9 Dampak PTSD Terhadap Mental, Memori Pengalaman Trauma Masa Kecil

Selasa 15 Agustus 2023, 10:30 WIB
Ilustrasi - Pandangan Kosong | Dampak PTSD Terhadap Kesejahteraan Mental, Akibat Trauma Masa Kecil! (Sumber : Freepik/DCStudio)

Ilustrasi - Pandangan Kosong | Dampak PTSD Terhadap Kesejahteraan Mental, Akibat Trauma Masa Kecil! (Sumber : Freepik/DCStudio)

SUKABUMIUPDATE.com - Gangguan Stress Pasca Trauma (Post-Traumatic Stress Disorder/PTSD) dapat terjadi setelah seseorang mengalami peristiwa traumatis. Trauma ini bisa timbul akibat flashback (Trauma Masa Kecil), mimpi buruk atau perasaan cemas yang kuat terkait peristiwa tersebut.

PTSD berdampak pada pola kehidupan sehari-hari, sebagaimana merujuk Klikdokter.com, seseorang bisa mengalami gangguan tidur menetap ataupun penghargaan diri yang rendah. Pada akhirnya hal ini dapat memicu berbagai gejala psikosis atau gangguan kejiwaan lain.

Lebih detail, dampak PTSD terhadap kesejahteraan mental sangat signifikan. Gangguan ini dapat menyebabkan berbagai gejala dan perubahan dalam pikiran, emosi, dan persepsi seseorang.

Baca Juga: 8 Alasan Orang Introvert Suka Sendirian, Bisa Lebih Fokus!

Merangkum dari berbagai sumber, beberapa dampak PTSD terhadap kesejahteraan mental diantaranya:

Dampak PTSD terhadap Kesejahteraan Mental

1. Emosi Tidak Stabil

Orang dengan PTSD sering mengalami fluktuasi emosi yang intens, seperti rasa takut, cemas, marah, dan kehilangan kontrol atas perasaan mereka. Mereka cenderung haeus berjuang untuk mengatur emosi mereka dengan efektif.

2. Depresi

PTSD seringkali dapat berhubungan dengan depresi. Gejala depresi seperti perasaan sedih yang dalam, kehilangan minat, perubahan nafsu makan, dan gangguan tidur bisa semakin memperburuk kesejahteraan mental.

3. Kecemasan

Orang dengan PTSD cenderung mengalami kecemasan yang berlebihan dan terus-menerus. Mereka mungkin mengalami kekhawatiran yang intens tentang potensi bahaya atau kesulitan mengendalikan pikiran-pikiran yang berulang.

4. Stress Kronis

PTSD dapat menyebabkan tingkat stres kronis yang tinggi. Ini dapat mengganggu fungsi hormon dan sistem saraf, berdampak pada kesehatan fisik dan mental.

Baca Juga: 11 Ciri Hubungan Tidak Sehat, Sering Bertengkar dengan Pasangan

5. Gangguan Tidur

Insomnia dan gangguan tidur lainnya sering terjadi pada individu dengan PTSD. Gangguan tidur dapat memperburuk gejala lainnya dan memengaruhi kualitas hidup secara keseluruhan.

6. Menguras Energi Mental

PTSD dapat menguras energi mental seseorang, membuatnya sulit untuk berkonsentrasi, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. Pikiran yang terus-menerus teralihkan oleh kenangan traumatis juga dapat mengganggu fokus.

7. Pandangan terhadap Dunia Berubah

Individu dengan PTSD mungkin mengalami perubahan dalam pandangan dunia mereka. Mereka bisa mengembangkan pandangan yang lebih negatif tentang diri mereka sendiri, orang lain, dan dunia pada umumnya.

8. Perubahan Dalam Keyakinan dan Nilai

Trauma dapat merusak keyakinan dan nilai-nilai individu. Mereka mungkin merasa kehilangan makna dalam hidup atau mengalami perubahan dalam pandangan spiritual atau agama.

9. Perasaan Bersalah dan Malu

Orang dengan PTSD mungkin merasa bersalah atau malu terkait dengan peristiwa traumatis yang dialami, terutama jika mereka merasa bahwa mereka tidak dapat menghindarinya atau bahwa mereka tidak dapat melindungi diri mereka sendiri atau orang lain.

Baca Juga: Kenali 12 Ciri Orang Toxic, Manipulatif dan Suka Menghakimi

Selain itu, karena gejala PTSD yang intens, individu cenderung menghindari interaksi sosial dan situasi yang mengingatkan pada trauma. Hal ini dapat mengakibatkan isolasi sosial yang dapat memperburuk gejala dan merugikan dukungan sosial yang penting.

Dampak PTSD ini secara keseluruhan dapat mengganggu kualitas hidup seseorang secara serius.

Pengobatan yang tepat seperti terapi kognitif perilaku, terapi traumaterapi, dan pengelolaan stres dapat membantu mengurangi dampak-dampak tersebut dan membantu individu dengan PTSD untuk mencapai kesejahteraan mental yang lebih baik.

