7 Langkah Menurunkan Lonjakan Gula Darah untuk Saat Ini dan Di Masa Depan

Rabu 29 Mei 2024, 14:30 WIB
Ilustrasi - Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat. (Sumber : Freepik/freepik)

Ilustrasi - Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat. (Sumber : Freepik/freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Sama seperti meningkatkan glukosa, Anda tidak boleh terburu-buru untuk menurun gula darah saat tinggi. Ada beberapa hal yang mesti dilakukan dengan tepat.

Sebab, pengobatan yang berlebihan menyebabkan glukosa darah bergerak terlalu jauh ke arah yang berlawanan, sehingga menyebabkan lebih banyak masalah.

Untuk menurunkan gula darah Anda secara bertahap dan pada gilirannya, mencegah lonjakan gula darah di masa depan, ada langkah-langkah yang mesti dilakukan.

Baca Juga: Apakah Seseorang yang Makan Terlalu Banyak Gula Sebabkan Diabetes? Simak Disini

Dihimpun dari laman eatingwell, beberapa ahli kesehatan memberikan cara untuk menurunkan lonjakan gula darah.

1. Minum Air

Jika gula darah Anda terus-menerus meningkat, melakukan rehidrasi secara teratur adalah hal yang terpenting. Ketika ginjal menyaring kelebihan glukosa dari darah dan mengirimkannya melalui urin Anda,

air akan ikut bersamanya-dan jika tidak tersedia cukup, tubuh akan mencuri H20 dari sel lain untuk mewujudkannya (oleh karena itu perasaan Sahara di mulut Anda saat gula darahmu terlalu tinggi).

Baca Juga: 5 Pengobatan Alami untuk Mengatasi Asam Urat Jangka Panjang, Dijamin Efektif!

“Untuk gula darah tinggi yang tidak disengaja, saya sering merekomendasikan minum hingga 30 ons (sekitar 4 gelas) air per jam selama 2-4 jam,” kata Janet Zappe, pendidik diabetes bersertifikat di Pusat Penelitian Diabetes & Metabolisme The Ohio State University Wexner Medical Center

2. Berhenti Makan

Penangguhan sementara dari makanan dapat mencegah glukosa Anda menjadi lebih buruk, dan memberi tubuh Anda kesempatan untuk menaikkan kadar gula darah Anda.

“Tidak makan sampai kadar glukosa Anda kembali turun dapat menjadi cara yang berguna untuk menstabilkan gula darah,” kata Rocio Salas-Whalen, MD, ahli endokrinologi bersertifikat triple board dan pendiri New York Endocrinology.

Baca Juga: Memahami Bagaimana Kristal Asam Urat Terbentuk dan 3 Cara Mengobatinya

3. Bergeraklah

Selama dokter Anda belum memberikan batasan, salah satu cara terbaik untuk menurunkan gula darah Anda adalah dengan berolahraga, misalnya berjalan kaki atau bersepeda selama 15 hingga 30 menit.

Olahraga ringan dapat membantu mengurangi resistensi insulin. “Ketika sel-sel lebih sensitif terhadap insulin, olahraga membantu membawa gula dari darah ke dalam sel Anda untuk digunakan sebagai energi, sehingga menurunkan gula darah,” kata Crean, RD, pendidik diabetes bersertifikat yang berbasis di Massachusetts.

(Ini untuk penderita diabetes tipe 2. Jika seseorang menderita diabetes tipe 1, mereka perlu memastikan bahwa mereka tidak mabuk karena kekurangan insulin, kata Zappe.)

Baca Juga: 5 Makanan dan Gaya Hidup Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat

4. Kelola Tingkat Stres

“Stres saja dapat meningkatkan kadar gula darah, yang bisa menjadi siklus yang membuat frustrasi jika Anda berusaha menghindari kadar gula yang tinggi,” kata Crean.

Saat Anda stres, hormon seperti kortisol dan glukagon dilepaskan, yang menyebabkan kadar gula darah naik sehingga tubuh Anda memiliki cukup energi untuk melawan situasi stres.

Menemukan teknik relaksasi yang cocok untuk Anda dapat membantu menurunkan gula darah dengan cepat. Cobalah latihan pernapasan, relaksasi otot progresif, atau meditasi terpadu. Seperti biasa, bicarakan dengan dokter Anda jika Anda mengalami kesulitan dalam mengelola tingkat stres dan tertarik pada opsi dukungan tambahan.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Olahraga untuk Penderita Asam Urat dengan Cara Melakukannya

5. Makanlah Protein Pada Waktu Makan

Usahakan untuk memasukkan 20-30 gram protein sebagai bagian dari makanan Anda berikutnya, dengan pilihan rendah karbohidrat sebagai pendampingnya (coba Salad Ayam Pesto Krim dengan Sayuran , gambar di atas).

“Protein adalah kunci untuk menurunkan gula darah, karena merangsang pelepasan hormon yang membantu insulin mengeluarkan glukosa dari aliran darah dan masuk ke dalam sel dengan lebih efektif,” kata Cruz, pendidik diabetes bersertifikat yang berbasis di Texas.

6. Ambil Insulin

Tentu saja, jika Anda menderita diabetes dan sedang menggunakan insulin, menggunakannya adalah cara paling efektif dan tercepat untuk menurunkan glukosa Anda.

