Mengenal Kayu Manis: Nutrisi dan Manfaat Kesehatan yang Jarang Diketahui

Kamis 18 April 2024, 13:00 WIB
Ilustrasi - Kayu manis menawarkan beberapa manfaat kesehatan karena senyawa nabati tertentu dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan. (Sumber : pexels.com/@Mareefe).

Ilustrasi - Kayu manis menawarkan beberapa manfaat kesehatan karena senyawa nabati tertentu dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan. (Sumber : pexels.com/@Mareefe).

SUKABUMIUPDATE.com - Kayu manis atau yang memiliki nama latin Cinnamomum zeylacium adalah berasal dari kulit berbagai jenis pohon kayu manis. Tanaman ini telah digunakan sebagai bumbu dan obat selama ribuan tahun serta untuk bahan aromatik yang serbaguna dalam resep manis dan gurih.

Kayu manis telah dipelajari karena efek terapeutiknya, mulai dari menurunkan gula darah dan kolesterol hingga mengurangi peradangan. Namun, mengonsumsi kayu manis dalam dosis besar dapat menimbulkan efek buruk, seperti mengganggu pengobatan tertentu dan menyebabkan gangguan pencernaan serta reaksi alergi.

Berikut adalah nutrisi dan manfaat kesehatan dari kayu manis yang dihimpun dari verywellhealth.

Baca Juga: Takut Gula Darah Naik? Yuk Cobain 11 Karbohidrat Sehat yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Nutrisi Kayu Manis

Kayu manis biasanya digunakan dalam jumlah kecil. Meski kaya akan mikronutrien tertentu seperti kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium, namun tidak akan memberikan kontribusi signifikan terhadap asupan nutrisi harian Anda.

Tambahkan sedikit kayu manis pada berbagai makanan padat nutrisi, termasuk buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, polong-polongan, biji-bijian, protein tanpa lemak, lemak sehat, dan produk susu rendah lemak.

Satu sendok teh kayu manis, setara dengan 2,6 gram (g), mengandung nutrisi berikut dalam gram, miligram (mg), dan mikrogram (mcg):

  • Kalori: 6
  • Gram lemak: 0
  • Karbohidrat: 2 gram
  • Serat: 1 gram
  • Natrium: 0,26 mg
  • Gula: 0 gram
  • Protein: 0,1
  • Kalsium: 26,1 mg
  • Besi: 0,21 mg
  • Magnesium: 1,56 mg
  • Fosfor: 1,66 mg
  • Kalium: 11,2 mg
  • Vitamin A: 0,39 mcg

Baca Juga: Mau Tahu Kadar Gula Darah Normal Setelah Makan? Penderita Diabetes Yuk Simak Disini!

Jenis Kayu Manis

Dua jenis kayu manis utama disebut Ceylon (juga dikenal sebagai kayu manis sejati) dan Cassia. Ceylon bisa lebih mahal dan lebih sulit ditemukan. Kayu manis Ceylon memiliki rasa yang lebih lembut.

Kayu manis Cassia mengandung bahan kimia yang disebut kumarin, yang dapat berbahaya bagi hati bila dikonsumsi dalam jumlah tinggi dalam jangka waktu lama.

Apa Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan?

Kayu manis mengandung senyawa yang disebut cinnamaldehyde, yang ada dalam minyak. Kayu manis berkontribusi terhadap keharuman dan ikut bertanggung jawab atas berbagai manfaat kesehatan dan efek anti-inflamasi yang dikaitkan dengan kayu manis.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Rebusan Mengkudu untuk Menurunkan Gula Darah, Simak 4 Langkahnya

Kulit kayu manis mengandung senyawa bioaktif lain seperti katekin dan procyanidin, yang termasuk dalam sub kelompok flavonoid dan dapat memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi.

Dapat Membantu Mengontrol Gula Darah

Penggunaan kayu manis dalam menurunkan gula darah telah diteliti pada penderita pradiabetes . Meskipun penelitiannya beragam, sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kayu manis setiap hari dapat membantu mengontrol gula darah.

