dan sosial di seluruh dunia.

Baca Juga: Penjelasan Ustadz Abdul Somad Tentang Pahala Membaca Alquran Pakai HP

Seperti diketahui, Air Zamzam adalah air yang sangat bersejarah bagi umat Islam. Air ini muncul dari dalam gurun tandus kota Mekah, Arab Saudi, dan dipercaya memiliki sederet manfaat kesehatan. Air Zam zam dipercayai sebagai air yang sangat berkah. Alhasil, banyak dipinang oleh jamaah haji dan umrah sebagai oleh-oleh yang sangat dihargai.

Sejarah air Zam zam dapat dilacak hingga zaman Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, saat berada di Mekah yang tandus. Namun ketika Nabi Ismail menangis karena kehausan, mata air ini muncul dari tanah untuk menyelamatkan nyawanya.

Kandungan mineral dalam Air Zam zam dipercaya sangat tinggi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Akan tetapi kini terdapat beberapa tantangan terkait kualitas Air Zam zam yang dijual secara komersial, sehingga ada upaya untuk memastikan bahwa air ini aman dikonsumsi dan memenuhi standar kualitas yang ditetapkan oleh pihak berwenang.

Meskipun demikian, keberadaan Air Zam zam tetap menjadi simbol penting bagi umat Muslim dan dianggap sebagai hadiah dari Allah SWT yang sangat berharga.

Permintaan Air Zam zam saat bulan Ramadan

Mengutip dari arabnews.com, pada 2022 lalu, lebih dari setengah juta liter air Zamzam telah disalurkan kepada pengunjung selama Ramadan oleh Presidensi Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Ini adalah bagian dari upaya untuk menyediakan air Zamzam kepada jamaah selama bulan Ramadan, yang menandai hari pertamanya pada hari Sabtu.

Direktur Departemen Pengairan Zam zam Masjidil Haram Abdulrahman Al-Zahrani mengatakan, sebanyak 100.000 botol air Zamzam dibagikan ke seluruh lokasi. Pihak berwenang juga mendistribusikan 13.000 tabung air Zamzam 40 liter di seluruh Masjidil Haram. Hal ini sebagaimana laporan dari Saudi Press Agency.

Baca Juga: 3 Kesaktian Abah Anom vs Kapten Congkak, Sakti Mandraguna Bak Mukjizat!

Sementara itu, di Masjid Nabawi Madinah, 160.000 botol air Zamzam dibagikan ke seluruh halaman. Sebanyak 14.000 kontainer silinder lainnya disebarkan melalui delapan stasiun pengisian untuk memberikan kemudahan akses, dan 1.200 pancuran air minum ditempatkan di seluruh halaman.

Di dalam pekarangan dua masjid Suci, stasiun pengeluaran air Zamzam dan air mancur dipelihara untuk pengunjung sepanjang tahun. Air disediakan dalam pendingin yang dibersihkan dan diisi setiap hari.

Air tersebut bersumber dari sumur Zamzam yang terletak 21 meter sebelah timur Ka’bah di Mekkah.

Baca Juga: Mengenal Abah Anom, Ulama Sunda Sakti yang Pernah Pesantren di Sukabumi

Sementara di tahun 2023 ini, menurut laman gulfnews.com, sekitar 20.000 pos telah dialokasikan di Masjidil Haram, situs tersuci Islam di Arab Saudi, untuk mendistribusikan lebih dari 40 juta liter air suci Zamzam kepada para jamaah selama Ramadan mulai pekan depan, kata seorang pejabat.

Ramadan biasanya merupakan musim puncak untuk umrah atau ziarah yang lebih kecil di Masjidil Haram, Mekkah.

Kepala departemen Zamzam di Masjidil Haram Abdul Rahman Al Zahrany mengatakan 30.000 kontainer Zamzam telah tersebar di seluruh situs untuk memberikan kemudahan akses jamaah ke air suci tersebut.

“Direktorat telah merekrut 1.423 personel untuk memastikan efisiensi dan layanan berkualitas,” katanya seperti dikutip oleh kantor berita Saudi SPA, Selasa (4/4/2023).

Sumber: Ramadan Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 00:04 WIB

Ditutup 25 April, DPC Demokrat Jaring 7 Bacalon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi

Tercatat sebanayk tujuh orang yang menyatakan akan maju menjadi calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan maju melalui partai demokrat
Bambang Topan Firmasyah bakal calon wakil Bupati di Pilkada 2024 saat mendaftar di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 23:27 WIB

Dinas PU Perbaiki Titik Kerusakan di Jalan Ahmad Yani Palabuhanratu Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan jalan rusak yang sempat menjadi keluhan warga di ruas Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu.
Petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi perbaiki jalan Jendral Ahmad Yani di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 22:55 WIB

Pelaksanaan PSAJ Tingkat SMP di Kabupaten Sukabumi Diikuti 25.576 Siswa

Pelaksanaan ujian sekolah kini berganti nama menjadi Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ).
Siswa SMPN 1 Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi saat mengikuti Penilauan Sumatif Akhir Jenjang atau PSAJ | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 April 2024, 22:03 WIB

Pengelola Parkir Pasar Surade Sukabumi Anggap Keluhan Pengunjung Bahan Evaluasi

Pengelola parkir di Pasar Surade Kabupaten Sukabumi memberikan tanggapan terkait keluhan pengunjung soal tata cara memungut uang parkir yang dilakukan oleh petugas.
Kondisi pasar Surade Sukabumi pada, Rabu (24/4/2025) | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi24 April 2024, 21:13 WIB

Pria Paruh Baya Tewas Tergantung di Bojonggenteng Sukabumi Tinggalkan Secarik Surat

Belum diketahui motif bunuh diri yang dilakukan pria paruh baya di Bojonggenteng Sukabumi tersebut.
(Foto Ilustrasi) Pria paruh baya ditemukan tewas tergantung di Bojonggenteng Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 21:00 WIB

Kaya Vitamin C, Inilah 10 Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan

Jeruk Bali mengandung vitamin C yang tinggi, yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu penyembuhan luka, dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan. Foto: Instagram/@uyah_oyok
Life24 April 2024, 20:40 WIB

Mengejutkan, Ini 10 Alasan Mengapa Anak Berperilaku Buruk dan Cara Menanganinya

Anak-anak umumnya akan menunjukkan perasaan dan keinginan mereka dalam bentuk perilaku yang belum mampu diutarakan dengan beberapa alasan yang mengejutkan.
Ilustrasi anak berperilaku buruk. (Sumber : Freepik)
Sukabumi24 April 2024, 20:30 WIB

Bupati Sukabumi Antarkan 150 Penerima Beasiswa Bupati Tahun 2024 ke Universitas Nusa Putra

Sebanyak 150 penerima beasiswa Bupati Sukabumi tahun 2024 di Universitas Nusa Putra tersebut merupakan hasil seleksi dari ribuan peserta.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Civitas Akademika Universitas Nusa Putra dan 150 penerima beasiswa tahun 2024. (Sumber : Istimewa)
Sehat24 April 2024, 20:30 WIB

7 Cara Sehat dengan Perubahan Gaya Hidup untuk Menurunkan Gula Darah

Perubahan gaya hidup sederhana ini untuk meminimalkan perubahan gula darah dan mengontrol kadar gula Anda.
Ilustrasi - Perubahan gaya hidup sederhana ini untuk meminimalkan perubahan gula darah dan mengontrol kadar gula Anda. (Sumber : Freepik/freepik)