Mengenal Kayu Manis: Nutrisi dan Manfaat Kesehatan yang Jarang Diketahui

Kamis 18 April 2024, 13:00 WIB
Ilustrasi - Kayu manis menawarkan beberapa manfaat kesehatan karena senyawa nabati tertentu dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan. (Sumber : pexels.com/@Mareefe).

Ilustrasi - Kayu manis menawarkan beberapa manfaat kesehatan karena senyawa nabati tertentu dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan. (Sumber : pexels.com/@Mareefe).

SUKABUMIUPDATE.com - Kayu manis atau yang memiliki nama latin Cinnamomum zeylacium adalah berasal dari kulit berbagai jenis pohon kayu manis. Tanaman ini telah digunakan sebagai bumbu dan obat selama ribuan tahun serta untuk bahan aromatik yang serbaguna dalam resep manis dan gurih.

Kayu manis telah dipelajari karena efek terapeutiknya, mulai dari menurunkan gula darah dan kolesterol hingga mengurangi peradangan. Namun, mengonsumsi kayu manis dalam dosis besar dapat menimbulkan efek buruk, seperti mengganggu pengobatan tertentu dan menyebabkan gangguan pencernaan serta reaksi alergi.

Berikut adalah nutrisi dan manfaat kesehatan dari kayu manis yang dihimpun dari verywellhealth.

Baca Juga: Takut Gula Darah Naik? Yuk Cobain 11 Karbohidrat Sehat yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Nutrisi Kayu Manis

Kayu manis biasanya digunakan dalam jumlah kecil. Meski kaya akan mikronutrien tertentu seperti kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium, namun tidak akan memberikan kontribusi signifikan terhadap asupan nutrisi harian Anda.

Tambahkan sedikit kayu manis pada berbagai makanan padat nutrisi, termasuk buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, polong-polongan, biji-bijian, protein tanpa lemak, lemak sehat, dan produk susu rendah lemak.

Satu sendok teh kayu manis, setara dengan 2,6 gram (g), mengandung nutrisi berikut dalam gram, miligram (mg), dan mikrogram (mcg):

  • Kalori: 6
  • Gram lemak: 0
  • Karbohidrat: 2 gram
  • Serat: 1 gram
  • Natrium: 0,26 mg
  • Gula: 0 gram
  • Protein: 0,1
  • Kalsium: 26,1 mg
  • Besi: 0,21 mg
  • Magnesium: 1,56 mg
  • Fosfor: 1,66 mg
  • Kalium: 11,2 mg
  • Vitamin A: 0,39 mcg

Baca Juga: Mau Tahu Kadar Gula Darah Normal Setelah Makan? Penderita Diabetes Yuk Simak Disini!

Jenis Kayu Manis

Dua jenis kayu manis utama disebut Ceylon (juga dikenal sebagai kayu manis sejati) dan Cassia. Ceylon bisa lebih mahal dan lebih sulit ditemukan. Kayu manis Ceylon memiliki rasa yang lebih lembut.

Kayu manis Cassia mengandung bahan kimia yang disebut kumarin, yang dapat berbahaya bagi hati bila dikonsumsi dalam jumlah tinggi dalam jangka waktu lama.

Apa Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan?

Kayu manis mengandung senyawa yang disebut cinnamaldehyde, yang ada dalam minyak. Kayu manis berkontribusi terhadap keharuman dan ikut bertanggung jawab atas berbagai manfaat kesehatan dan efek anti-inflamasi yang dikaitkan dengan kayu manis.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Rebusan Mengkudu untuk Menurunkan Gula Darah, Simak 4 Langkahnya

Kulit kayu manis mengandung senyawa bioaktif lain seperti katekin dan procyanidin, yang termasuk dalam sub kelompok flavonoid dan dapat memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi.

Dapat Membantu Mengontrol Gula Darah

Penggunaan kayu manis dalam menurunkan gula darah telah diteliti pada penderita pradiabetes . Meskipun penelitiannya beragam, sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kayu manis setiap hari dapat membantu mengontrol gula darah.

Dalam studi tersebut, peserta dengan pradiabetes mengonsumsi tiga kali sehari dengan dosis 500 miligram (mg) kayu manis (sepertiga sendok teh) selama 12 minggu. Para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi kayu manis selama 12 minggu meningkatkan glukosa plasma puasa dan toleransi glukosa pada penderita pradiabetes.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Teh Daun Sirsak untuk Menurunkan Gula Darah, Gampang dan Praktis!

