7 Rutinitas Pagi yang Bantu Menghilangkan Lemak Perut, Yuk Cobain!

Jumat 14 Juli 2023, 06:15 WIB
Ilustrasi-7 Rutinitas Pagi yang Bantu Menghilangkan Lemak Perut, Yuk Cobain! | Foto: Unplash

Ilustrasi-7 Rutinitas Pagi yang Bantu Menghilangkan Lemak Perut, Yuk Cobain! | Foto: Unplash

SUKABUMIUPDATE.com - Lemak perut, juga dikenal sebagai lemak visceral, adalah lemak yang terakumulasi di sekitar organ-organ perut di dalam rongga perut. Lemak perut terletak di dalam dan di sekitar organ-organ seperti lambung, hati, usus, dan ginjal. 

Lemak perut dapat dikategorikan menjadi dua jenis: lemak subkutan dan lemak visceral. Lemak subkutan adalah lemak yang terletak tepat di bawah kulit dan bisa terlihat dan diraba. Lemak visceral adalah lemak yang terletak di dalam rongga perut dan meliputi organ-organ di dalamnya. 

Lemak visceral memiliki karakteristik yang berbeda karena dapat terkait dengan masalah kesehatan yang lebih serius. Lemak perut atau lemak visceral dapat menjadi masalah karena tingkat akumulasinya yang berlebihan. 

Baca Juga: 50 Kata-kata Motivasi Agar Hidup Anda Sukses dan Penuh Kebahagiaan

Lemak perut yang berlebihan dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, hipertensi, kolesterol tinggi, dan masalah kesehatan lainnya. 

Lemak visceral juga memiliki kemampuan untuk melepaskan zat kimia inflamasi yang dapat mempengaruhi fungsi organ-organ internal dan sistem tubuh.

Untuk menghilangkan lemak perut bisa dilakukan dengan rutinitas pagi. Sebab, rutinitas pagi yang sehat dapat membantu dalam upaya menghilangkan lemak perut. Berikut adalah contoh rutinitas pagi yang dapat Anda terapkan:

 

1. Menghidrasi Tubuh

Hidrasi tubuh di pagi hari sendiri tidak secara langsung menghilangkan lemak perut. Namun, hidrasi yang cukup dan gaya hidup yang sehat secara keseluruhan dapat berkontribusi pada upaya penurunan berat badan dan pembakaran lemak perut.

Anda dapat mengonsumsi air putih yang cukup sepanjang hari untuk membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mendukung fungsi metabolisme yang optimal. Hal ini dapat membantu dalam pembakaran lemak secara keseluruhan, termasuk lemak perut.

Baca Juga: 13 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari yang Patut Ditiru, Yuk Lakukan

Selain minum air, Anda juga dapat mengonsumsi makanan dengan kandungan air tinggi seperti buah-buahan dan sayuran segar. Makanan ini dapat membantu menjaga hidrasi tubuh dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan.

Hidrasi adalah salah satu aspek penting dari gaya hidup sehat yang dapat mendukung penurunan berat badan, termasuk menghilangkan lemak perut. Namun, penting untuk memperhatikan asupan kalori Anda secara keseluruhan dan menjaga pola makan yang seimbang dengan fokus pada makanan yang sehat dan rendah kalori.

 

2. Olahraga Pagi

Olahraga pagi dapat menjadi bagian penting dalam upaya untuk menghilangkan lemak perut. Latihan fisik yang tepat dapat membantu meningkatkan pembakaran kalori, meningkatkan metabolisme, dan membakar lemak secara efektif.

Latihan kardiovaskular adalah salah satu cara terbaik untuk membakar kalori dan lemak secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa pilihan latihan kardiovaskular yang dapat Anda lakukan di pagi hari:

Baca Juga: Link Nonton Film Sewu Dino Full Movie, Film Horor Tentang Santet yang Mematikan

  • Lari atau jogging: Berlari atau jogging di pagi hari adalah cara yang efektif untuk membakar lemak perut. Anda bisa berlari di luar, di treadmill, atau bahkan di tempat terbuka seperti taman atau lapangan.
  • Bersepeda: Bersepeda adalah olahraga yang menyenangkan dan efektif untuk membakar lemak. Anda bisa bersepeda di dalam ruangan dengan menggunakan sepeda statis atau di luar ruangan dengan sepeda biasa.
  • Berenang: Berenang adalah olahraga yang menyeluruh dan membakar kalori dengan baik. Ini dapat membantu mengencangkan otot perut dan membantu menghilangkan lemak di daerah perut.

