Rahasia Buah Semangka: Bisa Mengurangi Kecemasan dan Jaga Kesehatan Mental

Selasa 16 Januari 2024, 09:00 WIB
Semangka yang enak dan menyegarkan dapat membantu mengurangi kecemasan den menjaga kesehatan mental. (Sumber : Unplash/Monika Grabkowska)

Semangka yang enak dan menyegarkan dapat membantu mengurangi kecemasan den menjaga kesehatan mental. (Sumber : Unplash/Monika Grabkowska)

SUKABUMIUPDATE.com - Semangka adalah buah yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan, melon, dan ketimun. Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus

Semangka memiliki kulit yang keras, berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua. Tergantung pada jenisnya, daging buah semangka dapat berwarna merah atau kuning.

Buah semangka kaya akan nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, dan asam folat. Selain itu, semangka juga mengandung likopen, senyawa antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca Juga: Buah Naga: Nutrisi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Buah ini dikenal karena khasiatnya yang menyegarkan dan menghidrasi. Semangka terdiri dari 92% air dan 8% gula, buah super ini tidak hanya membantu menghilangkan dahaga Anda tetapi juga menawarkan banyak manfaat kesehatan mental. Ketika kadar merkuri meningkat, banyak orang mengalami penurunan suasana hati atau peningkatan tingkat kecemasan.

Saat musim panas tiba, orang-orang bisa terkena stres dalam berbagai hal, namun manfaat kesehatan mental dari makan semangka adalah mengurangi kecemasan dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan. Mengutip Mind.help, Dr. Uma Naidoo, psikiater lulusan Harvard, koki profesional, dan spesialis nutrisi, menyoroti khasiat semangka yang dapat mengurangi kecemasan.

Vitamin B6 Sebagai Pereda Stres

Semangka merupakan sumber yang kaya akan vitamin B6. Tidak heran jika buah ini menjadi salah satu buah musim panas yang paling penting untuk kesehatan mental karena nutrisi penting ini membantu produksi bahan kimia otak yang bertanggung jawab untuk menghilangkan stres, kecemasan, dan serangan panik.

Baca Juga: 9 Penyebab Orang-orang Mengalami Tekanan Batin, Salah Satunya Karena Traumatis!

Dengan merelaksasi pembuluh darah dengan mudah, semangka menghasilkan sensasi perasaan senang. Selain itu, semangka berfungsi sebagai sumber Vitamin C, A, dan E yang sangat baik, yang dapat membantu mengurangi kecemasan yang dipicu oleh kekurangan nutrisi ini.

Vitamin C Sebagai Peredam Kecemasan

Semangka, seperti buah lain yang meredakan kecemasan, mengandung banyak vitamin C. Vitamin ini dikaitkan dengan pengurangan kecemasan. Sebuah studi tahun 2012 menemukan bahwa pasien dengan gangguan kecemasan umum dan/atau depresi menunjukkan tingkat vitamin A, C, dan E yang lebih rendah dibandingkan dengan orang sehat.

Setelah periode suplementasi enam minggu, para peneliti mengamati “penurunan skor kecemasan dan depresi yang signifikan.” Temuan ini menekankan dampak positif semangka, sumber kaya vitamin C, terhadap pengurangan kecemasan.

Baca Juga: 9 Cara Mengatasi Stres Akibat Tekanan Batin, Dijamin Hidup Kembali Bahagia

Peningkatan Kesehatan Usus Untuk Meredakan Kecemasan

Semangka mengandung polifenol yang memfasilitasi pertumbuhan bakteri menguntungkan di usus. Peningkatan bakteri menguntungkan ini tidak hanya meningkatkan kesehatan pencernaan tetapi juga berdampak positif pada kecemasan.

Karena kecemasan dan gangguan usus sering kali terjadi secara bersamaan, tidak mengherankan jika perbaikan pada satu kondisi dapat berdampak positif pada kondisi lainnya. Oleh karena itu, memasukkan semangka ke dalam makanan Anda dapat berkontribusi pada peningkatan kesehatan usus dan menghilangkan kecemasan.

Hidrasi: Kunci Manajemen Kecemasan

Seperti namanya, semangka merupakan sumber hidrasi yang sangat baik karena kandungan airnya yang tinggi.

Baca Juga: 10 Ciri Seseorang Mengalami Tekanan Batin, Kamu Sedang Mengalaminya Juga?

Hidrasi yang cukup merupakan aspek yang sering diabaikan dalam mengelola kecemasan melalui nutrisi. Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memperkuat rekomendasi ini, bukti anekdotal mendukung anggapan bahwa dehidrasi dapat memperburuk gejala kecemasan dan bahkan memicu serangan panik.

Dr. Naidoo berbagi pengalamannya, dengan menyatakan, “Saya pernah menemui pasien yang mengalami kecemasan yang semakin parah atau bahkan serangan panik yang parah ketika mereka mengalami dehidrasi dan tidak menyadarinya.” Oleh karena itu, memastikan hidrasi yang tepat melalui konsumsi semangka berpotensi mengurangi gejala kecemasan.

