Alpukat Sahabat Penderita Diabetes: Membantu Stabilkan Gula Darah Tetap Normal

Rabu 05 Juni 2024, 14:30 WIB
Ilustrasi - Alpukat adalah sumber nutrisi yang baik dan merupakan sahabat diabetes untuk menjaga kadar gula darah tetap normal. (Sumber : Unsplash.com/@Art Rachen).

Ilustrasi - Alpukat adalah sumber nutrisi yang baik dan merupakan sahabat diabetes untuk menjaga kadar gula darah tetap normal. (Sumber : Unsplash.com/@Art Rachen).

SUKABUMIUPDATE.com - Hidup dengan diabetes memang menjadi tantangan tersendiri bagi seseorang. Disamping memerlukan keseimbangan mengelola kadar gula darah, membuat pilihan makanan yang tidak menyebabkan lonjakan adalah hal penting.

Pola makan sahabat penderita diabetes adalah memasukkan alpukat ke dalam asupan sehari-hari. Buah serbaguna ini memiliki khasiat kuat dalam mendukung kesehatan diabetes, salah satunya menjaga kadar gula darah tetap normal.

Manfaat Alpukat Jika Anda Penderita Diabetes

Dihimpun dari laman Onlymyhealth, seorang pakar kesehatan Dr Shweta Jaiswal, Ahli Gizi Senior di Rumah Sakit Sharda berbagi beberapa manfaat makan alpukat jika seseorang menderita diabetes, berikut diantaranya.

Baca Juga: Taklukkan Lonjakan Gula Darah: 11 Panduan Lengkap Mengelola dan Mencegahnya

1. Stabilitas Gula Darah

Salah satu alasan paling kuat bagi penderita diabetes untuk mengonsumsi alpukat adalah kemampuannya membantu menstabilkan kadar gula darah tetap normal. Penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Journal menunjukkan bahwa memasukkan alpukat ke dalam rutinitas pagi Anda dapat berkontribusi pada pengendalian gula darah yang lebih baik sepanjang hari.

Kandungan karbohidratnya yang rendah berarti tidak akan menyebabkan lonjakan tiba-tiba, sehingga menawarkan pelepasan energi yang stabil.

2. Kaya Lemak Sehat

Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi, yakni jenis lemak baik yang mendukung kesehatan jantung dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Baca Juga: Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah: 4 Cara Memasukannya Kedalam Pola Makan

Lemak baik ini tidak hanya berkontribusi pada rasa kenyang saja, juga membantu pengelolaan berat badan, yang menjadi aspek penting dalam perawatan diabetes.

Dengan 22 gram lemak dan 10,1 gram serat dalam porsi 150 gram, alpukat merupakan tambahan yang mengenyangkan untuk makanan apa pun.

3. Kaya Serat

Serat adalah sahabat terbaik bagi penderita diabetes, dan alpukat memberikan serat dalam dosis yang sehat. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit merekomendasikan diet tinggi serat untuk penderita diabetes, karena dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah puasa dan kadar A1c.

Baca Juga: 2 Cara Mudah Membuat Air Minuman Kayu Manis untuk Mengobati Asam Urat

Alpukat dan buah-buahan rendah karbohidrat lainnya, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian, membantu meningkatkan asupan serat, serta mengelola gula darah menjadi lebih baik.

4. Pembangkit Tenaga Kalium

Bagi mereka yang bergulat dengan tekanan darah tinggi dan diabetes, alpukat menawarkan solusi alami. Tingginya potasium, mereka melawan efek natrium pada tekanan darah, meningkatkan kesehatan jantung.

Dengan memasukkan alpukat ke dalam makanan Anda, Anda tidak hanya mendukung regulasi gula darah tetapi juga berkontribusi dalam menjaga tingkat tekanan darah yang sehat.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Rebusan Daun Kersen untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

5. Pengendalian Kolesterol

Alpukat juga terkenal karena kemampuannya menurunkan kadar kolesterol. Kombinasi lemak sehat dan serat bekerja sangat baik dalam mengurangi kolesterol LDL kolesterol "jahat" yang menyebabkan penyakit jantung.

Dengan memasukkan alpukat ke dalam makanan Anda, Anda tidak hanya melindungi jantung Anda tetapi juga memperoleh manfaat dari peningkatan kesehatan secara keseluruhan.

Kesimpulannya: Alpukat sangat bagus untuk membantu mengelola gula darah tetap normal bagi penderita diabetes. Alpukat juga sumber nutrisi yang baik yakni lemak sehat, serat dan nutrisi penting bagi diet ramah diabetes.

Baca Juga: Jus Lemon Hingga Teh Herbal, 10 Pengobatan Rumahan untuk Asam Urat yang Dapat Anda Pilih

Selain untuk diabetes, alpukat juga mendukung kesehatan jantung, dan kolesterol tinggi. Oleh karenanya, alpukat menjadi makanan yang harus ada dalam diet seseorang.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Science27 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Juli 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com).
Inspirasi26 Juli 2024, 22:02 WIB

Jatim Media Summit Bagikan Tips Bikin Konten Video Disukai Penonton di Medsos

Sebelum memulai membuat konten video, alangkah baiknya untuk mengenal audiens atau penonton. Cari tahu apa yang mereka suka dan dibutuhkan.
Jatim Media Summit, Kamis (25/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi26 Juli 2024, 21:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Gudang Limbah Pabrik di Parungkuda Sukabumi

Warga ungkap asal muasal api yang menjadi penyebab kebakaran gudang limbah pabrik di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Damkar berjibaku memadamkan kebakaran yang melanda gudang limbah pabrik kain di Parungkuda Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat26 Juli 2024, 21:11 WIB

16 Rumah Dilaporkan Rusak, Pj Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Gempa di Kuningan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau sejumlah lokasi yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kuningan. (Sumber : Humas Jabar)
Sehat26 Juli 2024, 21:00 WIB

Oatmeal Hingga Minyak Kelapa, 7 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Dapat Anda Lakukan

Cuaca dingin dan kering, sering mencuci tangan, atau paparan sinar matahari berlebihan dapat membuat kulit kering.
Ilustrasi - Dengan perawatan yang tepat, kulit kering dapat diatasi dan kembali sehat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi26 Juli 2024, 20:56 WIB

Langganan Banjir, Warga Minta Pengerukan Sungai Cibening Purabaya Sukabumi

Warga berharap adanya penanganan Sungai Cibening Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang mengalami pendangkalan serta penyempitan
Forkopimcam dan relawan saat sedang membersihkan Sungai Cibening Purabaya Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life26 Juli 2024, 20:30 WIB

10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Senyuman orang yang memiliki dendam mungkin tampak dipaksakan atau tidak tulus. Ekspresi wajah sering kali tidak selaras dengan kata-kata mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Opini26 Juli 2024, 20:07 WIB

Menengok Pilkada Sukabumi yang Kering Gagasan

Kurang lebih empat bulan lagi, tepatnya pada tanggal 27 November 2024, masyarakat Kabupaten Sukabumi akan memilih Bupati dan Wakil Bupati yang baru
Ilustrasi kepala daerah menyampaikan gagasan membangun Sukabumi | Foto : Pixabay