Pj Wali Kota Sukabumi Ajak Santri Sebarkan Ajaran Agama Melalui Dunia Digital

Minggu 22 Oktober 2023, 13:38 WIB
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji saat memberikan piagam penghargaan kepada santri berprestasi dalam peringatan Hari Santri Nasional tahun 2023 di Lapang Merdeka. (Sumber : Dokpim Pemkot Sukabumi)

Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji saat memberikan piagam penghargaan kepada santri berprestasi dalam peringatan Hari Santri Nasional tahun 2023 di Lapang Merdeka. (Sumber : Dokpim Pemkot Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Upacara Peringatan Hari Santri Nasional tahun 2023 berlangsung semarak di Lapang Merdeka Kota Sukabumi, Minggu (22/10/2023).

Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para ulama, santri, dan unsur-unsur masyarakat se-Kota Sukabumi mengikuti upacara HSN 2023.

Dalam sambutannya, Kusmana menyebutkan peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023 memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan peringatan tahun-tahun sebelumnya.

“Secara simbol, Hari Santri Nasional Tahun 2023 ini memiliki keunikan. Setidaknya, pesan yang disampaikan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia pada saat launching HSN 2023 terwakilkan oleh logo hari santri,” ujar Pj Wali Kota Sukabumi yang akrab disapa Tutus itu di hadapan peserta upacara.

Baca Juga: 30 Ucapan Selamat Hari Santri Nasional 2023 untuk di Media Sosial

Tutus menuturkan, semangat untuk mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia harus mengendap dalam diri santri. Hal ini dapat diwujudkan dengan memupuk dan menumbuhkan semangat nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari. Hubbu Al-Wathan, kecintaan kepada tanah air menjadi landasan penting dalam menumbuhkan kecintaan nasionalisme tersebut.

“Selanjutnya, transformasi digital menjadi bagian integral yang menunjukkan kepedulian santri dalam beradaptasi dan memiliki kemampuan antisipatif di era digital saat ini yang semakin maju dan berkembang,” lanjut Tutus.

Ia kemudian mengajak para santri agar memahami dan memanfaatkan berbagai platform digital dalam menyebarkan ajaran agama serta nilai-nilai kebangsaan.

Tutus memotivasi para santri untuk berperan sebagai pelopor perubahan, menyebarkan ajaran agama melalui dunia digital dengan tujuan menciptakan perubahan positif di dalam kehidupan bermasyarakat.

“Empat pilar kebangsaan, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. Jaga empat pilar tersebut dengan modal pengetahuan yang tinggi. Dengan menghadirkan makna dari logo tersebut, saya mencoba merefleksikannya di Kota Sukabumi,” jelasnya.

Baca Juga: 450 Personel Kawal Pemilu di Sukabumi, Pj Wali Kota Bicara Dukungan Anggaran

Menurut Tutus, refleksi tersebut telah terbangun dalam tindakan nyata yang diperlihatkan oleh para aparatur sesuai dengan harapan pemerintah dan masyarakat.

Tutus menegaskan, Kota Sukabumi yang menjunjung nilai-nilai kebangsaan dan keagamaan akan menciptakan suasana yang kondusif serta memberikan ruang terbuka untuk memfasilitasi para santri berjihad dalam menjunjung kejayaan negeri.

Pesta demokrasi tahun 2024 yang rangkaiannya sudah dimulai saat ini. Pesta demokrasi diharapkan oleh Penjabat Wali Kota Sukabumi harus memberikan citra baik kepada dunia bahwa negara kita hadir dan menjalankan amanat UUD untuk membentuk cita-cita luhur bangsa kita.

“Oleh karena itu, saya mengimbau kepada seluruh unsur untuk menjaga kondusifitas, keamanan, dan kenyamanan kota yang kita cintai ini. Jangan sampai suasana menjadi riuh dan tidak tenang hanya karena adanya demokrasi yang kita jalani. Perbedaan adalah hikmah,” pungkasnya.

Beberapa santri, pengelola lembaga keagamaan, dan tokoh agama mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kota Sukabumi pada peringatan HSN 2023 kali ini. Penghargaan dalam bentuk piagam dan uang pembinaan dari BPJS Kesehatan diberikan kepada para santri dan pengelola lembaga keagamaan.

Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan kontribusi mereka dalam menjaga semangat dan mendukung kemajuan Kota Sukabumi.

Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023 diakhiri dengan penampilan defile kontingen dari seluruh kecamatan dan organisasi pendidikan keagamaan.

