Langkah Sederhana Membuat Air Lemon untuk Mengobati Asam Urat, Alami dan Sehat!

Minggu 09 Juni 2024, 20:15 WIB
Ilustrasi - Air lemon mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk mengobati asam urat. (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi - Air lemon mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk mengobati asam urat. (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Air lemon adalah bahan alami yang sering digunakan dalam berbagai pengobatan rumahan untuk mengatasi sejumlah kondisi kesehatan, termasuk radang sendi dan asam urat. 

Air lemon kaya akan vitamin C, antioksidan, flavonoid, dan memiliki sifat alkalizing yang dapat membantu dalam pengelolaan asam urat.

Beberapa komponen penting itu memberikan khasiat kesehatan, terutama dalam melawan penyakit dan mengurangi peradangan. Berikut ada beberapa manfaat air lemon yang diketahui bisa mengobati radang sendi dan asam urat.

Baca Juga: Asam Urat Tak Datang Lagi: 13 Tips Efektif Mencegahnya dengan Cara Alami

Apa Itu Air Lemon?

Lemon merupakan buah jeruk yang kaya akan vitamin C dan asam sitrat. Air lemon hanyalah air yang mengandung setidaknya beberapa tetes jus lemon. Sebuah lemon berukuran standar menghasilkan sekitar 3,5 sendok makan atau 50 gram jus lemon.

Secangkir air lemon yang mengandung jus lemon utuh menyediakan sekitar 20% dari dosis harian vitamin C yang Anda rekomendasikan.

Fakta Nutrisi Lemon

Menurut USDA yang dikutip dari verrywellhealth, secangkir air lemon yang mengandung jus satu buah lemon memiliki:

  • Sekitar 19 miligram (mg) vitamin C
  • Sekitar 11 kalori
  • Hampir 10 mikrogram (mcg) folat, vitamin yang mencegah anemia
  • 49 mg potasium, mineral elektrolit yang dapat membantu fungsi otot dan saraf

Pria dapat memenuhi dosis vitamin C harian yang direkomendasikan (90 mg) dengan minum 5 gelas air lemon. Sementara wanita dapat memenuhi dosis vitamin C hariannya (75 mg) dengan 4 cangkir air lemon.

Baca Juga: Teri dan 3 Ikan Laut Lainnya yang Tinggi Purin, dan Pantang Dikonsumsi Penderita Asam Urat!

Manfaat Minum Air Lemon untuk Penderita Asam Urat

Jika Anda menderita radang sendi atau asam urat, penting untuk tetap terhidrasi, dan minum cukup air adalah cara terbaik untuk melakukannya. Air lemon bisa menjadi alternatif yang lebih sehat dibandingkan soda atau minuman manis dan juga memiliki manfaat khusus untuk mengatasinya.

Vitamin C adalah kunci untuk mencegah peradangan arthritis dan menjaga kesehatan sendi dengan osteoarthritis.

Bagi penderita radang sendi, vitamin C dapat mengurangi rasa sakit. Sebuah tinjauan pada tahun 2017 terhadap berbagai penelitian menyimpulkan bahwa suplementasi vitamin C dosis tinggi setiap hari dikaitkan dengan berkurangnya nyeri kronis, termasuk pada penderita radang sendi.

Baca Juga: Gula Darah Normal dan Hidup Sehat, 9 Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes

Pasien dengan rheumatoid arthritis (RA) menunjukkan hasil yang sangat positif setelah mengonsumsi Vitamin C untuk mengurangi rasa sakit mereka.

Vitamin C dapat mencegah gejala arthritis di masa depan. Pasien membutuhkan vitamin C untuk menjaga kekuatan persendian dan pemulihan dari cedera. Setidaknya satu penelitian menemukan bahwa pasien radang sendi yang mengonsumsi vitamin C dosis tinggi menunjukkan penurunan kerusakan jangka panjang pada persendian mereka.

Mengutip laman medicalnewstoday, sejumlah penelitian ilmiah juga menunjukkan bahwa air lemon dapat membantu menurunkan kadar asam urat pada penderita asam urat. Lemon juga rendah fruktosa, yang dapat meningkatkan asam urat. Oleh karena itu, air lemon merupakan tambahan yang cocok untuk diet ramah asam urat. Orang bisa menggunakannya dengan berbagai cara, mulai dari air lemon hingga saus salad dan sup.

Baca Juga: Kisaran Gula Darah Normal Setelah Makan: Panduan Batas Aman untuk Penderita Diabetes

Cara Membuat Air Lemon

  • Untuk membuat jus satu buah lemon, siapkan sedikitnya 8 ons (250 ml) air.
  • Peras satu buah lemon ke dalam secangkir air dingin atau hangat, tergantung selera Anda.
  • Aduk untuk menggabungkan jus lemon dan air. Anda dapat memilih untuk menambahkan kulit lemon untuk meningkatkan rasa dan manfaat nutrisi.