Namun, para peneliti mencatat bahwa diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengatasi efek kayu manis pada laju perkembangan pradiabetes menjadi diabetes tipe 2.

Jika Anda mengonsumsi obat diabetes yang membantu menurunkan gula darah, Anda harus mendiskusikan penggunaan kayu manis dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk menghindari hipoglikemia (gula darah rendah).

Memiliki Efek Kardioprotektif

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam kayu manis dapat melindungi jantung. Para peneliti menyelidiki efek suplementasi kayu manis oral pada orang dengan sindrom metabolik.

Baca Juga: Mudah Dibuat Dirumah, Infused Water Daun Sirsak untuk Mengatur Kadar Gula Darah Tinggi

Orang yang mengonsumsi suplemen kayu manis mengalami penurunan berat badan, lemak perut , kolesterol total, trigliserida , dan kolesterol low-density lipoprotein (LDL) (kolesterol jahat) (kolesterol jahat) yang jauh lebih tinggi, serta tekanan darah , dibandingkan dengan plasebo.

Perlu dicatat bahwa semua orang dianggap memiliki berat badan berlebih dan dididik tentang pola makan sehat dan olahraga. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian.

Potensi Manfaat Kayu Manis Lainnya

Penelitian di laboratorium menunjukkan bahwa kayu manis memiliki sifat antibakteri dan dapat membantu mengurangi jenis bakteri tertentu yang dapat menyebabkan penyakit dan merusak makanan dan kosmetik.

Kayu manis juga telah diteliti perannya dalam memperbaiki peradangan pada wanita penderita rheumatoid arthritis (RA) , namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia, para ahli percaya kayu manis mungkin memiliki efek neuroprotektif. Studi yang dilakukan pada tabung reaksi dan hewan mengungkapkan bahwa khasiat ekstrak kayu manis berpotensi menghambat dan mencegah penyebab utama penyakit Alzheimer.

Apakah Kayu Manis Baik untuk Anda?

Kayu manis adalah antioksidan nabati yang kuat. Jika Anda ingin mengurangi asupan gula tanpa mengurangi rasa, kayu manis adalah bahan yang bagus.

Ini juga bisa menjadi tambahan lezat untuk makanan favorit Anda. Menambahkan sedikit oat, sereal, yogurt, smoothie, roti panggang, dan buah akan meningkatkan rasa atau kelezatan makanan bergizi sekaligus menambah manfaat.

Kayu manis tidak boleh digunakan sebagai pengganti obat-obatan, tetapi kayu manis merupakan tambahan yang bagus untuk rencana makan.

Bisakah Anda Mengkonsumsi Kayu Manis Setiap Hari?

Jika Anda berencana mengonsumsi kayu manis secara rutin, mungkin yang terbaik adalah membeli kayu manis Ceylon. Kayu manis Ceylon mengandung sedikit kumarin, sekitar 0,004%, sedangkan kayu manis Cassia mengandung sekitar 1% kumarin.

Berbagai tingkat kumarin ditemukan di kayu manis Cassia, tergantung pada jenis dan sumbernya. Sebuah penelitian menemukan bahwa bubuk dan batang Cassia mengandung hingga 25,7 mg per sendok teh, dengan rata-rata 9,6 mg.

Efek Samping Kayu Manis (Risiko)

Kayu manis Cassia mengandung bahan kimia yang disebut kumarin, yang dapat membahayakan hati. Seringkali, mengonsumsi kayu manis Cassia dalam jumlah kecil tidak menimbulkan masalah apa pun.

Namun penggunaan kayu manis Cassia dalam jangka panjang dapat menimbulkan masalah, terutama pada orang yang sensitif, seperti penderita penyakit hati .

Kayu manis juga dapat mengganggu pengobatan tertentu, seperti statin (obat penurun kolesterol) dan obat oral yang digunakan untuk mengobati diabetes. Jika Anda sedang hamil atau menyusui, penggunaan kayu manis dalam jumlah rata-rata biasanya diperbolehkan, namun hanya sedikit yang mengetahui keamanan kayu manis dalam dosis yang lebih tinggi.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih21 Juli 2024, 20:11 WIB

PKS Resmi Usung Iyos di Pilkada 2024, Ini Kata Mantan Bupati Sukabumi Sukmawijaya

Sukmawijaya blak-blakan soal alasan PKS akhirnya menyatakan dukungan kepada Iyos Somantri untuk maju sebagai Bakal Calon Bupati Sukabumi di Pilkada 2024.
Mantan Bupati Sukabumi yang juga Dewan Pakar DPD PKS Kabupaten Sukabumi, Sukmawijaya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life21 Juli 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari Ini Tak Boleh Dicontoh, Begini Solusinya!

