Antikythera Mechanism, Komputer Kuno Prediksi Pergerakan Tata Surya

Selasa 16 Maret 2021, 13:18 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Selama kurang lebih seratus tahun sejumlah ilmuwan mencoba memecahkan misteri Antikythera Mechanism, komputer berusia 2.000 tahun yang dulu digunakan orang Yunani kuno untuk menghitung pergerakan dan posisi planet-planet dalam sistem tata surya.

Para peneliti dari University College London (UCL) mengklaim bisa memecahkan misteri itu. Penelitian terhadap teknologi kuno tersebut sebetulnya telah dimulai pada tahun 1901 silam, ketika sejumlah penyelam yang awalnya mencari spons laut di kepulauan Aegea, Yunani. 

Mereka menemukan sebuah bangkai kapal yang diduga dibuat pada zaman Romawi kuno. Para penyelam bersama dengan sejumlah peneliti lalu masuk ke dalam bangkai kapal tersebut dan menemukan sebuah benda aneh yang ternyata sebuah komputer astronomi klasik nan langka yang akhirnya diberi nama Antikythera Mechanism

Baca Juga :

Komunitas ilmuwan dari seluruh Eropa dan Amerika Serikat berdatangan untuk melihat komputer tua berusia 2.000 tahun tersebut.

Sejak saat itu, ilmuwan dari berbagai negara lain pun ikut meneliti komputer tersebut bahkan ada yang berusaha mempelajari cara kerja Antikythera Mechanism serta bagaimana masyarakat kuno dulu membuat perangkat luar biasa itu.

Setiap tahun, ilmuwan datang mencoba memecahkan misteri komputer kuno ini, tetapi mereka hanya menemui kegagalan. 

Lalu, sejumlah peneliti dari UCL datang dengan pendekatan baru, yaitu menggunakan kombinasi gambar dari teknologi sinar X serta memadukan metode analisis matematika Yunani kuno.

Pendekatan kedua, para peneliti tersebut membangun replika digital sistem roda gigi di bagian depan komputer kuno tersebut, karena bagian depan ini kerap kali luput dari perhatian komunitas ilmiah sebelumnya yang telah meneliti benda ini semenjak 1901. 

Para peneliti UCL akan mencocokannya dengan bukti fisik dan prasasti yang terukir di perunggu zaman Yunani kuno.

Setelah para peneliti UCL memperhatikan Antikythera Mechanism, pada replika digital menunjukan sebuah kubah pusat mewakili planet Bumi yang dikelilingi oleh fase bulan, matahari, konstelasi zodiak, Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus.

Profesor Tony Freeth, penulis utama penelitian ini mengatakan, model atau pendekatan yang mereka lakukan menjadi yang pertama berhasil sesuai dengan semua bukti fisik yang ada.

"Cocok dengan deskripsi dalam prasasti ilmiah di Mekanisme Antikythera," ungkap Tony dilansir dari Daily Mail.

photoAntikythera Mechanism Planet - (sciencephoto.com)</span

Matahari, Bulan dan planet-planet yang ditampilkan dalam replika tersebut membuat para peneliti terkesan dengan teknologi visioner yang ada di zaman Yunani kuno. Roda gigi pada bagian depan Antikythera Mechanism membentuk gerakan planet, matahari, fase kalender bulan dan posisi konstelasi zodiak.

Antikythera Mechanism hanya dapat menganalisis pergerakan lima planet saja, karena para ilmuwan Yunani kuno di zaman itu hanya mengetahui planet Bumi, Merkurius, Venus, Jupiter dan Saturnus.

Meski prinsip dasar geosentrisme telah ada sejak era Aristoteles, detail sistem astronomi yang ada pada komputer kuno tersebut belum dijadikan sebagai rujukan atau standar alat penelitian tentang luar angkasa pada di zaman itu.

Di sisi lain, seorang ilmuwan matematika dan filsuf Yunani kuno terkenal bernama Pythagoras membantah model Antikythera Mechanism, ia menyebut bahwa Bumi bukan sebagai pusat alam semesta. Ia mengatakan, Bumi berputar mengelilingi sebuah bola api (Matahari, red). Antikythera Mechanism menganut prinsip astronomi Ptolomeus yang artinya Bumi adalah pusat alam semesta.

