7 Langkah Menurunkan Lonjakan Gula Darah untuk Saat Ini dan Di Masa Depan

Rabu 29 Mei 2024, 14:30 WIB
Ilustrasi - Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat. (Sumber : Freepik/freepik)

Ilustrasi - Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat. (Sumber : Freepik/freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Sama seperti meningkatkan glukosa, Anda tidak boleh terburu-buru untuk menurun gula darah saat tinggi. Ada beberapa hal yang mesti dilakukan dengan tepat.

Sebab, pengobatan yang berlebihan menyebabkan glukosa darah bergerak terlalu jauh ke arah yang berlawanan, sehingga menyebabkan lebih banyak masalah.

Untuk menurunkan gula darah Anda secara bertahap dan pada gilirannya, mencegah lonjakan gula darah di masa depan, ada langkah-langkah yang mesti dilakukan.

Baca Juga: Apakah Seseorang yang Makan Terlalu Banyak Gula Sebabkan Diabetes? Simak Disini

Dihimpun dari laman eatingwell, beberapa ahli kesehatan memberikan cara untuk menurunkan lonjakan gula darah.

1. Minum Air

Jika gula darah Anda terus-menerus meningkat, melakukan rehidrasi secara teratur adalah hal yang terpenting. Ketika ginjal menyaring kelebihan glukosa dari darah dan mengirimkannya melalui urin Anda,

air akan ikut bersamanya-dan jika tidak tersedia cukup, tubuh akan mencuri H20 dari sel lain untuk mewujudkannya (oleh karena itu perasaan Sahara di mulut Anda saat gula darahmu terlalu tinggi).

Baca Juga: 5 Pengobatan Alami untuk Mengatasi Asam Urat Jangka Panjang, Dijamin Efektif!

“Untuk gula darah tinggi yang tidak disengaja, saya sering merekomendasikan minum hingga 30 ons (sekitar 4 gelas) air per jam selama 2-4 jam,” kata Janet Zappe, pendidik diabetes bersertifikat di Pusat Penelitian Diabetes & Metabolisme The Ohio State University Wexner Medical Center

2. Berhenti Makan

Penangguhan sementara dari makanan dapat mencegah glukosa Anda menjadi lebih buruk, dan memberi tubuh Anda kesempatan untuk menaikkan kadar gula darah Anda.

“Tidak makan sampai kadar glukosa Anda kembali turun dapat menjadi cara yang berguna untuk menstabilkan gula darah,” kata Rocio Salas-Whalen, MD, ahli endokrinologi bersertifikat triple board dan pendiri New York Endocrinology.

Baca Juga: Memahami Bagaimana Kristal Asam Urat Terbentuk dan 3 Cara Mengobatinya

3. Bergeraklah

Selama dokter Anda belum memberikan batasan, salah satu cara terbaik untuk menurunkan gula darah Anda adalah dengan berolahraga, misalnya berjalan kaki atau bersepeda selama 15 hingga 30 menit.

Olahraga ringan dapat membantu mengurangi resistensi insulin. “Ketika sel-sel lebih sensitif terhadap insulin, olahraga membantu membawa gula dari darah ke dalam sel Anda untuk digunakan sebagai energi, sehingga menurunkan gula darah,” kata Crean, RD, pendidik diabetes bersertifikat yang berbasis di Massachusetts.

(Ini untuk penderita diabetes tipe 2. Jika seseorang menderita diabetes tipe 1, mereka perlu memastikan bahwa mereka tidak mabuk karena kekurangan insulin, kata Zappe.)

Baca Juga: 5 Makanan dan Gaya Hidup Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat

4. Kelola Tingkat Stres

“Stres saja dapat meningkatkan kadar gula darah, yang bisa menjadi siklus yang membuat frustrasi jika Anda berusaha menghindari kadar gula yang tinggi,” kata Crean.

Saat Anda stres, hormon seperti kortisol dan glukagon dilepaskan, yang menyebabkan kadar gula darah naik sehingga tubuh Anda memiliki cukup energi untuk melawan situasi stres.

Menemukan teknik relaksasi yang cocok untuk Anda dapat membantu menurunkan gula darah dengan cepat. Cobalah latihan pernapasan, relaksasi otot progresif, atau meditasi terpadu. Seperti biasa, bicarakan dengan dokter Anda jika Anda mengalami kesulitan dalam mengelola tingkat stres dan tertarik pada opsi dukungan tambahan.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Olahraga untuk Penderita Asam Urat dengan Cara Melakukannya

5. Makanlah Protein Pada Waktu Makan

Usahakan untuk memasukkan 20-30 gram protein sebagai bagian dari makanan Anda berikutnya, dengan pilihan rendah karbohidrat sebagai pendampingnya (coba Salad Ayam Pesto Krim dengan Sayuran , gambar di atas).

“Protein adalah kunci untuk menurunkan gula darah, karena merangsang pelepasan hormon yang membantu insulin mengeluarkan glukosa dari aliran darah dan masuk ke dalam sel dengan lebih efektif,” kata Cruz, pendidik diabetes bersertifikat yang berbasis di Texas.

6. Ambil Insulin

Tentu saja, jika Anda menderita diabetes dan sedang menggunakan insulin, menggunakannya adalah cara paling efektif dan tercepat untuk menurunkan glukosa Anda.

“Penggunaan insulin akan membantu otot dan organ menyerap gula dan memanfaatkannya dengan lebih baik sebagai energi, yang pada gilirannya akan menurunkan kadar glukosa dalam darah,” kata Salas-Whalen, MD, ahli endokrinologi bersertifikat triple board dan pendiri New York Endocrinology.

7. Bicaralah dengan Dokter Anda

Jika Anda terus-menerus mengalami peningkatan (atau penurunan) kadar glukosa dan tampaknya tidak dapat menaikkannya, mungkin ada baiknya Anda mengunjungi dokter.

Mereka dapat membantu Anda mengembangkan rencana pengelolaan diabetes, dan dapat menghubungkan Anda dengan ahli diet yang berspesialisasi dalam pendidikan diabetes.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat27 Juli 2024, 09:00 WIB

7 Cara Mengurangi Risiko Penyakit Jantung Mulai dari Sejak Usia Muda

Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas.
Ilustrasi -  Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas. (Sumber : pexels.com/Andrea Piacquadio)
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Science27 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Juli 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com).
Inspirasi26 Juli 2024, 22:02 WIB

Jatim Media Summit Bagikan Tips Bikin Konten Video Disukai Penonton di Medsos

Sebelum memulai membuat konten video, alangkah baiknya untuk mengenal audiens atau penonton. Cari tahu apa yang mereka suka dan dibutuhkan.
Jatim Media Summit, Kamis (25/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi26 Juli 2024, 21:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Gudang Limbah Pabrik di Parungkuda Sukabumi

Warga ungkap asal muasal api yang menjadi penyebab kebakaran gudang limbah pabrik di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Damkar berjibaku memadamkan kebakaran yang melanda gudang limbah pabrik kain di Parungkuda Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat26 Juli 2024, 21:11 WIB

16 Rumah Dilaporkan Rusak, Pj Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Gempa di Kuningan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau sejumlah lokasi yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kuningan. (Sumber : Humas Jabar)
Sehat26 Juli 2024, 21:00 WIB

Oatmeal Hingga Minyak Kelapa, 7 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Dapat Anda Lakukan

Cuaca dingin dan kering, sering mencuci tangan, atau paparan sinar matahari berlebihan dapat membuat kulit kering.
Ilustrasi - Dengan perawatan yang tepat, kulit kering dapat diatasi dan kembali sehat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi26 Juli 2024, 20:56 WIB

Langganan Banjir, Warga Minta Pengerukan Sungai Cibening Purabaya Sukabumi

Warga berharap adanya penanganan Sungai Cibening Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang mengalami pendangkalan serta penyempitan
Forkopimcam dan relawan saat sedang membersihkan Sungai Cibening Purabaya Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life26 Juli 2024, 20:30 WIB

10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Senyuman orang yang memiliki dendam mungkin tampak dipaksakan atau tidak tulus. Ekspresi wajah sering kali tidak selaras dengan kata-kata mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita (Sumber : Pexels/YanKrukau)