6 Buah Segar dan Manis Ini Aman Untuk Kadar Gula Darah, Tidak Bikin Khawatir

Jumat 07 Juni 2024, 10:45 WIB
Ilustrasi Mangga merupakan salah satu buah yang segar dan manis tetapi aman untuk kadar gula darah (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi Mangga merupakan salah satu buah yang segar dan manis tetapi aman untuk kadar gula darah (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Ketika kadar gula darah pada tubuh naik atau terserang diabetes, banyak orang cenderung menghindari buah-buahan yang manis karena kandungan gulanya.

Padahal buah dapat (dan harus) dimasukkan dalam diet seimbang baik Anda yang menderita kadar gula darah tinggi atau tidak. Meskipun buah memang mengandung gula, tapi juga kaya serat, vitamin, dan mineral, jadi dapat berdampak positif bagi kesehatan.

Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah walaupun Anda sedang menjaga atau mengontrol kadar gula darah. Karena pada dasarnya buah-buahan kaya akan kandungan baik untuk tubuh.

Baca Juga: 9 Kategori Ikan Laut Rendah Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui buah segar dan manis apa saja yang aman untuk penderita gula darah tinggi ataupun yang sedang diabetes. Dikutip dari laman eatingwell.com, berikut diantaranya:

1. Alpukat

Alpukat mengandung asam lemak tak jenuh, lemak yang lebih baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Uji klinis tahun 2019 menemukan bahwa mengkonsumsi setengah atau seluruh alpukat saat sarapan bisa menurunkan respons glukosa serta insulin partisipan jika dibandingkan dengan sarapan tinggi karbohidrat dan rendah lemak.

2. Pisang

Salah satu buah paling populer yang disebut sebagai buah tidak ramah untuk diabetes adalah pisang. Namun, jangan menyerah pada pernyataan tersebut. Karena pisang hijau yang belum matang merupakan sumber pati resisten baik, seratnya terbukti menurunkan kadar gula darah dan melawan resistensi insulin.

Seperti halnya semua makanan, ukuran porsi penting. Ahli kesehatan merekomendasikan memilih pisang yang lebih kecil, idealnya berukuran di bawah 6 atau 7 inci untuk keseimbangan gula darah dan memasangkannya dengan sumber protein dan/atau lemak sehat.

Baca Juga: 11 Ciri Orang yang Memiliki Luka Batin, Apakah Kamu Salah Satunya?

3. Mangga

Segar dan lezat, mangga adalah buah yang banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Meskipun beberapa orang menyebut mangga sebagai buah terlarang jika menderita diabetes, namun ahli diet mengatakan bahwa satu porsi (3/4 cangkir) mangga menyediakan 7% kebutuhan serat harian tubuh. Serat memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.yang ideal untuk pengelolaan kadar gula darah.

4. Jeruk

Jeruk terkenal dengan kandungan vitamin C-nya, namun satu buah jeruk ukuran sedang mengandung kurang lebih 3 gram serat. Serat makanan membuat Anda merasa kenyang dalam waktu lama dan dapat membantu mendukung pengelolaan berat badan serta kadar gula darah.

Ditambah lagi, Anda tidak bisa membandingkan jeruk utuh dengan jus jeruk. Karena ketika jeruk dibuat jus hampir tidak mengandung serat sama sekali. Jika menderita diabetes, sebaiknya dapat mempertimbangkan untuk memadukan jeruk dengan protein agar respons gula darah yang lebih stabil.

Baca Juga: 6 Minuman Terbaik Untuk Atasi Kadar Gula Darah Tinggi, Bisa Dibuat di Rumah!

5. Prune/Plum

Bertentangan dengan pendapat umum, Anda tidak harus menghindari buah kering jika menderita diabetes. Pasti beberapa penderita diabetes sering mengira kalau buah kering mengandung banyak gula sehingga perlu dihindari, padahal nyatanya hal itu tidak benar.

Misalnya, prune atau plum kering tidak mengandung tambahan gula dan merupakan buah kering dengan gula paling rendah. Dengan 3 gram serat alami, plum dapat mendukung kesehatan usus serta keseimbangan kadar gula darah.

6. Semangka

Meskipun semangka mungkin terasa sangat manis, sebenarnya tidak semuanya mengandung gula. Karena menurut ahli kesehatan, satu cangkir semangka yang dipotong dadu mengandung 9 gram gula alami, lebih sedikit dari kandungan gula 1 cangkir apel yang diiris.