Hal ini semakin mengokohkan kebersamaan dan kolaborasi antara masyarakat dan pemerintah untuk mewujudkan Kota Sukabumi Bahagia Lahir dan Batin. (ADV)

SUMBER: DOKPIM PEMKOT SUKABUMI

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life29 Mei 2024, 16:00 WIB

10 Cara Menjadi Anak yang Baik untuk Orang Tua, Jadi Pribadi Bertanggungjawab!

Terkait Cara Menjadi Anak yang Baik untuk Orang Tua, Coba Jadilah Orang Bertanggungjawab!
Ilustrasi. Cara Menjadi Anak yang Baik untuk Orang Tua. Sumber: Pixaba/RobynJones
Entertainment29 Mei 2024, 15:30 WIB

Terbang Selama 28 Jam, Alan Walker Temui Guru dan Siswa yang Viral di Medan

DJ ternama Alan Walker secara mengejutkan datang ke SMA AL-Azhar Medan, Sumatera Utara, untuk memberikan kejutan kepada guru bernama Tri Adinata yang sempat viral di media sosial sampai rela terbang 28 jam
Momen Alan Walker bertemu Guru dan Siswa SMA AL-Azhar yang viral di media sosial (Sumber : Instagram @/triadinata91)
Sukabumi29 Mei 2024, 15:20 WIB

Landmark Taman Megalodon Surade Sukabumi Ambruk, Diwarnai Aksi Vandalisme

Landmark Taman Megalodon di Bundaran Surade Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi yang berdiri di dekat tugu Gigi Megalodon mengalami ambruk, dan huruf-hurufnya terlepas.
Kondisi Landmark Taman Megalodon Surade Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life29 Mei 2024, 15:15 WIB

6 Garis Tangan Orang yang Diramal Kaya Menurut Ilmu Palmistry, Kamu Termasuk?

Garis tangan seseorang tentu saja memiliki rahasia masing-masing, termasuk bagaimana nasibnya di masa depan, apakah kaya atau tidaknya terutama pada pencapaian yang akan diraih
Garis tangan seseorang tentu saja memiliki rahasia masing-masing, termasuk bagaimana nasibnya di masa depan yang akan kaya atau tidak (Sumber : Pexels.com/@Mikhailnilov)
Inspirasi29 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini segera daftarkan diri sekarang juga.
Ilustrasi - Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya. (Sumber : Freepik.com/@DC Studio).
Sukabumi Memilih29 Mei 2024, 14:39 WIB

Dinamai KSM dan Usung Perubahan, Koalisi 6 Parpol Akan Beri Kejutan di Pilkot Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Kota Sukabumi 2024, intensitas komunikasi antara enam partai yang sudah bersepakat membentuk koalisi, yakni, Golkar, Nasdem, PAN, Gerindra, PDIP, serta PPP semakin ditingkatkan.
6 Ketua Parpol di Kota Sukabumi sepakat membentuk Koalisi Sukabumi Maju (Golkar, Nasdem, PPP, PAN, Gerindra dan PDIP) | Foto : Asep Awaludin
Sehat29 Mei 2024, 14:30 WIB

7 Langkah Menurunkan Lonjakan Gula Darah untuk Saat Ini dan Di Masa Depan

Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat.
Ilustrasi - Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat. (Sumber : Freepik/freepik)
Life29 Mei 2024, 14:00 WIB

10 Tips Membahagiakan Orang Tua, Beri Kasih Sayang hingga Perhatian yang Tulus

Yuk Ikuti Sederet Tips Membahagiakan Orang Tua Ini! Mulai dari Beri Kasih Sayang hingga Perhatian yang Tulus.
Ilustrasi - Keluarga. Tips Membahagiakan Orang Tua (Sumber : Freepik)
Sehat29 Mei 2024, 14:00 WIB

Takut Kena Penyakit Jantung? Ini 7 Hal yang Harus Dilakukan Agar Tetap Sehat

Setiap orang berpotensi terserang penyakit jantung apabila tidak mengikuti pola hidup yang sehat. Baik tua ataupun muda, kita perlu menjaga kesehatan tubuh. Maka dari lakukan beberapa kegiatan sehat secara rutin
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit jantung (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Mei 2024, 13:45 WIB

Ingin Sukses Diet? Konsumsi 7 Makanan Kaya Protein dan Rendah Lemak Ini

Saat sedang diet, sangat disarankan untuk merubah pola makan agar lebih sehat dan seimbang. Maka dari itu, mengkonsumsi makana kaya protein dan rendah lemak diperlukan agar diet sukses
Mengkonsumsi beberapa makanan kaya protein dan rendah lemak sangat baik untuk diet (Sumber : Freepik.com)