Pada akhirnya, sistem Ptolemaik (prinsip astronomi yang mengatakan setiap planet digerakkan oleh suatu sistem atau dalam hal ini adalah Matahari sebagai pusat tata surya, red) yang dibuat oleh astronom Yunani-Mesir, Claudius Ptolemaeus akhirnya menjadi standar penelitian yang berkaitan dengan disiplin ilmu astronomi.

Para peneliti mengatakan, Antikythera Mechanism menampilkan pergerakan matahari, bulan, planet Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus pada sebuah cincin konsentris (mempunyai pusat yang sama, red).

Antikythera Mechanism Ditemukan Tidak Utuh

photoAntikythera Mechanism System - (sciencephoto.com)</span

Tim peneliti dari UCL memulai pekerjaan bekerja sama dengan Michael Wright, mantan kurator teknik mesin di Science Museum London. Mereka membangun sistem pertama yang dapat diterapkan pada bagian depan Antikythera Mechanism.

Sistem pertama ini menghitung gerakan planet dan periode dengan tampilan penunjuk koaksial dari sebuah Cosmos. Namun, Wright gagal membuat sistem yang dibangunnya untuk dapat beroperasi penuh.

Yang paling rumit adalah sejak ditemukannya Antikythera Mechanism, ternyata komputer ini ditemukan dalam kondisi yang tidak utuh. Hanya sepertiga yang utuh dan lainnya terpecah ke dalam 82 fragmen.

Fragmen terbesar dikenal dengan sebutan Fragmen A, menunjukan fitur bantalan, pilar dan balok. Lalu ada Fragmen D yang menampilkan disk 63 roda gigi dan sebuah pelat di dalamnya.

Sebelumnya, proyek pengungkapan misteri Antikythera Mechanism pernah juga dilakukan pada tahun 2005, pada saat itu penelitian ini hanya terbatas pada pengungkapan ribuan karakter teks yang tersembunyi di dalam fragmen yang berhasil ditemukan. 

Inilah yang membantu tim UCL untuk merekonstruksi perangkat tersebut. Dua angka kritis dalam sinar X pada sampul depan, 462 tahun dan 422 tahun, secara akurat mewakili siklus Venus dan Saturnus.

Ketika diamati dari Bumi, siklus planet terkadang membalik gerakannya terhadap bintang. Siklus variabel juga harus dilacak dalam waktu yang sangat lama, untuk mendapatkan prediksi posisi planet-planet tersebut secara akurat.

Tantangan Baru Misteri Antikythera Mechanism

photoSistem Tata Surya - (theplanets.org)</span

Aris Dacanalis, anggota tim peneliti UCL mengatakan, astronomi klasik pada milenium pertama sebelum masehi sebetulnya berasal dari Babilonia, tapi tidak ada dalam catatan sejarah yang menunjukan bagaimana orang Yunani kuno ini berhasil menemukan siklus 462 tahun untuk planet Venus dan 442 tahun untuk planet Saturnus.

Tim UCL menjelaskan, siklus kedua planet itu dapat diprediksi menggunakan Antikythera Mechanism yang menggunakan model matematika Yunani kuno. Tim peneliti juga kini tengah berusaha memulihkan siklus planet-planet yang tersisa seperti Merkurius dan Jupiter.

David Higgon, salah satu anggota tim penelitian mengatakan, mereka berhasil mencocokan bukti Fragmen A dan D dengan mekanisme pergerakan planet Venus.

"Kami memodelkan hubungan periode 462 tahun pada planet ini dengan roda gigi yang ada pada Antikythera Mechanism," kata David.

Selain itu, Profesor Freeth yang tergabung dalam penelitian ini juga menambahkan, tim peneliti akan menciptakan mekanisme inovatif untuk memprediksi pergerakan semua planet dengan menghitung siklus astronomi menggunakan Antikythera Mechanism.

