Ada Pemutihan, Pj Wali Kota Sukabumi Sebut Pajak Kendaraan untuk Pembangunan

Rabu 18 Oktober 2023, 08:40 WIB
(Foto Ilustrasi) Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji pada 17 Oktober 2023 mengunjungi kantor Samsat Kota Sukabumi untuk meninjau pelaksanaan program pemutihan pajak kendaraan bermotor. | Foto: Istimewa

(Foto Ilustrasi) Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji pada 17 Oktober 2023 mengunjungi kantor Samsat Kota Sukabumi untuk meninjau pelaksanaan program pemutihan pajak kendaraan bermotor. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji pada 17 Oktober 2023 mengunjungi kantor Samsat Kota Sukabumi yang di bawah Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat untuk meninjau program pemutihan pajak kendaraan bermotor.

Kusmana menyampaikan program ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat agar membayar pajak kendaraan bermotor tepat waktu serta memberikan keringanan bagi pemilik kendaraan dalam menunaikan kewajiban mereka melalui penghapusan denda dan diskon pajak.

Kusmana mengimbau masyarakat memanfaatkan program ini karena pajak kendaraan bermotor akan digunakan, salah satunya, untuk pembangunan infrastruktur bagi masyarakat.

“Mengajak kepada seluruh warga manfaatkan program ini untuk membangun Provinsi Jawa Barat, Kota Sukabumi, lebih maju dan berkembang terutama dari sisi infrastruktur. Pajak kendaraan bermotor adalah untuk pembangunan wilayah juga," kata dia dalam keterangannya.

Kepala Samsat Kota Sukabumi Iwan Juanda mengungkapkan program yang dilaksanakan mulai 16 Oktober hingga 16 Desember 2023 ini memberikan keringanan bagi pemilik kendaraan bermotor karena terdapat tiga denda yang dihapuskan yakni denda keterlambatan pembayaran, Bea Balik Nama kedua dan seterusnya, serta bebas tunggakan PKB Tahun kelima. Diberikan pula diskon pajak bagi pemilik kendaraan yang membayar pajak sebelum jatuh masa tempo.

Baca Juga: 153 Tahun Kabupaten Sukabumi, Ada Penghapusan Denda Pajak, Apa Saja?

“Tiga hal yang dibebaskan yaitu bebas denda pajak, BBNKB II dan seterusnya, kemudian kendaraan yang menunggak 5 tahun cukup dibayar 4 tahun. Diskon pajak kendaraan bermotor bagi yang membayar sebelum jatuh masa tempo," jelasnya.

Iwan berharap melalui program ini tingkat ketaatan pemilik kendaraan bermotor untuk membayar pajak semakin meningkat, karena saat ini masih terdapat 40 persen pemilik kendaraan bermotor yang menunggak pajak. “Yang nunggak masih 40 persen, makanya kita melakukan proses penelusuran melalui kader pajak tujuannya untuk mendata apakah kendaraan masih ada, layak pakai atau tidak, ya kalau sudah tidak ada akan kita hapuskan," ujarnya.

Selain itu diharapkan juga program ini bisa membantu pencapaian target Samsat Kota Sukabumi. “Kota Sukabumi ada kenaikan target pendapatan sekitar 5 persen. Target tahun murninya sekitar Rp 67 miliar, naik sekarang menjadi Rp 71 miliar. Program ini harapannya bisa mencapai target," kata dia. (ADV)

Sumber: Website Pemkot Sukabumi

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi18 Juni 2024, 15:08 WIB

Traffic Light Roboh Belum Ditangani, Bahayakan Penendara di Palabuhanratu Sukabumi

Lampu lalu lintas di ruas Jalan Bhayangkara yang mengarah ke Jalan Siliwangi, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, tidak berfungsi.
Kondisi traffic light di ruas Jalan Bhayangkara yang mengarah ke Jalan Siliwangi, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi18 Juni 2024, 15:05 WIB

Dijuluki Timnas Pusat di Euro 2024, Kisah Pesepak Bola Sukabumi Jadi Kapten Belanda

Salah satu pesepak bola Belanda zaman dulu ternyata berasal dari Sukabumi.
Timnas Belanda di Euro 2024. | Foto: Instagram/@oranje_indonesia
Inspirasi18 Juni 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA. (Sumber : Freepik/pressfoto)
Food & Travel18 Juni 2024, 14:30 WIB

4 Makanan Ini Tidak Boleh Dimakan Jika Anda Penderita Kolesterol Tinggi, Hindari!

Penderita kolesterol bisa menikmati yogurt beku rendah lemak dengan taburan buah beri sebagai hidangan penutup.
Ilustrasi. Olahan Daging Berlemak. Makanan Ini Tidak Boleh Dimakan Jika Anda Penderita Kolesterol Tinggi, Hindari!. (Sumber : Pexels/TarynElliott)
Sehat18 Juni 2024, 14:15 WIB

Mengapa Kadar Gula Darah Bisa Naik saat Pagi Hari? Ini Penyebab dan Cara Mengatasi

Ternyata kadar gula darah dapat melonjak secara tiba-tiba di pagi hari. Penderita diabetes perlu tahu sebab dan cara mengatasinya.
Ilustrasi kadar gula darah yang naik saat pagi hari (Sumber : Pexels.com/@i-SensUSA)
Science18 Juni 2024, 14:13 WIB

Waspada Ombak hingga 4 Meter di Samudra Hindia Selatan, BMKG Buka Datanya

Pola angin menyebabkan peningkatan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter.
Kondisi perahu nelayan yang rusak diterjang ombak tinggi di perairan Ujunggenteng, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat18 Juni 2024, 14:00 WIB

2 Cara Mudah Membuat Minuman Kayu Manis untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Kayu manis adalah salah satu obat herbal yang membantu menurunkan gula darah.
Ilustrasi - Kayu manis adalah salah satu obat herbal yang membantu menurunkan gula darah. (Sumber : Pexels.com/@Ngô Trọng An).
DPRD Kab. Sukabumi18 Juni 2024, 13:40 WIB

Kurban Sapi 500 Kg, Anggota DPRD Sukabumi: Idul Adha Bermakna Keikhlasan Berjuang

Andri menyebut Idul Adha ini adalah momen untuk mengambil hikmah.
Hewan kurban anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi Andri Hidayana pada Senin, 17 Juni 2024 di Kampung Ciloa, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat18 Juni 2024, 13:30 WIB

10 Aturan Makan Karbohidrat Bagi Penderita Diabetes Agar Kadar Gula Darah Aman

Dengan mengikuti aturan makan karbohidrat yang sehat, penderita diabetes dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap aman dan mengurangi risiko komplikasi.
Ilustrasi. Aturan Makan Karbohidrat Bagi Penderita Diabetes Agar Kadar Gula Darah Aman (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sehat18 Juni 2024, 13:00 WIB

7 Cara Makan Nasi Putih Bagi Penderita Diabetes Agar Gula Darah Aman Terkendali

Ada beberapa cara memasukan nasi putih kedalam pola makan bagi penderita diabetes agar kadar gula darah aman terkendali.
Ilustrasi - Ada beberapa cara memasukan nasi putih kedalam pola makan bagi penderita diabetes agar kadar gula darah aman terkendali. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).