Punya Asam Urat? 5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Anda Hindari

Selasa 05 Maret 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi daging merah - Risiko kambuhnya asam urat sangat dipengaruhi oleh makanan yang Anda konsumsi (Sumber : pexels.com/@Eduardo Krajan).

Ilustrasi daging merah - Risiko kambuhnya asam urat sangat dipengaruhi oleh makanan yang Anda konsumsi (Sumber : pexels.com/@Eduardo Krajan).

SUKABUMIUPDATE.com - Jika Anda menderita asam urat, sebaiknya hindari makanan tinggi purin seperti daging merah, alkohol, serta jenis ikan dan kerang tertentu. Makanan ini bisa meningkatkan asam urat dan menyebabkan penumpukan asam urat yang menyakitkan di persendian Anda.

Bagaimana Makanan Mempengaruhi Asam Urat

Asam urat adalah jenis radang sendi yang berkembang ketika seseorang menderita hiperurisemia , atau tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Para peneliti di Inggris dan Amerika Serikat telah mengidentifikasi asam urat sebagai jenis radang sendi yang paling umum menyerang populasi mereka. 

Meskipun ada berbagai kemungkinan penyebabnya, termasuk pengaruh genetik dan kondisi medis yang mendasarinya, pola makan Anda dapat berdampak langsung pada asam urat dan tingkat keparahannya. 

Tingkat penyakit asam urat yang lebih tinggi cenderung ditemukan pada budaya yang banyak mengonsumsi daging merah, makanan olahan, gula, dan makanan tinggi purin lainnya.

Berikut adalah beberapa makanan yang harus dihindari dan tidak dikonsumsi, dikutip dari verrywellhealt.

1. Gula dan Buah

Gula, termasuk fruktosa, tampaknya meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Fruktosa adalah bentuk gula alami yang ditemukan di beberapa makanan. Itu ditambahkan ke banyak produk sebagai sirup jagung fruktosa tinggi. Menghindari atau membatasi makanan tinggi fruktosa dapat membantu mengurangi gejala asam urat.

Jus buah dan minuman manis telah dikaitkan dengan hiperurisemia dan asam urat. Beberapa buah secara alami mengandung fruktosa tinggi, namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui apakah buah tersebut memiliki efek yang sama seperti jus buah dan minuman manis.

Jika Anda menderita asam urat, Anda tidak harus menghindari semua buah, namun mungkin bisa membantu untuk:

  • Hindari atau batasi jus buah
  • Batasi buah-buahan tinggi fruktosa, seperti apel, pir, mangga, semangka, dan buah kering 

 

2. Gula dalam Minuman

Soda dan minuman manis dianggap sebagai makanan berkalori kosong. Mereka tidak mengandung nutrisi bermanfaat tetapi dapat menambah banyak kalori ke dalam makanan Anda. Mereka juga dapat menambah risiko serangan asam urat.

Sebuah tinjauan penelitian pada tahun 2020 menganalisis beberapa penelitian yang mengamati hubungan antara fruktosa dalam minuman manis dan perkembangan asam urat. Ditemukan bahwa minuman ini secara signifikan dikaitkan dengan peningkatan risiko asam urat dan hiperurisemia.

Selain jus buah, ada baiknya menghindari jenis minuman berikut:

  • Soda
  • Minuman berenergi
  • Minuman olahraga
  • Minuman kopi manis

 

3. Makanan Olahan

Pola makan orang Barat modern seringkali kaya akan makanan olahan dan karbohidrat olahan. Makanan-makanan ini telah dikaitkan dengan risiko asam urat yang lebih tinggi serta kondisi kesehatan lainnya, termasuk: 

  • Diabetes tipe 2
  • Penyakit jantung
  • Pertambahan berat badan dan obesitas

 

Dengan menghindari makanan dan minuman yang diolah dan mengandung karbohidrat olahan, Anda dapat membantu membatasi perkembangan asam urat dan gejalanya. Makanan yang harus dihindari antara lain:

  • Permen
  • Makanan yang dipanggang, seperti muffin, kue kering, dan kue
  • roti putih
  • Keripik dan kerupuk
  • Es krim
  • Beberapa makanan beku
  • Makanan cepat saji

 

4. Daging Merah dan Daging Jeroan

Daging merah dan jeroan merupakan makanan tinggi purin. Para peneliti telah menunjukkan bahwa makanan ini dapat meningkatkan risiko kadar asam urat tinggi dan asam urat. Untuk membatasi risiko Anda, jaga agar asupan daging merah dan jeroan Anda tetap rendah: 

  • Daging sapi
  • Banteng
  • Daging rusa dan hewan liar lainnya
  • Hati
  • Jantung
  • Lidah

 

Ingatlah bahwa banyak sup berbahan dasar daging, kuah daging, dan daging olahan seperti salami dan pepperoni juga dapat meningkatkan risiko serangan asam urat. Namun, ayam memiliki kadar purin sedang dan boleh dimakan secukupnya.

