11 Tanda Gangguan Kesehatan Mental Pada Seseorang, Yuk Kenali!

Minggu 31 Desember 2023, 21:00 WIB
Ilustrasi - Gangguan kesehatan mental dapat diobati dengan berbagai metode, termasuk terapi, obat-obatan, atau kombinasi keduanya. (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi - Gangguan kesehatan mental dapat diobati dengan berbagai metode, termasuk terapi, obat-obatan, atau kombinasi keduanya. (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Gangguan kesehatan mental adalah suatu kondisi yang mempengaruhi pikiran, suasana hati, perilaku, dan kemampuan seseorang untuk berhubungan dengan orang lain. Gangguan kesehatan mental dapat menyebabkan kesulitan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, seperti bekerja, belajar, atau menjaga hubungan.

Gangguan kesehatan mental dapat berlangsung dalam jangka waktu pendek atau lama, dan mereka memiliki berbagai tingkat keparahan. Ini adalah kondisi medis yang nyata yang sangat memerlukan perhatian dan pendekatan yang tepat.

Gangguan kesehatan mental dapat memiliki berbagai ciri dan gejala yang bervariasi tergantung pada jenis gangguan dan tingkat keparahan. Namun, ada beberapa tanda umum yang dapat menunjukkan bahwa seseorang mengalami gangguan kesehatan mental seperti berikut ini.

Baca Juga: 9 Ciri Orang Stres Karena Mengalami Tekanan Batin, Yuk Kenali!

1. Perubahan Suasana Hati yang Drastis

Perubahan suasana hati yang drastis adalah salah satu ciri utama dari gangguan kesehatan mental. Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental mungkin merasa sangat sedih, cemas, atau marah selama beberapa hari atau minggu. Perubahan suasana hati ini dapat terjadi secara tiba-tiba dan tanpa alasan yang jelas.

2. Ketakutan atau Kecemasan yang Berlebihan

Ketakutan atau kecemasan yang berlebihan yang mengganggu kehidupan sehari-hari dapat mengindikasikan gangguan kecemasan, seperti gangguan kecemasan umum atau gangguan panik.

3. Kehilangan Minat atau Kesenangan dalam Aktivitas yang Biasa Dilakukan

Kehilangan minat atau kesenangan dalam aktivitas yang biasa dilakukan juga merupakan ciri utama dari gangguan kesehatan mental. Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental mungkin merasa lelah, tidak bersemangat, atau hampa. Mereka mungkin juga tidak lagi menikmati aktivitas yang dulu mereka sukai.

Baca Juga: Ternyata Bisa Menjaga Kesehatan Mental! Ini 7 Manfaat Daun Kemangi

4. Kebiasaan Makan atau Berat Badan Berubah

Perubahan yang signifikan dalam pola makan, seperti peningkatan atau penurunan berat badan yang drastis, bisa menjadi tanda gangguan makan seperti anoreksia. Ini bisa menjadi salah satu ciri gangguan kesehatan mental.

5. Perubahan dalam Energi dan Aktivitas

Perubahan dalam tingkat energi dan aktivitas, seperti menjadi sangat lesu dan kurang berenergi, atau sebaliknya, sangat hiperaktif, bisa menjadi tanda gangguan seperti depresi atau gangguan bipolar.

6. Perubahan Pola Tidur

Perubahan pola tidur juga merupakan ciri utama dari gangguan kesehatan mental. Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental mungkin mengalami insomnia, yaitu kesulitan untuk tidur, atau hipersomnia, yaitu tidur berlebihan. Mereka juga mungkin mengalami perubahan pola tidur yang tidak biasa, seperti sulit untuk tidur di malam hari tetapi tertidur di siang hari.

Baca Juga: 12 Cara Mengatasi Luka Batin Agar Bisa Kembali Bangkit dan Hidup Tenang

7. Kesulitan Berkonsentrasi atau Membuat Keputusan

Kesulitan berkonsentrasi atau membuat keputusan juga merupakan ciri utama dari gangguan kesehatan mental. Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental mungkin merasa sulit untuk fokus pada tugas-tugas sederhana, seperti membaca atau mengerjakan pekerjaan rumah. Mereka mungkin juga merasa sulit untuk membuat keputusan, bahkan keputusan yang kecil.

8. Pikiran Obsesif atau Komplusif

Pikiran yang berulang dan mengganggu, atau kebutuhan untuk melakukan tindakan tertentu secara berulang, bisa menjadi tanda gangguan obsesif-kompulsif (OCD).

9. Sulit untuk Interaksi Sosial

Menarik diri dari teman dan keluarga, menghindari interaksi sosial, atau memiliki masalah dalam berhubungan dengan orang lain bisa menjadi tanda sosial atau gangguan kepribadian.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Lelah Batin Agar Bisa Hidup Tenang dan Bahagia

10. Rasa Bersalah atau Rasa Malu yang Berlebihan

Rasa bersalah atau rasa malu yang berlebihan juga merupakan ciri utama dari gangguan kesehatan mental. Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental mungkin merasa bersalah atau malu tentang sesuatu yang mereka lakukan atau katakan, bahkan jika hal itu tidak benar-benar salah. Mereka mungkin juga merasa bersalah atau malu tentang diri mereka sendiri, seperti penampilan mereka atau kemampuan mereka.

11. Perasaan yang Terus Menerus Tidak Stabil

Ketidakstabilan emosional yang berkepanjangan, termasuk marah yang berlebihan atau lepas kendali atas emosi, bisa menjadi tanda masalah kesehatan mental. Perasaan ini seperti merasa sedih, cemas, atau marah secara tiba-tiba dan tanpa alasan yang jelas. Perubahan suasana hati ini dapat berlangsung selama beberapa hari atau minggu.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life03 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Pikiran Tidak Tenang

Jika Anda merasa terus-menerus tidak stabil secara emosional, penting untuk mencari dukungan dari profesional kesehatan mental agar menemukan kebahagiaan diri sendiri.
Ilustrasi. Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Pikiran Tidak Tenang (Sumber : Pexels/PragyanBezbaruah)
Food & Travel03 Mei 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Jeruk Lemon untuk Menurunkan Kolesterol, 8 Langkah Simpel!

Begini Cara Membuat Air Jeruk Lemon untuk Menurunkan Kolesterol, Ternyata Langkah-langkahnya Simpel!
Ilustrasi. Cara Membuat Air Jeruk Peras untuk Menurunkan Kolesterol (Sumber : Pexels/ToniCuenca)
Science03 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 3 Mei 2024, Termasuk Sukabumi, Cianjur dan Bogor

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 2 Mei 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 2 Mei 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Pixabay
Nasional03 Mei 2024, 01:02 WIB

Jokowi Teken UU Desa Baru, Kades Dapat Uang Pensiun dan Bisa Menjabat Hingga 16 Tahun

Presiden Jokowi menandatangani pengesahan UU Desa baru, Kades dapat uang pensiun hingga jabat 2 periode.
Ilustrasi Kepala Desa atau Kades. | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)