Tanpa Disadari, Ini 10 Makanan dan Minuman Penyebab Kecemasan Meningkat

Jumat 05 Januari 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi - Ada beberapa asupan makanan dan minuman yang menjadi biang keladi kecemasan meningkat. (Sumber : pexels.com/@Robin Stickel).

Ilustrasi - Ada beberapa asupan makanan dan minuman yang menjadi biang keladi kecemasan meningkat. (Sumber : pexels.com/@Robin Stickel).

SUKABUMIUPDATE.com - Dunia yang serba canggih dan sibuk seperti saat ini, seringkali dipenuhi dengan stres dan kecemasan. Alhasil kita pun harus menyadari bahwa apa yang kita makan dapat sangat mempengaruhi kesehatan mental kita.

Orang-orang tahu bahwa kafein dan gula memengaruhi suasana hati, tetapi ada juga banyak makanan mengejutkan lainnya yang berkontribusi terhadap kecemasan.

Menyadari 'penyebab' makanan tersebut menyebabkan kecemasan tinggi, efeknya dan alternatif yang lebih baik dapat membantu seseorang mempertahankan keadaan pikiran yang seimbang dan damai.

Baca Juga: Bagus Untuk Kesehatan Mental Loh! 5 Manfaat Memelihara Hewan Peliharaan

Dikutip via mind.help, berikut adalah makanan dan minuman yang memiliki dampak pada kesehatan mental yakni penyebab kecemasan meningkat.

1. Makanan Olahan

Makanan olahan ini, yang mengandung karbohidrat olahan, lemak jahat, dan zat aditif menyebabkan ketidakteraturan gula darah yang menjadi penyebabnya, menyebabkan perubahan suasana hati dan peningkatan tingkat kecemasan.

Menggantinya dengan makanan utuh yang belum diolah seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian memastikan nutrisi yang stabil.

Baca Juga: 12 Teh Herbal yang Bermanfaat untuk Menjaga Kesehatan Mental

2. Alkohol

Alkohol pada awalnya membuat orang rileks tetapi konsumsi berlebihan mengganggu pola tidur menyebabkan ketidakseimbangan serotonin yang menghasilkan tingkat kecemasan yang lebih tinggi. Seseorang dapat memilih alternatif yang menenangkan seperti teh herbal atau air infus buah tanpa efek samping yang berbahaya.

3. Pemanis Buatan

Tingkat kecemasan yang tinggi dikaitkan dengan Aspartam dan Sucralose; pemanis buatan yang paling sering digunakan. Pemanis alami seperti madu, sirup maple, atau buah-buahan adalah pilihan yang lebih baik.

4. Makanan Gorengan

Makanan yang digoreng diketahui mengandung lemak trans tidak sehat yang menyebabkan peradangan yang mempengaruhi kesehatan otak sehingga berujung pada gangguan kecemasan. Mengonsumsi hidangan yang dipanggang atau dipanggang daripada digoreng akan mendorong hidup lebih sehat.

Baca Juga: 11 Tanda Gangguan Kesehatan Mental Pada Seseorang, Yuk Kenali!

5. Sirup Jagung Fruktosa Tinggi

Sirup jagung yang terdapat pada minuman manis dan makanan ringan olahan ini menyebabkan peradangan dan stres oksidatif yang membuat beberapa orang mengalami gejala gangguan kecemasan yang lebih parah. Akan lebih bijak jika Anda memilih minuman yang menghidrasi seperti air putih, teh herbal, atau air infus buah buatan sendiri.

6. Kelebihan Natrium

Ketika terlalu banyak garam, terjadi ketidakseimbangan elektrolit yang menyebabkan dehidrasi dan peningkatan tingkat stres. Hidangan bisa dibuat lezat dengan menggunakan bumbu, rempah-rempah, atau jus jeruk sebagai pengganti garam.

7. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji berdampak negatif pada suasana hati dan kecemasan karena tingginya kandungan lemak jahat, natrium, dan zat aditif. Hal ini menjadikan makanan rumahan dengan bahan-bahan segar menjadi pilihan yang lebih sehat dan bergizi.

Baca Juga: Ternyata Bisa Menjaga Kesehatan Mental! Ini 7 Manfaat Daun Kemangi

8. Minuman Tinggi Kafein

Sentakan Kecemasan Asupan kafein yang berlebihan merangsang detak jantung yang mengakibatkan kegelisahan dan kemungkinan lebih tinggi terjadinya kecemasan. Teh herbal yang menenangkan atau varietas tanpa kafein akan menjadi pilihan yang lebih baik yang akan menghasilkan sikap lebih tenang.

9. Minuman Energi

Minuman energi mengandung stimulan serta kafein yang meningkatkan kecemasan seseorang. Kelemahan lain yang terkait dengan mereka adalah kegugupan. Sebaliknya, teh hijau atau buah-buahan dapat menambah energi tanpa membahayakan.

