Langkah-Langkah Mencegah Asam Urat Kambuh: 5 Tips Sehat yang Mudah Dilakukan!

Sabtu 08 Juni 2024, 11:00 WIB
Ilustrasi - Dengan pengelolaan yang tepat, penderita asam urat dapat menjalani kehidupan yang lebih sehat dan bebas dari nyeri yang berulang. (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi - Dengan pengelolaan yang tepat, penderita asam urat dapat menjalani kehidupan yang lebih sehat dan bebas dari nyeri yang berulang. (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Tujuan utama pengobatan asam urat adalah untuk mencegah kekambuhan serangan asam urat dan mengurangi potensi kerusakan sendi yang dapat terjadi akibat kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh.

Asam urat adalah kondisi yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di dalam sendi, yang dapat menyebabkan nyeri, pembengkakan, dan peradangan. Untuk mencapai tujuan pengobatan ini, beberapa pendekatan dapat dilakukan, termasuk perubahan gaya hidup, diet, dan penggunaan obat-obatan.

Berikut ini ada beberapa cara untuk mengurangi frekuensi serangan asam urat, dikutip dari verywellhealt:

Baca Juga: 9 Kategori Ikan Laut Rendah Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

1. Hindari Makanan Tertentu

Makanan tinggi purin dapat meningkatkan risiko serangan asam urat. Hindari daging merah, jeroan (seperti hati), beberapa jenis makanan laut (seperti sarden, ikan teri, dan kerang), dan minuman manis.

2. Makan Makanan dengan Kadar Purin Rendah

Ini termasuk biji-bijian, produk susu, telur, serta minyak dan lemak nabati. Buah batu seperti ceri dapat membantu menurunkan kadar asam urat.

3. Hindari Alkohol

Alkohol, terutama bir, memiliki kadar purin. Bir diyakini sebagai pemicu utama serangan asam urat.

Baca Juga: Asam Urat Semakin Menjauh: 5 Bahan Herbal yang Ampuh Mencegah Muncul Kembali

4. Minum Banyak Air

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi air yang cukup dikaitkan dengan penurunan serangan asam urat berulang yang signifikan.

Semakin banyak air yang Anda minum, semakin banyak asam urat yang dapat dikeluarkan dari tubuh melalui urin. Anda perlu minum setidaknya 64 ons air sehari untuk membantu Anda tetap terhidrasi dengan baik.

5. Bergerak

Kurangnya olahraga menyebabkan lebih banyak kekakuan dan nyeri. Jika nyeri menghalangi Anda bergerak, gunakan tongkat untuk mengurangi tekanan pada sendi yang meradang. Lakukan yang terbaik untuk terus bergerak, meskipun Anda hanya berjalan-jalan sebentar dan melakukan peregangan.

Baca Juga: 16 Jenis Ikan Laut dengan Purin Sedang yang Masih Aman Bagi Penderita Asam Urat

Lalu Bagaimana Jika Asam Urat Terus Kambuh?

Banyak orang mengalami serangan asam urat selama berbulan-bulan dan terkadang bertahun-tahun. Jika Anda adalah seseorang yang mengalami dua kali atau lebih kambuh dalam setahun, bicarakan dengan dokter tentang perubahan pada rencana perawatan Anda. Seringnya kambuh adalah hal yang tidak normal dan dapat menyebabkan kerusakan sendi.

Dokter dapat meresepkan obat untuk mengurangi produksi asam urat atau obat yang mengurangi rasa sakit dan bengkak jika Anda mengalami kambuh. Jika Anda mengalami dua kali atau lebih serangan asam urat dalam setahun, Anda mungkin akan diberi resep obat asam urat setiap hari. Baris pertama adalah Zyloprim (allopurinol), yang seringkali merupakan obat seumur hidup.

Hubungi dokter saat asam urat kambuh. Mereka mungkin meresepkan obat untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak atau memberi Anda suntikan kortikosteroid untuk mengurangi peradangan lebih cepat.