Dalam studi tersebut, peserta dengan pradiabetes mengonsumsi tiga kali sehari dengan dosis 500 miligram (mg) kayu manis (sepertiga sendok teh) selama 12 minggu. Para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi kayu manis selama 12 minggu meningkatkan glukosa plasma puasa dan toleransi glukosa pada penderita pradiabetes.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Teh Daun Sirsak untuk Menurunkan Gula Darah, Gampang dan Praktis!

Namun, para peneliti mencatat bahwa diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengatasi efek kayu manis pada laju perkembangan pradiabetes menjadi diabetes tipe 2.

Jika Anda mengonsumsi obat diabetes yang membantu menurunkan gula darah, Anda harus mendiskusikan penggunaan kayu manis dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk menghindari hipoglikemia (gula darah rendah).

Memiliki Efek Kardioprotektif

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam kayu manis dapat melindungi jantung. Para peneliti menyelidiki efek suplementasi kayu manis oral pada orang dengan sindrom metabolik.

Baca Juga: Mudah Dibuat Dirumah, Infused Water Daun Sirsak untuk Mengatur Kadar Gula Darah Tinggi

Orang yang mengonsumsi suplemen kayu manis mengalami penurunan berat badan, lemak perut , kolesterol total, trigliserida , dan kolesterol low-density lipoprotein (LDL) (kolesterol jahat) (kolesterol jahat) yang jauh lebih tinggi, serta tekanan darah , dibandingkan dengan plasebo.

Perlu dicatat bahwa semua orang dianggap memiliki berat badan berlebih dan dididik tentang pola makan sehat dan olahraga. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian.

Potensi Manfaat Kayu Manis Lainnya

Penelitian di laboratorium menunjukkan bahwa kayu manis memiliki sifat antibakteri dan dapat membantu mengurangi jenis bakteri tertentu yang dapat menyebabkan penyakit dan merusak makanan dan kosmetik.

Kayu manis juga telah diteliti perannya dalam memperbaiki peradangan pada wanita penderita rheumatoid arthritis (RA) , namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia, para ahli percaya kayu manis mungkin memiliki efek neuroprotektif. Studi yang dilakukan pada tabung reaksi dan hewan mengungkapkan bahwa khasiat ekstrak kayu manis berpotensi menghambat dan mencegah penyebab utama penyakit Alzheimer.

Apakah Kayu Manis Baik untuk Anda?

Kayu manis adalah antioksidan nabati yang kuat. Jika Anda ingin mengurangi asupan gula tanpa mengurangi rasa, kayu manis adalah bahan yang bagus.

Ini juga bisa menjadi tambahan lezat untuk makanan favorit Anda. Menambahkan sedikit oat, sereal, yogurt, smoothie, roti panggang, dan buah akan meningkatkan rasa atau kelezatan makanan bergizi sekaligus menambah manfaat.

Kayu manis tidak boleh digunakan sebagai pengganti obat-obatan, tetapi kayu manis merupakan tambahan yang bagus untuk rencana makan.

Bisakah Anda Mengkonsumsi Kayu Manis Setiap Hari?

Jika Anda berencana mengonsumsi kayu manis secara rutin, mungkin yang terbaik adalah membeli kayu manis Ceylon. Kayu manis Ceylon mengandung sedikit kumarin, sekitar 0,004%, sedangkan kayu manis Cassia mengandung sekitar 1% kumarin.

Berbagai tingkat kumarin ditemukan di kayu manis Cassia, tergantung pada jenis dan sumbernya. Sebuah penelitian menemukan bahwa bubuk dan batang Cassia mengandung hingga 25,7 mg per sendok teh, dengan rata-rata 9,6 mg.

Efek Samping Kayu Manis (Risiko)

Kayu manis Cassia mengandung bahan kimia yang disebut kumarin, yang dapat membahayakan hati. Seringkali, mengonsumsi kayu manis Cassia dalam jumlah kecil tidak menimbulkan masalah apa pun.

Namun penggunaan kayu manis Cassia dalam jangka panjang dapat menimbulkan masalah, terutama pada orang yang sensitif, seperti penderita penyakit hati .

