Tes Kepribadian Berdasarkan Golongan Darah: EQ, IQ dan Karir Seseorang

Senin 29 Januari 2024, 17:30 WIB
Ilustrasi - Mengungkap kepribadian seseorang berdasarkan golongan darah. (Sumber : Freepik.com/@brgfx).

Ilustrasi - Mengungkap kepribadian seseorang berdasarkan golongan darah. (Sumber : Freepik.com/@brgfx).

SUKABUMIUPDATE.com - Tes Kepribadian Golongan Darah akan memungkapkan Siapa Anda dan tentang EQ (Emotional Quotient), IQ (Intelligence Quotient), serta Karir Anda. EQ dan IQ adalah dua konsep yang sering digunakan untuk menggambarkan kecerdasan seseorang.

Kepribadian berdasarkan golongan darah adalah kepercayaan populer di Jepang dan beberapa negara Asia lainnya. Kepercayaan ini didasarkan pada gagasan bahwa golongan darah seseorang dapat memengaruhi kepribadian dan perilakunya.

Nama ilmiah yang mempelajari kepribadian berdasarkan golongan darah disebut Ketsueki-gata. Studi tentang kepribadian seseorang didasarkan pada empat golongan darah utama: golongan darah A, B, O, dan AB.

Baca Juga: 10 Ciri Orang Stres Karena Batinnya Terganggu, Apa Kamu Salah Satunya?

Praktek mempelajari kepribadian atau IQ seseorang berdasarkan golongan darahnya cukup terkenal di Jepang. Berikut adalah kepribadian seseorang berdasarkan golongan darah, yang dihimpun via Jagran Josh.

1. Kepribadian Golongan Darah A

Kepribadian Golongan Darah A, berarti Anda kreatif, pintar, kooperatif, dan bersemangat. Anda adalah orang yang berhati-hati dalam mengambil keputusan.

Anda pandai melakukan banyak tugas. Anda terorganisir dengan baik dan lebih menyukai kerapian dan segala sesuatunya berada di tempat yang telah ditentukan. Anda lebih suka menjadi perfeksionis, penuh perhatian, dan konsisten dalam apa pun yang Anda lakukan. Orang dengan golongan darah A ditemukan lebih cerdas secara emosional.

Baca Juga: 11 Cara Mengatasi Stres Agar Kembali Hidup Senang dan Bahagia

Anda lebih cenderung mempertimbangkan aturan masyarakat dan menjaga etika. Anda cenderung tidak melakukan tindakan serampangan. Padahal Anda terkadang bisa menjadi keras kepala, obsesif, terlalu sensitif, pesimis, dan mudah stres.

Anda juga bisa menjadi sangat sombong dalam pikiran dan tindakan Anda. Anda biasanya menyimpan perasaan dan pikiran Anda untuk diri sendiri. Anda terbuka kepada orang-orang hanya kepada mereka yang sangat percaya.

Ciri-ciri Kepribadian Golongan Darah A+:

Kelebihan: Pemimpin yang ulung, Kerjasama, Dapat dipercaya, Cerdas/ Kekurangan: Temperamental, dan Sasaran kritik.

Baca Juga: 13 Rekomendasi Makanan Tinggi Kalsium yang Bagus Untuk Kesehatan Tulang

A- Ciri-ciri Kepribadian Golongan Darah:

Kelebihan: Pekerja keras, Gigih, Perencana yang baik, Berkemauan keras/ Kekurangan : Cepat marah, dan mudah terombang-ambing.

Pilihan karir: Ekonom, Pustakawan, Akuntan, Desainer Grafis, dll.

2. Kepribadian Golongan Darah B

Kepribadian Golongan Darah B, berarti Anda bersemangat, kreatif, kuat, dan aktif. Anda ceria, suka bertualang, terbuka terhadap pengalaman baru, tidak konvensional, dan santai.

Berdasarkan penelitian, golongan darah Anda memiliki otak tercepat. Anda memiliki imajinasi yang aktif. Anda memiliki ingatan yang tajam. Kemungkinan besar Anda sangat pandai dalam mata pelajaran seperti matematika dan sains. Anda akan melakukan pendekatan atau menyelesaikan tugas sesuai kecepatan Anda sendiri.

