3 Rekomendasi Olahraga untuk Penderita Asam Urat dengan Cara Melakukannya

Selasa 28 Mei 2024, 21:00 WIB
Ilustrasi. Olahraga sangat erat kaitannya dengan asam urat karena dapat mencegah dan mengatasi serangannya di masa depan. Sumber: Freepik/freepik

Ilustrasi. Olahraga sangat erat kaitannya dengan asam urat karena dapat mencegah dan mengatasi serangannya di masa depan. Sumber: Freepik/freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Apabila Anda menderita asam urat, kurang olahraga dapat menyebabkan lingkaran setan yang memperburuk dan memperparah efek menyakitkan dari penyakit tersebut.

Asam urat membuat persendian Anda sakit dan membuat Anda enggan untuk bangun dan bergerak. Ketidakaktifan ini pada gilirannya membuat Anda kurang fleksibel, melemahkan otot dan persendian, dan dapat mengakibatkan pengeroposan tulang.

Perubahan ini memperkuat gejala asam urat yang menyakitkan. Olahraga benar-benar dapat membantu Anda mengendalikan asam urat dan mempercepat penyembuhan.

Baca Juga: 5 Perubahan Gaya Hidup Sehat untuk Menyembuhkan Kristal Asam Urat

Olahraga yang tepat dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan energi serta menjaga kebugaran tubuh dengan menjaga berat badan yang sehat dan membangun kesehatan tulang, sendi, dan otot.

Olahraga teratur yang tepat dapat membantu membalikkan efek asam urat. Ini juga akan membangun lebih banyak otot, meningkatkan kepadatan tulang dan meningkatkan tingkat kebugaran Anda secara keseluruhan.

Dengan berolahraga secara teratur, Anda akan merasa lebih kuat dan berenergi. Penting juga untuk diingat bahwa 1-2 pukulan yang paling efektif adalah diet sehat yang dikombinasikan dengan rencana olahraga untuk membantu menurunkan kadar asam urat.

Baca Juga: Memahami Bagaimana Kristal Asam Urat Terbentuk dan 3 Cara Mengobatinya

Dihimpun dari laman healthcentral, beberapa latihan di bawah ini akan membantu mengurangi gejala nyeri dan kambuhnya asam urat. Penting bagi Anda untuk melakukan latihan dengan bentuk yang baik dan gerakan yang halus.

Berikut adalah beberapa olahraga yang bisa dilakukan untuk penderita asam urat.

1. Latihan Kardio atau Aerobik

Latihan kardiovaskular akan membantu meningkatkan fungsi paru-paru dan meningkatkan kemampuan tubuh Anda dalam menggunakan oksigen untuk memetabolisme asam dalam tubuh. Selain itu, sebagian besar latihan aerobik akan memperkuat otot-otot tubuh bagian bawah.

Baca Juga: 6 Makanan yang Membantu Menurunkan Kadar Asam Urat dalam Darah

Cara Melakukannya: Pilih latihan aerobik berdampak rendah seperti jalan fitnes, naik tangga, atau olahraga menari. Mulailah dengan 10 menit setiap hari dan tambahkan beberapa menit setiap hari. Sasaran Anda adalah 30 hingga 45 menit sehari, 5 hari seminggu.

2. Renang

Ada alasan mengapa mereka menyebut berenang sebagai sumber awet muda. Berenang dan aerobik air adalah cara yang bagus untuk meningkatkan mobilitas dan fungsi sendi tanpa pengaruh gravitasi sepenuhnya. Saat Anda bergerak di dalam air, tekanan pada persendian Anda berkurang.

Cara Melakukannya: Mulailah secara perlahan dan secara bertahap tingkatkan total waktu yang Anda habiskan untuk berenang. Penting untuk diingat bahwa kecepatan dan jarak tidak sepenting jumlah waktu yang Anda habiskan untuk berenang.

Baca Juga: 8 Pemicu Utama Asam Urat yang Harus Dihindari Jika Ingin Sembuh

Bangun rutinitas yang baik dengan memulai dua hari seminggu selama 15 menit. Tujuan Anda adalah berenang selama 30 hingga 45 menit.

3. Peregangan

Bahu

Luangkan waktu beberapa menit untuk melatih seluruh sendi utama tubuh bagian atas Anda melalui latihan rentang gerak yang lengkap. Letakkan tangan Anda di samping tubuh dan putar bahu Anda ke depan selama 30 detik, lalu putar ke belakang selama 30 detik lagi.

Pergelangan tangan

Kepalkan tangan Anda dan putar pergelangan tangan Anda searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam masing-masing selama 30 detik.

