Cegah Penyakit Gula Darah, 7 Manfaat Luar Biasa Jambu Biji yang Jarang Diketahui

Senin 20 Mei 2024, 19:30 WIB
Ilustrasi - Jambu Biji adalah buah yang kaya nutrisi dan menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh. (Sumber : pexels.com/@Margo White)

Ilustrasi - Jambu Biji adalah buah yang kaya nutrisi dan menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh. (Sumber : pexels.com/@Margo White)

SUKABUMIUPDATE.com - Jambu biji sering kita temukan saat mengunjungi pasar atau ketika melintas di perkebunan. Jambu biji memiliki rasa yang enak dengan tekstur yang nyaman ketika digigit di mulut.

Buah kaya nutrisi ini gampang sekali ditemukan di negara-negara tropis seperti Indonesia ini. Harganya yang murah membuat buah-buahan satu ini mudah didapatkan dan disukai banyak orang.

Namun, tahukah Anda jika jambu biji menyimpan segudang manfaat kesehatan untuk tubuh manusia? Ya banyak sekali khasiatnya dalam jambu biji ini, penasaran? Simak penjelasannya dibawah ini.

Baca Juga: Cara Membuat Infused Water Daun Sirsak untuk Asam Urat, Gula Darah dan Kolesterol Tinggi

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Pentingnya vitamin C untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh adalah hal yang vital. Jambu biji menjadi jawabannya, buah ini penuh dengan vitamin C dan melindungi Anda dari infeksi umum dan patogen. Faktanya sebenarnya, Anda juga mungkin terkejut mengetahui bahwa jambu biji mengandung vitamin C yang hampir dua kali lebih banyak dibandingkan buah jeruk.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Biological Regulators and Homeostatic Agents menemukan bahwa jambu biji memiliki sifat antimikroba yang dapat membunuh bakteri dan virus berbahaya di tubuh manusia.

2. Memiliki Komponen Anti Kanker

Jambu biji kaya akan kandungan likopen, yakni antioksidan kuat yang efektif menetralkan dan mengurangi sel kanker dalam tubuh Anda. Sebuah penelitian pada hewan yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Cancer menemukan bahwa ekstrak jambu biji mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Baca Juga: Punya Gula Darah Tak Perlu Dihindari, 3 Alasan Karbohidrat Penting untuk Kesehatan

3. Mencegah Diabetes atau Gula Darah

Jambu biji mempunyai indeks glikemik yang rendah sehingga mencegah lonjakan gula darah. Selain itu, kandungan serat yang tinggi juga memastikan gula darah akan tetap terkendali.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan natrium dan kalium yang tinggi dalam buah jambu biji berfungsi mengatur tekanan darah dan sangat bermanfaat bagi orang-orang yang menderita tekanan darah tinggi. Selain itu, buah ini juga mengandung kolesterol baik (HDL) yang membantu mencegah penyakit jantung.

5. Menghilangkan Stres

Bagaimana jika kami memberitahu Anda bahwa setelah hari yang melelahkan, Anda dapat mengandalkan jambu biji untuk menghilangkan stres? Ya, jambu biji pasti bisa melepaskan stres Anda. Magnesium yang tersimpan dalam buah jambu biji membantu melawan stres sehari-hari dengan bekerja mengendurkan otot dan menenangkan tubuh Anda.

Baca Juga: Turunkan Gula Darah Secara Alami,  7 Tips Ampuh dengan Ubah Pola Makan dan Gaya Hidup

6. Membantu Anda Selama Kehamilan

Jambu biji disebut sebagai makanan super karena suatu alasan, jambu biji kaya akan beberapa nutrisi yang dapat memberi manfaat bagi Anda dengan cara yang tak terbayangkan.

Asam folat dan vitamin B9 dalam jambu biji meningkatkan perkembangan sistem saraf bayi Anda dan mencegah gangguan neurologis. Jadi, jagalah jambu biji selama hamil.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah ini tidak hanya mengekang rasa lapar Anda, tetapi juga meningkatkan metabolisme Anda. Jika dibandingkan buah sehat lainnya, seperti apel dan jeruk, jambu biji juga memiliki kandungan gula yang relatif lebih sedikit.

