Menikmati Ikan Tanpa Takut Asam Urat: Tips Aman Memasukkannya ke dalam Diet Anda

Selasa 04 Juni 2024, 21:00 WIB
Ilustrasi - Mengonsumsi ikan bagi penderita asam urat memang perlu memperhatikan kandungan purin dan cara mengolahnya. (Sumber : Freepik.com).

Ilustrasi - Mengonsumsi ikan bagi penderita asam urat memang perlu memperhatikan kandungan purin dan cara mengolahnya. (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi penderita asam urat memang perlu menghindari makanan tinggi purin, yakni senyawa alami yang ditemukan didalam tubuh dan beberapa makanan seperti ikan.

Saat darah Anda memiliki konsentrasi asam urat yang terlalu tinggi, asam urat dapat menumpuk di persendian Anda dan menyebabkan pembengkakan, peradangan dan nyeri hebat yang merupakan ciri khas asam urat.

Meskipun sejumlah ikan harus menjadi bagian dari diet asam urat karena mengandung asam lemak omega-3, yang dapat membantu mencegah penyakit jantung dan kolesterol darah tinggi, tapi jenis ikan tertentu dapat memperburuk gejala asam urat.

Baca Juga: 2 Cara Mudah Membuat Air Minuman Kayu Manis untuk Mengobati Asam Urat

Ikan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Mengutip laman livestrong, makanan yang mengandung 150 hingga 825 miligram senyawa purin dalam setiap 100 gramnya dianggap makanan tinggi purin dan harus dihindari oleh individu yang menjalani diet asam urat.

Sejumlah ikan yang termasuk dalam kategori ini, antara lain ikan laut seperti teri, makarel, herring, sarden, cod, haddock, dan trout. Versi kalengan dari makanan ini juga tidak diperbolehkan untuk diet asam urat.

Sarden kalengan memiliki 480 miligram purin per 100 gram, dan ikan haring kalengan memiliki 378 miligram. Keduanya merupakan ikan yang memiliki kandungan tinggi purin dan wajib dihindari.

Baca Juga: 9 Cara Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat yang Bisa Dilakukan Sendiri Dirumah

Ikan yang Masuk Dalam Diet Asam Urat

Ikan yang tidak termasuk dalam kategori purin tinggi mengandung senyawa purin dalam jumlah sedang, yaitu 50 hingga 150 miligram purin dalam setiap 100 gramnya. Contohnya termasuk salmon, tuna kalengan, flounder, sole dan lele.

Ikan seperti tuna albacore kalengan, bluefish, kakap, dan halibut dapat dimakan sesekali antara tiga hingga enam kali sebulan. Tetapi varietas rendah merkuri dan purin sedang seperti flounder, nila, salmon, dan bandeng atau Hering adalah pilihan terbaik.

Tips Mengonsumsi Ikan untuk Penderita Asam Urat

Penting bagi seseorang yang mengikuti diet asam urat untuk menjaga asupan makanan tinggi lemak serendah mungkin. Kelebihan lemak dapat merangsang ginjal Anda untuk menahan asam urat, yang mungkin menyebabkan timbulnya gejala asam urat.

Baca Juga: 5 Langkah Tepat Mencegah Asam Urat Kambuh Lagi di Masa Depan, Dijamin Efektif!

Daripada menggoreng ikan, cobalah untuk mengukus, atau merebus ikan segar dengan sedikit tambahan lemak tak jenuh tunggal atau tak jenuh ganda seperti minyak zaitun atau minyak canola.

Untuk menjaga asupan natrium Anda tetap rendah, bumbui ikan dengan bumbu, rempah-rempah, atau perasan jeruk nipis atau jus lemon, bukan garam atau campuran bumbu tinggi natrium.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life15 Juni 2024, 14:00 WIB

Tidak Melulu Soal IQ, Ini 3 Ciri-ciri Umum Anak Berbakat Dilihat Dari Sifatnya

Meski ada kesamaan dalam hal bakat, penting untuk diingat bahwa ini bukanlah definisi yang bisa diterapkan untuk semua orang. Beberapa anak mungkin berbakat dalam banyak bidang dan yang lain berbakat dalam satu bidang tertentu.
Ilustrasi ciri anak berbakat yang bisa dilihat dari sifatnya (Sumber : Pexels.com/@Katerina Holmes)
Life15 Juni 2024, 13:30 WIB