Namun, terkadang Anda bisa menjadi tidak bertanggung jawab, ceroboh, tidak dewasa, tidak dapat diprediksi, tidak menentu, malas, dan tidak kooperatif. Anda benci menerima perintah. Anda juga bisa terpaku pada tujuan yang tidak praktis atau tidak dapat dicapai karena sifat negatif Anda yang tidak mampu melepaskan sesuatu.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Sarapan untuk Penderita Asam Lambung (GERD)

Ciri-ciri Kepribadian Golongan Darah B+:

Kelebihan: Emosional, Suka Membantu, Mengutamakan hubungan, cantik, pintar, IQ tinggi Kekurangan: Cepat marah, tidak menentu, tidak bertanggung jawab.

B- Ciri-ciri Kepribadian Golongan Darah:

Kelebihan: Pekerja keras, cerdas, berkemauan keras, berprestasi/ Kekurangan : Terkadang egois, dan tidak banyak membantu.

Pilihan karir: Jurnalis, Artis, Pemilik Bisnis, Konsultan, Pengusaha, Musisi, dll.

Baca Juga: 10 Ciri Kamu Adalah Orang Baik Dilihat dari Kebiasaannya Sehari-hari

3. Kepribadian Golongan Darah O

Kepribadian Golongan Darah O maka Anda adalah orang yang giat, berani, suka bersosialisasi, ceria, percaya diri, tekun, ulet, intuitif, dan berkemauan keras. Anda juga cukup murah hati dan suka membantu. Anda lebih suka memiliki kesadaran yang jernih.

Anda biasanya menjaga standar yang sangat tinggi dan tujuan besar untuk diri Anda sendiri. Anda bekerja untuk selalu menemukan cara untuk mencapai tujuan Anda. Anda juga bisa memiliki kualitas kepemimpinan yang sangat baik. Namun Anda tidak menyibukkan diri dengan hal-hal kecil atau remeh.

Anda fokus pada gambaran besarnya. Anda cenderung melihat sisi baiknya dalam setiap situasi. Jika seseorang bertanya kepada Anda apakah gelas itu setengah kosong, pandangan Anda akan menjadi gelas yang terisi setengah. Sikap riang Anda terkadang membuat Anda terlihat egois.

Baca Juga: 4 Gejala Utama Gangguan Stres Pasca Trauma (PTSD) dan Ciri-cirinya

Namun, setelah mengenal Anda, seseorang memahami bahwa Anda hanyalah tipe orang yang tenang, mandiri, damai, dan mengabdi pada pertumbuhan Anda. Namun, ketika Anda merasa sedih atau negatif, Anda mungkin menunjukkan sifat dingin, tidak dapat diprediksi, sombong, dll.

Ciri-ciri Kepribadian Golongan Darah O+:

Kelebihan : Bermanfaat, Kesadaran jernih, sosial, optimis/ Kekurangan : Tidak terlalu terbuka terhadap pengalaman baru dan egois.

Ciri-ciri Kepribadian Golongan Darah O:

Kelebihan: Optimis, Tekun, ulet, intuitif, berkemauan keras/ Kekurangan : Tidak dapat diprediksi, dan egois.

Pilihan karir: CEO, Politisi, Aktris, Model, Pembicara Publik, dll.

Baca Juga: Ciri-ciri Orang Kecanduan Stres, Nyata dan Berbahaya Bagi Kesehatan!

4. Kepribadian Golongan Darah AB

Jika golongan darah Anda AB, maka Anda adalah tipe individu yang diplomatis, mudah beradaptasi, misterius, karismatik, eksentrik, analitis, logis, ramah, namun introvert. Anda memiliki pendekatan rasional terhadap berbagai hal.

Meskipun demikian, Anda mencoba untuk menjaga pendekatan empati ketika berhadapan dengan orang lain. Studi kepribadian menunjukkan bahwa Anda mungkin juga memiliki sifat dualitas atau bermuka dua dan oleh karena itu, Anda mudah tersesat dalam pikiran.

Ciri-ciri negatif kepribadian golongan darah AB bisa berupa rumit, pelupa, tidak sabar, tidak bertanggung jawab, kritis, menyendiri, bimbang, dan diskriminatif. Berdasarkan golongan darah untuk studi kepribadian, diketahui bahwa orang dengan kepribadian golongan darah AB biasanya memiliki campuran ciri-ciri kepribadian dari kepribadian golongan darah A dan golongan darah B.

Baca Juga: Stres di Tempat Kerja: Penyebab, Efek Kesehatan Mental dan Cara Mengatasinya

Ciri-ciri Kepribadian Golongan Darah AB+:

Kelebihan: Peduli, Pendiam, Cerdas, karismatik/ Kekurangan : Sulit diyakinkan, keras kepala, kaku.

AB- Ciri-ciri Kepribadian Golongan Darah:

Kelebihan: IQ tinggi, Otak aktif, Hidup dengan sikap 'Ketidaktahuan adalah Kebahagiaan'/ Kekurangan: Masalah kepercayaan dan Keras kepala.