 

3. Sarapan Tinggi Protein

Sarapan tinggi protein dapat membantu menghilangkan lemak perut karena protein membantu mengurangi nafsu makan, meningkatkan rasa kenyang, mempercepat metabolisme, dan mempertahankan massa otot. 

Berikut adalah beberapa contoh sarapan tinggi protein yang dapat membantu dalam upaya Anda untuk menghilangkan lemak perut:

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Konsumsi Kopi Hitam Tanpa Gula Untuk Kesehatan

  • Telur

Telur adalah sumber protein yang kaya dan mengandung sejumlah nutrisi penting. Anda dapat memasak telur sebagai omelet dengan tambahan sayuran seperti bayam atau paprika, atau sebagai telur rebus atau dadar.

 

  • Yogurt Yunani

Yogurt Yunani rendah lemak atau tanpa lemak adalah sumber protein yang bagus. Tambahkan potongan buah segar dan beberapa kacang atau biji-bijian untuk sarapan yang sehat dan tinggi protein.

Baca Juga: 5 Bacaan Doa Agar Kamu Segera Dapat Pekerjaan dan Terbebas dari Pengangguran

  • Smoothie Protein

Buatlah smoothie dengan menggunakan protein whey atau sumber protein nabati seperti protein kacang almond atau kedelai. Campurkan dengan buah-buahan, sayuran hijau, dan cairan seperti susu almond atau air.

 

  • Tahu atau Tempe 

Tahu atau tempe adalah sumber protein nabati yang kaya. Anda dapat menambahkannya dalam tumisan sayuran atau membuat sandwich tahu atau tempe dengan roti gandum atau roti gandum utuh.

 

4. Makanan Kaya Serat

Makanan kaya serat dapat membantu menghilangkan lemak perut karena serat membantu menjaga kenyang lebih lama, mengatur pencernaan, dan memperlambat penyerapan lemak. 

Berikut adalah beberapa contoh makanan kaya serat yang dapat Anda masukkan dalam diet untuk membantu menghilangkan lemak perut:

Baca Juga: 30 Fakta Unik dan Menarik Dunia yang Jarang Diketahui, Bikin Takjub!

  • Buah-buahan Segar

Buah-buahan seperti apel, pir, jeruk, raspberry, stroberi, dan blueberry mengandung serat tinggi. Makanlah buah-buahan ini secara utuh atau tambahkan dalam smoothie atau salad.

 

  • Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kale, brokoli, kubis, dan selada mengandung serat yang tinggi dan rendah kalori. Konsumsilah dalam bentuk mentah atau rebus, tambahkan dalam tumisan, atau buat salad hijau.

 

  • Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh seperti quinoa, barley, beras merah, gandum utuh, dan oatmeal mengandung serat yang baik. Gunakan biji-bijian utuh sebagai pengganti biji-bijian olahan yang lebih rendah serat, dan tambahkan dalam salad, tumisan, atau bubur.

 

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, kacang mete, kacang tanah, dan kacang merah adalah sumber serat yang bagus. Makanlah dalam bentuk cemilan, tambahkan dalam salad atau tumisan, atau buat hidangan kacang-kacangan.

 

5. Makan dengan Penuh Perhatian

Makan dengan penuh perhatian atau mindful eating adalah praktik yang dapat membantu Anda menghilangkan lemak perut dengan mengembangkan hubungan yang lebih sehat dengan makanan dan mengontrol pola makan. 

Berikut adalah beberapa tips untuk makan dengan penuh perhatian:

 

  • Hati-hati dengan Ukuran Porsi 

Perhatikan ukuran porsi yang Anda makan. Hindari makan berlebihan dan coba fokus pada makan dalam jumlah yang tepat sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

Baca Juga: 14 Kebiasaan Positif yang Buat Hidup Anda Makin Bahagia, Sudah Lakukan?

