Sukabumi Culinary Night Perdana Resmi Digelar Pemkot, Ini Lokasinya

Jumat 24 November 2023, 23:27 WIB
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji usai membuka event Sukabumi Culinary Night perdana. (Sumber : Dokpim Pemkot Sukabumi)

Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji usai membuka event Sukabumi Culinary Night perdana. (Sumber : Dokpim Pemkot Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi resmi menggelar event "kuliner malam" perdana bertajuk Sukabumi Culinary Night, Jumat (24/11/2023). Dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Kusmana Hartadji, acara yang berlangsung hingga 26 November 2023 itu digelar di lokasi eks terminal Sudirman, Kecamatan Warudoyong.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Kumindag Kota Sukabumi ini melibatkan sekitar 40 stand produk UMKM dan menampilkan berbagai hiburan yang disajikan diantaranya oleh Calung Tridaya, Laborcost, Aura Sumringah dan Gaya Gita Studio.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji mengatakan, Sukabumi Culinary Night menjadi momentum awal untuk mendorong pengembangan wisata kuliner di Kota Sukabumi. Kuliner diharapkan menjadi andalan dan potensi pariwisata yang harus terus digali.

“UMKM merupakan salah satu sektor yang berperan penting selama proses pemulihan ekonomi. Jumlah UMKM di Kota Sukabumi mencapai 35 ribu. Ini terbilang unik karena jumlah UMKM ini mendominasi dalam struktur perekonomian di Kota Sukabumi. Jumlahnya terus mengalami penambahan dari tahun ke tahun,” kata Kusmana.

Baca Juga: Pj Wali Kota Berencana Gelar Culinary Night di Sukabumi

Kekuatan UMKM, lanjut dia, terletak dari kontribusinya terhadap PDB Nasional. UMKM juga telah menyerap hingga 97 persen dari total tenaga kerja. Hal penting lainnya, UMKM memiliki kemampuan untuk bangkit dan pulih lebih baik di masa krisis.

“Oleh karena itu, pengembangan UMKM merupakan sebuah keharusan. Tujuan tentu saja, peran UMKM dapat mendorong pertumbuhan perekonomian di daerah. Kita akan terus memberikan perhatian serius terhadap sektor UMKM ini, salah satunya dengan meningkatkan akses pemasaran,” ujar pria yang akrab disapa Tutus itu.

Lebih lanjut Tutus menuturkan, Sukabumi Culinary Night menjadi salah satu upaya pemerintah dalam mengembangkan promosi produk dan akses pemasaran. Ia kemudian mengajak seluruh jajaran Pemerintah Kota Sukabumi mempromosikan kembali kegiatan ini kepada masyarakat.

“Kita juga mengharapkan agar dilakukan reformasi perizinan dalam kegiatan-kegiatan seperti ini. Sebab, dengan mempermudah perizinan, sama dengan membuka peluang seluas-luasnya bagi para pelaku usaha termasuk investor,” tuturnya.

Ia meyakini, kegiatan-kegiatan serupa dengan Culinary Night memang harus dijadikan agenda tahunan. Kota Sukabumi bergerak di bidang pelayanan jasa, warganya pun memiliki karakter unik.

Kehadiran warga kota di kedai-kedai kuliner, dipandang oleh Tutus, menjadi peluang bagi pemerintah untuk terus melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak membuat kegiatan-kegiatan seperti Culinary Night ini.

“Saya ambil contoh, besok tanggal 25 November 2023 Kota Sukabumi menjadi tuan rumah peringatan Hari Pangan Sedunia tingkat Provinsi Jawa Barat. Hotel-hotel di Kota Sukabumi telah dipenuhi oleh para tamu. Ini artinya, bahwa di Kota Sukabumi memang harus diperbanyak kegiatan yang akan menarik pengunjung dari luar,” pungkasnya.

SUMBER: KDP PEMKOT SUKABUMI

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Science27 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Juli 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com).
Inspirasi26 Juli 2024, 22:02 WIB

Jatim Media Summit Bagikan Tips Bikin Konten Video Disukai Penonton di Medsos

Sebelum memulai membuat konten video, alangkah baiknya untuk mengenal audiens atau penonton. Cari tahu apa yang mereka suka dan dibutuhkan.
Jatim Media Summit, Kamis (25/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi26 Juli 2024, 21:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Gudang Limbah Pabrik di Parungkuda Sukabumi

Warga ungkap asal muasal api yang menjadi penyebab kebakaran gudang limbah pabrik di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Damkar berjibaku memadamkan kebakaran yang melanda gudang limbah pabrik kain di Parungkuda Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat26 Juli 2024, 21:11 WIB

16 Rumah Dilaporkan Rusak, Pj Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Gempa di Kuningan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau sejumlah lokasi yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kuningan. (Sumber : Humas Jabar)
Sehat26 Juli 2024, 21:00 WIB

Oatmeal Hingga Minyak Kelapa, 7 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Dapat Anda Lakukan

Cuaca dingin dan kering, sering mencuci tangan, atau paparan sinar matahari berlebihan dapat membuat kulit kering.
Ilustrasi - Dengan perawatan yang tepat, kulit kering dapat diatasi dan kembali sehat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi26 Juli 2024, 20:56 WIB

Langganan Banjir, Warga Minta Pengerukan Sungai Cibening Purabaya Sukabumi

Warga berharap adanya penanganan Sungai Cibening Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang mengalami pendangkalan serta penyempitan
Forkopimcam dan relawan saat sedang membersihkan Sungai Cibening Purabaya Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life26 Juli 2024, 20:30 WIB

10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Senyuman orang yang memiliki dendam mungkin tampak dipaksakan atau tidak tulus. Ekspresi wajah sering kali tidak selaras dengan kata-kata mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Opini26 Juli 2024, 20:07 WIB

Menengok Pilkada Sukabumi yang Kering Gagasan

Kurang lebih empat bulan lagi, tepatnya pada tanggal 27 November 2024, masyarakat Kabupaten Sukabumi akan memilih Bupati dan Wakil Bupati yang baru
Ilustrasi kepala daerah menyampaikan gagasan membangun Sukabumi | Foto : Pixabay