Pilihan karir: Guru, Pengacara, Pekerja Sosial, Konselor, Layanan Kesehatan, dll.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi09 Mei 2024, 21:59 WIB

Sopir Mengantuk, Truk Box Terguling hingga Nyaris Tabrak Mushola di Cicurug Sukabumi

Sebuah Truk Box Nopol A 9468 U terguling hingga nyaris menabrak sebuah Mushola Darul Falah di jalan raya Siliwangi Kampung Ciutara RT 16B/07, Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.
Truk Box Terguling hingga Nyaris Tabrak Mushola di Cicurug Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi09 Mei 2024, 21:51 WIB

Pemotor Wanita Asal Jakarta Tewas Usai Terjatuh di Jalan Cicurug Sukabumi

Seorang pemotor wanita meninggal dunia setalah terjatuh saat melintasi Jalan Alternatif Tenjoayu, Kampung Baru RT 05/01, Desa Tenjoayu, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi
Ilustrasi kecelakaan sepeda motor di jalan raya Tenjoayu Cicurug Sukabumi | Foto : Pixabay
Sukabumi Memilih09 Mei 2024, 21:19 WIB

Hidden Agenda Dibalik Koalisi 6 Parpol? Jelang Pilkada Kota Sukabumi 2024

Enam partai politik di Kota Sukabumi dikabarkan telah bersepakat untuk berkoalisi dalam mengusung pasangan calon wali kota / wakil wali kota pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak (Pilkada) 2024
6 Partai sepakat berkoalisi di Pilkada Kota Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life09 Mei 2024, 21:00 WIB

Hindari 10 Posisi Tidur yang Tidak Baik untuk Penderita Asam Urat

Hindari! Ternyata posisi tidur yang tidak baik untuk penderita asam urat ini dapat meningkatkan risiko gejala refluks asam lambung dan memperburuk gejala asam urat.
Ilustrasi. Posisi tidur yang tidak baik untuk penderita asam urat ini dapat meningkatkan risiko gejala refluks asam lambung dan memperburuk gejala asam urat. (Sumber : pixabay.com/@Kat)
Sehat09 Mei 2024, 20:30 WIB

Lawan Rasa Sakitnya Sampai Tuntas, Rekomendasi 6 Obat Asam Urat di Apotik

Obat asam urat ini bisa didapatkan dengan mudah di apotek, namun dengan catatan harus sesuai dengan resep dokter.
Ilustrasi. Obat asam urat ini bisa didapatkan dengan mudah di apotek, namun dengan catatan harus sesuai dengan resep dokter. (Sumber : Freepik/@Lifestylememory)
Life09 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Rekomendasi Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Jangan Di Skip Ya, Ini Rekomendasi Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Yuk Lakukan!
Ilustrasi. Posisi Tidur. Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Sumber: Pexels/MichelleLeman
Sukabumi09 Mei 2024, 19:57 WIB

Landmark Alun-Alun Palabuhanratu Rusak dan Lampu Mati, Disperkim Sukabumi Janji Perbaiki

Landmark Alun-alun Palabuhanratu mengalami kerusakan pada beberapa hurufnya. Pada saat malam hari sebagian hurufnya juga sudah tidak menyala.
Landmark Alun-Alun Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Bola09 Mei 2024, 19:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Guinea di Play-off Olimpiade Paris 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Play-off Olimpiade Paris antara Timnas Indonesia U-23 vs Guinea U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Ilustrasi - Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Play-off Olimpiade Paris antara Timnas Indonesia U-23 vs Guinea U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : FFF/Ist).
Sehat09 Mei 2024, 19:00 WIB

Rasanya Sakit dan Susah Berdiri, 8 Cara Mengobati Asam Urat di Pergelangan Kaki

Asam urat bisa menyerang di area sendi mana saja termasuk di pergelangan kaki.
Ilustrasi - Asam urat bisa menyerang di area sendi mana saja termasuk di pergelangan kaki. (Sumber : pexels.com/@Boys in Bristol Photography).
Sukabumi09 Mei 2024, 18:56 WIB

Sopir Mengaku Ngantuk, Ayla Tabrak Pohon di Parungkuda Sukabumi

Sopir mengaku mengantuk hingga kendaraan yang dikemudikannya Daihatsu Ayla dengan nomor polisi F 1742 MB menabrak pembatas jalan dan pohon hingga mengalami kerusakan parah.
Daihatsu Ayla menabrak pohon di Parungkuda Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari