Gula Darah Tinggi di Malam Hari: 7 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kamis 06 Juni 2024, 21:00 WIB
Ilustrasi - Gula darah tinggi di pagi hari bukanlah hal yang aneh, bahkan bisa terjadi di antara penderita diabetes yang terkontrol dengan baik. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)

Ilustrasi - Gula darah tinggi di pagi hari bukanlah hal yang aneh, bahkan bisa terjadi di antara penderita diabetes yang terkontrol dengan baik. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)

SUKABUMIUPDATE.com - Gula darah tinggi di malam hari, yang juga dikenal sebagai hiperglikemia nokturnal, adalah kondisi di mana kadar glukosa darah seseorang meningkat pada malam hari atau saat tidur. 

Ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang berhubungan dengan pola makan, aktivitas fisik, dan pengelolaan diabetes. Kadar glukosa berubah sepanjang hari dan sehubungan dengan kapan terakhir kali Anda makan. 

Jika glukosa darah Anda lebih tinggi dari 130 miligram per desiliter (mg/dL) saat malam, 180 mg/dL kira-kira dua jam setelah makan, atau lebih tinggi dari 200 mg/dL saat diuji secara acak, Anda dianggap menderita hiperglikemia.

 

Penyebab Gula Darah Tinggi di Malam Hari

Mengutip verrywellhealth, ada banyak penyebab gula darah tinggi di malam hari, antara lain:

 

  • Makan malam atau camilan sebelum tidur yang tinggi karbohidrat: Makan makanan bertepung atau tinggi gula di sore hari dapat menyebabkan gula darah tinggi di malam hari, serta gula darah tinggi di pagi hari.

 

  • Penyakit atau cedera: Trauma dapat memicu respons hipermetabolik (mempercepat metabolisme), yang menyebabkan gula darah tinggi. 

 

  • Terlalu sedikit olahraga: Olahraga membantu tubuh menggunakan insulin dengan lebih efektif, sehingga kurang olahraga dapat menyebabkan gula darah tinggi. 

 

  • Terlalu sedikit insulin atau obat diabetes: Ketika tubuh tidak memproduksi insulin atau tidak menggunakan insulin secara efektif dan Anda tidak menggunakan suntikan insulin atau obat diabetes dengan benar, glukosa dapat menumpuk di aliran darah.
  • Menstruasi: Progesteron adalah hormon yang terkait dengan penurunan produksi insulin, yang mempengaruhi metabolisme glukosa dan berpotensi menyebabkan gula darah tinggi.

 

  • Kehamilan: Kadar hormon berfluktuasi selama kehamilan. Diabetes yang terjadi selama kehamilan dikenal sebagai diabetes gestasional. 

 

  • Stres : Stres, yang diukur dengan kadar hormon yang disebut kortisol, dikaitkan dengan penurunan sensitivitas insulin. Dengan ini, glukosa tidak dapat masuk ke sel Anda dan digunakan untuk energi. 

 

Akibatnya, glukosa menumpuk di aliran darah, menyebabkan gula darah tinggi. Saat orang stres, mereka mungkin juga makan makanan manis secara berlebihan atau melakukan kebiasaan makan tidak sehat lainnya.

 

Bagaimana Gula Darah Tinggi Mempengaruhi Tidur

Gejala gula darah tinggi yang mungkin Anda alami di malam hari bisa membuat Anda sulit tidur, termasuk tertidur dan tertidur. Tergantung pada kapan Anda makan sebelum tidur, sistem pencernaan Anda mungkin membangunkan Anda pada jam-jam tertentu.

Masalah terkait ini dikenal dengan fenomena fajar, yaitu saat Anda bangun dengan gula darah tinggi di pagi hari. Makanan yang Anda makan di malam hari mungkin sedikit berkontribusi terhadap hal ini. 

 

Camilan Malam Hari untuk Mengatur Gula Darah

Camilan malam hari terbaik untuk mengatur gula darah mengandung kombinasi protein, lemak sehat, dan porsi karbohidrat kompleks yang terbatas, yaitu yang mengandung serat.

Ada banyak jajanan yang sesuai standar ini, antara lain:

  1. Segenggam kacang: Menurut Departemen Pertanian AS, secangkir kacang campur tanpa garam tanpa kacang tanah mengandung sekitar 23 gram protein, 79 gram lemak, 32 gram karbohidrat, dan 10,5 gram serat.

 

  1. Keju rendah lemak dan kerupuk gandum utuh: Satu porsi 100 gram (3,5 ons) keju cheddar rendah lemak mengandung sekitar 24 gram protein, 7 gram lemak, dan 2 gram karbohidrat. Satu porsi kerupuk gandum utuh dalam 100 gram mengandung sekitar 10,5 gram protein, 14 gram lemak, 70 gram karbohidrat, dan 10 gram serat. 

 

  1. Sebuah apel dan selai kacang:  100 gram apel (atau lebih dari setengah apel berukuran sedang) mengandung sekitar 0,41 gram protein, 14 gram karbohidrat, tanpa lemak, dan 2 gram serat. Satu sendok makan (16 gram) selai kacang mengandung sekitar 3,6 gram protein, 3,5 gram karbohidrat, 8 gram lemak, dan 0,8 gram serat.

