Pj Wali Kota Sukabumi Ajak Santri Sebarkan Ajaran Agama Melalui Dunia Digital

Minggu 22 Oktober 2023, 13:38 WIB
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji saat memberikan piagam penghargaan kepada santri berprestasi dalam peringatan Hari Santri Nasional tahun 2023 di Lapang Merdeka. (Sumber : Dokpim Pemkot Sukabumi)

Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji saat memberikan piagam penghargaan kepada santri berprestasi dalam peringatan Hari Santri Nasional tahun 2023 di Lapang Merdeka. (Sumber : Dokpim Pemkot Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Upacara Peringatan Hari Santri Nasional tahun 2023 berlangsung semarak di Lapang Merdeka Kota Sukabumi, Minggu (22/10/2023).

Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para ulama, santri, dan unsur-unsur masyarakat se-Kota Sukabumi mengikuti upacara HSN 2023.

Dalam sambutannya, Kusmana menyebutkan peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023 memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan peringatan tahun-tahun sebelumnya.

“Secara simbol, Hari Santri Nasional Tahun 2023 ini memiliki keunikan. Setidaknya, pesan yang disampaikan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia pada saat launching HSN 2023 terwakilkan oleh logo hari santri,” ujar Pj Wali Kota Sukabumi yang akrab disapa Tutus itu di hadapan peserta upacara.

Baca Juga: 30 Ucapan Selamat Hari Santri Nasional 2023 untuk di Media Sosial

Tutus menuturkan, semangat untuk mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia harus mengendap dalam diri santri. Hal ini dapat diwujudkan dengan memupuk dan menumbuhkan semangat nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari. Hubbu Al-Wathan, kecintaan kepada tanah air menjadi landasan penting dalam menumbuhkan kecintaan nasionalisme tersebut.

“Selanjutnya, transformasi digital menjadi bagian integral yang menunjukkan kepedulian santri dalam beradaptasi dan memiliki kemampuan antisipatif di era digital saat ini yang semakin maju dan berkembang,” lanjut Tutus.

Ia kemudian mengajak para santri agar memahami dan memanfaatkan berbagai platform digital dalam menyebarkan ajaran agama serta nilai-nilai kebangsaan.

Tutus memotivasi para santri untuk berperan sebagai pelopor perubahan, menyebarkan ajaran agama melalui dunia digital dengan tujuan menciptakan perubahan positif di dalam kehidupan bermasyarakat.

“Empat pilar kebangsaan, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. Jaga empat pilar tersebut dengan modal pengetahuan yang tinggi. Dengan menghadirkan makna dari logo tersebut, saya mencoba merefleksikannya di Kota Sukabumi,” jelasnya.

Baca Juga: 450 Personel Kawal Pemilu di Sukabumi, Pj Wali Kota Bicara Dukungan Anggaran

Menurut Tutus, refleksi tersebut telah terbangun dalam tindakan nyata yang diperlihatkan oleh para aparatur sesuai dengan harapan pemerintah dan masyarakat.

Tutus menegaskan, Kota Sukabumi yang menjunjung nilai-nilai kebangsaan dan keagamaan akan menciptakan suasana yang kondusif serta memberikan ruang terbuka untuk memfasilitasi para santri berjihad dalam menjunjung kejayaan negeri.

Pesta demokrasi tahun 2024 yang rangkaiannya sudah dimulai saat ini. Pesta demokrasi diharapkan oleh Penjabat Wali Kota Sukabumi harus memberikan citra baik kepada dunia bahwa negara kita hadir dan menjalankan amanat UUD untuk membentuk cita-cita luhur bangsa kita.

“Oleh karena itu, saya mengimbau kepada seluruh unsur untuk menjaga kondusifitas, keamanan, dan kenyamanan kota yang kita cintai ini. Jangan sampai suasana menjadi riuh dan tidak tenang hanya karena adanya demokrasi yang kita jalani. Perbedaan adalah hikmah,” pungkasnya.

Beberapa santri, pengelola lembaga keagamaan, dan tokoh agama mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kota Sukabumi pada peringatan HSN 2023 kali ini. Penghargaan dalam bentuk piagam dan uang pembinaan dari BPJS Kesehatan diberikan kepada para santri dan pengelola lembaga keagamaan.

Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan kontribusi mereka dalam menjaga semangat dan mendukung kemajuan Kota Sukabumi.

Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023 diakhiri dengan penampilan defile kontingen dari seluruh kecamatan dan organisasi pendidikan keagamaan.

Hal ini semakin mengokohkan kebersamaan dan kolaborasi antara masyarakat dan pemerintah untuk mewujudkan Kota Sukabumi Bahagia Lahir dan Batin. (ADV)

SUMBER: DOKPIM PEMKOT SUKABUMI

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 14:26 WIB

Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan, Budi Azhar Prediksi Timnas Menang 2-1

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali optimis Timnas Indonesia U-23 bisa menang atas Uzbekistan.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali. (Sumber : Dok.SU)
Sukabumi29 April 2024, 14:14 WIB

Dua Remaja Citamiang Sukabumi Ditangkap, Bergilir Cabuli Anak di Bawah Umur

Kedua pelaku ditangkap setelah polisi menerima laporan soal dugaan pencabulan ini.
Lokasi dugaan pencabulan yang dilakukan RJ dan RE di rumah RE di Jalan Pemuda Kampung Baru, Kelurahan/Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. | Foto: Polres Sukabumi Kota
Bola29 April 2024, 14:00 WIB

Optimis! Shin Tae-yong Ingin Bawa Timnas Indonesia ke Olimpiade Paris 2024

Shin Tae-yong berambisi bawa Timnas Indonesia terbang ke Olimpiade Paris 2024.
Shin Tae-yong berambisi bawa Timnas Indonesia terbang ke Olimpiade Paris 2024. (Sumber : pssi.org).
Life29 April 2024, 13:41 WIB

Jangan Diabaikan! Ketahui 7 Penyebab Balita Sering Memukul

Apakah balita Anda memukul anak lain saat pertama kali merasa frustasi? Jika ya, berikut cara menangani perilaku ini.
Ilustrasi balita memukul. | Foto: Freepik/@freepik
Life29 April 2024, 13:30 WIB

Jangan Dibentak! Ini 5 Cara Agar Anak Selalu Mau Dinasihati Orang Tua

Orang tua harus memiliki pendekatan yang bagus dan baik selama mengasuh anak agar mereka mau dinasihati dan tidak memberontak.
Ilustrasi. Cara agar anak mau dinasihati orang tua. Sumber foto : Pexels/Elina Fairytale
Life29 April 2024, 13:11 WIB

Tetap Bersikap Konsisten, 5 Tips Penerapan Sistem Penghargaan untuk Anak Usia Sekolah

Dengan menerapkan sistem penghargaan untuk anak usia sekolah, disinyalir sangat berguna untuk memotivasi mereka.
Ilustrasi penghargaan untuk anak. | Foto: Freepik/@stocking
Sehat29 April 2024, 13:00 WIB

Hidup Bersama Diabetes Tak Perlu Panik, 12 Langkah Sehat untuk Mengelola Gula Darah

Dengan pengelolaan gula darah yang baik, orang yang hidup dengan diabetes dapat menjalani hidup yang sehat, bahagia, dan penuh makna.
Ilustrasi - Dengan pengelolaan gula darah yang baik, orang yang hidup dengan diabetes dapat menjalani hidup yang sehat, bahagia, dan penuh makna. (Sumber : Freepik.com).
Life29 April 2024, 12:45 WIB

6 Cara Menjadi Orang Pemaaf Agar Hidup Jauh dari Permusuhan, Ini Langkahnya!

Menjadi pribadi pemaaf sebenarnya bisa diupayakan dalam hidup. Tentunya dengan beberapa langkah yang mesti dilakukan secara konsisten.
Ilustrasi. Cara menjadi orang yang pemaaf. Sumber foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Life29 April 2024, 12:30 WIB

7 Penyesalan Orang Tua kepada Anak Akibat Kesalahan Mengasuh di Masa Lalu

Para orang tua biasanya akan mengalami rasa penyesalan manakala berurusan dengan kesalahan pada pola asuhnya di masa lalu kepada anak-anaknya.
Ilustrasi. Pola asuh. Contoh Penyesalan orang tua kepada anaknya. Sumber foto : Pexels/Anastasiya Gepp
Bola29 April 2024, 12:15 WIB

Prediksi Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024, Selangkah Menuju Final!

Indonesia akan menghadapi Uzbekistan dalam laga semifinal Piala Asia U-23 2024.
Indonesia akan menghadapi Uzbekistan dalam laga semifinal Piala Asia U-23 2024. (Korsel) | Foro : Ist