8 Pemicu Utama Asam Urat yang Harus Dihindari Jika Ingin Sembuh

Senin 27 Mei 2024, 21:00 WIB
Ilustrasi. Jenis Ikan Laut Tinggi Purin - Beberapa makanan dan minuman menjadi pemicu utama asam urat kambuh. (Sumber : Pexels/OzielGomez)

Ilustrasi. Jenis Ikan Laut Tinggi Purin - Beberapa makanan dan minuman menjadi pemicu utama asam urat kambuh. (Sumber : Pexels/OzielGomez)

SUKABUMIUPDATE.com - Asam urat adalah salah satu bentuk radang sendi yang dulunya pernah disebut sebagai “penyakit para raja”. Penyakit ini tidak disebabkan oleh konsumsi berlebihan, sebaliknya penyakit ini disebabkan oleh kelebihan asam urat dalam aliran darah.

Asam urat dihasilkan dari pemecahan bahan kimia yang disebut purin, yang ditemukan secara alami di dalam tubuh dan pada makanan serta minuman tertentu. Biasanya asam urat larut ke dalam darah, masuk ke ginjal, dan keluar melalui urin.

Namun jika Anda secara genetik cenderung memproduksi terlalu banyak asam urat atau ginjal Anda tidak dapat memprosesnya, maka Anda akan mengalami penyakit asam urat.

Baca Juga: Memahami Bagaimana Kristal Asam Urat Terbentuk dan 3 Cara Mengobatinya

Selain genetik, pakar kesehatan Nilanjana Bose, MD, ahli reumatologi di Rheumatology Center of Houston di Texas memaparkan beberapa pemicu asam urat yang harus dihindari, dihimpun dari laman healthcentral.

1. Alkohol

Salah satu meta-analisis studi tentang konsumsi alkohol dan asam urat menemukan bahwa semakin banyak Anda minum, semakin tinggi risiko terkena asam urat. Bir dan minuman keras mengandung purin yang tinggi, dan semakin banyak purin akan menghasilkan lebih banyak asam urat, yang dapat menyebabkan asam urat.

2. Daging Merah

Mayoritas daging mengandung purin yang tinggi. Tipe manakah yang merupakan pelanggar terbesar? Daging merah (sapi, domba, babi), daging buruan (angsa, sapi, daging rusa) dan jeroan (hati, babat dan lidah), serta kalkun dan bebek.

Baca Juga: 3 Pengobatan Rumahan untuk Menyembuhkan Asam Urat Secara Cepat Atau Instan

Sebuah studi dalam Annals of the Rheumatic Diseases menemukan bahwa asupan akut purin dari sumber hewani menyebabkan peningkatan lima kali lipat risiko serangan asam urat berulang.

3. Ikan Laut

Meskipun ikan tertentu yang berlemak rendah purin seperti salmon telah terbukti memiliki efek perlindungan terhadap serangan asam urat, jenis makanan laut lainnya juga dapat menyebabkannya.

Ikan teri, sarden, herring, remis, codfish, scallop, trout, dan haddock semuanya mengandung purin yang sangat tinggi, menurut Arthritis Foundation, sedangkan kepiting, lobster, tiram, dan udang memiliki kadar purin sedang.

Baca Juga: 7 Perubahan Gaya Hidup untuk Mencegah Serangan Asam Urat di Masa Depan

4. Gula Tambahan

Makanan tinggi fruktosa khususnya sirup jagung fruktosa tinggi (HFCS) yang dapat menjadi pemicu penyakit asam urat. Gula tambahan dapat ditemukan pada sereal, minuman, produk roti, permen dan lainnya.

5. Kelebihan Berat Badan

Asam urat dari makanan hanya membentuk sekitar 15% dari asam urat dalam diri kita, sisanya diproduksi di dalam tubuh. Namun orang yang memiliki kelebihan berat badan memiliki jumlah asam urat alami yang lebih tinggi dibanding orang bertubuh kecil.

6. Lemak Perut

Meskipun secara teknis Anda tidak kelebihan berat badan, lemak visceral (jenis yang ditemukan jauh di dalam rongga perut yang mengelilingi organ Anda) menempatkan Anda pada risiko lebih tinggi terkena asam urat.

Baca Juga: 11 Cara Menjadi Ibu yang Baik Agar Dihormati dan Dikagumi Anak-anak

7. Dehidrasi

Semakin sedikit air yang Anda minum, semakin sedikit asam urat yang larut dalam darah. Itu sebabnya tidak cukup terhidrasi bahkan untuk sehari pun dapat memicu serangan asam urat.