 

  1. Yoghurt Yunani: 100 gram yogurt Yunani polos tanpa lemak mengandung sekitar 3 gram gula, 10 gram protein, kurang dari setengah gram lemak, 3 gram karbohidrat, dan tanpa serat. Anda bisa menambahkan sedikit rasa manis dengan buah.

 

  1. Yogurt: Baik Yunani atau biasa, yogurt terbukti mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 14% jika dikonsumsi setiap hari, menurut ulasan tahun 2017.

 

  1. Popcorn: Satu porsi popcorn dengan dua sendok makan keju Parmesan parut mengandung sekitar 157 kalori, 5,5 gram lemak, 20 gram karbohidrat, 3,5 gram serat, dan 7,5 gram protein. 

 

Cara Menjaga Kadar Gula Darah yang Sehat

Menjaga kadar gula darah yang sehat di siang hari merupakan cara yang baik untuk mencegah gula darah tinggi di malam hari. Itu berarti berolahraga secara teratur, mengonsumsi obat diabetes dalam jumlah yang tepat jika Anda menggunakannya, dan mengelola tingkat stres.

Kurang tidur sendiri kemungkinan merupakan salah satu faktor risiko terjadinya diabetes tipe 2, sehingga penting untuk menjaga siklus tidur yang sehat sebagai bagian dari gaya hidup sehat.




AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 Juni 2024, 19:20 WIB

Penemuan Tengkorak Manusia di Cioray Sukabumi, Polisi Selidiki Penyebabnya

Pihak kepolisian tengah lakukan penyelidikan kasus penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Keuangan24 Juni 2024, 19:09 WIB

BPJS dan UU Desa Baru: Kades, Perangkat dan BPD Dilindungi Jamsostek

Melalui perannya dalam UU Desa, BPJS Ketenagakerjaan berperan aktif dalam mendukung pembangunan dan perlindungan sosial di tingkat desa, sehingga masyarakat desa dapat merasakan manfaat nyata.
Peran BPJS Ketenagakerjaan dan UU Desa 2024 | Foto : Ist
Sehat24 Juni 2024, 19:00 WIB

Asam Lambung & GERD! Awas 7 Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong

Makanan pedas dapat merangsang produksi asam lambung, yang bisa memperparah kondisi seperti refluks asam (GERD) atau penyakit tukak lambung. Asam lambung berlebih dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada dan tenggorokan.
Ilustrasi. Asam Lambung Naik! Awas Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sehat24 Juni 2024, 18:30 WIB

Begini 7 Cara Menghindari Lonjakan Gula Darah yang Tepat Bagi Penderita Diabetes

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi24 Juni 2024, 18:17 WIB

Ada Training Pink dan Bra, Mayat Tinggal Tengkorak Di Cioray Sukabumi Diduga Perempuan

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, mengatakan bahwa saat ia bersama sejumlah anggota Kepolisian tiba di lokasi, diduga tengkorak tersebut berjenis kelamin perempuan
Tengkorak manusia dan celana panjang warna merah di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life24 Juni 2024, 18:00 WIB

Doa yang Dibaca Saat Menyambut Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air

Doa untuk jemaah haji yang pulang ke tanah air ini dianjurkan dibacakan saat menyambutnya.
Ilustrasi - Jemaah haji yang pulan ke tanah air. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sukabumi24 Juni 2024, 17:48 WIB

Sidak Ke PT BBM: BPJS dan Disnakertrans Sukabumi Pastikan Ahli Waris Pekerja Tewas Dapat Hak

Inspeksi ini dilakukan sebagai respons terhadap laporan kecelakaan kerja yang mengakibatkan kematian salah seorang buruh.
BPJS dan Disnakertrans Sukabumi Sidak ke PT BBM Padabeunghar menyusul adanya pekerja tewas tergiling mesin pengolah batu kapur | Foto : Ist
Life24 Juni 2024, 17:45 WIB

Mengenal Gangguan Keterikatan Reaktif Pada Anak Serta Gejala Hingga Penyebabnya

Gangguan Keterikatan Reaktif atau RAD merupakan suatu kondisi kesehatan mental yang terbentuk akibat kekerasan emosional hingga fisik dari orang tua dan pengasuhnya.
Ilustrasi mengenal gangguan keterikatan reaktif (RAD) pada anak (Sumber : Pexels.com)
Sehat24 Juni 2024, 17:30 WIB

4 Makanan dan Minuman yang Bermanfaat untuk Penderita Asam Urat

mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat membantu mengatasi gejala asam urat.
Ilustrasi - mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat membantu mengatasi gejala asam urat. (Sumber : pexels.com/Matt Hardy)
Sukabumi24 Juni 2024, 17:13 WIB

Sinergi BJB Syariah - LW Doa Bangsa Dalam Pengelolaan Wakaf di Daerah

Lembaga Wakaf (LW) Doa Bangsa telah menginvestasikan Dana Wakafnya di Bank BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Sukabumi, dalam program Tabungan Setara Deposito atau disingkat Tasedo, pada Senin (24/6/2024).
Lembaga Wakaf Doa Bangsa mulai menginvestasikan dana nasabah di BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Sukabumi | Foto : Ist