  • Hindari Makan Terburu-Buru

Hindari makan dengan terburu-buru atau sambil melakukan kegiatan lain seperti menonton televisi atau bekerja. Alihkan perhatian Anda sepenuhnya pada makanan dan nikmati setiap gigitan.

 

  • Rasa Nikmat dan Tekstur Makanan

Sadari rasa dan tekstur makanan yang Anda makan. Cicipi dengan hati-hati, rasakan tekstur dan sensasi makanan di mulut Anda. Ini membantu Anda lebih menikmati makanan dan menyadari rasa kenyang.

 

  • Kunyah makanan dengan lambat

Kunyah makanan Anda dengan lambat dan benar. Ini membantu pencernaan dan memberi waktu bagi otak untuk menerima sinyal kenyang. Kurangi kecenderungan untuk makan dengan cepat dan tergesa-gesa.

 

  • Hindari makan emosional

Jangan menggunakan makanan sebagai penyelesaian masalah atau cara mengatasi stres atau emosi negatif. Belajar mengenali perasaan Anda dan cari alternatif sehat untuk mengatasi emosi tersebut, seperti berjalan-jalan, meditasi, atau berbicara dengan orang terdekat.

 

6. Pelatihan Interval Intensitas Tinggi

High-Intensity Interval Training (HIIT) adalah bentuk latihan yang melibatkan periode latihan intensitas tinggi yang diikuti dengan periode pemulihan yang singkat. Ini dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak dan menghilangkan lemak perut. Anda dapat mencoba HIIT dengan latihan kardiovaskular seperti lari cepat, burpee, atau loncat tali.

Baca Juga: 7 Bahasa Tubuh Anak Sedang Berbohong, Perubahan Ekspresi Wajah!

7. Kelola Stress

Manajemen stres yang efektif dapat berkontribusi pada pengurangan lemak perut. Stres yang berlebihan dapat mempengaruhi keseimbangan hormonal dalam tubuh, termasuk hormon yang terlibat dalam pengaturan berat badan dan penimbunan lemak di sekitar perut. 

Berikut adalah beberapa tips untuk mengelola stres guna membantu mengurangi lemak perut:

 

  • Praktik Relaksasi

Cari cara untuk meredakan stres seperti meditasi, pernapasan dalam, yoga, atau aktivitas lain yang memberikan ketenangan. Praktik ini dapat membantu menurunkan tingkat stres dan memperbaiki keseimbangan hormonal dalam tubuh.

Baca Juga: 10 Tips Membuat CV yang Menarik Agar Gampang Dilirik Oleh HRD

  • Prioritaskan Tidur yang Cukup

Tidur yang baik sangat penting untuk mengelola stres. Pastikan Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap malam agar tubuh dapat pulih dan mengatur ulang sistem stres yang terganggu.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 00:01 WIB

Bayi Baru Lahir Ditemukan Menangis di Semak-semak Gegerkan Warga Gunungguruh Sukabumi

Berawal dari suara tangis, Warga Gunungguruh Sukabumi temukan bayi baru lahir berlumuran darah di semak-semak.
Penemuan bayi laki-laki baru lahir di Gunungguruh Sukabumi. Ditemukan menangis di semak-semak kebun. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi03 Mei 2024, 21:46 WIB

5 Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi Akan Dinilai Ombudsman, Ini Arahan Sekda

5 perangkat daerah Kabupaten Sukabumi yang akan dinilai Ombudsman yaitu DPMPTSP, Dinsos, Dinkes, Disdik dan Disdukcapil.
Sekda kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, memimpin rapat pembahasan persiapan penilaian pelayanan publik oleh Ombudsman. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Life03 Mei 2024, 21:00 WIB

12 Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar

Berikut Beberapa Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. Meskipun Hati Sangat Kesal pada Mereka, Coba untuk Tetap Empati Ya!
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 19:11 WIB

Pelajar Sukabumi Darurat Kekerasan Seksual, DPRD: Penguatan Ilmu Agama, Sekolah dan Rumah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Budi Azhar merespon dua kasus kekerasan seksual yang melibatkan pelajar.
Budi Azhar Mutawalli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Aji
Sukabumi Memilih03 Mei 2024, 19:10 WIB

50 Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Berikut Daftar Namanya

Sah! Berikut daftar nama Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024.
KPU gelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon angggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024, Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Istimewa)
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)