Bagaimana Sekolah Bisa Mengidentifikasi Anak Berbakat? Berikut 4 Tes yang Dapat Dilakukan

Sekolah dapat mengidentifikasi anak berbakat dengan beberapa cara dibawah ini, karena dengan cara ini sekolah bisa menentukan dengan mudah untuk bisa menyesuaikan dengan anak berbakat
Ilustrasi pihak sekolah bisa mengidentifikasi anak-anak berbakat (Sumber : Pexels.com/@Katerina Holmes)
Life15 Juni 2024, 13:00 WIB

2 Jenis Tes Utama Bakat yang Bisa Dilakukan Pada Anak, Yuk Simak Agar Orang Tua Paham

Bakat pada anak perlu diuji dengan cara tertentu, agar nantinya orang tua lebih paham dan anak lebih terarah untuk kedepannya
Ilustrasi tes yang bisa dilakukan orang tua untuk menentukan anak berbakat atau tidak (Sumber : Pexels.com/@MART PRODUCTION)
Sukabumi15 Juni 2024, 12:47 WIB

30 Paket Sabu Ditemukan di Cicurug Sukabumi, Pemiliknya Kabur

Sebanyak 30 paket sabu ditemukan di semak-semak di sekitar Perumahan Gedung Putih RT 5/5, Kampung Purwasari, Desa Purwasari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi
Penemuan 30 paket sabu di Desa Purwasari Cicurug Sukabumi | Foto : Ist
Life15 Juni 2024, 12:30 WIB

10 Cara Ampuh yang Dapat Orang Tua Lakukan Untuk Memotivasi Anak Berbakat

Orang tua yang memiliki anak berbakat seringkali kewalahan dan merasa kecewa karena kurangnya prestasi.
Ilustrasi cara ampuh yang orang tua lakukan untuk memotivasi anak berbaka (Sumber : Pexels.com/@jonasmohamadi)
Sukabumi15 Juni 2024, 12:18 WIB

Minta Tolong Netizen! Keluarga Korban Celurit Geng Motor di Sukabumi Cari Pelaku

Keluarga Ardi Aulia Muhammad (21 tahun), pemuda yang jari tangannya nyaris putus disabet celurit geng motor di Nanggeleng Citamiang Kota Sukabumi, Jumat, 14 Juni 2024, butuh pertolongan netizen.
Ilustrasi citizen journalism. Keluarga berharap netizen yang melihat peristiwa itu speak up dan memberikan data tentang para pelaku kepada pihak kepolisian. (Sumber: editorandpublisher.com)
Life15 Juni 2024, 12:00 WIB

Ayah Bunda Harus Tahu, 4 Cara Mengasuh Anak Berbakat Agar Lebih Terarah

Anak berbakat seringkali membuat orang tuanya bingung bahkan merasa dirinya tidak berdaya. Namun jangan khawatir, berikut tips yang bisa diterapkan untuk mengasuh anak berbakat
Ilustrasi cara orang tua dalam mengasuh anak berbakat (Sumber : Pexels.com/@Yan Krukau)
Sukabumi15 Juni 2024, 11:35 WIB

Rekaman Perang Senjata Tajam di Sukabumi, Tengah Malam di Jalur Baru Sukaraja

Jumat dini hari (14/6/2024), dua kelompok anak muda terlibat perang senjata tajam di jalan raya Baru Sukaraja, Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.
Perang senjata tajam dua kelompok pemuda di jalan baru Sukaraja Kabupaten Sukabumi, Sabtu dini hari (15/6/2024) (Sumber: cctv)
Life15 Juni 2024, 11:30 WIB

20 Penyebab Nyeri Panggul Saat Kehamilan yang Perlu Diwaspadai Para Ibu

Mengalami nyeri panggul saat sedang hamil bisa jadi menakutkan. Berikut cara mengetahui apakah gejalanya normal atau memerlukan perhatian medis.
Ilustrasi ibu hamil mengalami nyeri panggul selama masa kehamilan (Sumber : Freepik.com)
Film15 Juni 2024, 11:00 WIB

Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa

Film Harta, Tahta, Raisa, adalah film dokumenter yang mengisahkan perjalanan karir raisa sebagai seorang penyanyi di Indonesia dan penyanyi perempuan pertama yang bisa menggelar konser tunggal di GBK
Poster film Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa (Sumber : instagram/@raisa6690)