Baca Juga: Bebas Diabetes dengan 11 Karbohidrat Sehat: Makan Enak, Gula Darah Stabil

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life15 Juni 2024, 12:00 WIB

Ayah Bunda Harus Tahu, 4 Cara Mengasuh Anak Berbakat Agar Lebih Terarah

Anak berbakat seringkali membuat orang tuanya bingung bahkan merasa dirinya tidak berdaya. Namun jangan khawatir, berikut tips yang bisa diterapkan untuk mengasuh anak berbakat
Ilustrasi cara orang tua dalam mengasuh anak berbakat (Sumber : Pexels.com/@Yan Krukau)
Sukabumi15 Juni 2024, 11:35 WIB

Rekaman Perang Senjata Tajam di Sukabumi, Tengah Malam di Jalur Baru Sukaraja

Jumat dini hari (14/6/2024), dua kelompok anak muda terlibat perang senjata tajam di jalan raya Baru Sukaraja, Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.
Perang senjata tajam dua kelompok pemuda di jalan baru Sukaraja Kabupaten Sukabumi, Sabtu dini hari (15/6/2024) (Sumber: cctv)
Life15 Juni 2024, 11:30 WIB

20 Penyebab Nyeri Panggul Saat Kehamilan yang Perlu Diwaspadai Para Ibu

Mengalami nyeri panggul saat sedang hamil bisa jadi menakutkan. Berikut cara mengetahui apakah gejalanya normal atau memerlukan perhatian medis.
Ilustrasi ibu hamil mengalami nyeri panggul selama masa kehamilan (Sumber : Freepik.com)
Film15 Juni 2024, 11:00 WIB

Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa

Film Harta, Tahta, Raisa, adalah film dokumenter yang mengisahkan perjalanan karir raisa sebagai seorang penyanyi di Indonesia dan penyanyi perempuan pertama yang bisa menggelar konser tunggal di GBK
Poster film Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa (Sumber : instagram/@raisa6690)
Sukabumi15 Juni 2024, 10:55 WIB

Dinkes Kota Sukabumi Angkat Bicara Soal Bayi 3 Bulan Meninggal Dunia Usai Imunisasi

Dinas Kesehatan Kota Sukabumi memberikan tanggapan terkait kasus meninggalnya seorang bayi laki-laki berusia tiga bulan, Muhammad Kenzie Arifin, yang diduga akibat imunisasi yang diterimanya.
Ilustrasi Bayi meninggal usai imunisasi di Puskesmas Warudoyong Kota Sukabumi (Sumber : Freepik/sacyks)
Sehat15 Juni 2024, 10:30 WIB

Asam Urat Kambuh Di Malam Hari? Simak Ulasan Berikut Agar Tidur Lebih Nyenyak

Asam urat adalah kondisi kronis dan menyakitkan yang dapat menyebabkan gangguan tidur jika kambuhnya terjadi di malam hari
Ilustrasi asam urat kambuh di malam hari (Sumber : Freepik.com/@lookstudio)
Life15 Juni 2024, 10:00 WIB

Bukan Sekadar Modal Ganteng, 10 Tipe Pria yang Pantas Kamu Perjuangkan untuk Jadi Pasangan Hidup

Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa
Ilustrasi - Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sehat15 Juni 2024, 09:45 WIB

Bolehkah Penderita Diabetes Konsumsi Santan? Simak Alasan dan Makanan Penggantinya

Penderita diabetes wajib mengetahui apakah santan aman dikonsumsi olehnya atau tidak serta bahan makanan pengganti santan yang diperbolehkan
Ilustrasi santan apakah boleh dikonsumsi bagi penderita diabetes (Sumber : Pixabay.com/@Lisa Redfern)
Sukabumi Memilih15 Juni 2024, 09:13 WIB

Juga Merapat ke PPP, Fikri Abdul Ajiz Galang Dukungan untuk Calon Wakil Bupati Sukabumi

Fikri dan tim pemenangannya menyambangi Kantor DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Sukabumi
Fikri menyambangi Kantor DPC PPP Kabupaten Sukabumi, di Jalan Sukabumi-Bogor, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kamis 13 Juni 2024.
Sehat15 Juni 2024, 09:00 WIB

Idul Adha Makan Daging Tapi Tetap Sehat: 5 Tips yang Harus Anda Lakukan

Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak.
Ilustrasi Tongseng Sapi - Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak. (Sumber : via Titipku.com)