Cegah Penyakit Gula Darah, 7 Manfaat Luar Biasa Jambu Biji yang Jarang Diketahui

Senin 20 Mei 2024, 19:30 WIB
Ilustrasi - Jambu Biji adalah buah yang kaya nutrisi dan menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh. (Sumber : pexels.com/@Margo White)

Ilustrasi - Jambu Biji adalah buah yang kaya nutrisi dan menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh. (Sumber : pexels.com/@Margo White)

SUKABUMIUPDATE.com - Jambu biji sering kita temukan saat mengunjungi pasar atau ketika melintas di perkebunan. Jambu biji memiliki rasa yang enak dengan tekstur yang nyaman ketika digigit di mulut.

Buah kaya nutrisi ini gampang sekali ditemukan di negara-negara tropis seperti Indonesia ini. Harganya yang murah membuat buah-buahan satu ini mudah didapatkan dan disukai banyak orang.

Namun, tahukah Anda jika jambu biji menyimpan segudang manfaat kesehatan untuk tubuh manusia? Ya banyak sekali khasiatnya dalam jambu biji ini, penasaran? Simak penjelasannya dibawah ini.

Baca Juga: Cara Membuat Infused Water Daun Sirsak untuk Asam Urat, Gula Darah dan Kolesterol Tinggi

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Pentingnya vitamin C untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh adalah hal yang vital. Jambu biji menjadi jawabannya, buah ini penuh dengan vitamin C dan melindungi Anda dari infeksi umum dan patogen. Faktanya sebenarnya, Anda juga mungkin terkejut mengetahui bahwa jambu biji mengandung vitamin C yang hampir dua kali lebih banyak dibandingkan buah jeruk.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Biological Regulators and Homeostatic Agents menemukan bahwa jambu biji memiliki sifat antimikroba yang dapat membunuh bakteri dan virus berbahaya di tubuh manusia.

2. Memiliki Komponen Anti Kanker

Jambu biji kaya akan kandungan likopen, yakni antioksidan kuat yang efektif menetralkan dan mengurangi sel kanker dalam tubuh Anda. Sebuah penelitian pada hewan yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Cancer menemukan bahwa ekstrak jambu biji mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Baca Juga: Punya Gula Darah Tak Perlu Dihindari, 3 Alasan Karbohidrat Penting untuk Kesehatan

3. Mencegah Diabetes atau Gula Darah

Jambu biji mempunyai indeks glikemik yang rendah sehingga mencegah lonjakan gula darah. Selain itu, kandungan serat yang tinggi juga memastikan gula darah akan tetap terkendali.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan natrium dan kalium yang tinggi dalam buah jambu biji berfungsi mengatur tekanan darah dan sangat bermanfaat bagi orang-orang yang menderita tekanan darah tinggi. Selain itu, buah ini juga mengandung kolesterol baik (HDL) yang membantu mencegah penyakit jantung.

5. Menghilangkan Stres

Bagaimana jika kami memberitahu Anda bahwa setelah hari yang melelahkan, Anda dapat mengandalkan jambu biji untuk menghilangkan stres? Ya, jambu biji pasti bisa melepaskan stres Anda. Magnesium yang tersimpan dalam buah jambu biji membantu melawan stres sehari-hari dengan bekerja mengendurkan otot dan menenangkan tubuh Anda.

Baca Juga: Turunkan Gula Darah Secara Alami,  7 Tips Ampuh dengan Ubah Pola Makan dan Gaya Hidup

6. Membantu Anda Selama Kehamilan

Jambu biji disebut sebagai makanan super karena suatu alasan, jambu biji kaya akan beberapa nutrisi yang dapat memberi manfaat bagi Anda dengan cara yang tak terbayangkan.

Asam folat dan vitamin B9 dalam jambu biji meningkatkan perkembangan sistem saraf bayi Anda dan mencegah gangguan neurologis. Jadi, jagalah jambu biji selama hamil.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah ini tidak hanya mengekang rasa lapar Anda, tetapi juga meningkatkan metabolisme Anda. Jika dibandingkan buah sehat lainnya, seperti apel dan jeruk, jambu biji juga memiliki kandungan gula yang relatif lebih sedikit.

Baca Juga: Bebas Diabetes dengan 11 Karbohidrat Sehat: Makan Enak, Gula Darah Stabil

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Science27 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Juli 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com).
Inspirasi26 Juli 2024, 22:02 WIB

Jatim Media Summit Bagikan Tips Bikin Konten Video Disukai Penonton di Medsos

Sebelum memulai membuat konten video, alangkah baiknya untuk mengenal audiens atau penonton. Cari tahu apa yang mereka suka dan dibutuhkan.
Jatim Media Summit, Kamis (25/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi26 Juli 2024, 21:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Gudang Limbah Pabrik di Parungkuda Sukabumi

Warga ungkap asal muasal api yang menjadi penyebab kebakaran gudang limbah pabrik di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Damkar berjibaku memadamkan kebakaran yang melanda gudang limbah pabrik kain di Parungkuda Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat26 Juli 2024, 21:11 WIB

16 Rumah Dilaporkan Rusak, Pj Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Gempa di Kuningan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau sejumlah lokasi yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kuningan. (Sumber : Humas Jabar)
Sehat26 Juli 2024, 21:00 WIB

Oatmeal Hingga Minyak Kelapa, 7 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Dapat Anda Lakukan

Cuaca dingin dan kering, sering mencuci tangan, atau paparan sinar matahari berlebihan dapat membuat kulit kering.
Ilustrasi - Dengan perawatan yang tepat, kulit kering dapat diatasi dan kembali sehat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi26 Juli 2024, 20:56 WIB

Langganan Banjir, Warga Minta Pengerukan Sungai Cibening Purabaya Sukabumi

Warga berharap adanya penanganan Sungai Cibening Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang mengalami pendangkalan serta penyempitan
Forkopimcam dan relawan saat sedang membersihkan Sungai Cibening Purabaya Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life26 Juli 2024, 20:30 WIB

10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Senyuman orang yang memiliki dendam mungkin tampak dipaksakan atau tidak tulus. Ekspresi wajah sering kali tidak selaras dengan kata-kata mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Opini26 Juli 2024, 20:07 WIB

Menengok Pilkada Sukabumi yang Kering Gagasan

Kurang lebih empat bulan lagi, tepatnya pada tanggal 27 November 2024, masyarakat Kabupaten Sukabumi akan memilih Bupati dan Wakil Bupati yang baru
Ilustrasi kepala daerah menyampaikan gagasan membangun Sukabumi | Foto : Pixabay