Air lemon tidak dimaksudkan untuk menggantikan obat-obatan atau perawatan asam urat Anda. Namun, vitamin C dan air sangat penting untuk menjaga kesehatan Anda, baik dikonsumsi bersamaan atau terpisah.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life15 Juni 2024, 14:00 WIB

Tidak Melulu Soal IQ, Ini 3 Ciri-ciri Umum Anak Berbakat Dilihat Dari Sifatnya

Meski ada kesamaan dalam hal bakat, penting untuk diingat bahwa ini bukanlah definisi yang bisa diterapkan untuk semua orang. Beberapa anak mungkin berbakat dalam banyak bidang dan yang lain berbakat dalam satu bidang tertentu.
Ilustrasi ciri anak berbakat yang bisa dilihat dari sifatnya (Sumber : Pexels.com/@Katerina Holmes)
Life15 Juni 2024, 13:30 WIB

Bagaimana Sekolah Bisa Mengidentifikasi Anak Berbakat? Berikut 4 Tes yang Dapat Dilakukan

Sekolah dapat mengidentifikasi anak berbakat dengan beberapa cara dibawah ini, karena dengan cara ini sekolah bisa menentukan dengan mudah untuk bisa menyesuaikan dengan anak berbakat
Ilustrasi pihak sekolah bisa mengidentifikasi anak-anak berbakat (Sumber : Pexels.com/@Katerina Holmes)
Life15 Juni 2024, 13:00 WIB

2 Jenis Tes Utama Bakat yang Bisa Dilakukan Pada Anak, Yuk Simak Agar Orang Tua Paham

Bakat pada anak perlu diuji dengan cara tertentu, agar nantinya orang tua lebih paham dan anak lebih terarah untuk kedepannya
Ilustrasi tes yang bisa dilakukan orang tua untuk menentukan anak berbakat atau tidak (Sumber : Pexels.com/@MART PRODUCTION)
Sukabumi15 Juni 2024, 12:47 WIB

30 Paket Sabu Ditemukan di Cicurug Sukabumi, Pemiliknya Kabur

Sebanyak 30 paket sabu ditemukan di semak-semak di sekitar Perumahan Gedung Putih RT 5/5, Kampung Purwasari, Desa Purwasari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi
Penemuan 30 paket sabu di Desa Purwasari Cicurug Sukabumi | Foto : Ist
Life15 Juni 2024, 12:30 WIB

10 Cara Ampuh yang Dapat Orang Tua Lakukan Untuk Memotivasi Anak Berbakat

Orang tua yang memiliki anak berbakat seringkali kewalahan dan merasa kecewa karena kurangnya prestasi.
Ilustrasi cara ampuh yang orang tua lakukan untuk memotivasi anak berbaka (Sumber : Pexels.com/@jonasmohamadi)
Sukabumi15 Juni 2024, 12:18 WIB

Minta Tolong Netizen! Keluarga Korban Celurit Geng Motor di Sukabumi Cari Pelaku

Keluarga Ardi Aulia Muhammad (21 tahun), pemuda yang jari tangannya nyaris putus disabet celurit geng motor di Nanggeleng Citamiang Kota Sukabumi, Jumat, 14 Juni 2024, butuh pertolongan netizen.
Ilustrasi citizen journalism. Keluarga berharap netizen yang melihat peristiwa itu speak up dan memberikan data tentang para pelaku kepada pihak kepolisian. (Sumber: editorandpublisher.com)
Life15 Juni 2024, 12:00 WIB

Ayah Bunda Harus Tahu, 4 Cara Mengasuh Anak Berbakat Agar Lebih Terarah

Anak berbakat seringkali membuat orang tuanya bingung bahkan merasa dirinya tidak berdaya. Namun jangan khawatir, berikut tips yang bisa diterapkan untuk mengasuh anak berbakat
Ilustrasi cara orang tua dalam mengasuh anak berbakat (Sumber : Pexels.com/@Yan Krukau)
Sukabumi15 Juni 2024, 11:35 WIB

Rekaman Perang Senjata Tajam di Sukabumi, Tengah Malam di Jalur Baru Sukaraja

Jumat dini hari (14/6/2024), dua kelompok anak muda terlibat perang senjata tajam di jalan raya Baru Sukaraja, Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.
Perang senjata tajam dua kelompok pemuda di jalan baru Sukaraja Kabupaten Sukabumi, Sabtu dini hari (15/6/2024) (Sumber: cctv)
Life15 Juni 2024, 11:30 WIB

20 Penyebab Nyeri Panggul Saat Kehamilan yang Perlu Diwaspadai Para Ibu

Mengalami nyeri panggul saat sedang hamil bisa jadi menakutkan. Berikut cara mengetahui apakah gejalanya normal atau memerlukan perhatian medis.
Ilustrasi ibu hamil mengalami nyeri panggul selama masa kehamilan (Sumber : Freepik.com)
Film15 Juni 2024, 11:00 WIB

Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa

Film Harta, Tahta, Raisa, adalah film dokumenter yang mengisahkan perjalanan karir raisa sebagai seorang penyanyi di Indonesia dan penyanyi perempuan pertama yang bisa menggelar konser tunggal di GBK
Poster film Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa (Sumber : instagram/@raisa6690)