Baca Juga: Kisaran Gula Darah Normal Setelah Makan: Panduan Batas Aman untuk Penderita Diabetes

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 Juni 2024, 19:20 WIB

Polisi Telusuri Identitas Tengkorak Celana Merah di Cioray Sukabumi

Pihak kepolisian tengah lakukan penyelidikan kasus penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Keuangan24 Juni 2024, 19:09 WIB

BPJS dan UU Desa Baru: Kades, Perangkat dan BPD Dilindungi Jamsostek

Melalui perannya dalam UU Desa, BPJS Ketenagakerjaan berperan aktif dalam mendukung pembangunan dan perlindungan sosial di tingkat desa, sehingga masyarakat desa dapat merasakan manfaat nyata.
Peran BPJS Ketenagakerjaan dan UU Desa 2024 | Foto : Ist
Sehat24 Juni 2024, 19:00 WIB

Asam Lambung & GERD! Awas 7 Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong

Makanan pedas dapat merangsang produksi asam lambung, yang bisa memperparah kondisi seperti refluks asam (GERD) atau penyakit tukak lambung. Asam lambung berlebih dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada dan tenggorokan.
Ilustrasi. Asam Lambung Naik! Awas Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sehat24 Juni 2024, 18:30 WIB

Begini 7 Cara Menghindari Lonjakan Gula Darah yang Tepat Bagi Penderita Diabetes

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi24 Juni 2024, 18:17 WIB

Ada Training Pink dan Bra, Mayat Tinggal Tengkorak Di Cioray Sukabumi Diduga Perempuan

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, mengatakan bahwa saat ia bersama sejumlah anggota Kepolisian tiba di lokasi, diduga tengkorak tersebut berjenis kelamin perempuan
Tengkorak manusia dan celana panjang warna merah di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life24 Juni 2024, 18:00 WIB

Doa yang Dibaca Saat Menyambut Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air

Doa untuk jemaah haji yang pulang ke tanah air ini dianjurkan dibacakan saat menyambutnya.
Ilustrasi - Jemaah haji yang pulan ke tanah air. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sukabumi24 Juni 2024, 17:48 WIB

Sidak Ke PT BBM: BPJS dan Disnakertrans Sukabumi Pastikan Ahli Waris Pekerja Tewas Dapat Hak

Inspeksi ini dilakukan sebagai respons terhadap laporan kecelakaan kerja yang mengakibatkan kematian salah seorang buruh.
BPJS dan Disnakertrans Sukabumi Sidak ke PT BBM Padabeunghar menyusul adanya pekerja tewas tergiling mesin pengolah batu kapur | Foto : Ist
Life24 Juni 2024, 17:45 WIB

Mengenal Gangguan Keterikatan Reaktif Pada Anak Serta Gejala Hingga Penyebabnya

Gangguan Keterikatan Reaktif atau RAD merupakan suatu kondisi kesehatan mental yang terbentuk akibat kekerasan emosional hingga fisik dari orang tua dan pengasuhnya.
Ilustrasi mengenal gangguan keterikatan reaktif (RAD) pada anak (Sumber : Pexels.com)
Sehat24 Juni 2024, 17:30 WIB

4 Makanan dan Minuman yang Bermanfaat untuk Penderita Asam Urat

mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat membantu mengatasi gejala asam urat.
Ilustrasi - mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat membantu mengatasi gejala asam urat. (Sumber : pexels.com/Matt Hardy)
Sukabumi24 Juni 2024, 17:13 WIB

Sinergi BJB Syariah - LW Doa Bangsa Dalam Pengelolaan Wakaf di Daerah

Lembaga Wakaf (LW) Doa Bangsa telah menginvestasikan Dana Wakafnya di Bank BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Sukabumi, dalam program Tabungan Setara Deposito atau disingkat Tasedo, pada Senin (24/6/2024).
Lembaga Wakaf Doa Bangsa mulai menginvestasikan dana nasabah di BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Sukabumi | Foto : Ist