Orang malas biasanya tidak membersihkan diri atau tempat tidur dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan kesehatan.
Ilustrasi. Menonton Film Hingga Larut Malam. Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari yang Tidak Boleh Dicontoh (Sumber : Freepik)
Kecantikan21 Juli 2024, 19:00 WIB

11 Rutinitas Skincare di Malam Hari, Gak Cuma Cuci Muka Ya!

Rutinitas Skincare di Malam Hari Gak Cuma Cuci Muka.Pilih serum berdasarkan kebutuhan kulit, seperti serum anti-aging, serum pencerah, atau serum yang mengandung hyaluronic acid untuk hidrasi.
Ilustrasi. Memakai Skincare Malam. Perhatikan reaksi kulit terhadap produk baru dan hindari produk yang menyebabkan iritasi. | Sumber: Freepik.com (artursafronovvvv)
Life21 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW. Dikisahkan, Zaid bin Tsabit suatu malam mengadu kepada Rasulullah SAW saat semalaman tidak bisa tidur.
Ilustrasi. Membaca Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW (Sumber : Freepik/@freepik)
Internasional21 Juli 2024, 17:46 WIB

Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI Korban Serangan Israel ke Pelabuhan Yaman

Kemlu RI memastikan tidak ada WNI yang menjadi korban dalam keganasan serangan Israel ke Pelabuhan Hudaidah, Yaman.
Asap dan api mengepul dari Pelabuhan Hodeidah usai serangan udara Israel di Yaman, 20 Juli 2024. Ledakan terjadi setelah pesawat tempur Israel menyerang pelabuhan tersebut. (Sumber Foto: Houthi Media Centre/Handout via REUTERS)
Inspirasi21 Juli 2024, 17:00 WIB

Sambut Hari Kemerdekaan, PLN Sukabumi Beri Bantuan Sembako dan Edukasi Ketenagalistrikan

Kegiatan PLN UP3 Sukabumi di Gunungguruh Sukabumi ini adalah bentuk nyata dari kepedulian PLN.
PLN UP3 Sukabumi melalui YBM saat memberikan bantuan sembako kepada warga Kampung Karangpara, Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh. (Sumber : Istimewa)
Musik21 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Inggris พี่ชอบหนูที่สุดเลย I Love You The Most Ponchet ft. VARINZ

Lirik Bahasa Inggris Lagu I Love You The Most Ponchet Feat.VARINZ yang viral yaitu "Cause you're the one that I like, I can't deny. Every night you're on my mind".
Official Lagu พี่ชอบหนูที่สุดเลย I Love You The Most Ponchet Feat.VARINZ. Foto: YouTube/PONCHET
Sukabumi21 Juli 2024, 16:51 WIB

PD Salimah Sukabumi Sosialisasikan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual

Berikut harapan dan tujuan PD Salimah Kabupaten Sukabumi sosialisasikan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual atau UU TPKS.
PD Salimah Kabupaten Sukabumi sosialisasikan UU TPKS, ini harapan dan tujuannya. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi21 Juli 2024, 16:21 WIB

Sambut Kemerdekaan RI ke-79, PLN Sukabumi Beri Listrik Gratis untuk Masyarakat

Sambut Kemerdekaan RI ke-79, PLN UP3 Sukabumi melalui ULP Cicurug beri Listrik Gratis untuk masyarakat agar merdeka dari kegelapan.
PLN UP3 Sukabumi melalui ULP Cicurug menyalurkan bantuan penyambungan listrik gratis di empat lokasi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi21 Juli 2024, 16:02 WIB

Warisan Budaya Takbenda, Tari Cepet Sukabumi Dilestarikan 9 Sanggar di Ciracap

Tari cepet masih dilestarikan sejumlah sanggar di Ciracap Sukabumi. Warisan Budaya Tak Benda (WBTb) itu diharapkan jadi daya tarik wisata di Geopark Ciletuh.
Topeng cepetan yang dibuat perajin asal Kampung Jaringao RT 07/05 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ragil Gilang