Pertanyaannya, bagaimana gagasan Antikythera Mechanism ini dibuat? Bagaimana membuktikan relevansinya dengan era ilmu astronomi saat ini. Inilah tantangan khusus berikutnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi28 Maret 2024, 18:51 WIB

Kronologi Mobil Pikap Terjun ke Jurang 25 Meter di Cireunghas Sukabumi, Sopir Terluka

Berikut kronologi kecelakaan tunggal mobil pikap terjun ke jurang sedalam 25 meter di Cireunghas Sukabumi.
Kondisi mobil pikap yang masuk jurang sedalam 25 meter di Cireunghas Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat28 Maret 2024, 18:42 WIB

6 Penyebab Berat Badan Naik Meski Sedang Berpuasa, Ini Pemicunya

Terdapat beberapa sebab yang memicu berat badan jadi naik meski sedang mnejalani puasa Ramadhan. Penting diantisipasi agar tidak makin buncit
Penyebab berat badan naik saat puasa | Foto : Pexels/ SHVETS production
Sehat28 Maret 2024, 18:30 WIB

Gejala Asam Lambung Naik: Sensasi Rasa Terbakar dari Dada Hingga Tenggorokan

Refluks asam lambung sesekali sering terjadi, namun jika Anda sering mengalaminya, Anda mungkin menderita kondisi yang lebih serius yang disebut penyakit refluks gastroesofageal (GERD).
Ilustrasi - Refluks asam umumnya terasa seperti sensasi terbakar di bagian tengah dada.(Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Life28 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Puasa Ramadan Hari ke-17 dan 18, Jangan Lupa Diamalkan!

Berikut ini doa yang bisa diamalkan di bulan Ramadan hari ke 17 dan 18
Ilustrasi - Doa Puasa Ramadan Hari ke-17 dan 18, Jangan Lupa Diamalkan! (Sumber : Freepik.com/@Sketchepedia)
DPRD Kab. Sukabumi28 Maret 2024, 17:55 WIB

Harapan DPRD Sukabumi Kepada Kades yang Kini Memiliki Masa Jabatan 8 Tahun

Revisi UU Desa Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa disahkan pada rapat paripurna DPR RI, Kamis (28/3/2024). Salah satu perubahan signifikan adalah masa jabatan kepala desa menjadi 8 tahun dan bisa 2 kali masa jabatan.
Yudi Suryadikrama, Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Jejak Wakil Rakyat
Sehat28 Maret 2024, 17:30 WIB

Cara Mudah Menghilangkan Asam Lambung: 4 Hal Ini Dapat Menolong Anda

Beberapa langkah ini dapat membantu Anda menghilangan asam lambung secara mudah.
Ilustrasi - Beberapa langkah ini dapat membantu Anda menghilangan asam lambung secara mudah. (Sumber : Freepik.com)
Gadget28 Maret 2024, 17:10 WIB

Waspada, 6 Tanda HP Anda Telah Diretas Orang Lain, Berikut Ciri-cirinya!

Terdapat beberapa tanda yang menunjukkan bahwa HP anda sudah diretas oleh orang lain. Karenanya penting untuk diperhatikan
Ilustrasi. Mengetahui HP diretas orang lain. (Sumber foto : Pexels/PhotoMIX Company)
Life28 Maret 2024, 17:04 WIB

6 Cara Ampuh Mencegah Ular Masuk Rumah, Yuk Terapkan Sekarang Juga!

Mencegah ular masuk ke dalam rumah keharusan yang harus dilakukan untuk antisipasi lebih awal. Maka penting diketahui setiap pemilik rumah.
Ilustrasi. Cara mencegah ular masuk ke dalam rumah. (Sumber foto : Pexels/Pixabay)
Musik28 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Dygta feat Kamasean Tapi Tahukah Kamu, Betapa Ku Mencintai Dirimu?

Viral di TikTok jadi Lagu Galau, Inilah Lirik Lagu Dygta feat Kamasean: Tapi Tahukah Kamu, Betapa Ku Mencintai Dirimu?
Video Klip Lagu Dygta feat Kamasean Tapi Tahukah Kamu, Betapa Ku Mencintai Dirimu? (Sumber : YouTube/HaloEntertainmentIndonesia (HEI))
Nasional28 Maret 2024, 16:42 WIB

UU DKJ Disahkan: Pilgub Jakarta Dipilih Langsug, Bagaimana Wacana Sukabumi Masuk Aglomerasi?

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia atau DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang tentang Provinsi Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi undang-undang.
Monas, salah satu ikon DKI Jakarta | Foto : Ist