Baca Juga: 10 Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi dalam Darah

Berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, ahli diabetes, dan ahli diet perlu dilakukan jika ragu pada seberapa banyak Anda boleh mengkonsumsi buah-buahan di atas, sebab kondisi kadar gula darah tiap orang bisa jadi berbeda-beda.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi25 Juni 2024, 22:02 WIB

Terekam CCTV, Pria Dengan Santai Curi Motor di Area Parkir Masjid Cibadak Sukabumi

Aksi pencurian kendaraan motor kembali terjadi. Kali ini terjadi di area parkir Masjid Darul Matin, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi pada Selasa (25/6/2024) sekitar pukul 12.20 WIB.
Pelaku pencurian motor di Masjid Darul Matin, Cibadak, tertangkap kamera CCTV saat melancarkan aksinya pada Selasa (25/6/2024) | Foto : capture video cctv / ibnu sanubari
Sehat25 Juni 2024, 21:00 WIB

Asam Lambung Naik Saat Tidur Sangat Menyiksa, 9 Tips untuk Mencegahnya

Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur dan sangat mengganggu.
Ilustrasi - Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur dan sangat mengganggu. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Sukabumi Memilih25 Juni 2024, 20:28 WIB

PPP Jaring 4 Calon Pendamping Asep Japar di Pilkada Sukabumi, Tinggal Persetujuan Koalisi

artai Persatuan Pembangunan (PPP) telah memulai proses penjaringan calon wakil bupati untuk mendampingi Asep Japar, yang merupakan bakal calon bupati dari Partai Golkar dalam Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 mendatang.
PPP jaring 4 bakal calon pendamping Asep Japar untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Sehat25 Juni 2024, 20:00 WIB

Memahami 5 Pengaruh Kopi Terhadap Diabetes, Benarkah Picu Lonjakan Gula Darah?

Kopi adalah minuman yang sering dikonsumsi bagi sebagian orang, namun apakah mengonsumsinya berpengaruh kepada gua darah?
Ilustrasi  - Kopi adalah minuman yang sering dikonsumsi bagi sebagian orang, namun apakah mengonsumsinya berpengaruh kepada gua darah? (Sumber : Pexels.com/@Chevanon Photography)
Sukabumi25 Juni 2024, 19:36 WIB

Warga Gembira, Jalan Jampangtengah - Purabaya Sukabumi Akhirnya Diperbaiki

Masyarakat Jampangtengah menyambut gembira realisasi perbaikan  Jampangtengah - Purabaya, tepatnya ruas jalan Bojong Lopang - Cimerang yang sudah lebih dari satu dekade mengalami rusak parah
Perbaikan jalan kabupaten ruas Bojong Lopang - Cimerang Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Gadget25 Juni 2024, 19:30 WIB

RAM Besar dan Performa Gahar, 3 Rekomendasi HP OPPO dengan Harga 2 Jutaan

OPPO merupakan salah satu pabrikan smartphone yang menyediakan banyak pilihan HP dengan RAM besar dan harga terjangkau.
Oppo A78 - OPPO merupakan salah satu pabrikan smartphone yang menyediakan banyak pilihan HP dengan RAM besar dan harga terjangkau. (Sumber : oppo.com).
Life25 Juni 2024, 19:15 WIB

Ingin Turun Berat Badan dengan Lari? Perhatikan 8 Hal Ini Sebelum Memulainya

Salah satu olahraga yang sering jadi fokus utama bagi orang yang ingin turun berat badan adalah lari. Ya, lari memang merupakan aktivitas fisik yang akan banyak menguras kalori pada tubuh.
Ilustrasi Jika ingin menurunkan berat badan dengan lari, maka perhatikan beberapa hal penting (Sumber : Freepik.com/@master1305)
Life25 Juni 2024, 19:00 WIB

Langsung Tidur Setelah Makan, 10 Kebiasaan Malam Ini Picu Asam Lambung Naik!

Makan besar atau makanan berat kurang dari 2-3 jam sebelum tidur bisa menyebabkan refluks asam di malam hari.
Ilustrasi. Kebiasaan Malam yang Bisa Memicu Asam Lambung Naik | Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi25 Juni 2024, 18:54 WIB

HMI Geram: Bawaslu Kota Sukabumi Gelar Bimtek Mewah Di Luar Wilayah Kerja

Keputusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sukabumi untuk menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis di luar wilayah kerja menuai kecaman dari berbagai pihak, termasuk Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sukabumi.
HMI Kritisi Bawaslu Kota Sukabumi Gelar BImtek Mewah di luar wilayah kerja | Foto : Bendera HMI
Sehat25 Juni 2024, 18:45 WIB

Asam Lambung Kambuh? Coba 9 Cara Meredakan Refluks Asam Ini di Rumah

Ketika asam lambung naik, maka perut kita akan terasa tidak nyaman. Bisa jadi kembung, mulas, bahkan hingga mual, dan muntah ketika refluks asam naik ke tenggorokan.
Ilustrasi Beberapa cara bisa dilakukan di rumah untuk meredakan asam lambung (Sumber : Freepik.com/@8photo)