8. Memakai Sepatu Ketat

Seperti halnya cedera yang dapat membuat kristal urat terlepas, demikian pula sepatu yang ketat. Asam urat sensitif terhadap suhu dan lebih suka membentuk kristal pada suhu yang lebih dingin.

Karena jari-jari kaki adalah titik terjauh tubuh Anda dari jantung, maka jari-jari kaki adalah titik paling sejuk, menjadikan sendi jempol kaki Anda sebagai tempat yang disukai untuk pembentukan kristal.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Film15 Juni 2024, 11:00 WIB

Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa

Film Harta, Tahta, Raisa, adalah film dokumenter yang mengisahkan perjalanan karir raisa sebagai seorang penyanyi di Indonesia dan penyanyi perempuan pertama yang bisa menggelar konser tunggal di GBK
Poster film Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa (Sumber : instagram/@raisa6690)
Sukabumi15 Juni 2024, 10:55 WIB

Dinkes Kota Sukabumi Angkat Bicara Soal Bayi 3 Bulan Meninggal Dunia Usai Imunisasi

Dinas Kesehatan Kota Sukabumi memberikan tanggapan terkait kasus meninggalnya seorang bayi laki-laki berusia tiga bulan, Muhammad Kenzie Arifin, yang diduga akibat imunisasi yang diterimanya.
Ilustrasi Bayi meninggal usai imunisasi di Puskesmas Warudoyong Kota Sukabumi (Sumber : Freepik/sacyks)
Sehat15 Juni 2024, 10:30 WIB

Asam Urat Kambuh Di Malam Hari? Simak Ulasan Berikut Agar Tidur Lebih Nyenyak

Asam urat adalah kondisi kronis dan menyakitkan yang dapat menyebabkan gangguan tidur jika kambuhnya terjadi di malam hari
Ilustrasi asam urat kambuh di malam hari (Sumber : Freepik.com/@lookstudio)
Life15 Juni 2024, 10:00 WIB

Bukan Sekadar Modal Ganteng, 10 Tipe Pria yang Pantas Kamu Perjuangkan untuk Jadi Pasangan Hidup

Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa
Ilustrasi - Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sehat15 Juni 2024, 09:45 WIB

Bolehkah Penderita Diabetes Konsumsi Santan? Simak Alasan dan Makanan Penggantinya

Penderita diabetes wajib mengetahui apakah santan aman dikonsumsi olehnya atau tidak serta bahan makanan pengganti santan yang diperbolehkan
Ilustrasi santan apakah boleh dikonsumsi bagi penderita diabetes (Sumber : Pixabay.com/@Lisa Redfern)
Sukabumi Memilih15 Juni 2024, 09:13 WIB

Juga Merapat ke PPP, Fikri Abdul Ajiz Galang Dukungan untuk Calon Wakil Bupati Sukabumi

Fikri dan tim pemenangannya menyambangi Kantor DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Sukabumi
Fikri menyambangi Kantor DPC PPP Kabupaten Sukabumi, di Jalan Sukabumi-Bogor, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kamis 13 Juni 2024.
Sehat15 Juni 2024, 09:00 WIB

Idul Adha Makan Daging Tapi Tetap Sehat: 5 Tips yang Harus Anda Lakukan

Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak.
Ilustrasi Tongseng Sapi - Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak. (Sumber : via Titipku.com)
Sukabumi15 Juni 2024, 08:30 WIB

Sering Ngamuk Usai Cerai, Pria di Ciracap Sukabumi Dibawa Ke RSJ

Seorang pria bernama AS (58 tahun) di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, dievakuasi oleh pemerintah desa setempat ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) karena sering mengamuk dan membahayakan lingkungan.
AS di dalam kendaraan ambulans RSJ Provinsi Jawa Barat, saat akan berangkat | Foto : Ragil Gilang
Life15 Juni 2024, 08:00 WIB

Bebas LDL, 7 Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah

Berjalan kaki atau lakukan aktivitas ringan selama 10-15 menit bisa membantu mencegah lonjakan kadar kolesterol dalam darah.
Ilustrasi. Aktivitas Fisik. Bebas LDL, Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi Memilih15 Juni 2024, 07:30 WIB

Pilkada Sukabumi: Deden Deni Wahyudin Ikuti Wawancara di DPW Gerindra Jawa Barat

Bakal calon bupati dan wakil bupati Sukabumi, Deden Deni Wahyudin, menghadiri undangan interview atau wawancara dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Gerindra Jawa Barat pada Jumat, 14 Juni 2024.
Bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi Deden Deni Wahyudin saat berfoto bersama Ketua DPC Gerindra Jabar, dan Bapilu Jabar | Foto : Sukabumi Update