Kayu manis juga dapat mengganggu pengobatan tertentu, seperti statin (obat penurun kolesterol) dan obat oral yang digunakan untuk mengobati diabetes. Jika Anda sedang hamil atau menyusui, penggunaan kayu manis dalam jumlah rata-rata biasanya diperbolehkan, namun hanya sedikit yang mengetahui keamanan kayu manis dalam dosis yang lebih tinggi.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life01 Mei 2024, 19:30 WIB

7 Sikap Sederhana yang Membuat Kamu Bisa Dikagumi Banyak Orang

Ingatlah bahwa sikap-sikap sederhana ini tidak datang dengan sendirinya. Dibutuhkan usaha dan latihan untuk menjadikannya kebiasaan.
Ilustrasi - Ingatlah bahwa sikap-sikap sederhana ini tidak datang dengan sendirinya. Dibutuhkan usaha dan latihan untuk menjadikannya kebiasaan. (Sumber : Freepik.com)
Sehat01 Mei 2024, 19:00 WIB

10 Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda, jadi carilah pola tidur yang paling cocok untuk penderita asam urat dan konsultasikan dengan dokter jika memiliki masalah tidur yang berkelanjutan.
Ilustrasi. Nyenyak. Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : Pexels/KetutSubiyanto)
Life01 Mei 2024, 18:49 WIB

6 Rahasia agar Selalu Dipercaya Orang Lain Secara Konsisten, Ini Caranya

Setiap orang harus belajar dan menerapkan prinsip bagaimana caranya agar selalu dipercaya orang lain dalam hidupnya.
Ilustrasi. Berikut cara selalu dipercaya orang lain. | Sumber foto : Pexels/ Tima Miroshnichenko
Motor01 Mei 2024, 18:30 WIB

Intip Spesifikasi Honda Vario 125 Terbaru Edisi Mei 2024, Segini Harganya!

Honda Vario 125 2024 masih merupakan pilihan yang menarik bagi para pengendara motor matic di Indonesia.
Honda Vario 125 2024 masih merupakan pilihan yang menarik bagi para pengendara motor matic di Indonesia. (Sumber : astra-honda.com).
Sukabumi01 Mei 2024, 18:28 WIB

38 Tahun Iyos Somantri Mengabdikan Diri Bukan Omong Kosong

Sangat Paham Sukabumi, pengabdian Iyos Somantri selama 38 tahun dinilai bukan pengabdian tanpa prestasi dan tanpa perbuatan.
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri. | Foto: Dokpim Kabupaten Sukabumi
Life01 Mei 2024, 18:06 WIB

Berikan Konsekuensi Langsung, Ini 5 Komponen Inti Disiplin Anak yang Sehat dan Efektif

Menerapkan disiplin pada anak memang susah susah gampang, namun sebelum itu, kita perlu mengetahui komponen inti disiplin anak yang sehat dan efektif.
Ilustrasi disiplin anak yang sehat / Sumber : pexels.com/@olia danilevich
Life01 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa untuk Menghilangkan Rasa Malas, Amalkan Agar Badan Kembali Bersemangat!

Salah satu cara untuk menghilangkan rasa malas adalah dengan cara membaca doa.
Salah satu cara untuk menghilangkan rasa malas adalah dengan cara membaca doa. | Foto : Pixabay
Sukabumi01 Mei 2024, 17:55 WIB

Peringati May Day 2024, Buruh Sukabumi Soroti Upah Hingga Praktik Pungli

Peringati hari buruh internasional atau May Day 2024, buruh Sukabumi sentil soal praktik pungli hingga tuntut upah layak.
Buruh yang tergabung dalam FSB KIKES KSBSI saat peringati May Day 2024 di depan gedung DPRD. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi01 Mei 2024, 17:12 WIB

Respons Disperkim Sukabumi Soal Aksi Vandalisme Hiasi Fasum di Palabuhanratu

Kecam aksi Vandalisme, Disperkim Kabupaten Sukabumi minta masyarakat jaga Fasilitas Umum.
Fasilitas Umum (Fasum) Taman Bappeda di Palabuhanratu Sukabumi menjadi sasaran aksi vandalisme. (Sumber : SU/Ilyas)
Musik01 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Nobody Gets Me Sza yang Viral di Medsos

Lagu Nobody Gets Me dipopulerkan oleh Sza, penyanyi yang sebelumnya sukses dengan lagu Kill Bill.
Lirik dan Terjemahan Lagu Nobody Gets Me Sza yang Viral di Medsos. Foto: YouTube/SZA