Sumber: Berbagai Sumber.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment28 Februari 2024, 22:59 WIB

3 Fakta Menarik Mengenai Hubungan Asmara Karina Aespa dan Lee Jae Wook

Kabar terkait hubungan asmara antara Karina Aespa dan Lee Jae Wook yang diunggah Dispatch berhasil menghebohkan media sosial.
Potret Kedekatan Hubungan Karina Aespa dan Lee Jae Wook.  Sumber Foto: Dispatch
Sukabumi28 Februari 2024, 22:32 WIB

8 dari 35 Siswa SD di Sukabumi yang Keracunan Belum Bisa Sekolah, 1 Dirawat di RS

Berikut update kondisi puluhan Siswa SD di Sukabumi yang Keracunan Jajanan. Delapan belum bisa masuk Sekolah karena belum sembuh total.
IGD RS Bunut Kota Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Jawa Barat28 Februari 2024, 22:19 WIB

Sekolah Vokasi IPB Sukabumi Sepakati 8 Bidang Kerja Sama dengan Sukabumiupdate.com

Sebagai ikhtiar menghasilkan lulusan yang siap bersaing di dunia kerja, Sekolah Vokasi IPB Kampus Sukabumi berkomitmen untuk memperluas kerjasama dengan pihak eksternal, salah satunya dengan Sukabumiupdate.com
Penandatanganan MoU oleh Dekan Sekolah Vokasi IPB University, Dr Aceng Hidayat dan Chief Executive Officer (CEO) Sukabumiupdate.com, Nuril Arifin | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi28 Februari 2024, 21:24 WIB

Gempa Dangkal M1,8 di Warnasari, BMKG: Sesar Lokal di Timur Laut Kota Sukabumi

Gempa M1,8 terjadi di Sukabumi, Jawa Barat (Jabar), Rabu (28/2/2024) pukul 19.50 WIB. Titik lokasinya di Warnasari.
Episenter gempa M1,8 di Warnasari Sukabumi Rabu (28/2/2024) pukul 19.50 WIB. (Sumber : BMKG)
Jawa Barat28 Februari 2024, 21:11 WIB

Rektor INKHAS Optimis MoU dengan UIN SGD Bandung Akan Tingkatkan Mutu Pendidikan

Rektor Institut KH. Ahmad Sanusi Sukabumi (INKHAS), Dr. H. A. Suganda, M.Ag, menyatakan optimismenya terhadap penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Lembaga Bahasa UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Penandatanganan MoU antara INKHAS Sukabumi dan UIN SGD Bandung | Foto : dok. Inkhas
Sukabumi28 Februari 2024, 20:35 WIB

Protes Jalan Rusak, Warga Cidahu Pampang Tulisan "Korban Janji": Ini Kata PU Sukabumi

Sejumlah warga memprotes jalan rusak ruas Caringin- Cidahu Kabupaten Sukabumi, protes dilakukan dengan menanam pohon pisang dan pampang gambar bertuliskan "Korban Janji"
Protes jalan rusak ruas Caringin- Cidahu Kabupaten Sukabumi, warga tanam pohon pisang dan pampang gambar bertuliskan "Korban Janji" | Foto : Ibnu Sanubari
Bola28 Februari 2024, 20:30 WIB

6 Fakta Menarik Persib Saat Tundukan PSIS, Nick Absen Hingga Clean Sheet Kevin

Berikut ini beberapa fakta menarik Persib Bandung usai menaklukan PSIS Semarang di pekan ke-26 Liga 1
Berikut ini beberapa fakta menarik Persib Bandung usai menaklukan PSIS Semarang di pekan ke-26 Liga 1 (Sumber : Persib.co.id)
Life28 Februari 2024, 20:00 WIB

8 Bahasa Tubuh Orang yang Sudah Tidak Betah Sendiri, Kamu Salah Satunya?

Berikut ini adalah bahasa tubuh orang yang sudah tidak betah sendiri dan ingin segera punya pasangan
Ilustrasi - Berikut ini adalah bahasa tubuh orang yang sudah tidak betah sendiri dan ingin segera punya pasangan (Sumber : pexels.com/@Andrea Piacquadio)
Sukabumi Memilih28 Februari 2024, 19:46 WIB

Sibuknya Bawaslu Kota Sukabumi, Banyak Terima Laporan Pelanggaran Pemilu

Ketua Bawaslu Kota Sukabumi Yasti Yustia Asih mengatakan terdapat 9 laporan dugaan pelanggaran yang diterimanya. Yaitu mulai dari politik uang (money politic), pengrusakan alat peraga kampanye (APK) dan rekapitulasi suara
Ketua Bawaslu Kota Sukabumi Yasti Yustia Asih | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi Memilih28 Februari 2024, 19:43 WIB

Putusan Dugaan Pemindahan Suara Caleg PDIP Kota Sukabumi Diumumkan 29 Februari

Bawaslu akan umumkan hasil putusan dari sidang dugaan pemindahan suara Caleg PDIP DPRD Kota Sukabumi, Kamis 29 Februari 2024 besok.
Situasi persidangan lanjutan kasus dugaan pemindahan suara di Pileg 2024 DPRD Kota Sukabumi, Rabu (28/2/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)