 

5. Ikan dan Makanan Laut

Jenis makanan laut tertentu mengandung purin yang tinggi. Makanan ini harus dihindari pada pola makan ramah asam urat, sementara jenis makanan laut lainnya dapat dimasukkan. Beberapa jenis ikan dan kerang memiliki kadar purin sedang dan sebaiknya dibatasi kurang dari 6 ons per hari.

Ikan dan Makanan Laut yang Harus Dihindari

  • Teri
  • Sejenis ikan pecak
  • Ikan haring
  • Ikan Jack makarel
  • Kerang
  • Sarden
  • Ikan trout
  • Tuna

 

Ikan berlemak, seperti tuna dan salmon, merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik dan umumnya dianggap menyehatkan. Namun, mereka mengandung purin yang tinggi. 

 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ikan yang tinggi asam lemak omega-3 (tetapi bukan suplemen omega-3) dikaitkan dengan rendahnya risiko serangan asam urat. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami temuan ini. 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat24 Juli 2024, 07:00 WIB

Diet Sehat, Ini 7 Asupan Tinggi Kalsium yang Baik untuk Tulang Anak

Diet Asupan Tinggi Kalsium yang Baik untuk Tulang Anak. Pastikan anak mendapatkan kalsium dari berbagai sumber untuk menjaga keseimbangan nutrisi.
Ilustrasi. Asupan Tinggi Kalsium untuk Anak (Sumber : Pixabay/Miriam-Fotos)
Life24 Juli 2024, 06:30 WIB

16 Kebiasaan Baik yang Bisa Membuat Badan Sehat dan Bugar, Yuk Lakukan!

Kebiasaan Baik yang Bisa Membuat Badan Sehat dan Bugar. Konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan lemak sehat.
Ilustrasi. Relaksasi agar Tubuh Sehat dan Bugar (Sumber : Pixabay/Irina)
Food & Travel24 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Membuat Rebusan Daun Pepaya, Simpel dan Kaya Manfaat Kesehatan!

Daun pepaya mengandung vitamin A, C, dan E yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Ilustrasi. Daun Pepaya yang Kaya Manfaat Kesehatan (Sumber : Pixabay/HartonoSubagio)
Science24 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 Juli 2024, Langit Cenderung Berawan dan Cerah Berawan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Rabu 24 Juli 2024.
Ilustrasi. Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 Juli 2024, Langit Cenderung Berawan dan Cerah Berawan. | Foto: SU/Dede
Sukabumi23 Juli 2024, 22:49 WIB

Polisi Soal Kapal dan Dugaan Pencemaran di Laut Pantai Batu Panganten Sukabumi

Berikut kata Polisi terkait adanya dua kapal yang melintas di perairan Ciracap sehari sebelum air laut Pantai Batu Panganten Sukabumi diduga tercemar BBM Solar.
Kondisi air laut Pantai Batu Panganten Sukabumi yang diduga tercemar BBM Solar. (Sumber : Istimewa)
Nasional23 Juli 2024, 22:07 WIB

Antusias Ikut Jatim Media Summit 2024, Lebih 100 Peserta Sudah Daftarkan Diri

Terhitung 36 jam jelang pelaksanaan puncak JMS 2024 pada Kamis pagi, 25 Juli, tercatat sudah lebih dari 100 calon peserta mendaftarkan diri.
Jatim Media Summit (JMS) 2024. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi23 Juli 2024, 21:01 WIB

Dinkes Sukabumi Siap Tindak Tegas Pelaku Pembuangan Limbah Medis di Parungkuda

Dinkes Kabupaten Sukabumi buka suara terkait temuan limbah medis berupa tabung sampel darah di jalanan Parungkuda.
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Sukabumi Agus Sanusi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Sehat23 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Keajaiban Telur Rebus: Tingkatkan Kesehatan dari Dalam ke Luar

Secara keseluruhan, telur rebus merupakan pilihan makanan yang aman, lezat, dan bergizi.
Ilustrasi. Secara keseluruhan, telur rebus merupakan pilihan makanan yang aman, lezat, dan bergizi.  (Sumber : Freepik/@timolina)
Bola23 Juli 2024, 20:00 WIB

Lawan Persis Solo Menjadi Penentu Persib Bandung ke Semifinal Piala Presiden 2024

Pada laga pamungkas, Persib akan menghadapi Persis Solo di Stadion Si Jalak Harupat pada Kamis (25 Juli 2024). Persib harus meraih kemenangan untuk lolos ke semifinal.
Pada laga pamungkas, Persib akan menghadapi Persis Solo di Stadion Si Jalak Harupat pada Kamis (25 Juli 2024). Persib harus meraih kemenangan untuk lolos ke semifinal. (Sumber : X@persib).
Sukabumi23 Juli 2024, 19:42 WIB

Netralitas ASN Kota Sukabumi Jelang Pilkada Disorot Mahasiswa, Ini Kata Kusmana

Mahasiswa HMI unjuk rasa terkait isu netralitas ASN Pemkot Sukabumi jelang Pilkada 2024.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji saat menemui massa unjuk rasa dari mahasiswa HMI, Selasa (23/7/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)