10. Pewarna Makanan Buatan

Penting untuk diperhatikan bahwa, anak-anak lebih rentan terhadap pewarna makanan buatan yang terdapat pada beberapa makanan ringan dan minuman yang dapat menyebabkan hiperaktif dan meningkatkan kecemasan. Dalam hal ini, Anda mungkin ingin memilih makanan ringan yang tidak mengandung pewarna buatan atau pada dasarnya terbuat dari buah asli.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi19 Mei 2024, 20:15 WIB

Industri Retail Pakaian Sukabumi Terus Berkembang, PLN Energize Perubahan Daya PT Doosan Jaya

Pada tahun 2024, PT Doosan Jaya Sukabumi kembali mengajukan permohonan penambahan daya menjadi 1.730 kVA.
PLN Sukabumi Energize Perubahan Daya PT Doosan Jaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel19 Mei 2024, 20:00 WIB

7 Kategori Makanan Agar Sakit Asam Urat Tidak Menganggu Tidur, Konsumsi Yuk!

Dengan memilih kategori makanan-makanan ini, penderita asam urat dapat membantu mengurangi gejala asam urat dan mendukung tidur yang lebih nyenyak.
Ceri adalah salah satu dari tiga obat alami yang dipercaya bisa mengobati penyakit asam urat. (Sumber : freepik.com/@azerbajian_stockers)
Sukabumi Memilih19 Mei 2024, 19:27 WIB

Tetap dan Tepat, Filosofi Logo Achmad Fahmi Menuju Pilkada Kota Sukabumi 2024

Kontinuitas menunjukkan Achmad Fahmi berkomitmen melanjutkan program dan kebijakan yang sudah berjalan baik pada masa sebelumnya.
Achmad Fahmi resmi dideklarasikan oleh DPD PKS Kota Sukabumi sebagai bakal calon Wali Kota Sukabumi di Pilkada 2024. | Foto: Istimewa
Nasional19 Mei 2024, 19:09 WIB

Pesawat Latih yang Jatuh di BSD Tangerang Selatan Sempat Hilang Kontak

Pesawat latih milik Indonesia Flying Club dengan nomor registrasi PK-IFP tersebut memiliki rute Tanjung Lesung-Pondok Cabe.
Kondisi pesawat latih yang jatuh di BSD Tangerang Selatan. (Sumber Foto : Akun X TMC Polda Metro Jaya)
Life19 Mei 2024, 19:00 WIB

15 Sikap Seenaknya yang Membuatmu Dibenci Orang, Jangan Lakukan!

Inilah Sederet Sikap Seenaknya yang Membuatmu Dibenci Orang, Jangan Pernah Lakukan!
Ilustrasi. Sikap Seenaknya yang Membuatmu Dibenci Orang (Sumber : Pexels/KeiraBurton)
Sukabumi19 Mei 2024, 18:28 WIB

Kawanan Monyet Resahkan Warga Nagrak Sukabumi, Masuk Warung hingga Kejar Anak Kecil

Kawanan monyet liar memasuki permukiman warga Kampung Kubang RT 03/RW05, Desa Cisarua, Nagrak Sukabumi, Minggu (19/5/2024).
Tangkapan layar video kawanan monyet ekor panjang memasuki warung warga di Nagrak Sukabumi, Minggu (19/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Life19 Mei 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Memohon Kebahagiaan Hidup di Dunia dan Akhirat

Berikut bacaan doa memohon kebahagiaan hidup kepada Allah SWT yang bisa diamalkan umat muslim.
Ilustrasi - Bacaan Doa Memohon Kebahagiaan Hidup di Dunia dan Akhirat. (Sumber : pexels.com/@Monstera Production)
Nasional19 Mei 2024, 17:31 WIB

Pesawat Latih Jatuh di BSD Tangerang Selatan, 3 Orang Tewas

Pesawat latih jatuh di BSD Tangerang Selatan. Tiga orang dikabarkan meninggal dunia dalam peristiwa tersebut.
Kondisi pesawat latih yang jatuh di BSD Tangerang Selatan. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi19 Mei 2024, 17:04 WIB

BPJS Kesehatan Soal Isu Data Fiktif Kepesertaan JKN yang Dikeluhkan Bupati Sukabumi

BPJS Kesehatan angkat bicara terkait isu data fiktif kepesertaan JKN yang dikeluhkan Bupati Sukabumi Marwan Hamami.
Kepala BPJS Kesehatan cabang Sukabumi Dwi Surini. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Musik19 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Espresso Sabrina Carpenter yang Viral di TikTok

Lagu Espresso Sabrina Carpenter sudah ditonton sebanyak lebih dari 61 juta kali dan banyak dijadikan backsound music video viral di TikTok.
Ilustrasi. Official Video Lagu Espresso Sabrina Carpenter (Sumber : YouTube/SabrinaCarpenter)