“Penggunaan insulin akan membantu otot dan organ menyerap gula dan memanfaatkannya dengan lebih baik sebagai energi, yang pada gilirannya akan menurunkan kadar glukosa dalam darah,” kata Salas-Whalen, MD, ahli endokrinologi bersertifikat triple board dan pendiri New York Endocrinology.

7. Bicaralah dengan Dokter Anda

Jika Anda terus-menerus mengalami peningkatan (atau penurunan) kadar glukosa dan tampaknya tidak dapat menaikkannya, mungkin ada baiknya Anda mengunjungi dokter.

Mereka dapat membantu Anda mengembangkan rencana pengelolaan diabetes, dan dapat menghubungkan Anda dengan ahli diet yang berspesialisasi dalam pendidikan diabetes.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi15 Juni 2024, 12:18 WIB

Minta Tolong Netizen! Keluarga Korban Celurit Geng Motor di Sukabumi Cari Pelaku

Keluarga Ardi Aulia Muhammad (21 tahun), pemuda yang jari tangannya nyaris putus disabet celurit geng motor di Nanggeleng Citamiang Kota Sukabumi, Jumat, 14 Juni 2024, butuh pertolongan netizen.
Ilustrasi citizen journalism. Keluarga berharap netizen yang melihat peristiwa itu speak up dan memberikan data tentang para pelaku kepada pihak kepolisian. (Sumber: editorandpublisher.com)
Life15 Juni 2024, 12:00 WIB

Ayah Bunda Harus Tahu, 4 Cara Mengasuh Anak Berbakat Agar Lebih Terarah

Anak berbakat seringkali membuat orang tuanya bingung bahkan merasa dirinya tidak berdaya. Namun jangan khawatir, berikut tips yang bisa diterapkan untuk mengasuh anak berbakat
Ilustrasi cara orang tua dalam mengasuh anak berbakat (Sumber : Pexels.com/@Yan Krukau)
Sukabumi15 Juni 2024, 11:35 WIB

Rekaman Perang Senjata Tajam di Sukabumi, Tengah Malam di Jalur Baru Sukaraja

Jumat dini hari (14/6/2024), dua kelompok anak muda terlibat perang senjata tajam di jalan raya Baru Sukaraja, Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.
Perang senjata tajam dua kelompok pemuda di jalan baru Sukaraja Kabupaten Sukabumi, Sabtu dini hari (15/6/2024) (Sumber: cctv)
Life15 Juni 2024, 11:30 WIB

20 Penyebab Nyeri Panggul Saat Kehamilan yang Perlu Diwaspadai Para Ibu

Mengalami nyeri panggul saat sedang hamil bisa jadi menakutkan. Berikut cara mengetahui apakah gejalanya normal atau memerlukan perhatian medis.
Ilustrasi ibu hamil mengalami nyeri panggul selama masa kehamilan (Sumber : Freepik.com)
Film15 Juni 2024, 11:00 WIB

Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa

Film Harta, Tahta, Raisa, adalah film dokumenter yang mengisahkan perjalanan karir raisa sebagai seorang penyanyi di Indonesia dan penyanyi perempuan pertama yang bisa menggelar konser tunggal di GBK
Poster film Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa (Sumber : instagram/@raisa6690)
Sukabumi15 Juni 2024, 10:55 WIB

Dinkes Kota Sukabumi Angkat Bicara Soal Bayi 3 Bulan Meninggal Dunia Usai Imunisasi

Dinas Kesehatan Kota Sukabumi memberikan tanggapan terkait kasus meninggalnya seorang bayi laki-laki berusia tiga bulan, Muhammad Kenzie Arifin, yang diduga akibat imunisasi yang diterimanya.
Ilustrasi Bayi meninggal usai imunisasi di Puskesmas Warudoyong Kota Sukabumi (Sumber : Freepik/sacyks)
Sehat15 Juni 2024, 10:30 WIB

Asam Urat Kambuh Di Malam Hari? Simak Ulasan Berikut Agar Tidur Lebih Nyenyak

Asam urat adalah kondisi kronis dan menyakitkan yang dapat menyebabkan gangguan tidur jika kambuhnya terjadi di malam hari
Ilustrasi asam urat kambuh di malam hari (Sumber : Freepik.com/@lookstudio)
Life15 Juni 2024, 10:00 WIB

Bukan Sekadar Modal Ganteng, 10 Tipe Pria yang Pantas Kamu Perjuangkan untuk Jadi Pasangan Hidup

Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa
Ilustrasi - Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sehat15 Juni 2024, 09:45 WIB

Bolehkah Penderita Diabetes Konsumsi Santan? Simak Alasan dan Makanan Penggantinya

Penderita diabetes wajib mengetahui apakah santan aman dikonsumsi olehnya atau tidak serta bahan makanan pengganti santan yang diperbolehkan
Ilustrasi santan apakah boleh dikonsumsi bagi penderita diabetes (Sumber : Pixabay.com/@Lisa Redfern)
Sukabumi Memilih15 Juni 2024, 09:13 WIB

Juga Merapat ke PPP, Fikri Abdul Ajiz Galang Dukungan untuk Calon Wakil Bupati Sukabumi

Fikri dan tim pemenangannya menyambangi Kantor DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Sukabumi
Fikri menyambangi Kantor DPC PPP Kabupaten Sukabumi, di Jalan Sukabumi-Bogor, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kamis 13 Juni 2024.