Tips Memilih Buah Musim Panas Untuk Kesehatan Mental

Untuk memilih buah-buahan musim panas untuk kesehatan mental, pilihlah buah-buahan berwarna cerah seperti blueberry dan jeruk, karena kaya akan antioksidan dan fitokimia. Tetap terhidrasi dengan memilih buah-buahan kaya air seperti semangka dan melon.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Orang yang Sulit Mendapatkan Kebahagiaan Sampai Umurnya Tua

Buah kaya vitamin C seperti buah jeruk dapat membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Gabungkan buah-buahan yang meningkatkan suasana hati seperti pisang dan alpukat, yang mengandung triptofan untuk meningkatkan kadar serotonin.

Prioritaskan buah-buahan organik dan bersumber secara lokal untuk mendapatkan manfaat nutrisi maksimal, dan nikmati buah-buahan sebagai bagian dari diet seimbang untuk kesehatan mental secara keseluruhan selama musim panas.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Science09 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 9 Mei 2024, Sukabumi Berpotensi Cerah dari Pagi Hingga Dini Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Kamis 9 Mei 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Kamis 9 Mei 2024. | Pixabay/
Sukabumi09 Mei 2024, 00:31 WIB

Hati-hati Jadi TKW! Belajar Rugi dari Warga Sukabumi yang Hamil Sepulang dari Dubai

Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana menanggapi hal tersebut, pihaknya menyebut peristiwa ini harus menjadi contoh (pelajaran) bagi seluruh masyarakat ketika hendak menjadi TKW.
Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Rabu (8/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi08 Mei 2024, 23:30 WIB

Silaturahmi Kepala Desa Se-Dapil V, Satukan Langkah untuk Kemajuan Sukabumi

Silahturahmi dan Halal Bihalal Apdesi Kabupaten Sukabumi bersama para kepala desa, para istri kepala desa, dan aparat desa se Dapil V di gelar di Agro Park, Kecamatan Nyalindung, Rabu (8/5/2024).
Halal Bihalal dan Silaturahmi Apdesi dan Para Kepala Desa Se Dapil V Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/5/2024) | Foto : Dok. Apdesi
Sukabumi08 Mei 2024, 23:23 WIB

Diduga Sopir Main HP saat Berkendara, Angkot di Sukabumi Seruduk Mobil Penjual Cireng

Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi, diduga gegara sopir asyik main HP saat berkendara.
Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi08 Mei 2024, 22:54 WIB

DPRD Sukabumi Raker soal Pencabutan Status UHC Non-Cut Off, Ini Hasilnya

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar ungkap hasil raker soal pencabutan status UHC Non-Cut Off bersama Pemda.
Raker Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi dan Pemda soal pencabutan status UHC Non-Cut Off oleh BPJS Kesehatan. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 21:16 WIB

Banyak Kasus Kriminal Libatkan Anak, Bupati Sukabumi Soroti Dampak Medsos hingga Ekonomi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menyebut pengawasan perserta didik harus diperketat mulai dari pengawasan orang tua, lembaga pendidikan hingga lingkungan sosial
Bupati Sukabumi, Marwan Hamami | Foto : Asep Awaludin
Sehat08 Mei 2024, 21:00 WIB

Tanaman Jelatang: Nutrisi dan 5 Khasiatnya untuk Mengobati Beragam Penyakit

Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae.
Ilustrasi - Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae. (Sumber : pexels.com/@Simon Gough).
Sukabumi08 Mei 2024, 20:59 WIB

Kamboja Belajar soal Pencegahan Perkawinan Anak ke Pemkab Sukabumi

Kabupaten Sukabumi jadi tempat belajar soal pencegahan perkawinan anak bagi delegasi Kamboja.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat berbagi cenderamata dengan delegasi pemerintah Kamboja. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 20:14 WIB

Kebakaran Rumah di Lengkong Sukabumi Diduga Akibat Korsleting Listrik, Penghuni Mengungsi

Kerugian akibat kebakaran rumah di Lengkong Sukabumi ini capai Rp65 Juta. Penyebab diduga akibat korsleting listrik.
Kondisi rumah di Lengkong Sukabumi yang hangus terbakar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih08 Mei 2024, 20:09 WIB

Pleno DPD Nasdem Putuskan Ayep Zaki Bacalon Wali Kota/Wakil Wali Kota Sukabumi

DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi menetapkan Ayep Zaki sebagai satu-satunya nama bakal calon wali kota / wakil wali kota Sukabumi yang lolos penjaringan.
Pleno DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi memutuskan H Ayep Zaki satu-satunya yang lolos penjaringan dan akan diusulkan ke DPW Nasdem Jabar, Rabu (8/5/2024) | Foto : Syams