10 Makanan yang Dapat Membantu Meringankan Sembelit

Kamis 08 Februari 2024, 09:00 WIB
Buah Beri - Ada beberapa makanan yang dapat membantu Anda meringankannya secara alami. (Sumber : pexels.com/@Pixabay.)

Buah Beri - Ada beberapa makanan yang dapat membantu Anda meringankannya secara alami. (Sumber : pexels.com/@Pixabay.)

SUKABUMIUPDATE.com - Sembelit atau konstipasi adalah kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan buang air besar. Gejalanya bisa berupa buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu, feses keras dan sulit dikeluarkan, serta perut kembung dan tidak nyaman.

Ada berbagai faktor penyebab sembelit, di antaranya kurang asupan serat, kurang minum air putih, kurang olahraga, stres, dan perubahan hormonal. Untuk mengatasinya, bisa dilakukan perubahan gaya hidup seperti perbanyak konsumsi makanan berserat, minum air putih yang cukup, dan olahraga teratur.

Makanan untuk sembelit termasuk biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Mengonsumsi makanan yang kaya serat dapat membantu melancarkan buang air besar. Serat adalah bagian bahan tumbuhan yang tidak dapat dicerna. Sebaliknya, serat menambah jumlah besar pada tinja Anda dan melunakkannya.

Baca Juga: Menambah Berat Badan: Tips Makanan Terbaik dan Kebiasaan yang Harus Dibentuk

Selain mengonsumsi makanan kaya serat, minum lebih banyak air, teh herbal, dan sup bening dapat membantu serat bekerja lebih baik dan membuat sistem pencernaan Anda kembali berfungsi.

Dikutip via verywellhealth, berikut adalah beberapa makanan terbaik untuk sembelit dan menjelaskan bagaimana setiap makanan dapat membantu sistem pencernaan Anda tetap teratur.

1. Buah Beri

Buah beri adalah salah satu makanan terbaik untuk sembelit karena kandungan serat dan airnya yang tinggi.

Baca Juga: Buah Markisa: Nutrisi dan Khasiat Kesehatan Bagi Tubuh Manusia

Buah beri kaya akan serat larut, yang membentuk gel di saluran pencernaan Anda yang menambah massa tinja dan melunakkannya. Buah beri juga mengandung serat tidak larut dalam biji dan kulitnya, yang membantu makanan bergerak lebih cepat melalui usus untuk mencegah sembelit.

Raspberry sangat baik untuk meredakan sembelit. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan 25 hingga 30 gram serat per hari, dan terdapat delapan gram serat dalam satu cangkir raspberry mentah saja.

Buah beri lain yang bisa dimakan untuk mencegah dan meredakan sembelit meliputi:

  • Blackberry
  • Bluberi
  • Stroberi
  • Cranberry

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Stres dan Depresi dalam Hidupnya, Apa Kamu Salah Satunya?

2. Buah Plum

Buah plum terkenal sebagai salah satu makanan terbaik untuk sembelit. Satu cangkir buah plum mentah mengandung lebih dari 12 gram serat makanan. Selain itu, juga mengandung zat bernama sorbitol yang berfungsi sebagai pencahar alami untuk mencegah dan meringankan sembelit.

Minum jus plum juga efektif untuk meredakan sembelit dan merupakan alternatif yang bagus untuk buah plum mentah jika Anda tidak dapat menemukannya. Karena jus plum mengandung gula yang sangat tinggi, pastikan untuk mencari jus yang tidak mengandung tambahan gula.

Satu studi yang diterbitkan dalam American Journal of Gastroenterology menemukan bahwa orang dengan sembelit kronis mengalami kelegaan yang signifikan dalam waktu tiga minggu setelah minum jus plum setiap hari.

Baca Juga: 10 Cara Paling Mudah untuk Mengatasi Stres Agar Jiwa Sehat dan Hidup Bahagia

3. Sayuran

Mengonsumsi banyak sayuran berwarna tidak diragukan lagi merupakan salah satu cara terbaik untuk meredakan sembelit. Sayuran adalah sumber serat makanan yang sangat baik dan memiliki sifat pencahar lain yang mencegah tinja Anda menjadi terlalu keras atau sulit dikeluarkan. Meski kelihatannya tidak seperti itu, namun ternyata mengandung banyak air.

Meskipun mengonsumsi sayuran mentah adalah hal yang ideal, Anda masih bisa mendapatkan banyak serat dan nutrisi penting lainnya dari sayuran setelah direbus, dikukus, dipanggang, dipanggang, dan bahkan digoreng.

Sayuran berserat tinggi yang dapat membantu mencegah sembelit antara lain:

  • Brokoli
  • Kol bunga
  • Wortel
  • Terong
  • Kacang hijau
  • kubis Brussel
  • Bit

Baca Juga: 10 Rekomendasi Sarapan untuk Penderita Asam Lambung (GERD)

4. Beras Merah

Beras merah adalah makanan pokok di seluruh dunia dan dengan alasan yang bagus. Ini adalah salah satu makanan terbaik untuk sembelit karena kandungan seratnya yang tinggi.

Berbeda dengan beras putih, yang kulit dan kumannya dihilangkan selama proses pemurnian, beras merah yang tidak dimurnikan tetap mempertahankan seluruh kandungan seratnya.

Satu cangkir nasi merah matang mengandung sekitar tiga gram serat. Pasangkan nasi merah dengan beberapa sayuran matang untuk hidangan gurih dan kaya serat.

Baca Juga: 13 Rekomendasi Makanan Tinggi Kalsium yang Bagus Untuk Kesehatan Tulang

5. Gandum

Oat benar-benar diremehkan. Selain menjadi salah satu makanan terbaik untuk sembelit, mereka juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan penting yang mendukung kesehatan usus.

Oat juga sangat serbaguna. Cara paling sederhana untuk memakannya adalah dengan membuat oatmeal, tapi Anda juga bisa memasukkan oat ke dalam casserole, roti buatan sendiri, dan bahkan bakso.

Satu cangkir oat matang mengandung sekitar empat gram serat. 8 Saat berbelanja oat, carilah oat gandum utuh, oat menir, dan dedak oat untuk mendapatkan kandungan serat paling banyak.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Camilan Sehat yang Tinggi Protein, Nutrisi Penting Bagi Tubuh!

6. Kacang Kenari

Kacang kenari adalah salah satu camilan terbaik yang bisa Anda konsumsi saat Anda mengalami sembelit. Satu cangkir kenari mengandung sekitar delapan gram serat, menjadikannya salah satu kacang paling kaya serat, bersama dengan almond dan pecan.

Selain itu, kenari kaya akan asam lemak omega-3 yang meredakan sembelit dengan melumasi dinding usus sehingga tinja lebih mudah keluar.

7. Biji Chia

Biji chia adalah makanan serbaguna lainnya yang dapat membantu meringankan sembelit. Anda bisa menggunakan biji chia dalam puding, selai, oat semalaman, smoothie, salad, dan banyak lagi.

Baca Juga: Tes Kepribadian Berdasarkan Golongan Darah: EQ, IQ dan Karir Seseorang

Yang menjadikan biji chia salah satu makanan terbaik untuk sembelit adalah kandungan seratnya yang tinggi; satu ons biji chia kering mengandung hampir 10 gram serat.

Biji chia kaya akan asam lemak omega-3 dan antioksidan untuk mendukung pencernaan. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa mereka dapat membantu meningkatkan keseimbangan bakteri usus yang sehat.

8. Kedelai

Kedelai merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang paling banyak dimakan dalam bentuk tahu. Mereka juga digunakan sebagai pengganti daging dalam berbagai makanan nabati.

Baca Juga: Biji Delima: Nutrisi dan 7 Manfaat Kesehatan Apabila Dikonsumsi

Satu cangkir kedelai mengandung 17 gram serat, menjadikannya salah satu makanan terbaik untuk mengatasi sembelit. Memasak atau merebus kedelai juga tidak akan merusak kandungan seratnya.

Sayangnya, meminum susu kedelai tidak akan membantu, karena sebagian besar serat kedelai hilang selama proses pembuatannya.

9. Teh Herbal Terbaik untuk Sembelit

Salah satu cara untuk membantu meringankan sembelit adalah dengan meminum secangkir teh hangat yang menenangkan. Cairan panas dianggap mendorong pergerakan usus dengan mendorong gerak peristaltik(kontraksi usus).

Baca Juga: Blueberry: Nutrisi dan 9 Manfaat Kesehatan untuk Tubuh Manusia

Dua teh herbal khususnya, keduanya memiliki rasa seperti licorice, dikatakan memiliki efek pencahar yang signifikan yakni teh adas.

10. Air Putih

Sama pentingnya dengan makanan kaya serat dalam mengatasi sembelit, Anda juga perlu memastikan bahwa Anda minum banyak air untuk menjaga hidrasi yang cukup. Jika Anda mengalami dehidrasi , lebih sedikit air yang dapat ditarik ke saluran pencernaan untuk membantu menjaga tinja tetap lunak.

Kebanyakan orang dewasa tidak minum cukup air setiap hari. Dengan meningkatkan asupan cairan, Anda tidak hanya akan mampu mengatasi serangan sembelit akut dengan lebih baik, tetapi juga tetap teratur dalam jangka panjang.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel09 Mei 2024, 07:00 WIB

Simpel dan Mudah, Cara Membuat Air Rebusan Ketumbar untuk Meredakan Nyeri Sendi

Air rebusan ketumbar dapat dikonsumsi secara teratur untuk mendapatkan manfaat kesehatannya, terutama untuk meredakan masalah pencernaan, meredakan nyeri sendi, dan memberikan efek detoksifikasi pada tubuh.
Ilustrasi. Mudah Dibuat di Rumah, Cara Membuat Air Rebusan Ketumbar untuk Meredakan Nyeri Sendi (Sumber : Instagram/@sweet.deeva)
Science09 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 9 Mei 2024, Sukabumi Berpotensi Cerah dari Pagi Hingga Dini Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Kamis 9 Mei 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Kamis 9 Mei 2024. | Pixabay/
Sukabumi09 Mei 2024, 00:31 WIB

Hati-hati Jadi TKW! Belajar Rugi dari Warga Sukabumi yang Hamil Sepulang dari Dubai

Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana menanggapi hal tersebut, pihaknya menyebut peristiwa ini harus menjadi contoh (pelajaran) bagi seluruh masyarakat ketika hendak menjadi TKW.
Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Rabu (8/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi08 Mei 2024, 23:30 WIB

Silaturahmi Kepala Desa Se-Dapil V, Satukan Langkah untuk Kemajuan Sukabumi

Silahturahmi dan Halal Bihalal Apdesi Kabupaten Sukabumi bersama para kepala desa, para istri kepala desa, dan aparat desa se Dapil V di gelar di Agro Park, Kecamatan Nyalindung, Rabu (8/5/2024).
Halal Bihalal dan Silaturahmi Apdesi dan Para Kepala Desa Se Dapil V Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/5/2024) | Foto : Dok. Apdesi
Sukabumi08 Mei 2024, 23:23 WIB

Diduga Sopir Main HP saat Berkendara, Angkot di Sukabumi Seruduk Mobil Penjual Cireng

Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi, diduga gegara sopir asyik main HP saat berkendara.
Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi08 Mei 2024, 22:54 WIB

DPRD Sukabumi Raker soal Pencabutan Status UHC Non-Cut Off, Ini Hasilnya

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar ungkap hasil raker soal pencabutan status UHC Non-Cut Off bersama Pemda.
Raker Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi dan Pemda soal pencabutan status UHC Non-Cut Off oleh BPJS Kesehatan. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 21:16 WIB

Banyak Kasus Kriminal Libatkan Anak, Bupati Sukabumi Soroti Dampak Medsos hingga Ekonomi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menyebut pengawasan perserta didik harus diperketat mulai dari pengawasan orang tua, lembaga pendidikan hingga lingkungan sosial
Bupati Sukabumi, Marwan Hamami | Foto : Asep Awaludin
Sehat08 Mei 2024, 21:00 WIB

Tanaman Jelatang: Nutrisi dan 5 Khasiatnya untuk Mengobati Beragam Penyakit

Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae.
Ilustrasi - Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae. (Sumber : pexels.com/@Simon Gough).
Sukabumi08 Mei 2024, 20:59 WIB

Kamboja Belajar soal Pencegahan Perkawinan Anak ke Pemkab Sukabumi

Kabupaten Sukabumi jadi tempat belajar soal pencegahan perkawinan anak bagi delegasi Kamboja.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat berbagi cenderamata dengan delegasi pemerintah Kamboja. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 20:14 WIB

Kebakaran Rumah di Lengkong Sukabumi Diduga Akibat Korsleting Listrik, Penghuni Mengungsi

Kerugian akibat kebakaran rumah di Lengkong Sukabumi ini capai Rp65 Juta. Penyebab diduga akibat korsleting listrik.
Kondisi rumah di Lengkong Sukabumi yang hangus terbakar. (Sumber : Istimewa)