Baca Juga: 5 Pengobatan Alami untuk Mengatasi Asam Urat Jangka Panjang, Dijamin Efektif!

Punggung dan paha belakang

Duduklah di lantai dengan kaki lurus ke depan dan raih ke depan untuk menyentuh jari-jari kaki. Tahan selama sekitar 15 detik dan coba 3 kali lagi.

Sebagai catatan, ingatlah selalu untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program olahraga.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life15 Juni 2024, 12:00 WIB

Ayah Bunda Harus Tahu, 4 Cara Mengasuh Anak Berbakat Agar Lebih Terarah

Anak berbakat seringkali membuat orang tuanya bingung bahkan merasa dirinya tidak berdaya. Namun jangan khawatir, berikut tips yang bisa diterapkan untuk mengasuh anak berbakat
Ilustrasi cara orang tua dalam mengasuh anak berbakat (Sumber : Pexels.com/@Yan Krukau)
Sukabumi15 Juni 2024, 11:35 WIB

Rekaman Perang Senjata Tajam di Sukabumi, Tengah Malam di Jalur Baru Sukaraja

Jumat dini hari (14/6/2024), dua kelompok anak muda terlibat perang senjata tajam di jalan raya Baru Sukaraja, Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.
Perang senjata tajam dua kelompok pemuda di jalan baru Sukaraja Kabupaten Sukabumi, Sabtu dini hari (15/6/2024) (Sumber: cctv)
Life15 Juni 2024, 11:30 WIB

20 Penyebab Nyeri Panggul Saat Kehamilan yang Perlu Diwaspadai Para Ibu

Mengalami nyeri panggul saat sedang hamil bisa jadi menakutkan. Berikut cara mengetahui apakah gejalanya normal atau memerlukan perhatian medis.
Ilustrasi ibu hamil mengalami nyeri panggul selama masa kehamilan (Sumber : Freepik.com)
Film15 Juni 2024, 11:00 WIB

Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa

Film Harta, Tahta, Raisa, adalah film dokumenter yang mengisahkan perjalanan karir raisa sebagai seorang penyanyi di Indonesia dan penyanyi perempuan pertama yang bisa menggelar konser tunggal di GBK
Poster film Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa (Sumber : instagram/@raisa6690)
Sukabumi15 Juni 2024, 10:55 WIB

Dinkes Kota Sukabumi Angkat Bicara Soal Bayi 3 Bulan Meninggal Dunia Usai Imunisasi

Dinas Kesehatan Kota Sukabumi memberikan tanggapan terkait kasus meninggalnya seorang bayi laki-laki berusia tiga bulan, Muhammad Kenzie Arifin, yang diduga akibat imunisasi yang diterimanya.
Ilustrasi Bayi meninggal usai imunisasi di Puskesmas Warudoyong Kota Sukabumi (Sumber : Freepik/sacyks)
Sehat15 Juni 2024, 10:30 WIB

Asam Urat Kambuh Di Malam Hari? Simak Ulasan Berikut Agar Tidur Lebih Nyenyak

Asam urat adalah kondisi kronis dan menyakitkan yang dapat menyebabkan gangguan tidur jika kambuhnya terjadi di malam hari
Ilustrasi asam urat kambuh di malam hari (Sumber : Freepik.com/@lookstudio)
Life15 Juni 2024, 10:00 WIB

Bukan Sekadar Modal Ganteng, 10 Tipe Pria yang Pantas Kamu Perjuangkan untuk Jadi Pasangan Hidup

Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa
Ilustrasi - Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sehat15 Juni 2024, 09:45 WIB

Bolehkah Penderita Diabetes Konsumsi Santan? Simak Alasan dan Makanan Penggantinya

Penderita diabetes wajib mengetahui apakah santan aman dikonsumsi olehnya atau tidak serta bahan makanan pengganti santan yang diperbolehkan
Ilustrasi santan apakah boleh dikonsumsi bagi penderita diabetes (Sumber : Pixabay.com/@Lisa Redfern)
Sukabumi Memilih15 Juni 2024, 09:13 WIB

Juga Merapat ke PPP, Fikri Abdul Ajiz Galang Dukungan untuk Calon Wakil Bupati Sukabumi

Fikri dan tim pemenangannya menyambangi Kantor DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Sukabumi
Fikri menyambangi Kantor DPC PPP Kabupaten Sukabumi, di Jalan Sukabumi-Bogor, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kamis 13 Juni 2024.
Sehat15 Juni 2024, 09:00 WIB

Idul Adha Makan Daging Tapi Tetap Sehat: 5 Tips yang Harus Anda Lakukan

Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak.
Ilustrasi Tongseng Sapi - Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak. (Sumber : via Titipku.com)